Keindahan kitchen set dan furnitur lainnya sangat ditentukan oleh bahan finishing yang digunakan. Tujuannya tidak semata untuk penunjang penampilan saja. Akan tetapi agar berfungsi juga sebagai pelindung bahan dasar furniturnya dari risiko kerusakan. Takon adalah salah satu pilihannya. Karena harga tacon pelapis triplek cukup ekonomis.

Pilihan Bahan Finishing Furnitur

Ada banyak bahan finishing atau coating yang bisa diaplikasikan pada furnitur berbahan kayu. Beberapa diantaranya adalah cat melamik, cat duco, pelitur, deco sheet atau dekosit, takon (takosit atau taco sheet), HPL (High Pressure Laminate) dan sebagainya.

Tentunya setiap bahan pelapis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk mengenal spesifikasi produk, kualitas dan daya tahannya. Dengan demikian, lebih memudahkan untuk mengetahui keunggulannya. Termasuk lebih mudah untuk menentukan pilihannya.

Pemakaian pelitur akan membuat urat atau serat kayu pada furnitur masih terekspos dengan jelas. Cara aplikasinya dengan menguaskan atau menyemprotkan cairan pelitur pada permukaan furniturnya. Supaya hasilnya lebih merata dan rapi, biasanya teknik penyemprotan lebih sering diterapkan.

Hasil finishing kayu dengan pelitur juga sangat tergantung dari bahan dasar kayunya. Pastikan permukaan perabotnya sudah rata dengan tampilan serat kayu yang estetik. Dengan begitu, bisa menghasilkan tampilan coating lebih sempurna.

Cat melamik juga masih diandalkan sebagai bahan finishing perabotan kayu. Nah, kalau penggunaan pelitur harus dicampurkan dengan spirtus untuk pengencernya, maka pemakaian cat melamik dicampur dengan thinner.

pelapis lantai HPLAgar hasilnya lebih memuaskan, teknik spray juga diaplikasikan. Biasanya dengan bantuan alat seperti kompresor. Hampir sama metodenya dengan pemakaian pelitur. Hasil dari pengecatan dengan melamik juga masih menampilkan keindahan serat kayunya.

Namun, harus sangat diperhatikan saat akan mengaplikasikan cat melamik pada kitchen set atau kabinet dapur. Sebab, cat melamik mengandung zat beracun yang ditakutkan bisa memicu kontaminasi dengan bahan makanan. Selain itu, racun pada cat melamik juga bisa terlepas dalam bentuk gas. Oleh karena itu, bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika sampai terhirup.

Cat duco juga bisa diaplikasikan pada produk furnitur, dengan penerapan metode yang sama dalam pengerjaannya. Hasil pengecatannya mirip dengan cat melamik, karena serat kayu masih terlihat jelas. Jadi penggunaan cat ini memang untuk meningkatkan keindahan serat kayu, tanpa menutupi tampilan aslinya.

Sayangnya, cat duco juga memiliki bahaya yang sama seperti cat melamik. Oleh karena itu, harus cermat dalam pemakaiannya. Supaya tidak mendatangkan efek buruk bagi penggunanya. Pemakaian cat duco tidak sebatas untuk material kayu saja. Tetapi juga dapat diaplikasikan pada material logam.

Cat melamik dan cat duco pada dasarnya bisa juga diaplikasikan memakai kuas. Hanya saja harus dikerjakan oleh orang yang benar-benar handal dan terampil. Kalau tidak, maka hasil pengecatannya kurang rapi dan merata. Sehingga hasilnya kurang cantik dan tidak memuaskan. Proses pengecatannya pun menjadi semakin lama, sebab tergantung dari orang yang mengerjakannya.

Bahan Finishing Praktis, Cepat dan Hemat Biaya

harga terbaru HPL laminasiSelain bisa menggunakan cat melamik dan cat duco, Anda juga bisa mengandalkan bahan pelapis lain. Salah satunya adalah takon atau takosit. Bentuknya lembaran seperti karpet plastik. Sehingga penggunaannya akan menutup material utama dari furnitur. Dengan begitu, tekstur kayu tidak lagi terlihat. Salah satu yang memikat adalah harga tacon pelapis triplek sangat terjangkau.

Selain takon, bisa digunakan juga pelapis HPL. Pemakaian material finishing ini semakin marak hampir pada semua produk furnitur dan interior. Bahkan mulai diandalkan juga untuk penggunaan pada area outdoor atau luar ruangan.

