Aplikasi Keramik Kamar Mandi tentu ada ilmunya! Karena itu jangan dipandang sepele, sebab keliru dalam pemilihannya sudah pasti akan merusak keindahan ruangan dan bisa memicu bahaya. Berikut ini adalah sejumlah tips yang bisa Anda pahami sebelum membeli keramik untuk kamar mandi!

 

Beli Keramik Sesuai dengan Ukuran Kamar Mandi

Penggunaan keramik untuk lantai dan dinding kamar mandi banyak diterapkan di hunian pribadi, apartemen, gedung perkantoran, hotel dan sebagainya. Material ini menjadi unggulan sebab dianggap ideal guna menutupi dan menghiasi bagian lantai dan dindingnya.

Langkah awal yang perlu diperhatikan dalam pemilihannya adalah berhubungan dengan ukuran keramiknya. Luas kamar mandi biasanya relatif kecil dibandingkan dengan ruangan lainnya, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur dan sebagainya.

Selain itu, kamar mandi juga identik dengan basah. Sebab lebih sering terpapar air dan berbagai produk perawatan tubuh, seperti sabun mandi, shampo, pasta gigi dan lain sebagainya.

 

Nah, terkait dengan ukurannya memang banyak sekali variasinya. Mulai dari yang berukuran besar hingga mirip kepingan batu alam, sampai dengan keramik yang berukuran kecil yang biasanya diaplikasikan dalam pembuatan pola mozaik. 

Jadi, diingat kembali untuk menyesuaikan ukuran keramik dengan luas kamar mandinya.

Kalau ukuran kamar mandinya relatif besar, sangat disarankan untuk meminimalisir pemakaian keramik, yang ukurannya terlalu kecil. Jadi kalau Anda ingin menerapkan pola keramik kecil, sebaiknya hanya diaplikasikan di sebagian tempat saja. Tujuannya hanya untuk elemen dekoratif, jadi sangat sampai mendominasi ruangan.

Nah, kalau ukuran kamar mandinya relatif kecil, maka pemilihan ukuran keramiknya cenderung eksploratif. Tapi tidak disarankan untuk mengaplikasikan keramik dengan ukuran besar pada kamar mandi berukuran kecil. Alasannya adalah terkait dengan kebutuhan anggarannya. Cara tersebut relatif boros, sebab biasanya banyak bagian keramik yang terbuang akibat harus dipotong untuk disesuaikan dengan ukuran kamar mandi.

Nah, dengan pengetahuan tersebut tentunya bisa menjadi panduan bagi siapa saja yang akan memilih atau mengaplikasikan Keramik Kamar Mandi.

Pilih Warna Keramik yang Senada

Kalau tips pemilihan ukuran sudah bisa dipahami, sehingga Anda bisa menentukan ukuran keramik yang paling ideal bagi kamar mandinya, maka selanjutnya adalah pengetahuan terkait pemilihan warna keramiknya.

Bila Anda ingin menghadirkan kesan elegan pada kamar mandi, maka sangat disarankan untuk menerapkan perpaduan warna keramik yang masih senada, walaupun tampil dengan motif yang berbeda.

Kalau ingin menampilkan warna warni yang kontras, sebaiknya untuk mengaplikasikan aneka warna netral, sebagai contoh hitam dan putih untuk dipasangkan. Dengan begitu, akan tercipta suasana netral dan tentunya membuat siapa saja yang berada di dalamnya merasa nyaman. 

Tekstur Keramik Kamar Mandi Juga Harus Diperhatikan

Penting dipahami kalau lantai kamar mandi kerap dalam kondisi lembab dan basah. Oleh karena itu, pemilihan tekstur keramik menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Tentunya penggunaan lantai keramik yang permukaannya licin dan glossy sangat tidak disarankan. Karakteristik lantai keramik tersebut bisa memicu bahaya, sebab membuat siapa saja rentan terpeleset. 

Oleh karenanya, dengan pertimbangan tersebut maka memilih lantai kamar mandi dengan tekstur kasar lebih disarankan. Aplikasi lantai keramik dengan karakteristik tersebut bisa meminimalisir kondisi licin, walaupun keadaan lantainya sedang basah. Penerapan ukuran lantai keramik yang tidak begitu besar juga akan membantu untuk menghasilkan efek kasar. 

Namun, kalau Anda masih ingin menerapkan Keramik Kamar Mandi dengan tekstur licin, maka sebaiknya hanya diaplikasikan pada area yang kering. 

