Masih bingung memilih material lantai outdoor? Anda bisa mengandalkan granit permukaan kasar. Tidak hanya memukau tampilannya, tapi juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.  Area mana saja yang bisa dilapisi material ini, dan berapa harga granit permukaan kasar?

Mengenal Jenis dan Fungsi Kolam Renang

Kolam renang bisa menjadi pemanis hunian atau bangunan, selain tetap berfungsi sebagai tempat berenang. Bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, berendam, berjemur, bersantai, menggelar acara ulang tahun dan lain sebagainya.

Pembangunan kolam renang biasanya berhubungan dengan desain dan luas bangunan. Pastinya mengaplikasikan desain yang sesuai, dan menggunakan material berkualitas. Karena selain unsur estetika, juga harus memerhatikan faktor ketahanan dan keamanan segala material yang digunakan.

Berdasarkan lokasinya dikenal dua jenis kolam renang, yakni kolam renang outdoor, dan kolam renang indoor. Jadi, Anda bisa membuat kolam renang di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Pembuatan kolam renang indoor bertujuan agar penghuni bisa berenang setiap saat. Meskipun sedang turun hujan, terik matahari sedang panas-panasnya atau kondisi lainnya. Bahkan aktivitas berenang tidak hanya bisa dilakukan pada pagi, siang atau sore hari saja. Sebab bisa berenang juga ketika malam hari, dan pastinya dengan privasi yang tetap terjaga.

Kolam renang outdoor biasanya memiliki bentuk yang lebih luas. Berbagai aksesoris juga bisa ditempatkan, untuk menghiasi suasana sekitar kolam renang. Seperti menempatkan payung, kursi malas, penerangan dan sebagainya di pinggiran kolam renang.

Nah, kalau berdasarkan fungsinya, terdapat enam jenis kolam renang. Hal ini penting dipahami sebelum Anda membangun kolam renang. Apa saja jenisnya?

  1. Lap Pool

Kolam renang ini dibangun khusus bagi orang yang mengalami permasalahan kesehatan. Agar lebih optimal pemanfaatannya saat digunakan untuk berenang atau mendukung terapi kesehatan.

Bentuknya sengaja dirancang dengan bentuk sempit dan memanjang. Sehingga memungkinkan dibangun di lahan sempit. Batas airnya dibuat cukup tinggi. Agar terkesan airnya sangat melimpah, sehingga menghadirkan kesan menyegarkan.

  1. Exercise Pool

Pembangunan kolam renang ini difungsikan khusus sebagai tempat berlatih olahraga, seperti lompat indah, polo air, berenang dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kolam renang ini dibuat dengan standar khusus, sehingga memerlukan lahan yang luas.

Kolam renang ini juga bisa difungsikan sebagai area perlombaan olahraga air. Tentunya dengan skala tertentu, tergantung dari spesifikasi kolam renangnya.

  1. Competition Pool

Kolam renang ini biasanya dibangun di kawasan sport center atau stadium. Lahan yang diperlukan sangat luas, karena harus dilengkapi dengan tribun penonton. Jadi pembangunannya harus mengacu pada ketentuan khusus. Karena akan digunakan sebagai arena pertandingan atau kompetisi olahraga air.

Apabila akan digunakan dalam kejuaraan kelas dunia, maka harus sesuai dengan standarisasi internasional. Sudah pasti fasilitas, sistem keamanan dan sebagainya harus diterpenuhi dengan baik.

  1. Play Pool

Ketinggian air kolam renang ini cukup rendah, sehingga bisa menjadi area bermain bagi anak-anak. Desain dan warnanya biasanya dibuat mencolok, agar menarik minat anak-anak. Agar aktivitas selama di kolam renang tetap terpantau oleh orang tua, maka dilengkapi dengan tempat duduk.

Orang tua juga bisa memanfaatkan kolam renang tersebut, untuk melatih keberanian anak atau berlatih berenang. Anak-anak pun akan merasa sangat senang bila ditemani berenang.

  1. Private Pool

Kolam renang pribadi ini didesain dengan dimensi yang tidak begitu besar. Keberadaan kolam renang ini biasanya dimanfaatkan sebagai tempat berenang anggota keluarga, bersantai bahkan menggelar acara khusus. Letaknya biasanya menyatu dengan kebun, bisa di belakang atau samping rumah.

Pembangunan kolam renang pribadi bisa berada di dalam ruangan atau luar ruangan. Bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Agar bisa melengkapi keindahan rumah. Selain fungsinya sebagai tempat berenang.

  1. Kolam Renang Free Form dan Geometris

Keunikan dari jenis kolam renang ini adalah dari bentuknya. Desainnya dirancang tidak beraturan, sehingga muncul kesan natural. Tujuan pembangunannya memang biasanya agar menghadirkan kesan menyatu dengan alam. Fungsinya hampir sama dengan kolam renang pribadi.

Sedangkan kolam renang geometris adalah kebalikan dari jenis free foam. Penerapan desainnya bertujuan untuk memberikan kesan formal. Jenis kolam renang ini tidak hanya bisa dibangun di hunian pribadi saja, tetapi juga hotel, tempat rekreasi dan lain sebagainya.

Jadi pembuatan kolam renang memiliki bermacam tujuan, yang disesuaikan dengan fungsi atau pemanfaatannya. Bisa sebagai sarana olahraga, terapi medis, tempat rekreasi, sarana bersosialisasi dan lain sebagainya.

Dengan membangun kolam renang juga bisa meningkatkan nilai jual rumah atau bangunan. Adanya fasilitas berenang ini juga semakin menambah kesan mewah dan modern. Baik dijual maupun disewakan, harganya tetap lebih menguntungkan.

Nah, agar mendukung keindahan bermacam material lantai kolam renang digunakan. Pastikan material yang digunakan sudah teruji kualitasnya, agar bisa menekan biaya untuk pemeliharaannya.

Ingin Membuat Kolam Renang? Berikut Ini Tipsnya

Anda ingin memiliki kolam renang di dalam rumah? Keberadaan kolam renang akan meningkatkan nilai prestisius bagi sebuah rumah. Biasanya halaman belakang rumah menjadi lokasi favorit untuk membangun tempat berenang tersebut.

Agar kolam renang terlihat cantik dan mewah, apa saja tips yang bisa diterapkan? Tentunya tidak hanya terpaku pada keindahannya semata. Akan tetapi tetap memerhatikan unsur kenyamanan dan keamanan penggunanya.

  1. Perhatikan layout dan ukuran kolam renang

Penyesuaian layout atau tata letak kolam renang harus sangat diperhatikan. Penataannya harus disesuaikan dengan tema dan konsep huniannya. Dengan begitu, adanya kolam renang semakin menambah estetika. Bukan sebaliknya.

Oleh karena itu, perencanaan matang harus dilakukan sejak awal. Khususnya dalam menentukan tata letak kolam renang yang ideal. Selain itu, bentuk dan ukuran kolam renang juga harus didesain dengan tepat. Tujuannya agar semakin mempercantik lingkungan rumah.

  1. Tentukan Kedalaman Air Kolam Renang

Kedalaman air kolam renang bisa disesuaikan dengan penghuni rumah. Pada umumnya kedalamannya berkisar antara 1-2 meter. Bisa juga dengan membangi dua kedalaman air di dalam satu kolam renang. Sehingga bisa disesuaikan dengan penggunanya. Sehingga anak-anak hingga orang dewasa tetap aman berenang di dalamnya.

  1. Perencanaan Sistem Filterisasi

Hal ini sangat penting dalam pembangunan kolam renang. Terdapat berbagai pilihan tipe filterisasi kolam renang yang bisa diterapkan. Pemilihan filterisasi akan mempengaruhi konstruksi bangunan, dan struktur kolam renangnya.

  1. Cermati Sirkulasi Air Kolam Renang

Sistem sirkulasi air juga akan berpengaruh terhadap kondisi kolam renang. Tumpahan air atau overflow di pinggir kolam renang bisa membuat suasana terasa lebih rileks dan nyaman. Batu candi juga bisa digunakan sebagai alternatifnya. Anda bisa menumpuk batuan tersebut di pinggiran overflow.

  1. Sesuaikan Ketinggian dan Permukaan Lantai

Ketinggian kolam renang seharusnya tidak melebihi teras kolam. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan menjamin keselamatan pengguna kolam renang.

  1. Terapkan Pool Deck atau Teras Kolam yang Sesuai

Desain teras kolam renang juga harus diperhatikan dengan baik. Anda bisa mengandalkan dek berbahan kayu, atau lantai dari batuan alam dengan penataan yang artistik. Dengan demikian, semakin mempercantik penampilan kolam renangnya.

Apa saja yang perlu diperhatikan, ketika akan membuat teras kolam renang? Tentunya teras kolam renang harus terbuat dari material yang anti selip. Supaya pengguna lebih terlindungi dari risiko terpeleset atau terjatuh. Faktor kenyamanan dan keselamatan tersebut tentunya harus sangat diperhatikan. Selain itu, pastikan juga pool deck selalu terjaga bersih.

Ada banyak material yang bisa digunakan. Salah satu yang sedang tren adalah granit permukaan kasar. Bukan sekadar cantik penampilannya. Tetapi juga memiliki permukaan ideal untuk diaplikasikan di lingkungan kolam renang.

Material ini juga memiliki kehandalan sempurna. Sangat kuat menopang beban berat, tidak mudah pecah, dan berbagai keunggulan lainnya. Hebatnya lagi dengan segala kelebihan tersebut, harganya tetap terjangkau. Sehingga menjadi material ideal dalam pembangunan kolam renang.

Tidak hanya ideal untuk lantai tepi kolam renang, material ini sangat cocok untuk segala lantai outdoor. Seperti diaplikasikan pada halaman rumah, taman rumah, trotoar, dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan Vegetasi di Sekitar Kolam Renang

Kalau berbagai tips di atas sudah bisa diterapkan dengan baik, maka jangan lupakan unsur vegetasinya. Kalau Anda ingin suasananya terlihat lebih natural, maka beberapa pepohonan harus ditanam. Jenis dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Keberadaan pepohonan atau tanaman hias, tentunya tidak hanya membuat lingkungan terlihat hijau. Anda juga bisa merasakan udara semakin segar, sejuk dan suasana menjadi lebih nyaman. Pastikan juga merawat semua pepohonan dengan baik, agar tumbuh sesuai keinginan.

Tertarik untuk membangun kolam renang di hunian kesayangan Anda? Pastikan menyerahkan tugas tersebut kepada tenaga profesional dan berpengalaman. Agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda.

