Furnitur berbahan kayu solid semakin tinggi harganya. Namun ada alternatif bagi yang ingin memiliki perabot kayu, tetapi dengan harga tetap terjangkau. Caranya dengan membeli furnitur dengan lapisan veneer atau HPL HPL (High Pressure Laminate). Harga HPL 2021 cukup ekonomis, sehingga menjadi favorit konsumen.

Mau Pilih HPL atau Veneer?

Ada banyak bahan finishing yang biasanya digunakan sebagai laminasi furnitur. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kalau Anda ingin menggunakan bahan finishing agar tampilannya mirip dengan tekstur kayu asli, maka bisa mengandalkan HPL dan veneer.

Kedua jenis bahan laminasi tersebut umumnya digunakan pada kayu olahan. Ada banyak jenis kayu olahan, antara lain multiplek atau plywood, MDF, blockboard dan particle board. Secara umum, kayu olahan dibuat dari limbah atau sisa kayu solid. Masih dalam bentuk pecahan atau serbuk dan diolah dengan metode tertentu, sehingga menghasilkan produk kayu baru.

Produk kayu olahan ini sangat bermanfaat, karena bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk furnitur atau mebel. Beberapa produk yang tercipta dari limbah kayu ini adalah lemari pakaian, meja belajar, rak dinding, daun pintu, daun jendela dan lain sebagainya.

Jika dibiarkan terbuka tanpa adanya lapisan finishing, penampilan kayu olahan memang kurang menarik. Karena itu digunakan berbagai material coating, beberapa yang menjadi favoritnya adalah veneer dan HPL. Sehingga tampilan furnitur sangat mirip dengan kayu asli. Sehingga tampil menawan, tetap fungsional dan bisa mempercantik ruangan.

Jika tidak diperhatikan dengan seksama, tampilan HPL dan veneer seperti tidak bisa dibedakan. Barulah kalau sudah mencermati detailnya dan memahami kekurangan dan kelebihannya masing-masing, maka mudah dalam membedakan kedua bahan finishing kayu tersebut.

Penting dalam memilih bahan finishing kayu adalah tidak terpaku pada keindahan tampilannya saja. Akan tetapi harus melihat aspek keawetan, varian motif daya tahan dan juga harga jualnya.

Veener Sebagai Material Pelapis Kayu

Material ini berbentuk lembaran kayu dengan tebal berkisar 0,24 mm sampai 3 mm. Veener diperoleh dengan cara pengupasan jenis kayu tertentu, seperti kayu oak, kayu mindi, kayu sungkai dan kayu jati. Bahan ini sering diandalkan sebagai finishing material mentah atau perabot dari kayu olahan. Agar permukaan material tersebut nampak lebih rata.

Untuk ketebalan tertentu, veneer juga kerap dimanfaatkan sebagai material pembuatan kayu lapis. Kemudian diolah menjadi aneka produk furnitur. Selain itu, material ini juga bisa digunakan sebagai pelapis lantai parket. Fungsi lainnya sebagai pelapis kayu layaknya pemakaian HPL.

Agar layak digunakan, veneer harus melalui proses pengolahan, sehingga menghasilkan beragam jenis di pasaran. Sehingga sifat veneer bisa berbeda-beda. Jenis yang dimaksud adalah RAW veneer, paper backed veneer, phenolic backed veneer, laid up veneer dan reconstituted veneer.

Lalu apa keunggulan dari veneer? Tampilan dari veneer sangat alami dengan sifat lebih stabil. Jika kayu solid seringkali mengalami keretakan dan pelengkungan karena kondisi lingkungan, namun kondisi itu tidak terjadi pada veneer.

Hal itu karena tingkat daya tahan veneer lebih bagus, ketimbang material kayu alami. Penempelan veneer pada permukaan kayu juga bisa berlangsung lama, karena bisa merekat dengan stabil dan kuat. Karena itu, material ini terbilang layak digunakan sebagai pelapis papan kayu atau furnitur, dengan tampilan alami layaknya tekstur kayu solid.

Walaupun memiliki keunggulan tersebut, tetap harus diterapkan cara perawatan yang tepat dan rutin. Oleh karena sifatnya menyerupai dengan kayu solid, maka cara merawatnya tidak jauh berbeda. Furnitur berlapis veneer harus dijauhkan dari lingkungan dengan tingkat kelembaban udara sangat tinggi. Supaya tidak mudah lapuk atau mengalami kerusakan.

