Menata rumah yang kecil adalah tantangan bagi setiap orang. Salah memilih dan meletakkan sesuatu saja bisa membuatnya terlihat sempit.

Buat yang baru memiliki rumah dan berencana untuk mengaturnya agar terlihat luas, beberapa tips dari situs tempo dan forbes.

Berencana membuat rumah tampak luas dan lega berikut kumpulan tipsnya

  1. Membersihkan ruangan

Membersihkan ruangan adalah hal prioritas, dengan membersihkan dan mebereskan barang-barang yang jarang kita pakai atau tidak pernah kita gunankan. Disimpan dengan baik pada tempat yang lain, atau boleh juga di jual jika memang sudah tidak layak pakai dapat di loakkan atau dibakar di tempat sampah.

Sehingga rumah akan lebih bersih dan luas

 

  1. Memperhatikan lantai dan dinding

Perhatikan juga lantai dan dinding jangan sampai ada barang-barang yang di letakkan tidak pada tempatnya sehingga terkesan tidak teratur dan kumuh. Kemudian jika ada noda atau kotoran yang terlihat kurang nyaman bisa di bersihkan serta buat tata letak lantai dan dinding senyaman dan tercipta sudut kosong yang cukup agar terlihat luas.

 

  1. Memilih warna tembok terang

Bagi yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, memilih tembok berwarna terang adalah kunci karena menurut banyak ahli, warna gelap dapat menciptakan kesan kecil. Sebaliknya, warna terang justru bisa membuat ilusi ruang yang lebih besar. Jadi, hindari warna hitam, abu-abu dan coklat serta pilih warna putih atau krem.

 

  1. Penyimpanan efisien

memilih furnitur yang multifungsi untuk mengoptimalkan ruangan. Misalnya, penyimpanan tersembunyi di bawah kasur

atau sofa.

Rak melayang juga bisa digunakan untuk menyimpan koleksi buku atau barang dekorasi lain.

Selai

n membuat ruangan semakin cantik, rak melayang juga tidak memakan tempat.

 

  1. Memasang hiasan besar di tembok

mungkin berpikir bahwa dalam ruangan yang kecil, sebaiknya tidak isi dengan barang besar. Namun, hal ini salah karena memamerkan barang yang besar justru mampu menciptakan ruang dengan pandangan lebih besar pula. Untuk itu, salah satu trik untuk menerapkan hal ini adalah dengan memasang gorden panjang dari atas ke bawah. Anda juga bisa meletakan satu lukisan besar di salah satu sisi tembok.

Please rate this