Jenis Material Lantai dan Dinding Kolam Renang

Selain mendesain bentuk kolam renang, finishingnya sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut berkaitan dengan pemilihan lantai, dinding dan tepian kolam renangnya. Kalau tepat dalam memadukannya, maka sangat mendukung keindahan sebuah kolam renang.

Finishing permukaan kolam renang tidak hanya sebagai pelindung konstruksi betonnya saja. Akan tetapi bisa juga menjadi daya tarik. Nah, apa saja material finishing yang umumnya digunakan? Untuk lantai, dinding dan lantai tepi kolam renang.

  1. Keramik

Material keramik sangat lazim digunakan sebagai finishing lantai dan dinding kolam renang. Ada beragam alasan kenapa keramik ini sering digunakan. Material ini sangat mudah ditemui di toko bangunan atau toko keramik. Varian warna dan motifnya juga bermacam-macam.

Cara pemasangan keramik juga terbilang cepat, sehingga bisa menghemat biaya pengerjaannya. Bicara harganya di pasaran, harga keramik kolam renang per meter juga cukup terjangkau.

Sayangnya, keramik lebih gampang pecah. Sebenarnya material ini memang tidak difungsikan sebagai pelapis lantai atau dinding kolam renang. Sehingga tidak kuat menahan beban air di dalam kolam renang.

Kalau sudah terjadi pengikisan pada nat keramik, kondisi tersebut bisa mendatangkan bahaya bagi pengguna kolam renang. Risiko tergores bisa saja dialami perenang. Sayatan atau goresan itu bisa saja terjadi karena terkena keramik yang natnya sudah terkikis. Pengikisan nat akan membuat sisi tajam keramik terbuka.

Jadi, bila Anda ingin membuat kolam renang dengan anggaran tidak terlalu besar. Maka bisa mengandalkan keramik sebagai finishing lantai dan dindingnya. Perawatannya juga tidak merepotkan. Namun, harus segera melakukan perbaikan, kalau terdapat kerusakan. Supaya tidak menimbulkan bahaya bagi penggunanya.

  1. Mozaik

Mozaik biasanya digunakan untuk mempercantik lantai dan dinding kolam renang pribadi. Ukuran dari material ini tidak sebesar keramik. Umumnya setiap kepingannya hanya berukuran 2 hingga 7,5 cm saja.

Mozaik terdiri atas beberapa kepingan yang disatukan. Jaring digunakan untuk menyatukan beberapa kepingan mozaik. Dengan cara dipasang di bagian bawahnya. Jaring tersebut juga memiliki fungsi untuk meningkatkan daya rekat dengan semen. Selain itu, juga untuk memudahkan dalam pengerjaan pemasangannya.

Penggunaan mozaik bisa memancarkan kesan elegan dan mewah. Lapisan anti gores yang cukup tebal sudah diaplikasikan pada mozaik. Sehingga bisa mendukung keamanan pengguna kolam renang. Selain itu juga bisa menambah keindahan penampilannya. Sebab pantulan cahayanya lebih cantik, daripada kolam renang dengan finishing keramik.

Tidak seperti keramik, kepingan mozaik tidak gampang pecah. Hal itu karena didukung oleh penggunaan bahan berkualitas dan proses produksi yang rumit. Bahan yang digunakan dalam pembuatan mozaik mirip dengan porcelain. Bahan ini sangat terkenal dengan ketahanannya, sehingga lebih bermutu daripada keramik lantai kolam renang biasa.

Warna mozaik juga tidak mudah kusam. Lapisan anti gores di permukaannya sanggup memberikan perlindungan sempurna. Sehingga kecantikan warnanya terlihat lebih lama, meskipun sudah termakan usia.

Walaupun banyak keunggulannya, tapi mozaik juga memiliki kelemahan. Hal itu terkait dengan harga jualnya di pasaran yang relatif mahal. Biaya pengerjaan pemasangan mozaik juga membutuhkan anggaran besar. Waktu pemasangannya pun juga terbilang lama daripada keramik. Karena memerlukan ketelitian tinggi, agar bisa terpasang sempurna.

Kalau Anda ingin mengusung konsep keindahan dan modern, tapi tetap mudah dalam pemeliharaannya, maka mozaik bisa diandalkan. Namun, Anda memang harus merogoh kocek lebih dalam.

  1. Batu Sikat

Material ini bisa digunakan untuk menampilkan konsep rumah dengan taman belakang yang luas. Batu sikat adalah batuan kerikil yang digunakan sebagai pelapis permukaan beton. Penggunaan material ini sebagai finishing kolam renang memang tidak populer di Indonesia.

Keunggulan dari penggunaan batu sikat adalah bisa menampilkan tekstur unik dan anti selip. Kesan natural dan mewah juga terpancar dari pemakaian finishing tersebut.

Sayangnya, untuk mengaplikasikan batu sikat memerlukan waktu lebih lama. Pemasangannya juga harus ekstra teliti. Bisa saja kerikil yang sudah terpasang mudah terlepas saat proses pengurasan kolam renang. Retakan kecil juga bisa terlihat, yang diakibatkan oleh kerikil yang terlepas.

Bisa juga karena terjadi kebocoran kolam renang. Karena itu, pengerjaannya harus ditangani oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

Penggunaan batu sikat untuk finishing kolam renang mampu hadirkan kemewahan. Sangat cocok untuk penampilan kolam renang berkonsep natural. Wajar bila Anda harus mengeluarkan anggaran besar.

  1. Granit Permukaan Kasar

Anda ingin mengusung konsep unik, artistik dan tetap terlihat modern pada kolam renang? Granit permukaan kasar bisa diandalkan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Keunikannya adalah tampilannya yang berkarakter dan sangat artistik. Sehingga mampu menampilkan keunikan tersendiri.

Permukaan granit permukaan kasar memiliki tekstur berpori, sehingga tidak mudah licin. Pemasangan material ini relatif mudah dan cepat. Sehingga bisa menekan biaya pengerjaannya. Harga jualnya juga sangat terjangkau.

Material tersebut bisa digunakan sebagai finishing lantai, dinding dan tepian kolam renang. Bermacam pola bisa diaplikasikan, agar semakin memancarkan keunikan dan keindahan kolam renang.

Nah, manakah material finishing kolam renang yang paling ideal untuk Anda? Pastikan setiap orang memiliki pertimbangan tersendiri. Pada dasarnya setiap material yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Karena itu, sangat penting untuk memahaminya. Agar Anda bisa memilih material yang benar-benar ideal. Jangan lupa untuk mengecek harga keramik untuk kolam renang atau material lainnya di pasaran. Sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih hemat.

Kriteria dalam Memilih Lantai Kolam Renang

Penentuan material lantai dan dinding sangat berpengaruh terhadap penampilan kolam renang. Harapannya keindahannya terus terpancar, meskipun sudah bertahun-tahun digunakan. Nah, agar tepat dalam pemilihannya, berikut beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan.

  1. Material Khusus untuk Kolam Renang

Penting untuk dipahami kalau keramik yang umumnya digunakan sebagai pelapis lantai kamar mandi atau dapur, tidak cocok untuk diaplikasikan pada kolam renang. Sekilas memang dari segi penampilannya cocok untuk diterapkan di kolam renang.

Namun, sayangnya keramik tersebut tidak memiliki ketahanan yang memadai untuk diaplikasikan di kolam renang. Air kolam renang memiliki tekanan sangat besar, sehingga bisa membuat keramik tersebut gampang rapuh. Belum lagi dengan efek penggunaan bahan kimia untuk perawatan kolam renang.

Hal serupa juga harus diperhatikan ketika pemilihan keramik untuk lantai tepian kolam renang. Jadi, pastikan hanya menggunakan keramik yang memang diproduksi khusus untuk digunakan sebagai pelapis lantai dan dinding kolam renang.

  1. Permukaan Anti Selip

Risiko kecelakaan atau cedera mengintai pengguna kolam renang. Oleh karena itu, material yang digunakan sebagai finishingnya harus mendukung keamanan dan keselamatan penggunanya. Karena itu, permukaannya dibuat agak kasar. Guna meminimalisir risiko licin.

  1. Daya Tahan Tinggi

Kerusakan rentan terjadi kalau material yang digunakan sebagai finishing lantai dan dinding kolam renang bermutu rendah. Padahal harapannya kolam renang bisa digunakan hingga puluhan tahun. Tanpa sering melakukan renovasi, yang memerlukan anggaran besar. Jadi, pastikan material yang digunakan terbukti ketahanannya.

  1. Pertimbangkan Segi Estetika

Sudah pasti Anda ingin memiliki kolam renang yang cantik, bukan? Karena itu, pilihlah material yang mendukung estetika kolam renang. Serahkan tugas pengerjaannya kepada tenaga ahli yang terpercaya dan berpengalaman. Agar Anda bisa mendapatkan hasil sempurna sesuai ekspektasi.

Nah, dengan mengenal kriteria penting tersebut, maka Anda bisa memilih material paling tepat. tentunya tidak hanya berfokus pada harga murahnya saja. Akan tetapi juga tetap memerhatikan segi kualitas dan tampilan desainnya.

Anda bebas memilih keramik roman untuk kolam renang, granit permukaan keras dan sebagainya. Konsultasikan keinginan Anda pada tenaga berkompeten, supaya bisa mendapatkan saran terbaik.

Tips Memilih Material Decking Kolam Renang

Agar lingkungan kolam renang nampak semakin menawan, maka sekelilingnya juga harus mendapatkan sentuhan khusus. Karena itu, decking pada tepian kolam renang harus ditata dengan baik. Gunakan material decking yang berkualitas, tepat dalam pemasangannya dan rajin merawatnya. Nah, apa saja pertimbangan yang harus diperhatikan?

  1. Selalu Mengutamakan Segi Kualitas Materialnya

Salah satu elemen modern pada kolam renang adalah decking. Harapannya ketika mengaplikasikannya, tidak hanya membuat kolam renang makin cantik saja. Akan tetapi juga bisa bertahan lebih lama, sehingga tidak cepat mengeluarkan anggaran untuk renovasi.

Supaya terjamin ketahanannya, maka harus menggunakan material yang benar-benar berkualitas. Salah satu yang disarankan adalah granit permukaan kasar. Karena tidak hanya cantik bentuknya, tetapi juga sudah terbukti tahan lama.

