Sekarang ini berbagai merek HPL mudah dijumpai di pasaran. Penjualannya pun makin gencar, dengan keberadaan distributor di berbagai kota. Penawaran jual HPL murah pastinya sangat menggiurkan. Namun, harus selalu mengutamakan segi kualitas.

Lapisan Pembentuk Lembaran HPL

Produk HPL terbuat dari beberapa lapisan kertas, yang diproses dengan resin. Kemudian melalui proses pressing plat baja di bawah tekanan dan temperatur tinggi. Dengan begitu, mampu dihasilkan lembaran bahan finishing dengan kualitas handal. Selain itu, tampil dengan aneka corak dan warna memikat.

Overlay adalah lapisan pertama pada HPL. Fungsinya adalah memberikan fungsi ketahanan terhadap goresan atau benturan. Pelapis HPL yang dianggap memiliki kualitas bagus, setidaknya memiliki tebal minimal 0,3 milimeter.

Semakin tebal lapisan overlay-nya, maka semakin kuat ketahanannya terhadap ancaman goresan dan benturan. Wajar saja kalau semakin tebal lembaran laminasi ini, maka semakin tinggi juga harganya. Sangat sepadan dengan kualitas yang diberikan.

Semakin tipis ketebalan HPL, maka biasanya dibanderol dengan harga lebih murah. Kelemahan lainnya biasanya tampilan warna dan motifnya cepat memudar. Tentunya juga kurang tahan terhadap gesekan dan benturan.

Lapisan kedua adalah kertas dekoratif atau décor sheet. Fungsi dari lapisan ini adalah sebagai pembentuk tampilan warna dan motif pada produk HPL. Jadi, apakah motif yang ditampilkan warna solid, serat kayu, bunga, batu alam dan sebagainya, ditentukan oleh lapisan tersebut.

Nah, lapisan yang ketiga adalah kraft paper. Fungsi dari lapisan ini adalah sebagai pembentuk kelenturan atau elastisitas dari lembaran HPL. Semakin tebal lapisan ini, maka produk laminasi ini semakin lentur. Produk HPL berkualitas bagus jika dipotong maka hasilnya halus. Sedangkan yang mutunya rendah, maka hasil potongnya tidak rata sehingga harus dirapikan lagi.

Oleh karena itu, sebelum membeli dari toko jual HPL murah, harus mencermati spesifikasi produknya. Ketahui ketebalannya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kualitas yang diinginkan.

HPL Kaya Pilihan Warna dan Corak Memikat

varian corak HPLSalah satu keunikan dan daya tarik bagi produk HPL (High Pressure Laminate) adalah varian warna dan motifnya. Hal ini memikat masyarakat, pengrajin furnitur dan desainer interior. Mereka semakin leluasa dalam menuangkan kreativitasan.

Motif serat kayu atau wood grain merupakan yang paling populer. Variasi corak ini pun sangat beragam. Setiap meluncurkan kreasi yang cantik dan estetik. Satu merek HPL bisa meluncurkan belasan hingga puluhan variasi motif kayu.

Ada juga motif marmer, granit dan metal yang juga disukai konsumen. Dengan adanya motif HPL tersebut, maka bisa dijadikan alternatif pengganti material asli. Tentunya dengan material yang mudah dalam pemasangan dan perawatan. Selain itu, dari segi harga juga relatif lebih murah.

Motif warna solid juga menjadi salah satu yang diminati konsumen. Karena tidak semua pengguna suka dengan tampilan natural. Tetapi ingin juga menampilkan aneka warna favoritnya. Berbagai produk furnitur sudah banyak yang mengadopsinya. Seperti kitchen set, meja belajar, meja kerja, lemari pakaian, dan masih banyak lagi kreasi menarik lainnya.

Walaupun terbilang terjangkau dari aspek harganya, pelapis HPL mampu memberikan sentuhan estetik di berbagai produk. Permintaan pasar yang semakin tinggi, memunculkan banyak merek di pasaran. Produk pelapis kayu ini bahkan tidak hanya diproduksi di dalam negeri saja. Sebab sebagian diantaranya merupakan produk impor.