Penting juga untuk membuat shower curtain atau ruangan mandi yang ditutupi dengan kaca. Tujuannya supaya ketika aktivitas mandi, airnya tidak terciprat ke permukaan lantai keramik. Sebab kondisi itu sudah pasti akan membuat lantai kamar mandi menjadi licin. Belum lagi paparan sabun mandi dan shampo akan menjadikan lantai semakin licin. 

 

Bedakan Pemilihan Keramik untuk Lantai dan Dinding

Penerapan keramik bertekstur kasar lebih disarankan untuk lantai kamar mandi. Sedangkan kalau akan diaplikasikan pada dinding, Anda bebas menentukan pilihan teksturnya. 

Sehingga untuk bagian dinding, Anda lebih bisa melakukan eksplorasi. Anda bebas memilih tekstur keramik dari yang licin sampai dove. Dengan perpaduan motif yang selaras, sehingga tampilannya semakin menawan.

Kalau bagian dinding kamar mandi ada yang melengkung atau dengan sengaja ingin membentuk pola melengkung, maka Anda bisa memanfaatkan keramik berukuran kecil. Sebab bisa menampilkan potongan pola lebih rapi daripada kalau memotong keramik dengan ukuran besar.

 

Bereksplorasi dengan Bentuk dan Pemasangan Keramik

Sebagian besar bentuk dari keramik adalah persegi. Meskipun ada pula pilihan bentuk keramik lainnya, seperti persegi panjang dan persegi delapan. Untuk pemasangannya, Anda bisa mengkolaborasikan sejumlah bentuk keramiknya agar menghasilkan pemandangan yang unik.

Jadi, Anda bisa memasangnya selang-seling, supaya tercipta variasi sambungan yang menarik. Sekaligus tetap memperhatikan tekstur lantainya agar tidak licin. Jadi selain memerhatikan segi keindahan, aspek keselamatan juga wajib diutamakan.

Ingin Ciptakan Statement Wall yang Berkarakter?

Sebenarnya Anda memiliki banyak pilihan keramik untuk diaplikasikan di kamar mandi. Bila anda ingin menghadirkan statement wall yang berkarakter, maka bisa memilih keramik dengan warna lebih kontras. Sedangkan untuk warna keramik yang mendominasi ruangan kamar mandi bisa memilih varian warna dengan karakter lembut.

Cara tersebut bisa sangat membantu dalam proporsi ketika memilih Keramik Kamar Mandi. Dengan begitu, harapannya keramik akan nampak cantik dan nyaman, meskipun mengaplikasikan banyak jenis keramik.

Jangan Lupa Pertimbangkan Cara Perawatannya

Selain pemilihan ukuran, warna dan motif yang sesuai, tips lainnya yang penting diperhatikan adalah dalam hal perawatannya. Kalau Anda ingin menampilkan keramik dengan warna putih bersih, maka sebaiknya ditempatkan di area yang tidak mudah terpapar kotoran. 

Pengaplikasian keramik berukuran terlalu kecil juga menjadikan jumlah sambungan nat akan bertambah banyak. Sambungan antar keramik itu bisa cepat kotor, sehingga perlu perawatan yang tepat dan rutin. Agar kotorannya tidak menumpuk dan semakin sulit disingkirkan.

Beli Keramik Kamar Mandi di Tempat Terpercaya

Anda tidak perlu repot-repot datang langsung ke toko keramik untuk membelinya. Sebab Anda bisa mendapatkan keramik bermutu sesuai dengan ukuran dan motif yang diinginkan. Caranya dengan memesannya secara online.

Tapi tentunya hanya membeli keramik di toko online terpercaya. Seperti IsiBangunan.com. Toko keramik ini menghadirkan produk berkualitas terbaik nomor satu di Indonesia. Enaknya lagi harga yang ditawarkan lebih murah daripada toko keramik lainnya.

Hal itu karena IsiBangunan merupakan importir resmi dengan pengalaman bertahun-tahun. Berbagai bahan bangunan bermutu unggulan sudah tersedia dengan stok melimpah. Pilihan ukuran dan motifnya juga sangat beragam, sehingga Anda bisa memilih desain yang paling diinginkan.

Selain Keramik Kamar Mandi, Anda juga bisa menemukan produk berkualitas lainnya seperti lantai granit, lantai vinyl, wallpaper dan masih banyak lainnya. 

Segera kunjungi websitenya untuk mengetahui aneka produknya, dan dapatkan harga istimewa!

Please rate this