  1. Perhatikan Unsur Keamanannya

Area tepian kolam renang rentan basah. Apalagi kalau posisinya berada di area outdoor. Maka ancaman air hujan juga akan membuat decking mudah basah. Tentunya kondisi itu akan sangat berbahaya bagi pengguna kolam renang. Risiko terpeleset atau terjatuh mudah terjadi.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan hanya menggunakan material decking yang anti selip atau tidak licin. Seperti granit permukaan kasar. Permukaannya kesat dan tidak licin, sehingga meminimalisir terjadinya terpeleset.

  1. Cara Pemasangan Mudah dan Cepat

Pastinya Anda lebih menyenangi proses pemasangan decking yang mudah, bukan? Karena semakin mudah instalasinya, maka bertambah cepat juga waktu pengerjaannya. Hal itu juga akan berimbas bagus untuk kebutuhan anggarannya. Ada banyak dana yang bisa dihemat.

Karena pada dasarnya kontraktor kolam renang akan mematok biaya berdasarkan luas area, dan tingkat kesulitan dalam pemasangannya. Nah, untuk hasil terbaik pastikan juga menyerahkan proyek pengerjaan decking kepada kontraktor terpercaya dan berpengalaman.

  1. Cara Pemeliharaan Tetap Mudah dan Murah

Agar penampilan kolam renang senantiasa enak dipandang, tentunya sangat membutuhkan pemeliharaan khusus. Salah satunya pada bagian deckingnya. Agar memudahkan proses perawatannya, pastikan menggunakan material yang tepat.

Dengan begitu, sangat mudah juga dalam pemeliharaannya. Semakin mudah perawatannya, maka akan banyak menghemat anggaran. Ada banyak pilihan material decking di pasaran, seperti kayu, keramik, granit permukaan kasar dan sebagainya. Manakah yang paling ideal bagi Anda, silahkan berkonsultasi dengan ahlinya.

Cara Mudah Pemeliharaan Decking Kolam Renang

Supaya selalu terlihat cantik, awet serta tahan lama, maka decking kolam renang harus selalu rajin dirawat. Seperti apa cara yang paling tepat untuk dilakukan? Inilah beberapa rekomendasinya.

  1. Seluruh Bagian Decking Harus Sering Dibersihkan

Anda harus memiliki jadwal khusus untuk membersihkan seluruh bagian decking kolam renang. Dengan begitu, perawatannya bisa dilakukan secara berkala. Tindakan ini akan membantu memperpanjang masa pakainya. Cara ini juga memudahkan Anda untuk segera mengetahui kalau terjadi kerusakan, tumbuhnya lumut dan risiko lainnya. Sekaligus secepat mungkin bisa melakukan perbaikan.

Tidak sulit untuk merawat decking kolam renang. Cukup dibersihkan permukaannya dengan menggunakan lap basah atau kering. Sebaiknya tidak menggunakan sabun atau deterjen berbahan keras, sebab zat kimianya bisa saja merusak material deckingnya.

  1. Singkirkan Kotoran dan Endapan Air Pada Celah Decking

Kotoran dan cairan bisa bersembunyi di sela-sela material decking. Cipratan air dari kolam renang atau guyuran hujan berisiko mengendap pada decking. Belum lagi paparan debu atau kotoran, karena berada di area outdoor. Agar tidak menimbulkan kerusakan material dan keindahannya, maka seringlah untuk menyingkirkan berbagai permasalahan tersebut.

  1. Perhatikan Penggunaan Furnitur

Penempatan furnitur juga harus diperhatikan. Pastikan bahannya aman atau tidak merusak material deckingnya. Sebagai pencegahan kerusakan, sebaiknya gunakan bantalan karet pada kursi yang ditempatkan di atas decking. Sehingga lebih aman dari goresan dan risiko lainnya.

  1. Segera Ganti Decking Jika Sudah Rusak Parah

Kalau terdapat material decking yang sudah rusak parah, maka segeralah untuk menggantinya. Anda bisa menggantinya sebagian atau bahkan keseluruhan. Sangat tergantung dari tingkat kerusakannya.

Renovasi atau penggantian agar tidak menimbulkan risiko bagi pengguna kolam renang. Selain itu, untuk tetap menjaganya senantiasa terlihat indah dan terawat.

Cara Tepat Memilih Jasa Kontraktor Kolam Renang

Anda ingin membangun kolam renang pribadi atau kolam renang komersil? Maka pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor kolam renang terpercaya dan berpengalaman. Lebih bagus lagi jika sekaligus memberikan layanan perawatan kolam renang. Bagaimana cara memilih kontraktor kolam renang yang handal?

  1. Cermati Legalitas Kontraktor

Kontraktor kredibel tentunya sudah berbadan hukum resmi. Sehingga bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan regulasi yang berlaku. Karena itu, Anda harus memahami background perusahaan kontraktor, dan pastinya memiliki legalitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Pada umumnya perusahaan kontraktor profesional sudah memiliki website resmi. Selain itu, jelas juga lokasi kantornya. Sehingga calon klien bisa mendatanginya secara langsung. Dengan begitu, Anda juga leluasa mengetahui bentuk badan usahanya dan memastikan izin usahanya masih berlaku.

Datang langsung ke kantor kontraktor juga memudahkan saat ingin berkonsultasi. Sehingga pihak kontraktor bisa memahami keinginan kliennya. Dengan begitu, bisa memberikan saran terbaik untuk desain kolam renangnya disesuaikan dengan ketersediaan lahan, desain hunian dan sebagainya.

Penawaran biaya jasa pembangunan kolam renang yang murah sangat menggiurkan. Akan tetapi jangan sampai Anda hanya berfokus pada hal tersebut. Pastikan spesifikasi kolam renang yang diberikan sesuai keinginan.

Karena dalam pembangunan kolam renang berhubungan erat dengan kualitas konstruksi, material yang digunakan dan estimasi pengerjaannya. Selain itu juga berdampak bagi pelayanan yang diberikan oleh pihak kontraktornya.

Kualitas material dan teknik pembangunan kolam renang yang tepat, pastinya akan berpengaruh terhadap kekuatan dan ketahanan kolam renangnya. Jangan sampai kecewa di kemudian hari, gara-gara hanya tergiur biaya murah saja.

  1. Harga Harus Sebanding dengan Kualitasnya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu kontraktor kolam renang, ada baiknya Anda melakukan riset harga. Karena anggaran yang ditetapkan satu perusahaan kontraktor dengan lainnya bisa saja berbeda jauh.

Jadi, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan riset harga pasarannya. Sekarang ini sangat mudah melakukannya. Anda bisa melakukan pencarian melalui internet. Kemudian menanyakan perihal biaya yang dikenakan.

Anda bisa meminta pihak kontraktor kolam renang untuk memberikan penawaran dalam bentuk RAB (Rencana Anggaran Belanja) secara transparan. Dengan begitu, memudahkan Anda dalam mengetahui setiap rincian biayanya.

Pada dasarnya harga yang ditetapkan harus sebanding dengan kualitasnya. Kalau harga yang ditetapkan lebih tinggi, karena pertimbangan kualitasnya, maka tidak menjadi masalah. Lebih baik mengeluarkan anggaran sedikit lebih besar, akan tetapi bisa mendapatkan mutu yang lebih bagus.

  1. Sangat Berpengalaman dalam Pengerjaan Kolam Renang

Jenis, bentuk dan ukuran kolam renang sangat beragam. Wajar saja kalau biaya yang dikenakan dalam pembangunannya berbeda-beda. Nah, kalau Anda akan menggunakan jasa mereka, pastikan memilih yang paling berpengalaman. Khususnya untuk tipe kolam renang yang ingin Anda miliki.

Anda bisa meminta portofolio kontraktor. Sehingga bisa mengetahui sejauh mana dalam menangani proyek pembangunan kolam renang. Kalau dianggap banyak pengalamannya, maka sangat layak untuk Anda pilih.

Kalau Anda masih belum memiliki pandangan jasa kontraktor berpengalaman. Mungkin bisa bertanya kepada kerabat, teman atau kolega yang pernah menggunakan jasa serupa. Kalau banyak penilaian positif, maka berarti kontraktor tersebut sangat layak menjadi pilihan terbaik Anda.

  1. Kontraktor Memberikan Jaminan Garansi

Jasa kontraktor berkualitas pastinya senantiasa menjunjung tinggi profesionalisme. Sebagai jaminan atas pelayanan dan kualitasnya, mereka berani memberikan jaminan garansi atas proyek yang dikerjakannya. Hal itu sebagai bukti profesionalismenya.

Jadi, jangan ragu untuk menanyakan kepada pihak perusahaan kontraktor, apakah bisa memberikan garansi dalam kurun waktu tertentu. Jadi kalau selama masa garansi dan terjadi kerusakan teknis, maka masih menjadi tanggungan pihak kontraktor kolam renang.

Perbaikan kolam renang bisa menghabiskan banyak anggaran. Kalau kolam renang baru saja selesai pembangunannya, tapi terdapat kerusakan tertentu pastinya sangat merugikan. Namun, dengan adanya jaminan garansi tersebut Anda akan merasa lebih tenang.

  1. Jangan Lupa Membuat Kesepakatan Kerja

Anda wajib membuat Surat Perjanjian Kerja (SPK) dengan pihak kontraktor kolam renang. Apalagi kalau nilai proyeknya sangat besar. Bukti hitam di atas putih harus Anda miliki, untuk memastikan kontraktor menjalankan tugasnya dengan baik.

Surat perjanjian tersebut menerangkan detail terkait dengan jumlah jam kerja dan tarif yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Surat tersebut harus ditandatangani bersama dan bermaterai. Oleh karena itu, berkas tersebut harus dibuat rangkap.

Satu dokumen untuk Anda pegang sebagai pengguna jasa atau klien. Sedangkan satu berkas lagi diserahkan kepada pihak perusahaan kontraktornya. Fungsi dari surat tersebut sangat penting, karena saling mengikat. Nah, kalau ternyata dalam proses pengerjaannya tidak sesuai dengan yang tertuang pada perjanjian tersebut, maka Anda bisa melakukan gugatan secara hukum.

Semisal material yang digunakan tidak sesuai spesifikasi, proses pengerjaan sudah melewati tenggat waktu dan lain sebagainya. Surat perjanjian tersebut memiliki kekuatan hukum, jadi sangat melindungi Anda sebagai pengguna jasa.

  1. Ketahui Adakah Keunggulan yang Dimiliki Perusahaan Kontraktor Tersebut

Pelayanan setiap kontraktor kolam renang bisa saja berbeda-beda. Karena itu lihatlah kelebihan yang diberikan. Sebagai contoh, Anda mendapatkan laporan secara real time terkait dengan proses pengerjaan. Selain itu, memberikan garansi lebih lama, membantu proses perawatan dan lain sebagainya.

