Ketika Anda ingin membangun sebuah rumah minimalis, tentu perlu memiliki perencanaan yang matang. Mulai dari segi finansial hingga memilih bahan bangunan terbaik. Memilih bahan bangunan untuk rumah ini mungkin bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi setidaknya Anda mengetahui tipsnya terlebih dahulu. Berikut beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan.

Memilih semen berkualitas

Semen merupakan bahan bangunan utama ketika Anda inging membangun rumah, termasuk rumah minimalis. Di Indonesia memang banyak produk semen yang dijual dan memiliki kualitas berbeda, meskipun perbedaan tersebut sangatlah tipis. Perbedaannya hanyalah terletak pada harga dan reputasi produk semen itu sendiri.

Untuk memilih semen, tidak ada salahnya memang membeli produk dengan harga yang relatif murah dibanding yang lain. Agar membuat Anda semakin yakin dan tidak salah pilih, sebaiknya gunakanlah semen yang paling populer di kalangan masyarakat. Terlebih lagi bila semen tersebut banyak digunakan oleh para pengembang ternama.

Pasir terbaik

Bahan bangunan yang tidak boleh terlewatkan lainnya ialah pasir yang digunakan sebagai bahan dasar agar tak bercampur dengan lumpur. Pasir yang baik adalah pasir yang berasal dari gunung bukan dari sungai maupun dari pantai. Pasir gunung memiliki keunggulan karena tidak tercampur lumpur. Sebab, jika pasir tercampur lumpur dan semen maka campuran semennya akan semakin boros.

Dalam memilih pasir, Anda dapat mengambil contoh dengan cara menggenggamnya sedikit. Bila pasir tersebut memiliki beragam bentuk maupun butiran, berarti pasir tersebut berkualitas baik dan tidak menggumpal. Pasir juga harus memiliki butiran yang tajam, tujuannya agar mendapatkan konstruksi plester keras jika dicampur dengan semen.

Memilih batu bata yang tepat

Meski saat ini sudah ada batako sebagai bahan bangunan alternatif, namun sebagian besar orang masih menggunakan batu bata merah. Alasannya adalah batu bata memiliki struktur yang lebih kokoh dibanding batako. Selain itu, batu bata merah mampu menyerap panas dengan baik. Sehingga, rumah akan terasa lebih sejuk.

Ketika Anda memilih batu bata, pilihlah yang berkualitas baik. Ini bisa dilihat dari kekuatannya yang tidak mudah retak atau pecah ketika terkena getaran. Tekstur batu bata seperti ini biasanya lebih keras dan memiliki ukuran yang sedang dan presisi.

Kayu juga perlu diperhatikan

Setidaknya sampai sekarang kayu masih menjadi unsur terpenting dalam membangun sebuah rumah minimalis. Oelah karena itulah, memilih kayu juga sama halnya dengan memilih bahan bangunan lainnya. Tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus mempertahankan kualitas.

Anda bisa memilih kayu dengan tipe terbaik bila memiliki standar yang memadai. Biasanya hal ini ditandai dengan kayu yang dioven dan kadar airnya berada di kisaran 20 persen. Mengapa demikian? Ini bertujuan agar kayu tidak mudah lapuk ketika digunakan. Khususnya penggunaan dalam waktu yang cukup lama untuk rumah Anda.

Pilihlah besi beton terbaik

Selain kayu, besi baja beton juga memiliki peranan penting untuk membuat kerangka bangunan tetap kokoh. Besi beton ini ada dua jenis dalam membangun rumah, besi beto kuno dan besi beton yang diproduksi beberapa tahun belakangan. Namun, sebagian besar menyarankan untuk lebih menggunakan besi beton kuno. Hal ini karena besi beton kuno cenderung lebih kokoh.

Meski begitu, bahan bangunan ini memiliki harga yang relatif mahal. Mahalnya harga besi beton kuni karena permintaannya yang meningkat. Akan tetapi hasilnya sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan tersebut.

Itulah beberapa tips dalam memilih bahan bangunan untuk rumah minimalis. Selain bahan bangunan tersebut, interior rumah pun juga perlu Anda pertimbangkan. Anda pun bisa membelinya secara online dengan mudah dan nyaman dengan klik di sini.

Please rate this