Keramik Lantai sangat diandalkan untuk meningkatkan nilai estetika bangunan, selain fungsional sebagai pelapis lantai berkualitas. Semakin berkualitas produknya, tentunya keindahan yang dihadirkan akan semakin sempurna. Selain itu pastinya lantai bisa bertahan lama dan tetap terlihat menawan. 

Mengenal Beragam Jenis Keramik Lantai yang Sering Digunakan 

harga lantai vinyl bandung

Sebenarnya ada belasan jenis lantai keramik yang bisa digunakan untuk mempercantik bangunan. Namun, tidak semuanya familiar dan digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Setidaknya ada empat macam yang lebih sering diaplikasikan pada berbagai bangunan. Apa sajakah keempat jenis lantai keramik tersebut?

 

 

  • Keramik Homogeneous Tile

Bagi lidah orang Indonesia memang agak sulit untuk mengucapkannya. Jenis lantai keramik ini memang didesain khusus agar mirip dengan batu granit alam atau marmer. Karakter khasnya adalah cenderung trendy dan classy. Kalau ingin mengaplikasikannya pada rumah berkonsep minimalis sangatlah cocok. 

Supaya bisa menyesuaikannya dengan luas ruangan, pastikan Anda sudah memahami ukuran keramiknya di pasaran. Umumnya, jenis Keramik Lantai ini dipasarkan dengan pilihan ukuran 40×40 cm, 60×60 cm, sampai yang berukuran paling besar mencapai 100×100 cm. Variasi berukuran besarnya bahkan tengah menjadi tren di masyarakat, sehingga produknya laris manis di pasaran. 

 

  • Keramik Granit Alam

Jenis lantai keramik ini digandrungi oleh kalangan menengah dan atas. Oleh karena mampu menghadirkan kesan asri dan sejuk di dalam ruangan. Bicara harga memang terbilang mahal, namun tentunya sebanding dengan keindahan dan kualitas yang ditawarkannya. Kesan mewah sudah pasti akan terpancar pada bangunan yang mengaplikasikan jenis lantai keramik ini.

Keramik granit alam memang merupakan hasil tambang. Karena dihasilkan oleh alam maka berpengaruh besar terhadap harga jualnya. Karakter khas jenis lantai keramik ini adalah ukuran pori-porinya yang relatif lebih besar. Agar keramiknya bisa terlihat berkilau, maka cara perawatan khusus harus diterapkan.

 

  • Keramik Biasa

Bisa dikatakan jenis lantai keramik inilah yang paling laku keras di pasaran. Kapasitas produksinya memang yang paling besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Maka dari itu lebih mudah menemukan produk ini di toko keramik atau toko bangunan. 

Ukuran keramik ini bermacam-macam, mulai dari ukuran 20×20 cm hingga 80 cm persegi. Ada pula variasi dengan bentuk memanjang, seperti ukuran 15×30 cm. Namun, biasanya lebih banyak diaplikasikan untuk pelapis dinding kamar mandi.

 

  • Keramik Terazzo

Memang keramik terazzo kurang begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Tapi jenis Keramik Lantai ini sebenarnya pernah mencapai puncak keemasannya pada tahun 1970-an. Kesan tradisional yang dipancarkannya digemari banyak orang.

Sehingga jenis keramik ini sangat diandalkan untuk diaplikasikan pada bangunan tradisional. Memang tren penggunaannya semakin jarang terlihat, seakan sudah kehilangan penggemarnya. Namun, tetap masih bisa ditemukan di pasaran.

Ukuran dan harga keramik terazzo sangat beragam. Anda bisa menemukan yang berukuran 20×20 cm hingga dengan ukuran 60×60 cm. Konsep bangunan yang ingin menonjolkan pemandangan berbeda pada lantainya masih menggunakan keramik terazzo, seperti pada restoran, kafe, vila dan lain sebagainya. Jadi, kalau Anda ingin menampilkan kesan tempo dulu, sangat cocok mengaplikasikan keramik terazzo pada lantainya.

Panduan Memilih Keramik Lantai

Lantai biasanya terlupakan dari sentuhan dekorasi. Padahal kenyamanan dan keindahan bisa dihadirkan dengan pemilihan bahan flooring yang tepat. Agar mendukung fungsional dan keindahannya, tentunya harus menerapkan material lantai yang halus, tidak mudah tergores dantahan lama. Klasifikasi tersebut bisa Anda dapatkan dari Keramik Lantai.