Kalau berbagai penawaran tersebut bisa melebihi jasa kontraktor lainnya, maka sangat layak menjadi pilihan Anda.

Nah, mudah bukan cara memilih jasa kontraktor kolam renang? Pada dasarnya penyedia jasa yang layak dipilih adalah yang bisa bekerja secara profesional, pengerjaannya rapi, sesuai deadline yang sudah disepakati, berkualitas dan bergaransi.

Pentingnya Taman Depan, Taman Dalam dan Belakang Rumah

Sangat sayang bila membuat taman terkesan ala kadarnya. Seakan tidak menjadi prioritas. Padahal keberadaan taman bisa memberikan manfaat penting. Tidak hanya sekadar pemanis rumah atau bangunan saja. Akan tetapi taman juga berfungsi sebagai penyerap polutan dan penyuplai oksigen.

Biasanya orang enggan membuat taman di rumah, karena tidak mau direpotkan dengan perawatannya. Meskipun sebenarnya sangat berminat untuk menghiasi huniannya dengan taman. Sebenarnya tetap bisa membuat taman dengan konsep praktis atau minimalis. Sehingga tidak sulit dalam membuatnya dan tidak repot dalam pemeliharaannya.

Sangat disarankan bagi setiap rumah memiliki taman. Baik itu taman yang berada di depan, tengah atau belakang rumah. Supaya sirkulasi udaranya lebih segar, dan membuat suhu ruangan terasa lebih adem. Idealnya memang sekitar 30-40 persen lahan rumah dimanfaatkan untuk taman.

  1. Fungsi Taman Depan Rumah

Biasanya keberadaan taman depan ini berdekata dengan jalanan. Sehingga taman ini berfungsi efektif sebagai penghalang angin dan penyaring debu atau polutan. Selain itu, taman depan juga bisa difungsikan sebagai welcome area. Jadi bisa dimanfaatkan untuk menyambut tamu, sebelum membawanya masuk ke dalam rumah.

Karena itu, Anda bisa merancang bentuk atau desain taman yang unik dan menarik. Dengan menanam tumbuhan dan bunga aneka warna. Membuat lantai untuk taman dengan material cantik, seperti granit permukaan keras, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan membuat kolam ikan disertai pancuran unik.

Pemilihan tanaman juga harus diperhatikan, agar mendukung estetika dan fungsi taman. Anda bisa menanam tumbuhan seperti ketapang kencana, pohon saputangan, pohon tanjung, palem-paleman dan lain sebagainya. Untuk tanaman berukuran sedang bisa memilih tricolor, dracaena, jenis pilo-piloan, aglonema, tabebuia dan lain sebagainya.

Kalau Anda ingin menanam pohon cemara, pastikan memilih jenis yang tepat. Sebab beberapa jenisnya hanya cocok ditanam di kawasan dataran tinggi dan memerlukan banyak cahaya. Tanaman ini bisa dipadukan dengan tumbuhan minim kebutuhan cahaya, seperti sensevieria atau jenis perdu.

Nah, untuk lapisan paling dasar bisa mengandalkan rumput. Rumput gajah mini lebih direkomendasikan. Karena tidak mudah mati, dengan catatan cukup mendapatkan paparan sinar matahari. Sebagai material lantainya atau pelapis jalan setapaknya bisa mengandalkan granit permukaan kasar. Sebab terbukti awet, tahan lama, cantik dan anti selip.

  1. Fungsi Taman Dalam Rumah

Taman jenis ini biasanya berada di samping jendela. Oleh sebab itu, lebih tepat kalau tingginya tidak melebihi jendela. Karena letaknya di dalam rumah, maka paparan cahaya matahari yang diterima tumbuhan sangat sedikit. Karena terhalang oleh atap rumah atau kanopi.

Tapi tenang saja, karena ada banyak jenis tanaman yang bisa mempercantik taman dalam rumah. Seperti bromelia, cuphea, pilo-piloan, lili paris, sirih-sirihan, sanseivieria, black cardinal dan masih banyak lagi lainnya.

Taman dalam rumah bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai atau relaksasi setelah seharian beraktivitas. Agar kenyamanan lebih terasa, tidak disarankan menempatkan banyak tanaman. Pencahayaan juga harus bagus, supaya semakin mempercantik pemandangan tamannya.

Kalau tidak mau direpotkan dengan pemeliharaan taman, tidak disarankan membuat kolam ikan. Sebab membutuhkan perawatan secara berkala. Membuat pancuran air sudah terasa cukup. Suara gemericik airnya bisa membuat suasana sangat nyaman.

Anda juga tidak perlu menanam rumput di bagian bawahnya. Bisa menggantinya dengan rumput sintetik. Grassblock juga bisa digunakan, agar air mudah menyerap ke dalam tanah. Sebagai ganti rumput, Anda juga bisa menyebarkan batu koral kecil. Pemakaian berbagai material tersebut sangat mendukung perawatan taman lebih mudah.

  1. Fungsi Taman Belakang Rumah

Taman belakang bisa dimanfaatkan sebagai service area. Jadi Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan hobi. Pilihlah jenis tanaman yang relatif kuat, sebagai contoh sansiviera. Tanaman tersebut cukup ditempatkan di bagian pinggiran saja.

Kalau lahan taman cukup luas, cocok juga ditanam satu jenis pohon besar. Tujuannya sebagai peneduh. Jenis kamboja atau sikas cocok untuk ditanam. Kemudian untuk sisa lahan bisa dilapisi dengan batu koral, grassblock, paving block atau granit permukaan keras. Dengan penataan yang tepat tersebut, sangat ideal sebagai wahana penghuni rumah untuk melakukan berbagai aktivitas.

Taman belakang rumah juga bisa difungsikan sebagai taman kering. Supaya semakin mudah dalam pemeliharaan, beberapa tanaman bisa digunakan dengan pertimbangan pertumbuhan relatif lambat dan mudah dalam penanamannya. Jenis tanaman yang dimaksud seperti jenis kaktus atau bromelia.

Pemangkasan ringan bisa dilakukan sebulan atau dua bulan sekali. Namun, tetap harus melakukan penyiraman secara berkala. Agar tanaman tumbuh subur dan terlihat menawan.

Agar Taman Terjaga Keindahannya

Kehadiran taman membuat halaman di sekitar rumah nampak lebih hidup dan asri. Tentunya agar keindahan itu selalu terasa, taman juga harus mendapatkan perawatan yang sesuai dan berkala. Taman rumah yang terawat akan memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Sebab bisa mendapatkan banyak pasokan oksigen.

Nah, beberapa cara berikut ini bisa diaplikasikan, agar taman selalu terawat dengan baik.

  1. Selalu Menjaga Kebersihan Taman

Keasrian, keindahan dan kenyamanan taman sangat didukung oleh kebiasaan ini. Lingkungan taman harus bebas dari sampah yang berserakan. Karena itu, harus rajin melakukan bersih-bersih setiap hari. Dedaunan dan ranting pohon yang berguguran juga harus disingkirkan dari taman.

Kesan jorok sangat terlihat, kalau lingkungan taman jarang dibersihkan. Bahkan bisa menjadi sarang penyebab penyakit. Tentunya kalau hal itu sampai terjadi sangat merugikan. Jadi pastikan menyapu atau membuang semua sampah dan kotoran, agar taman senantiasa enak dipandang.

  1. Memangkas Rumput dan Mencabut Tanaman Liar

Rumput sangat mudah tumbuh besar, terutama saat musim penghujan. Oleh karena itu, di musim tersebut Anda harus lebih sering memangkas rumput. Sebab kalau rumputnya terlalu tinggi, justru akan merusak keindahan taman.

Selain itu, tanaman liar juga harus disingkirkan. Gulma biasanya tumbuh bersamaan dengan tumbuhan di taman. Jika gulma dibiarkan hidup, maka akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman hias dan tanaman buah.

Karena tumbuhan yang berdampingan dengan gulma akan saling berebut nutrisi makanan. Akibatnya tanaman mudah layu bahkan mati, karena nutrisi yang dibutuhkan berkurang. Untuk itu, segera cabut tanaman liar agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman favorit Anda.

  1. Merawat Pohon

Bila taman ditumbuhi pepohonan besar, maka harus rajin pula melakukan perawatan. Pohon dengan dimensi sedang bahkan tinggi tentunya memerlukan perhatian khusus. Keberadaannya memang sangat meneduhkan. Sehingga cocok sebagai tempat bersantai. Apalagi kalau termasuk jenis pohon berbuah, maka bisa berteduh sembari menikmati buah tersebut.

Sayangnya, kalau cuaca sedang tidak mendukung, seperti sering terjadi angin kencang atau hujan lebat, maka bisa mendatangkan bahaya bagi rumah dan penghuninya. Ranting dan bahkan batang pohon bisa jatuh mengenai rumah. Kerusakan tidak bisa dihindari dan bisa saja memakan korban jiwa.

Karena itu, Anda harus rajin memotong batang dan ranting yang sekiranya berbahaya. Sehingga menekan terjadinya risiko, yang bisa merusak rumah atau melukai penghuninya.

  1. Menjaga Kebersihan Kolam Ikan

Taman rumah yang disertai kolam ikan terlihat sangat cantik. Anda bisa memelihara ikan favorit. Namun, jangan hanya senang membuatnya saja, perawatan rutin juga harus selalu diterapkan. Sebab kolam ikan bisa saja menjadi sarang nyamuk dan mudah ditumbuhi lumut. Kondisi tersebut sudah pasti membahayakan penghuni dan merusak keindahan taman.

Bahkan bisa tercium aroma tidak sedap dari kolam ikan yang tidak terawat. Mengurasnya secara berkala adalah cara tepat yang harus dilakukan. Cara ini juga akan menjaga ikan bisa hidup dan berkembang dengan baik. Penting juga untuk memerhatikan kondisi pompa air di kolam. Sehingga sirkulasi airnya berjalan dengan baik.

  1. Singkirkan Tanaman yang Sudah Mati

Sungguh disayangkan kalau sampai ada tanaman yang mati. Namun, kalau sudah terlanjur terjadi, maka harus segera menyingkirkannya dari taman rumah. Karena sudah pasti akan mengurangi keindahan taman. Tanaman yang mati memang sudah termasuk dalam kategori sampah, jadi harus segera dibuang.