Jaringan distribusinya pun semakin luas, sehingga semakin mudah ditemukan di berbagai daerah. Penjualan bahkan tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Sebab sangat gencar juga dipromosikan melalui internet. Sehingga memudahkan siapa saja untuk mengetahui varian produk, perbandingan harga dan menemukan toko yang jual HPL murah.

HPL Sebagai Pelindung Furnitur

harga HPL terbaruPeranan pelapis HPL tidak hanya untuk menambah nilai estetika furnitur saja. Akan tetapi juga mampu bertindak sebagai pelindung dari beragam ancaman. Material finishing ini terbukti anti air, tahan paparan minyak panas, zat kimia, tahan api, anti gores, anti jamur dan anti rayap.

Kemampuannya terhadap cipratan minyak panas membuat pelapis HPL sangat diandalkan sebagai bahan finishing kitchen set. Karena bahan laminasi ini juga tahan terhadap paparan zat kimia berbahaya, maka juga diandalkan dalam pembuatan furnitur laboratorium. Bahan pelapis ini tetap aman dari paparan 105 jenis bahan kimia.

Hal itu sebagai bukti kalau HPL merupakan produk inovatif, yang tidak hanya cantik tampilannya. Namun, memiliki kekuatan yang bagus. Dengan begitu, daya tahannya sangat tinggi dan bisa digunakan dalam rentang waktu belasan tahun.

Furnitur yang dilapisi dengan HPL juga lebih aman dari risiko benturan dan gesekan. Karena itu, sangat ideal untuk diaplikasikan pada meja kasir, meja resepsionis, meja perpustakaan dan sebagainya. Jadi memilih perabotan yang berlapis HPL sangatlah tepat. Sebab usia pemakaiannya lebih panjang, dengan cara perawatan yang murah dan mudah.

HPL Bisa Diaplikasikan Pada Lantai dan Dinding

harga HPL motif kayuProduk pelapis HPL tidak hanya bisa diaplikasikan pada permukaan furnitur saja. Dengan kreativitasan tinggi, Anda juga bisa memasang material ini untuk mempercantik tampilan dinding, plafon dan lantai. Bahkan bahan finishing ini tidak hanya diaplikasikan untuk dinding interior saja, tetapi juga dinding eksterior. Hal itu terlihat dari penggunaan HPL sebagai material wall cladding.

Secara umum, cara pemasangan HPL pada dinding, lantai dan plafon sama ketika dipasang pada furnitur. Hanya saja perlu penyesuaian atau tambahan bahan tertentu, supaya meningkatkan daya rekat HPL. Dengan begitu, pelapis ini tidak mudah terkelupas atau terlepas.

Sebagai contoh saat akan dipasang pada dinding, maka pastikan kondisi dinding dalam kondisi baik. Permukaan dinding harus rata, bebas dari kotoran dan tidak lembab. Selanjutnya barulah bisa melakukan pemasangan dan diperkuat dengan pemakaian paku. Agar lembaran HPL mampu menempel lebih kuat.

Secara umum, cara instalasi HPL cukup praktis dan tidak memakan waktu. Namun, tetap harus membekali diri dengan pengetahuan seputar kualitas produk dan metode pemasangan yang benar. Jadi jangan hanya terpikat dengan penawaran jual HPL murah saja. Namun, kualitas produk harus senantiasa menjadi prioritas.

Cara pemasangan yang keliru sudah pasti tidak akan memberikan hasil memuaskan. Hasil pemasangan yang nampak tidak rapi dan tidak kuat, justru akan merusak keindahan ruangan. Jadi, kalau memiliki keterbatasan dalam waktu, tenaga dan wawasan, sebaiknya percayakan pemasangan HPL hanya kepada tenaga ahli berpengalaman.

Cermat dalam memilih produk berkualitas handal adalah keutamaannya. Supaya produk HPL yang digunakan benar-benar tampil cantik dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Percuma bila membeli produk murah, namun ternyata gampang pudar warnanya dan mudah terkelupas.

Untuk rekomendasi produk HPL berkualitas tinggi, kaya desain elegan, tahan lama dan lebih bersaing harganya, bisa mengecek langsung melalui IsiBangunan.com. Importir ini jual HPL murah tetapi terbukti tidak murahan. Yuk, buktikan sendiri keunggulan produknya dan dapatkan harga terbaik!

Please rate this