Lantai keramik bisa tahan terhadap pemakaian harian, beban, kelembaban dan warnanya lebih tahan lama. bermacam jenisnya juga banyak dijumpai di pasaran, mulai dari yang tekstur permukaannya halus hingga yang matte atau mengkilap. Nah, agar sesuai dengan kebutuhan dan fungsi ruangannya, berikut ini panduan dalam memilih produk lantai keramik.

 

  • Sesuaikan dengan Fungsi Ruangan

Lantai keramik sangat banyak variasi ukuran, bentuk, motif, tekstur permukaan dan warnanya. Karena itu, tidak semuanya cocok untuk diaplikasikan di seluruh ruangan. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan unsur kecocokan modal keramik dengan fungsi ruangannya. 

Sebagai contoh keramik unpolished sangat cocok diaplikasikan di area yang sering terpapar air dengan intensitas rendah. Sebagai contoh dapur, kamar mandi kering, garasi mobil, atau teras.

Tapi sebenarnya material tersebut juga masih tetap bisa digunakan di area dalam rumah, seperti ruang tamu dan kamar tidur. 

Sedangkan keramik polished lebih cocok diaplikasikan di dalam ruangan, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur atau bisa juga dipasang pada dinding kamar mandi.

Tentunya di samping menyesuaikan keramik dengan fungsi ruangan, luas ruangan dan konsep ruangan, penting pula untuk memerhatikan motif dan warna keramik yang akan diaplikasikan. 

 

  • Selaraskan Ukuran Keramik dengan Luas Ruangan

Keselarasan ukuran Keramik Lantai dengan luas ruangan tentunya mampu menghadirkan suasana rumah lebih indah dan nyaman. oleh karenanya jangan sembarangan dalam menentukan ukuran keramiknya. 

Ukuran standar sangat cocok diterapkan pada ruangan yang relatif kecil.  Ubin keramik berukuran 60×60 cm sangat cocok dipasang pada ruangan berukuran sedang atau tidak begitu luas. Sedangkan untuk yang berukuran 80×80 cm atau 60×120 cm sangat tepat diaplikasikan pada ruangan berukuran besar.

 

  • Pilih Warna Keramik Lantai yang Tepat

Fungsi ruangan adalah pertimbangan utama dalam menentukan warna lantai keramik. Warna mencolok atau terlalu terang bisa berimbas buruk pada penglihatan. Warna dengan kesan lembut dan selaras dengan warna dinding rumah lebih disarankan.

Untuk ruangan keluarga sangat tepat kalau mengaplikasikan keramik jenis polished berwarna netral. Sedangkan kamar mandi lebih cocok menerapkan warna dingin, seperti biru, abu-abu, beige dan warna berkesan lembut lainnya.

 

  • Pertimbangkan Harga Keramik Lantai

Pemilihan keramik tentunya jangan sampai mengganggu anggaran Anda. Karena itu harus diperhitungkan dengan matang, terkait dengan jumlah kebutuhan dan harga keramiknya. Carilah toko bangunan atau toko keramik yang menawarkan harga bersaing. 

Tentunya tetap mengutamakan unsur kualitas. Sebab dengan produk yang berkualitas maka masa pakainya bisa lebih panjang. Justru akan lebih menghemat pengeluaran di kemudian hari.

Secara umum, ukuran dan merek akan mempengaruhi segi harga Keramik Lantai. Pada umumnya ubin keramik dijual dalam kemasan per dus, dengan jumlah antara 4-20 keping. Jadi semakin besar ukuran keramiknya dan semakin bagus kualitasnya sangat wajar bila dibanderol dengan harga semakin tinggi juga.

Selain itu, penting pula agar lantai keramik terpasang dengan sempurna untuk mempelajari strukturnya dan teknik pemasangannya. Untuk itu, pastikan hanya menggunakan jasa tukang yang berpengalaman. Supaya hasil pemasangannya sesuai dengan harapan.

Nah, kalau ingin mendapatkan harga Keramik Lantai yang sangat bersaing, Anda bisa mendapatkannya melalui IsiBangunan.com. Oleh karena merupakan importir resmi aneka bahan bangunan berkualitas. Itulah kenapa harganya lebih murah dibandingkan dengan penawaran toko keramik lain. 

Semua produk yang ditawarkan dalam kondisi ready stock. Anda cukup PESAN, TRANSFER PEMBAYARAN, dan PESANAN AKAN DIKIRIM ke alamat Anda.

Please rate this