  1. Siram dan Memupuk Tanaman Secara Rutin

Menyiram tanaman harus menjadi rutinitas harian. Supaya seluruh tumbuhan di taman bisa tercukupi kebutuhannya. Sehingga tanaman bisa tumbuh dan menghasilkan bunga yang cantik. Tentunya menyiram tanaman tidak boleh kurang atau kelebihan. Harus diberikan secukupnya, agar tanaman tidak gampang layu bahkan mati.

Selain menyiram dengan air, tanaman juga harus dipupuk. Supaya bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Pupuk organik lebih disarankan, karena terbukti lebih aman untuk menyuburkan tanah. Tanpa merusak kualitas atau kesuburan tanahnya.

  1. Pencahayaan yang Memadai

Agar tanaman bisa tumbuh subur, sangat dibutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintetis. Namun, tidak semua tanaman harus mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, Anda harus mengenali karakteristik setiap tanaman.

Selain itu, taman juga harus diterangi oleh cahaya buatan. Anda bisa menempatkan lampu di setiap sudut yang diperlukan. Cahaya ini sangat diperlukan saat malam hari. Sehingga segala aktivitas di taman tetap terlihat jelas.

  1. Pastikan Tanaman Bebas dari Hama

Serangan hama pastinya sangat mengganggu tanaman, dan bisa mendatangkan bahaya bagi penghuni rumah. Oleh sebab itu, harus selalu diperhatikan apakah ada hama di taman rumah. Kalau ada, maka harus segera membasminya. Sebelum menimbulkan kerusakan lebih parah.

  1. Menjaga Kebersihan Lantai Taman

Lantai taman juga harus mendapatkan perhatian serius. Jangan sampai lantai atau jalan setapaknya menjadi licin. Sehingga bisa sangat berbahaya bagi orang yang melaluinya. Karena itu, saat memilih material lantai harus sangat selektif. Pastikan bahannya berkualitas, tidak mudah licin dan tahan lama.

Lantai taman adalah ornamen penting di setiap taman rumah. Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa mengandalkan granit permukaan kasar sebagai lantainya. Material ini terbukti sangat handal, cantik tampilannya dan mendukung keselamatan penghuni rumah. Apalagi harganya yang cukup terjangkau, menjadikannya sebagai pilihan paling tepat.

Dengan mempraktekkan segala tips di atas, maka taman rumah bisa terpelihara dengan baik. Taman rumah benar-benar tampil menawan. Sangat cocok untuk memanjakan diri saat waktu senggang.

Tips Menciptakan Taman Rumah Nan Mempesona

Anda ingin memiliki taman yang cantik untuk menghiasi hunian kesayangan? Sayangnya, Anda masih bingung bagaimana memulainya, tata letak taman, pemilihan desain taman, jenis tanaman dan lain sebagainya.

Jangan khawatir, simak berbagai hal penting berikut ini. Agar Anda bisa segera memiliki bayangan, seperti apa taman yang cocok untuk diciptakan. Termasuk dalam pemilihan lantai taman, baik itu di depan rumah maupun belakang rumah.

  1. Selaraskan Desain Taman dengan Hunian

Desain taman harus selaras juga dengan konsep bangunan rumahnya. Sebagai contoh, gaya hunian mengusung desain minimalis. Maka paling tepat adalah dengan membuat taman berkonsep minimalis. Desain ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian dengan lahan terbatas.

Selain bisa menerapkan desain minimalis, berbagai gaya taman lainnya juga bisa diaplikasikan. Seperti tema tradisional, modern, industrialis dan lain sebagainya. Tentunya kalau hunian Anda juga mengusung konsep bangunan tersebut.

Jadi pada dasarnya, menyelaraskan desain taman dengan rumah sangat efektif menghadirkan keindahan yang sempurna. Karena itu, pahami dengan baik, agar tidak keliru dalam penerapannya.

  1. Tentukan Tata Letak Taman yang Sesuai

Selanjutnya adalah mengatur tata letak atau layout taman. Apalagi kalau lahan tamannya terbilang sempit, maka harus pintar-pintar dalam mengatur tata letaknya. Agar dengan keterbatasan lahan tersebut, tetap bisa tercipta taman yang nyaman, cantik dan terkesan luas.

Hal itu juga berlaku untuk lahan taman yang cukup luas. Penataan yang sesuai agar membuat penampilan taman semakin cantik.

  1. Lengkapi Taman dengan Jalan Setapak

Anda bisa mempercantik taman dengan membuat jalan setapak. Keberadaannya tetap fungsional sebagai tempat berjalan kaki. Sehingga memudahkan Anda saat menyusuri setiap sudut taman. Jalan setapak ini bisa menjadi penghubung satu titik dengan lainnya.

Agar mendukung fungsi dan keindahannya, maka harus tepat dalam pemilihan material lantainya. Kalau mengusung gaya sederhana, maka bisa memasang lantai taman minimalis. Material ini tidak hanya enak dipandang, tetapi juga mampu menciptakan kesan luas secara visual.

Berbagai material bisa dikombinasikan dalam pembuatan jalan setapak. Anda bisa menggunakan paving grass block, potongan kayu, cetakan semen, lempengan batu alam dan lain sebagainya. Pastikan ketika pemilihannya tidak melupakan konsep dan desain huniannya. Supaya tetap tercipta keserasian dan menambah nilai estetikanya.

  1. Kolaborasikan Tanaman dengan Pagar

Pemasangan pagar bisa membuat lahan taman terasa semakin sempit. Tapi Anda masih bisa mengatasinya, agar kesan tersebut bisa disamarkan. Sehingga pembatas tersebut terasa tidak terlihat. Anda bisa menanam tanaman semak atau tanaman menjalar berdaun kecil di dekat pagar.

Jangan lupa untuk memerhatikan jarak setiap tanaman, dan pemilihan komposisi warna tanamannya. Dengan begitu, taman akan terlihat semakin cantik dan terkesan lebih luas.

  1. Padukan Pola Vertikal dan Horizontal

Tidak menjadi masalah kalau lahan untuk taman tidak terlalu luas. Karena berbagai siasat bisa diandalkan untuk mengatasinya. Salah satunya dengan memadukan konsep vertikal dan horizontal.

Untuk pola vertikal, Anda bisa memilih tanaman yang tumbuh menjulang ke atas, seperti vertical garden. Nah, untuk pola horizontal bisa mengandalkan tanaman yang tumbuh melebar ke samping. Padukan kedua pola tersebut secara proporsional, sehingga nampak sangat cantik penampilannya.

  1. Tepat Memilih Jenis Tanaman

Setelah memahami konsep, desain dan tata letak taman, yang sangat penting juga dipahami adalah pemilihan jenis tanamannya. Supaya semakin mendukung keindahan taman. Ada banyak jenis tanaman atau jenis bunga yang bisa menghiasi taman.

Akan tetapi lebih disarankan untuk memilih tanaman berukuran kecil atau sedang. Kemudian pastikan menata tanaman atau bunga tersebut sebaik mungkin. Hindari tanaman berukuran besar untuk taman dengan lahan sempit. Sebab sangat memakan tempat atau ruang.

Anda bisa menanam bermacam jenis bunga atau tanaman dengan tampilan warna yang berlainan. Dengan begitu, taman akan terlihat lebih penuh warna. Namun, tetap tidak boleh berlebihan. Pemilihannya harus tetap mengusung konsep proporsional. Agar taman selalu terlihat menawan dan tidak membosankan.

Penting juga untuk tidak menanam tumbuhan dalam jumlah berlebihan. Sesuaikan jumlahnya dengan luas lahannya. Jangan sampai terlihat kesan semrawut atau berlebihan. Selain itu, akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan perawatan tanaman.

  1. Buatlah Sistem Drainase Memadai

Sistem saluran air di taman sangat penting untuk diperhatikan. Jadi pastikan Anda sudah membuat drainase yang sesuai. Agar saat musim hujan, taman tidak akan tergenang air secara berlebihan. Karena sudah pasti kondisi ini tidak bagus untuk tanaman dan bisa merusak pemandangan.

  1. Gunakan Batu Alam

Taman rumah akan tampil lebih elegan dan modern, dengan menambahkan sentuhan batuan alam. konsep seperti ini bisa memberikan nilai lebih pada sebuah taman. Perpaduannya dengan tanaman atau bunga akan memberikan efek alami atau natural. Selain itu bisa menghadirkan kesan sehat pada taman tersebut.

Berbagai hal di atas bisa menjadi panduan ketika akan membuat taman. Membuat taman bisa ditangani sendiri atau meminta bantuan profesional. Anda bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli, agar hasilnya sesuai harapan. Sekaligus bisa mengetahui estimasi anggaran yang harus disiapkan.

Ada banyak desain taman yang bisa diaplikasikan di hunian kesayangan Anda. Bisa menggunakan referensi dari internet. Bisa juga dengan meminta bantuan profesional, untuk mendesain taman sesuai keinginan Anda. Luas lahan, tekstur lahan dan gaya desain bangunan akan berpengaruh terhadap pembuatan taman.

Agar keindahan taman semakin mempesona, pertimbangkan penggunaan lantai taman belakang dan lantai taman depan rumah yang tepat. Pilih material yang mendukung keamanan dan keindahan tama. Namun, tetap dibanderol dengan harga bersaing. Seperti granit permukaan kasar, yang sangat cocok sebagai lantai outdoor.

Memahami Jenis dan Fungsi Halaman Rumah

Setiap sudut rumah pastinya memiliki fungsi atau peranannya masing-masing. Sehingga keberadaannya dianggap penting dan harus didekorasi secantik mungkin. Sama halnya dengan halaman rumah, juga mempunyai fungsi atau peran tersendiri.

  1. Halaman Depan

Halaman ini berperan sebagai introduction space atau ruang pengenal. Anda dan tamu akan melintasi area ini, sebelum menuju ruangan lainnya. Karena itu halaman depan dianggap sebagai ruangan publik, karena terbuka bagi siapa saja. Setidaknya dari segi visualnya. Semua orang bisa melihatnya dari luar rumah. Meskipun halaman depan terkadang juga tertutup oleh pagar tinggi.

  1. Halaman Samping

Sifat dari halaman ini lebih privat, tapi masih memiliki akses dari depan rumah. Halaman ini biasanya diberikan pembatas berupa pagar. Sehingga bisa difungsikan untuk perluasan ruang keluarga luar rumah.

Penghuni rumah bisa menjalankan aktivitas, tanpa terganggu visual dari depan rumah. Jadi privasinya lebih terjaga, ketika di halaman samping. Sebagai fasilitasnya, biasanya ditambahkan kolam ikan, gazebo, taman bunga dan sebagainya.

