Hallo sobat bangunan! Kami akan memberikan sedikit tips khusus untuk membuat penerangan pada rumah Anda agar lebih terang-benderang.

 

Siapa sih yang tidak menginginkan rumahnya memiliki penerangan yang indah? Semua orang pasti mendambakan akan itu semua. Namun, banyak di antara kita yang masih kebingungan dan merasa sulit sekali untuk mengatur penerangan rumah kita sendiri.

 

Ada beberapa faktor penghambat yang tentunya dapat menghambat kekreatifan kita untuk mengatur tata letak cahaya pada tiap ruangan di dalam rumah. Misalnya seperti malas dan mungkin perlunya biaya tambahan. Maka dari itu, biasakan mengatur pencahayaan saat pertama kali membangun rumah atau mendekorasi, agar tidak memerlukan biaya tambahan nantinya.

 

Baiklah, simak tips berikut ini agar Anda tidak kebingungan lagi dalam melakukan sebuah rancangan untuk pencahayaan rumah Anda.

 

Mengatur pencahayaan ruang makan

Di ruang manapun, cahaya merupakan salah satu faktor kenyamanan. Terang saja tak cukup, karena adanya skema khusus agar penglihatan tak terganggu.

Termasuk pencahayaan  pada ruang makan. Fokus dalam ruang makan terletak pada meja makan. Apapun makanan yang terhidang dan interaksi seperti apapun yang terjadi, harus bisa didukung dengan pencahayaan yang fleksibel. Cek tipsnya berikut ini!

  1. Jaga agar cahaya yang dipancarkan cukup lembut dan halus, tapi juga tidak terlalu redup.
  2. Gunakanlah lampu gantung, karena baik untuk menghadirkan fokus.
  3. Gantung lampu di posisi yang rendah, untuk menghindari silau. Tapi, jangan terlalu rendah. Karena bisa menghalangi pandangan sekitar meja.
  4. Lampu tambahan seperti wallscone memberi efek yang baik dan membuat ruangan terasa lebih lega dan terbuka. Lampu meja atau standing lamp bisa dijadikan alternatif untuk memberikan efek serupa.
  5. Downlight, sebaiknya tidak digunakan di sekitar area makan. Karena sulit untuk menemukan posisi yang tepat untuk menghindar silau.
  6.  Berikan aksen cahaya pada benda-benda pajangan pada dinding atau rak di sekitar area makan yang melengkapi dekorasi.

Mengatur pencahayaan di ruang tamu

  1. Untuk menciptakan ruangan yang nyaman, pastikan seluruh sudut ruangan terang. Jangan lupa untuk menambahkan standing lamp di sudut ruang yang gelap atau di belakang pot tanaman bagi yang ingin lebih menonjolkan keindahan tanaman tersebut.
  2. Agar pencahayaan umum di ruang keluarga lebih nyaman, pilihlah rumah lampu yang melembutkan serta menyebarkan cahaya dengan lebih merata.
  3. Beri pencahayaan dekoratif pada ruang keluarga dengan memasang lampu dinding. Agar tidak menyilaukan, pastikan ketinggian lampu dinding tersebut sedikit lebih tinggi dari pandangan mata.
  4. Untuk koleksi foto keluarga atau lukisan yang dipajang di dinding, dapat tampil lebih menonjol dengan cara memasang lampu sorot pada plafon yang cahayanya di arahkan ke foto atau lukisan tersebut.
  5. Jika anda termasuk orang yang hobi membaca, jangan lupa untuk memasang lampu baca. Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan posisi peletakannya. Usahakan arah cahaya lampu baca bebas dari benda apa pun yang dapat menciptakan bayangan.

Mengatur pencahayaan kamar tidur

Adapun beberapa tips untuk mengatur pencahayaan kamar tidur sebagai berikut :

  1. Anda bisa menciptakan suasana yang cukup rileks agar Anda bisa beristirahat dengan tenang di kamar Anda. Gunakan lampu yang tidak terlalu terang untuk menyesuaikan aktivitas Anda
  2. Jika Anda menyatukan antara kamar tidur dengan ruang kerja, tidak ada salahnya untuk memberikan penerangan yang ekstra agar Anda juga merasa nyaman saat bekerja di ruang tersebut.
  3. Selain itu, sesuaikan juga dengan warna pada cat kamar Anda agar lebih terkesan hangat dan damai.

 

Mengatur pencahayaan dapur

 

  1. Gunakan pencahayaan alami dari jendela jika terdapat lubang ventilasi alami pada dapur Anda
  2. Coba letakkan lampu strip LED di bawah kabinet atas. Lampu ini akan menciptakan cahaya yang indah, bahkan tanpa bayangan atau efek panas.
  3. Atur pencahayaan dapur seminimal mungkin. Karena, letak dapur yang tidak terlalu terlihat, Anda juga bisa meminimalkan penggunaan cahaya. Namun, akan lebih bagus lagi Anda menggunakan lampu LED.

 

Nah itu adalah beberapa tips dari kami untuk mengatur pencahayaan di rumah Anda. Jika Anda merasa masih kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa melakukan konsultasi kepada orang yang ahli di bidangnya.

 

Dalam mengatur pencahayaan, sebisa mungkin untuk tidak mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk sesuatu yang tidak begitu penting. Misalnya, jika di rumah Anda cenderung lebih menghemat listrik, penambahan pencahayaan untuk rumah ini tidak kami sarankan. Namun, jika Anda yang memiliki kendala dalam melakukan perencanaan pencahayaan rumah, Anda bisa melakukannya.

 

Kami juga menjual beberapa bahan-bahan dekorasi yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Hanya di isibangunan saja Anda bisa melakukan pembelian dengan mudah dan sudah pasti terpercaya.

 

Produk-produk yang kami tawarkan juga memiliki kualitas barang impor yang sudah lulus tes.

Jika Anda masih kebingungan dengan tulisan ini, Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan pihak kami secara langsung maupun online.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this