Ada baiknya juga veneer diberikan perlindungan atau coating tambahan. Pelapis anti rayap juga sangat penting diaplikasikan, supaya tidak mudah keropos.

Keunggulan HPL Sebagai Finishing Furnitur

Harga multiplek HPL imporCara lain untuk memiliki furnitur kayu favorit adalah dengan finishing HPL. Dibandingkan dengan veneer, HPL relatif lebih unggul. Karena memiliki banyak kelebihan yang tidak terdapat pada veneer. Teknik pembuatan material ini mengandalkan tekanan dan suhu sangat tinggi. Sehingga tercipta lembaran bahan finishing berkualitas handal.

Berbeda dengan veneer yang hanya tampil dengan tekstur kayu, HPL hadir dengan aneka warna, tekstur dan motif bervariatif. Pilihan tekstur bahan laminasi ini adalah bertekstur, glossy dan matte atau doff. Variasi tekstur ini tentunya bisa menyuguhkan keindahan yang berbeda.

Sedangkan dari varian warna dan motifnya begitu beragam. Pabrikan HPL meluncurkan sangat banyak kreasi warna dan corak yang banyak diminati konsumen. Tidak hanya menawarkan corak tekstur kayu saja, tetapi juga motif cantik lainnya, seperti motif warna solid, motif bunga, motif metal, motif batuan alam dan sebagainya.

Pelapis HPL juga terbukti sangat handal. Hal itu dapat dilihat dari kemampuannya melawan paparan air, minyak, bahan kimia, sinar matahari, serangan jamur, rayap, dan bahkan anti gores. Sehingga furnitur yang dilaminasi dengan HPL lebih aman dan tidak mudah rusak.

Tingkat ketebalan HPL sangat beragam, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan. Walaupun memiliki karakteristik kuat dan cenderung kaku, tetapi masih memiliki tingkat kelenturan tertentu. Sehingga masih bisa digunakan melapisi bagian sudut kecil dari furnitur atau permukaan melengkung.

Dengan beragam kelebihan tersebut, maka daya tahan HPL sangat panjang. Rata-rata furnitur berlapis HPL bisa digunakan hingga belasan tahun. Apalagi kalau produk dan lem yang digunakan berkualitas tinggi. Dengan dibarengi metode pemasangan dan perawatan yang tepat, maka masa pemakaiannya bisa semakin panjang.

Berbagai keunggulan HPL tersebut tidak menjadikannya dibanderol dengan harga sangat tinggi. Sebab harga HPL 2021 di pasaran tetap terjangkau. Nah, karena sudah beredar dalam beragam merek dagang, maka harus selektif juga dalam pemilihan produknya. Cermati spesifikasi dan kelebihannya, supaya tepat dalam menentukan pilihan.

Jual HPL Harga Bersaing

jual HPL termurah di JakartaCermat dalam menentukan produk dan penjual HPL sangat penting. Memahami kelebihan dan kekurangan material finishing ini tentunya bagus untuk memperkaya pengetahuan. Sehingga lebih tepat dalam pemanfaatan dan pemeliharaannya.

Banyaknya merek dan penjual yang menawarkan produk HPL, pastinya membingungkan bagi yang masih awam. Daripada salah langkah, sebaiknya mengikuti rekomendasi terpercaya. Salah satu toko HPL berkualitas dan terpercaya adalah IsiBangunan.com.

Distributor dan importir ini sudah berpengalaman dalam mendatangkan produk dekorasi bangunan berkualitas. Semua produk impornya terbukti memiliki kualitas handal, varian motif elegan dan ketahanan yang bagus.

Wajar saja kalau seluruh produknya diminati oleh masyarakat. Baik untuk pemakaian pribadi ataupun korporat. Selain HPL, telah tersedia produk dekorasi cantik lainnya, antara lain lantai SPC, lantai vinyl, wallpanel 3G, plafon PVC dan sebagainya.

Keunggulan lain dari produknya adalah harga HPL 2021 yang sangat bersaing. Hal itu pastinya sangat menguntungkan, karena Anda bisa lebih hemat anggaran. Masih ada keraguan untuk menggunakan bahan finishing ini? Segera hubungi tim marketing IsiBangunan agar mendapatkan penjelasan lebih detail!

Please rate this