  1. Halaman Belakang

Area ini biasanya identik dengan kesan kotor atau kumuh. Karena memang mendapatkan perhatian khusus. Biasanya hanya dimanfaatkan untuk kamar mandi, sumur, kebun, tempat jemuran, atau kandang binatang peliharaan.

Padahal halaman belakang juga bisa didekorasi dengan lebih cantik. Agar menciptakan tempat yang nyaman dan menarik secara visual. Sehingga bisa berfungsi sebagai taman keluarga yang nyaman. Tidak hanya bisa untuk tempat bersantai saja. Akan tetapi juga untuk menjamu kerabat atau sahabat.

Baik halaman depan, halaman samping maupun halaman belakang rumah juga berfungsi sebagai pemanis. Sehingga bisa meningkatkan nilai estetika rumah. Karena itu, ditempatkan juga perabotan dengan desain khusus. Seperti meja, kursi dan aneka tanaman hias.

Saat memilih tanaman hias, pastikan yang lebih mudah perawatannya. Agar tidak merepotkan dan menguras banyak biaya. Apalagi kalau penghuni rumah terbilang sangat sibuk rutinitas hariannya. Kalau tidak dirawat dengan baik, pasti tanaman hias tersebut tidak terurus dan cepat mati.

Keindahan dan harumnya bunga-bunga di halaman rumah tentunya sangat menyenangkan. Bisa menjadi relaksasi atau melepas penat. Agar suasana semakin hangat, perhatikan juga pemilihan dindingnya. Sentuhan warna biru air, hijau daun, tanah coklat atau merah batubata sangat cocok diaplikasikan. Karena sangat terasa menyatu dengan alam.

Jangan lupa juga mengatur sistem pencahayaan halaman rumah. Sistem pencahayaannya harus ditata dengan baik, agar terlihat artistik dan tidak menyilaukan mata. Anda bisa memasang lampu gantung, lampu tanam atau lampu sorot.

Kesan terang, romantis dan sejuk akan terpancar dengan pemasangan lampu yang sesuai. Kolam ikan dengan dilengkapi pancuran air akan menambah suasana halaman semakin menyenangkan. Siapapun akan merasa betah berlama-lama.

Lantai untuk halaman depan rumah, samping dan belakang juga harus diperhatikan dengan baik. Supaya halaman lebih terlihat rapi, cantik dan mengagumkan. Jangan sembarangan dalam pemilihan material pelapis lantainya. Pastikan hanya gunakan yang sudah terbukti berkualitas, mudah pemasangan dan perawatannya, serta dari segi harga lebih terjangkau.

Inspirasi Menata Halaman Rumah

Anda ingin memberikan kesan positif saat tamu berkunjung ke rumah? Maka Anda harus memerhatikan keindahan halaman depan rumah. Kenapa? Karena kondisi halaman rumah akan memberikan kesan pertama bagi para tamu.

Kalau penampilannya sangat indah dipandang, maka mereka akan terkesan. Sebaliknya, kalau pemandangan halaman rumah tidak enak dipandang, maka kesan negatif akan terpikirkan.

Menata halaman depan rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada banyak tips dan referensi desain yang bisa diaplikasikan. Supaya hunian kesayangan Anda bisa tampil lebih mempesona dan semakin memberikan kenyamanan.

Jangan lupa memerhatikan kebutuhan lantainya. Bagian terbawah ini juga harus mendapatkan sentuhan desain yang cantik. Anda bisa menggunakan desain lantai halaman minimalis. Bisa juga mengaplikasikan gaya desain lainnya, sesuai dengan tema rumah.

Detail halaman seperti pencahayaan, penataan taman dan sebagainya juga harus mendapatkan perhatian khusus. Nah, agar bisa difungsikan sebagai tempat bersantai atau menjamu tamu, Anda bisa menempatkan meja kursi yang nyaman. Apa saja inspirasi dalam menata halaman rumah?

  1. Harus Sesuaikan Bentuk dan Ukuran Halaman

Anda ingin menata ulang teras atau halaman depan rumah? Caranya cukup mudah. Sebagian orang memang baru mendapatkan ide menghias halaman setelah rumah dibuat. Jadi, setelah bangunan rumah rampung dibangun baru terlintas untuk mendekorasinya.

Hal itu tidak menjadikan masalah. Anda bisa memberikan sentuhan khusus, namun harus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran halamannya. Sebagai contoh untuk ukuran halaman yang tidak terlalu besar. Menempatkan dua kursi dan meja kecil berwarna putih sangat cocok dilakukan.

Sebaiknya hanya menggunakan perabot dengan bentuk sederhana atau minimalis. Kemudian bisa menggunakan ornamen bunga-bunga untuk menghias sekeliling halaman. Sudah pasti dengan sentuhan baru ini, teras akan terlihat lebih memikat.

  1. Buat Atap Tembus Cahaya

Supaya lebih hemat energi, maka Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami. Dengan cara membuat teras yang bisa ditembus oleh sinar matahari. Bahan tembus cahaya bisa digunakan untuk mendukung rancangan tersebut.

Kesan rumah lebih nyaman dan terang bisa dirasakan, ketika mendesain atap halaman tembus sinar matahari. Anda bisa menikmati kenyamanannya saat pagi hingga sore hari. Pastinya membuat aktivitas bersantai bersama keluarga atau teman lebih seru dan menyenangkan.

Apakah tidak menimbulkan kesan panas? Untuk mengatasinya Anda bisa menanam tumbuhan rambat di atas atapnya. Kemudian menempatkan beberapa pot bunga di halaman rumah. Tidak hanya bisa meredam hawa panas, tapi juga membuat halaman depan tampak cantik.

  1. Terapkan Desain Halaman Rumah Klasik

Anda memiliki hunian dengan gaya vintage? Anda bisa membuat halaman bertema klasik. Tiang kayu bisa digunakan untuk menopang beberapa bagian atap teras. Selanjutnya halaman bisa langsung dihubungkan dengan ruang tamu melalui pintu utama rumah.

Beberapa kursi untuk bersantai bisa diletakkan di pusat teras. Meja berbentuk lingkaran atau persegi panjang juga cocok ditempatkan di halaman depan. Agar makin cantik penampilannya, beberapa pot bunga bisa ditempatkan di sekeliling halaman. Agar kesan santai dan alami semakin terasa.

Anda juga bisa menata halaman vintage dengan gaya peternakan. Penampilannya sangat khas. Bukan karena identik dengan kondisi kotor, seperti banyaknya tumpukan jerami atau sampah yang tidak enak dipandang.

Lantai kayu berwarna coklat tua sangat cocok menghiasi halaman depan rumah tersebut. Kemudian hiasi juga dindingnya dengan sentuhan batu alam. Cara ini akan memancarkan kesan natural dan juga rapi. Untuk pagar terasnya bisa menggunakan material kayu. Nah, agar mendukung aktivitas bersantai, Anda bisa menempatkan meja dan kursi berdesain minimalis.

  1. Sentuhan Dekorasi Bunga di Halaman Depan Rumah

Cara lain agar halaman depan rumah semakin memikat adalah membuat dekorasi bunga. Sentuhan desain shabychic pastinya sangat menggoda. Anda tidak harus menggunakan tanaman bunga sintetis. Sebab bisa memakai tanaman bunga asli.

Karpet berwarna putih bisa melapisi bagian lantainya. Lalu menambahkan kursi berwarna biru turqois untuk bersantai. Menempatkan rak kayu sederhana guna menempatkan tanaman bunga sangat cocok dilakukan. Pastikan memilih tanaman bunga yang cocok, agar semakin mempercantik penampilan halaman rumah.

  1. Wujudkan Halaman Rumah Minimalis

Ukuran halaman rumah sangat kecil? Jangan khawatir, karena tetap ada cara mudah untuk mempercantiknya. Sudut teras yang berbatasan langsung dengan tembok bisa dimanfaatkan. Langkah ini bisa membuat tampilan halaman lebih menawan.

Konsep dari penataan ini adalah menciptakan halaman rumah yang santai. Anda bisa meletakkan sofa di sudut ruangan. Dengan begitu, bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Supaya semakin nyaman dan terlihat cantik, Anda bisa melengkapi sofa dengan bantal aneka warna. Tanaman gantung juga bisa menghiasi area halaman rumah berukuran terbatas tersebut.

Halaman rumah sempit dan sederhana tetap bisa tampil lega. Caranya dengan tidak menaruh banyak perabotan. Cukup dengan menempatkan dua kursi rotan untuk bersantai. Bantal kecil empuk bisa melengkapi kursi. Makin cantik lagi kalau dihiasi dengan pot bunga palem dan pot gantung. Pemandangan pun menjadi segar dan suasana terasa lebih sejuk.

  1. Desain Halaman Rumah Memanjang

Kalau Anda sudah mempunyai rumah dengan ukuran cukup luas, disertai dengan halaman cukup panjang, maka akan semakin mudah untuk mendekorasinya. Namun, bukan berarti memberikan hiasan secara berlebihan. Semuanya harus proporsional, agar tidak merusak pemandangan.

Anda bisa memulainya dengan menyusun beberapa kursi santai menjadi dua bagian. Satu bagian berada di sebelah kanan, dan bagian lainnya di sebelah kiri halaman rumah. Kedua bagian kursi tersebut hanya dipisahkan oleh pintu masuk menuju ruang tamu.

Agar semakin ideal sebagai tempat bersantai atau menjamu tamu, maka Anda bisa menambahkan meja kopi pendek dengan bentuk memanjang. Kalau di depan halaman juga dibangun taman, maka keindahan hunian semakin terlihat cantik.

Lantai halaman depan rumah jangan luput dari perhatian. Tidak hanya menjadikan halaman semakin cantik. Akan tetapi membuat halaman terlihat lebih bersih, rapi dan nyaman. Ada banyak material yang bisa digunakan untuk mempercantik lantai halaman. Salah satu yang tengah diminati adalah granit permukaan kasar.

Nah, demikian beberapa trik yang bisa diterapkan saat menghias halaman depan rumah. Tidak sulit, tapi pastikan menerapkan konsep yang selaras dengan desain rumah secara keseluruhan. Jangan lupa juga untuk memilih material yang berkualitas.

Material untuk Percantik Lantai Halaman Rumah

Teras dan halaman rumah adalah satu kesatuan penting setiap hunian. Anda bisa memanfaatkannya untuk melepas lelah, menikmati panorama alam, menghirup udara segar, menikmati cahaya matahari atau guyuran air hujan.