Pelapis HPL semakin diakui kehandalannya, sehingga semakin banyak pabrikan furnitur yang menggunakannya. Sebagai pemanis dan pelindung seluruh produknya. Berbagai elemen ruangan juga bisa dipercantik dengan HPL, antara lain daun pintu, daun jendela, pelapis dinding, pelapis lantai dan sebagainya. Selain itu, juga makin marak diaplikasikan sebagai bahan dekoratif luar ruangan, seperti wall cladding.

Pabrikan HPL menyuguhkan sangat banyak pilihan warna dan motif cantik nan elegan. Corak yang ditawarkan bisa mencapai ratusan. Sehingga pengguna tidak akan kehabisan pilihan yang sesuai dengan seleranya. Beberapa motif yang menjadi favorit konsumen adalah corak kayu, logam, batu alam, bunga dan warna solid.

Tak hanya menawarkan keindahan desainnya saja, HPL juga diperkuat dengan beragam keunggulan. Pelapis furnitur ini terbukti lebih tahan terhadap paparan air, minyak, suhu panas, serangan jamur, serangga dan anti gores. Itulah kenapa bahan coating ini lebih kuat, tidak mudah rusak dan tahan lama.

Takon dikemas dalam bentuk gulungan atau roll. Dengan lebar berkisar 120 centimeter dan panjang mencapai 100 meter. Oleh karena itu, pelapis kayu ini biasanya dijual dalam hitungan per roll atau per meter. Jadi penjualnya juga menawarkan pembelian eceran dengan hitungan per meter. Sehingga konsumen cukup membeli sesuai kebutuhan saja.

Kalau takon relatif tipis sehingga bisa digulung, sedangkan HPL lebih tebal dan kaku sehingga tidak bisa digulung. Pelapis HPL dipasarkan dengan bentuk lembaran dengan ketebalan bervariatif. Ukuran panjangnya berkisar 244 centimeter dan lebar 122 centimeter. Selain ukuran standar tersebut, ada juga pabrikan yang meluncurkan dimensi yang lebih besar.

Bicara kekuatan dan tahan lama, HPL memang lebih unggul ketimbang takon. HPL juga terbukti tidak mudah pudar warna dan motifnya, meskipun sering terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, keawetan tampilan dan kekuatannya lebih bagus.

Nah, karena keunggulannya itulah sangat wajar jika HPL dibanderol dengan harga lebih tinggi daripada takosit. Harga yang ditawarkan sangat sebanding dengan kualitas dan ketahanan yang diberikan. Jadi, kalau ingin furnitur lebih awet, maka pilihannya jatuh pada HPL. Sebaliknya, kalau sekadar mengejar harga lebih ekonomis, maka takon adalah pilihannya.

Apalagi sekarang ini bermunculan sangat banyak merek HPL di pasaran. Pelajari spesifikasi produknya dengan baik, agar bisa mengetahui ketebalan produk dan keunggulannya. Jika membeli secara online, maka pastikan penjual atau distributornya sangat terpercaya.

pemakaian HPL laminasiLalu, di mana tempat paling terpercaya untuk membeli HPL berkualitas? Anda bisa mengandalkan IsiBangunan.com sebagai pilihan terbaiknya. Importir ini sudah sangat berpengalaman dan terpercaya sebagai distributor bahan dekorasi bangunan berkualitas.

Produk HPL yang didatangkan ke Indonesia sudah terjamin kualitas, ketahanan dan keamanan produknya. Berbagai sertifikasi sudah dikantongi perusahaan sebagai bukti akan kehandalan produknya. Jadi, Anda tidak perlu lagi meragukannya, karena mutunya sudah sangat terjamin.

Silahkan untuk berkonsultasi dengan tim marketing IsiBangunan, agar dibantu menemukan motif yang sesuai. Anda juga akan dibantu untuk menghitung jumlah kebutuhan HPL dan estimasi anggaran yang diperlukan. Selain menyediakan produk berkualitas, pilihan warna serta motifnya juga beragam. Sedangkan harga yang ditawarkan lebih bersaing.

Dapatkan informasi terkini mengenai harga tacon pelapis triplek, dengan mengakses IsiBangunan.com! Staf berkompeten dan berpengalaman siap membantu melayani kebutuhan Anda.

 

Please rate this