Mempunyai rumah yang indah adalah keinginan siapa pun. Banyak yang mengira bahwa untuk merawat rumah memerlukan biaya yang besar. Juga, banyak yang beranggapan merawat rumah merupakan suatu hal yang teramat sulit karena menjangkau seluruh ruangan.

 

Padahal, merawat rumah agar tetap terlihat indah sangatlah mudah. Banyak sekali tips-tips yang bisa Anda ikuti sebelum Anda merawat rumah Anda. Mau tahu apa saja tips-tips tersebut, simak artikel ini hingga selesai.

 

  1. Merawat lantai rumah

 

Memiliki lantai rumah yang harum dan bersih dapat menjauhkan kita dari bahaya bakteri yang hinggap. Apalagi jika Anda memiliki anak-anak di rumah. Biasakan mengepel lantai rumah setiap hari untuk menjaga kesehatan keluarga. Selain mengepel, Anda juga harus menyapunya terlebih dahulu agar lantai terhindar dari debu.

 

Gunakan sabun khusus untuk pembersih lantai agar semua kotoran yang menempel di lantai dapat hilang. Kebersihan lantai akan menjamin kesehatan keluarga Anda.

 

  1. Merawat kaca jendela

 

Meski kaca jendela bukanlah salah satu hal penting yang harus dibersihkan. Namun, pada umumnya kebersihan merupakan hal yang wajib diterapkan pada setiap material di dalam rumah.

 

Anda dapat membersihkan kaca jendela Anda dengan menggunakan kain lap dan basahi dengan pembersih khusus untuk membersihkan kaca. Setelah itu Anda dapat mengelapnya lagi dengan kain kering.

 

  1. Merawat kamar mandi

 

Kamar mandi yang bersih dapat menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. Sebab, banyak sekali jenis penyakit yang hinggap di kamar mandi. Selain itu, kamar mandi juga tempat bersarangnya nyamuk jika kamar mandi kotor.

 

Cara untuk membersihkan kamar mandi sendiri pun cukup mudah. Sama seperti material lain pada umumnya, kamar mandi juga memiliki pembersih cair khusus untuk perawatannya. Anda juga memerlukan peralatan tambahan seperti sarung tangan, kain lap, dan sikat. Perhatikan tiap-tiap sudut yang sulit dijangkau. Jangan sampai ada area yang terlewati.

 

  1. Merawat dapur

 

Dapur yang bersih dapat membuat kita ingin berlama-lama untuk mencoba membuat berbagai aneka masakan di dapur. Pentingnya merawat dapur juga agar area tersebut dapat tetap higienis karena diperuntukkan untuk memasak makanan sehari-hari.

 

Merawat dapur sendiri pun cukup dengan cara yang sederhana mulai dari tempat cuci piring, lakukan perawatan pada peralatan masak, beri minyak pada peralatan kayu, jaga permukaan dapur selalu bersih, sediakan tempat sampah di dapur, biasakan memasak dengan cara yang efisien, dan selalu sayangi dapur.

 

  1. Merawat plafon

 

Plafon adalah area yang jarang sekali kita perhatikan. Mmeski demikian, mulai dari sekarang Anda juga harus memerhatikan keadaan plafon rumah Anda. Sebab, di sanalah banyak debu-debu dan sawang yang bersarang. Untuk merawat plafon sendiri pun tidak sesulit yang Anda bayangkan. Caranya sebagai berikut

  • Hindarkan dari air

 

Plafon memiliki bahan dasar gypsum. Plafon yang terbuat dari bahan ini tidak menjamin kualitas yang tahan terhadap air. Untuk menghindari plafon dari air, Anda dapat mengeceknya ketika hujan. Namun, yang harus Anda lakukan juga adalah memperbaiki keadaan genteng yang bocor.

 

  • Gunakan alat pembersih

 

Ketinggian plafon tiap-tiap rumah berbeda-beda. Jika ketinggian mencapai 2,5 sampai 3 meter, tentunya Anda memerlukan alat tambahan agar lebih mudah lagi dalam membersihkan plafon rumah. Anda bisa menggunakan gagang sapu untuk membersihkannya.

 

  1. Merawat genteng

 

Perawatan genteng rumah kerap kali diabaikan hingga bertahun-tahun. Padahal, kamu harus menerapkan cara merawat genteng rumah dengan baik dan benar. Untuk memudahkan Anda membersihkan genteng, kami memiliki tips penting yang bisa Anda terapkan.

 

  • Membersihkan kotoran

 

Genteng rumah sangat mudah sekali ditempeli oleh lumut. Hal ini terjadi saat musim penghujan dan lumut tumbuh serta akan mengering saat musim panas. Anda dapat membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan air bersih dan sabun.

 

  • Jauhkan dari ranting pohon

 

Apabila di sekitar rumah ada sebuah pohon dan rantingnya menjuntai ke atas atap atau genteng rumah, maka sebaiknya segera dipotong. Karena sewaktu-waktu ranting pohon tersebut akan jatuh sehingga menimpa genteng rumah Anda.

 

  • Ganti genteng

 

Jika saat mengecek genteng Anda menemukan genteng yang lapuk atau rapuh, sebaiknya Anda segera menggantinya untuk menghindari konsekuensinya dari kebocoran.

 

  • Perbaiki genting merosot

 

Genteng yang merosot bisa disebabkan oleh angin kencang atau memang genteng tersebut sudah termakan usia. Jadi, ganti atau perbaiki genteng tersebut ke posisi semula.

 

Masih banyak lagi tips merawat genteng yang bisa Anda terapkan untuk memberbaiki genteng rumah Anda untuk menghindari dari kerusakan yang tak berkesudahan.

 

Itu adalah tips dari kami untuk merawat rumah Anda agar tetap terlihat indah. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan cara merawat rumah. Anda bisa menemukan peralatan tambahan atau sabun khusus untuk membersihkan rumah di toko terdekat. Anda juga dapat menemukan bahan-bahan dekorasi untuk menunjang kebutuhan rumah Anda di toko kami.

 

Banyak sekali barang-barang yang kami sediakan untuk Anda. Kami menjual keramik, wallpaper dinding, plafon, dan lain sebagainya. Anda dapat memesannya langsung di website kami di isibangunan.com.

Please rate this