Penggunaan lantai yang tidak sesuai warna dan coraknya bisa merusak keindahan halaman. Oleh karena itu, pilihlah material yang paling sesuai. Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Agar bisa memahami material lantai yang paling cocok untuk halaman rumah Anda.

Penyesuaian dengan desain bangunan, pemilihan bahan lantai dan kebutuhan anggaran harus direncanakan sedari awal. Pemilihan material lantai harus memerhatikan segi ketahanan terhadap iklim dan cuaca. Sehingga tidak cepat rusak dan lebih menjamin keamanan penghuni rumah. Nah, apa saja material lantai yang bisa digunakan?

  1. Batu Kerikil

Lantai halaman tidak selamanya harus memiliki bentuk solid. Seperti terbuat dari campuran batu dan semen. Batu kerikil juga bisa melapisi tanah halaman. Kerikil bisa dihamparkan di atas tanah, sehingga menghadirkan pemandangan sangat cantik.

Material ini juga bisa terlihat harmonis bersama tanaman hias. Untuk mendukung aktivitas bersantai, Anda juga bisa menempatkan perabotan dari kayu, seperti meja dan kursi. Lentera juga bisa dipasang, untuk menghadirkan kesan romantis di halaman rumah rumah.

  1. Rumput Sintetis

Material ini sangat mudah diaplikasikan di lantai halaman rumah. Termasuk dengan cara perawatannya, begitu mudah dan murah. Harganya juga relatif lebih terjangkau. Tidak seperti rumput sungguhan, rumput sintetis tidak perlu disirami dan dipotong. Inilah keunggulan dari rumput sintetis.

Selain itu, rumput sintetis juga lebih tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Sehingga tidak perlu khawatir saat musim hujan atau kemarau. Rumput ini akan terus terlihat hijau dan tidak pernah mengering. Tampilannya selalu segar dan sangat cocok diaplikasikan di halaman rumah.

  1. Ubin Batu

Jenis ubin ini terbilang terjangkau dari segi harganya. Walaupun murah, tetapi tetap memberikan keindahan pada halaman rumah. Varian warnanya cukup banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep halamannya. Anda juga bisa memilih tekstur yang diinginkan. Bisa halus atau kasar.

  1. Batu Kali

Jenis batu ini identik dengan warna coklat atau abu-abu. Sebagian diantaranya juga memiliki warna kemerahan. Nuansa alam sangat terlihat, ketika halaman mengaplikasikan batu kali untuk lantainya. Anda bisa membuat aneka kreasi dengan batu kali. Seperti membuat bentuk tertentu, angka, alfabet dan lain sebagainya.

  1. Lantai Kayu

Kayu adalah material yang mampu menghadirkan suasana yang hangat. Sehingga cocok diaplikasikan di lantai dalam rumah maupun luar rumah. Berbagai furnitur juga tetap bisa ditempatkan di atasnya. Sayangnya, harga lantai kayu terus melonjak naik. Sehingga harus merogoh kocek lebih dalam untuk mengaplikasikan lantai kayu.

  1. Granit Permukaan Kasar

Tampilannya sangat cantik dengan permukaan kasar. Sehingga tidak hanya bisa menambah estetika halaman rumah, tapi juga memberikan perlindungan kepada penghuni rumah. Sebab material lantai ini tidak mudah licin. Sehingga tidak mudah membuat orang terpeleset atau terjatuh ketika melintas di atasnya.

Sangat banyak pilihan warna dan ukuran, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Cara pemasangan dan perawatannya sangat mudah. Aneka pola cantik bisa diaplikasikan dalam pemasangannya. Agar tercipta keindahan tersendiri bagi hunian kesayangan Anda.

Material lantai ini juga sangat kuat, sehingga bisa bertahan dalam waktu lebih lama. Jenis lantai ini tetap kuat menahan bobot mobil atau berat berat lainnya. Nah, dari segi harganya pun masih sangat terjangkau. Sehingga sangat ideal diaplikasikan di berbagai jenis bangunan.

Granit permukaan kasar ini tidak hanya cocok diaplikasikan sebagai lantai halaman rumah minimalis. Akan tetapi sangat cocok untuk gaya bangunan lainnya. Harganya yang terjangkau, tetap dibarengi dengan kualitas handal.

Pengertian dan Fungsi Trotoar

Bagi yang tinggal di kawasan perkotaan, pastinya sudah sangat akrab dengan trotoar. Meskipun dibuat untuk fasilitas para pejalan kaki, tapi seringkali disalahgunakan. Seperti dialihfungsikan sebagai lapak kaki lima, lahan parkir, dilintasi kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Trotoar bisa diartikan sebagai salah satu fasilitas pendukung dalam penyelenggaraan lalu lintas, khususnya bagi pejalan kaki. Pembangunan trotoar biasanya dilakukan di kawasan yang berpotensi dilalui pejalan kaki. Sebagai contoh terminal bus, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, sekolah, perumahan dan lain sebagainya.

Sedangkan fungsi dari trotoar adalah sebagai layanan bagi pejalan kaki, agar mendukung aspek kenyamanan, kelancaran dan keamanan. Adanya trotoar juga semakin melancarkan akses kendaraan, karena tidak terganggu pejalan kaki.

Seperti Apa Trotoar yang Ideal?

Pembangunan trotoar harus mengikuti ketentuan yang benar. Dengan begitu, manfaatnya bisa terasa optimal. Nah, apa sajakah kriteria trotoar yang ideal? Setidaknya ada tujuh poin yang harus diperhatikan.

  1. Penempatan Trotoar

Penempatan trotoar harus diperhatikan, agar pembangunannya benar-benar bermanfaat. Idealnya di kawasan yang ramai dilalui pejalan kaki, maka harus sudah tersedia trotoar. Beberapa kawasan yang dimaksud adalah pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, pusat pertokoan, sekolah dan lain sebagainya.

Kalau jumlah kendaraan yang melintas di suatu jalan sudah mencapai 1000 armada, dan terdapat 300 pejalan kaki per 12 jamnya, maka jalan tersebut layak dilengkapi trotoar. Pada umumnya trotoar dibuat di sisi luar bahu jalan. Penempatannya sejajar dengan jalan, kecuali kalau kondisi topografinya tidak memungkinkan.

Khususnya untuk kawasan pemberhentian bus atau halte, maka penempatan trotoar harus sejajar atau berdampingan dengan jalur bus. Trotoar bisa ditempatkan di belakang atau depan halte. Sebaiknya trotoar ditempatkan di sisi dalam saluran drainase. Bisa juga dibangun di atas saluran drainase tertutup.

  1. Dimensi Trotoar Harus Sesuai

Trotoar harus dibangun dengan mengatur lebar minimum atas penggunaan lahan di sekitarnya. Sehingga pejalan kaki lebih nyaman atau tidak terganggu dengan pejalan kaki lainnya.

Nah, untuk lebar jalur pejalan kaki ini setidaknya 1-2 meter. Trotoar di kawasan perumahan disarankan minimal memiliki lebar 1,5 meter. Untuk kawasan perkantoran, industri, sekolah, terminal bus, pertokoan atau pusat perbelanjaan minimal dua meter. Sedangkan untuk terowongan atau jembatan, setidaknya memiliki trotoar dengan lebar satu meter.

  1. Struktur dan Kemiringan Trotoar

Agar trotoar lebih nyaman dilalui dan lebih awet masa pakainya, maka harus diperkeras dengan menggunakan plesteran, aspal, beton, blok beton, granit permukaan keras, dan sebagainya. Granit permukaan keras mulai banyak digunakan, karena terbukti handal. Material ini juga kaya desain unik, warna memikat, mudah pemasangannya, dan harganya relatif terjangkau.

Trotoar harus memiliki permukaan dengan tingkat kemiringan melintang antara 2-4 persen. Sedangkan kemiringan memanjang trotoar bisa disesuaikan dengan kemiringan memanjang jalannya. Sangat disarankan tingkat kemiringannya tidak melebihi 10 persen. Tujuannya adalah supaya tidak mudah tergenangi air saat turun hujan.

  1. Trotoar Dilengkapi dengan Tangga

Kenapa diperlukan tangga? Tujuannya adalah supaya memberikan kemudahan kepada pejalan kaki saat melintasi area menanjak. Seperti di kawasan terowongan penyebrangan jalan dan jembatan penyeberangan jalan. Selain itu juga saat di trotoar dengan kemiringan memanjang melebihi 10 persen.

  1. Trotoar Harus Ramah Terhadap Difabel

Kaum difabel juga memiliki hak sama dengan pejalan kaki lainnya. Karena itu, pembangunan trotoar juga harus ramah terhadap para penyandang difabel. Mereka juga harus dipermudah dalam mengakses fasilitas umum, salah satunya adalah trotoar.

Untuk itu, trotoar harus dibangun dengan lapisan dengan permukaan kasar. Selain itu, dilengkapi juga dengan guiding block atau keramik bertanda khusus. Dengan begitu, bisa berfungsi sebagai pemandu penyandang difabel saat melintasi trotoar.

Salah satu material lantai trotoar yang ideal adalah granit permukaan kasar. Ada banyak corak dan warna memikat. Bentuk dan ukurannya juga beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Ada beragam pola pemasangan cantik yang bisa diaplikasikan.

Material lantai outdoor ini tidak hanya cocok diaplikasikan di kawasan umum. Akan tetapi juga ideal diaplikasikan di kawasan pribadi. Seperti di lingkungan perumahan atau hunian pribadi.

  1. Trotoar Harus Nyaman dan Aman

Jalur pedestrian harus bebas dari kendaraan bermotor. Karena itu, sebaiknya dipasangi dengan pembatas khusus. Agar pengendara sepeda atau sepeda motor tidak bisa menerobosnya. Cara ini guna memberikan keamanan bagi para pejalan kaki. Supaya tidak berisiko menjadi korban kecelakaan.

Kenyamanan pejalan kaki didukung dengan adanya pepohonan yang rindang di sepanjang jalan. Pepohonan bisa menjadi pelindung dari paparan terik matahari dan guyuran air hujan. Selain itu, pepohonan juga bermanfaat dalam menyerap polusi asap kendaraan bermotor. Dengan begitu, suasana trotoar terasa lebih sejuk, teduh dan udara terasa lebih segar.

Jalur pejalan kaki ini juga harus bebas dari aktivitas ekonomi. Karena seringkali kawasan trotoar dijadikan lahan pedagang. Kondisi itu pastinya akan mengurangi kenyamanan pejalan kaki. Perampasan hak tersebut seharusnya tidak terjadi.

Agar pejalan kaki merasa lebih aman saat berjalan di malam hari, maka trotoar juga harus dilengkapi dengan lampu penerangan jalan. Sehingga kawasan pedestrian lebih terang, dan lebih aman dari aksi kejahatan.

  1. Pemakaian Penutup Lubang Drainase

Kriteria trotoar ideal lainnya adalah dilengkapi dengan penutup lubang saluran utilitas atau drainase. Saluran air tersebut biasanya memiliki manhole atau lubang guna akses menuju saluran drainase tersebut. Agar tidak mencelakai pejalan kaki, karena terperosok atau terjatuh ke dalam lubang, maka harus dilengkapi dengan penutup khusus.

Manhole cover atau tutup manhole biasa digunakan untuk menutup lubang saluran drainase tersebut. Terbuat dari besi sehingga kuat dan tidak mudah dibuka. Biasanya bentuknya adalah bundar, namun ada juga yang berbentuk kotak. Sehingga bisa disesuaikan dengan bentuk pelapis lantainya.

Nah, itulah beberapa kriteria ideal dalam pembangunan trotoar. Dengan begitu, fungsinya bisa dinikmati lebih optimal. Kalau trotoarnya semakin nyaman dan aman, tentunya siapa pun tidak takut lagi untuk menggunakannya.

Kriteria Material Lantai Outdoor Berkualitas

Pelapis lantai adalah ornamen penting di setiap bangunan. Beda area atau lokasinya, maka sudah pasti berbeda pula material yang digunakan. Penggunaan lantai outdoor tidak bisa disamakan dengan lantai indoor. Sengatan terik matahari, paparan air hujan, dan intensitas lalu lalang orang adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Penampilan desainnya harus menarik, tapi tidak melupakan aspek kualitasnya. Nah, agar Anda tidak keliru dalam pemilihannya, berikut beberapa kriteria yang harus menjadi pertimbangannya.

  1. Material Lantai Harus Tahan Gores

Beban lantai outdoor sangat berat, karena itu harus terbuat dari material berkualitas. Paparan panas matahari, air hujan dan gesekan dengan alas kaki berisiko merusak pelapis lantai. Karena itu, Anda harus menggunakan lantai outdoor yang terbukti tahan gores.

Keunggulan tersebut akan membuat lantai tidak mudah pudar atau kusam warnanya. Lantai pun menjadi lebih awet, meskipun jarang dilakukan perawatan.

  1. Kuat Menahan Beban

Kalau lantai sering dilalui kendaraan bermotor, seperti mobil, maka material lantainya harus kuat dalam menahan beban. Pertimbangan ini sangat penting. Untuk memastikan pelapis lantainya tidak gampang ambelas dan pecah ketika dilewati kendaraan tersebut.

Batuan granit sudah terbukti memiliki daya tahan memadai. Karena kekuatannya sangat optimal, dan bisa menahan beban berat di atasnya. Jenis granit permukaan kasar sangat ideal untuk mendukung kebutuhan tersebut.

  1. Nat Lebih Rapat

Nat yang mudah kotor adalah salah satu permasalahan dalam pemasangan pelapis lantai outdoor. Buruknya kualitas pengisi nat dan celah yang terlalu lebar adalah penyebab utamanya. Oleh sebab itu, pastikan hanya menggunakan pelapis lantai yang potongan tepinya sangat presisi. Dengan begitu, celah natnya lebih kecil atau rapat.

  1. Permukaan Lantai Harus Kesat atau Tidak Licin

Lantai outdoor mudah terpapar air hujan atau embun, sehingga memicu lantai menjadi licin. Oleh karena itu, lebih tepat kalau lantai di luar ruangan dilapisi dengan material bertekstur kasar. Dengan begitu, tidak membahayakan siapa saja yang melintasinya.

Meskipun permukaannya kasar, tapi pilihan desain, tekstur dan warnanya sangat cantik. Sehingga tetap mendukung estetika bangunan. Anda juga bisa mengatur pola pemasangannya, supaya hasilnya sangat unik dan menarik.

  1. Kaya Variasi Desain

Area outdoor juga selayaknya mendapatkan sentuhan artistik. Salah satunya dengan memberikan sentuhan unik pada bagian lantainya. Anda bisa menggunakan granit permukaan kasar, yang sudah didesain dengan sangat memukau.

Ada banyak variasi desain cantik yang bisa dipilih. Tekstur, warna dan ukurannya juga sangat bervariatif. Sehingga bisa disesuaikan dengan konsep bangunan dan luas lahannya. Kesan natural tapi tetap modern sangat terpancar dari penerapan granit permukaan kasar.

  1. Tahan Lama dan Minim Perawatan

Lantai outdoor yang ideal tentunya yang tidak repot dalam perawatannya. Sehingga Anda bisa menekan biaya pemeliharaannya. Dengan segala keunggulan material lantainya, maka harapannya bisa lebih tahan lama. Sehingga tidak harus sering melakukan perbaikan, yang bisa saja memerlukan anggaran besar.

  1. Harga Lantai Outdoor Harus Bersaing

Setelah memastikan material lantai outdoornya berkualitas tinggi, cantik desainnya, maka aspek lain yang biasanya menjadi pertimbangan adalah harganya. Pilihan produk di pasaran sangat beragam, dengan harga yang bervariatif pula.

Pada dasarnya harga lantai outdoor akan sebanding dengan kualitasnya. Nah, agar lebih menghemat anggaran, Anda tetap bisa mendapatkan produk dengan harga lebih kompetitif.

Kondisi lingkungan luar yang lebih ekstrim dibandingkan area indoor, membuat pelapis lantai mudah rusak. Sehingga harus sering menggantinya. Akan tetapi dengan pemilihan material yang tepat, maka lantai outdoor juga tetap tampil menawan dan tahan lama.

Semakin berkualitas material yang digunakan, maka lebih menjamin masa pakainya lebih panjang. Apalagi dengan pola perawatan yang tepat dan berkala.

Granit Permukaan Kasar Sangat Ideal Sebagai Material Lantai Outdoor

Granit permukaan kasar sangat tepat sebagai pelapis lantai outdoor. Karena memiliki seluruh keunggulan yang sudah dipaparkan di atas. Material ini sudah tersedia dalam beragam jenis, bentuk, tekstur, warna dan ukuran. Sangat ideal sebagai pilihan terbaik untuk mempercantik lantai outdoor.

Material lantai ini terbukti tetap tangguh dalam berbagai kondisi cuaca. Anda bisa memilih beragam desain yang ditawarkan. Sehingga memudahkan dalam instalasi atau penyusunannya di atas tanah. Beragam pola pemasangan bisa diaplikasikan, agar lebih sesuai dengan selera.

Hebatnya lagi, meskipun terbukti berkualitas handal, granit atau keramik permukaan kasar tersebut tetap dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan begitu, semakin banyak orang yang bisa mengaplikasikannya di berbagai lokasi. Seperti taman depan rumah, taman belakang rumah, area kolam renang, trotoar, stasiun kereta api, dan lain sebagainya.

Semakin dikenalnya material lantai outdoor ini, memunculkan banyak varian produk di pasaran. Untuk hasil terbaik, maka harus selektif saat memilihnya. Agar Anda benar-benar mendapatkan produk terbaik, berkualitas tapi tetap bersaing harganya.

Toko Lantai Outdoor Termurah dan Berkualitas

Anda tertarik untuk menggunakan lantai outdoor berkualitas, namun dibanderol dengan harga murah? Tidak perlu ragu lagi untuk membelinya melalui IsiBangunan.com. Kenapa situs penjualan ini yang menjadi rekomendasinya?

IsiBangunan adalah importir aneka bahan bangunan berkualitas dengan harga sangat bersaing. Salah satu produk andalannya adalah granit permukaan kasar. Material ini sangat ideal digunakan sebagai lantai outdoor. Karena memiliki banyak keunggulan yang tidak bisa didapatkan pada material lainnya.

Sudah banyak pelanggan setia dari kalangan pribadi, korporasi dan instansi pemerintah, yang mempercayakan kebutuhan bahan bangunan kepada IsiBangunan. Apalagi didukung dengan pengalamannya yang panjang sebagai importir, maka sebagai bukti akan dedikasi dan kredibilitasnya.

Beberapa diantaranya adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kejaksaan Agung, Pertamina, Telkom Indonesia, Trans Jakarta, Air Nav Indonesia, Toto, Sofrecom dan masih banyak lagi.

Hal itu sebagai bukti kalau kualitas produk dan pelayanan IsiBangunan sangat bisa diandalkan. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan seluruh produknya. Apalagi variasi produknya sangat beragam. Tentunya dengan selalu mengutamakan aspek keindahan dan kualitasnya.

Dengan begitu, memudahkan siapa saja yang ingin mempercantik tampilan hunian pribadi atau bangunan komersil. Setiap produknya juga dilengkapi dengan jaminan garansi. Sehingga semakin tenang dalam menggunakannya.

Konsultasikan segala kebutuhan Anda dengan tenaga ahli berpengalaman dari IsiBangunan. Sehingga Anda bisa mewujudkan segala impian. Seperti memiliki kolam renang cantik, interior rumah menawan dan lain sebagainya.

Bila Anda memerlukan produk lantai untuk outdoor murah, IsiBangunan juga sudah menyediakan produk terbaiknya. Meskipun harga yang ditawarkan relatif murah, tetapi kualitasnya sanggup diandalkan. Karena memang produknya sudah teruji kualitasnya.

Bila waktu Anda sangat terbatas, Anda bisa berkonsultasi secara online. Bahkan bisa juga memesan produknya secara daring. Seluruh produk yang dipesan akan melalui proses pengecekan ketat. Sehingga memastikan semua produk yang dikirim memiliki kualitas terbaik.

Berbagai produk bisa diakses melalui website resminya. Anda bisa mencermati jenis produk, varian dan harganya. Harga khusus akan diberikan untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Pada dasarnya semakin banyak kuantitinya, maka semakin murah harganya.

Bila masih ragu order langsung, Anda bisa memesan produknya melalui Tokopedia. Berbagai penawaran khusus, seperti gratis ongkos kirim, potongan harga dan sebagainya bisa Anda nikmati sesuai dengan periode promonya.

Dapatkan harga granit permukaan kasar termurah hanya di IsiBangunan. Tenaga ahli berpengalaman siap membantu segala keinginan Anda.

Konsultasi Sekarang Juga!

 

 

 

Please rate this