Memiliki dinding yang baik kondisinya adalah salah satu keinginan setiap penghuni rumah.

Namun, jika dinding mengalami kendala seperti terjadinya lembab sehingga mengeluarkan bau yang tak sedap, hal ini dikarenakan faktor cuaca yang tidak menentu.

Dalam hal lain, mungkin saja cat dinding yang Anda gunakan adalah cat dengan kualitas yang buruk, yang tidak bisa menjamin untuk kualitas dinding rumah Anda.

Pemilihan cat dinding harus memiliki standar tertentu yang sudah pasti dapat melindungi dinding rumah Anda.

 

Berikut ini, kami akan menjelaskan penyebab-penyebab terjadinya kelembaban pada dinding. Serta cara yang tepat untuk mengatasinya. Simak artikel berikut ini.

 

Penyebab dinding lembab

Penyebab dinding menjadi lembab tentunya banyak sekali. Dari sekian faktor salah satunya adalah karena perubahan cuaca yang tidak menentu. Untuk itu, sangat wajib sekali untuk mengidentifikasi sebelum kerusakan menjalar secara menyeluruh dan semakin memperburuk keadaan dinding.

 

Rembesan Dari Bawah

Jika anda memiliki masalah belang basah/lembab, cat menggelembung, plester semen melapuk, atau dinding berkapur/berserbuk pada permukaan dinding dekat lantai, maka air yang menaik adalah tersangka utamanya. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada pengerjaan pondasi atau tiadanya media pelindung dan kedap air yang diaplikasikan pada dinding atau pondasi. Meskipun masalah teersebut bisa juga terjadi karena aliran udara pada bawah lantai yang buruk atau sistem drainase saluran air yang buruk

 

Cara memperbaiki

  1. Dengan memperbaiki sistem drainase atau saluran air. Serta memastikan permukaan tanah lebih tinggi daripada saluran air.
  2. Kedua adalah dengan cara mengecek apakah ada cukup ruang pada bagian saluran bawah tanah untuk mengalirkan peroses penguapan yang akan dialirkan ke luar melalui ventilasi saluran.
  3. Memasang peralatan kedap air pada lantai atau dinding dan sebaiknya diserahkan kepada tenaga profesional

 

Pengembunan

Jika anda kurang yakin dengan penyebab dinding basah, lakukan sebuah uji coba. Keringkan dinding dengan kipas pemanas, kemudian tempelkan alumium foil yang direkatkan dengan lakban hingga rapat pada area bermasalah. Jika permukaan alumunium foil menjadi basah setelah 24 jam, maka masalah utama adalah pengembunan. Pengembunan terjadi ketika kandungan air pada udara terbentuk dan terjebak didalam rumah. Sistem ventilasi yang buruk serta pemakaian material bangunan yang terlalu kedap air sering kali menjadi biang masalah.

Cara memperbaiki

  1. Pasang exhaust fan atau ventilasi pada ruangan yang cenderung mudah lembab seperti dapur, ruang cuci, dan kamar mandi. Pastikan agar udara dapat mengalir keluar rumah sebelum menyebabkan masalah didalam rumah
  2. Jangan menggunakan peralatan yang dapat membuat proses pengembunan seperti pemanas air

 

Tambalan (plester Semen) Yang Lembab

Hal ini biasanya disebabkan oleh rembesan air yang menembus dinding, dimana air dari sisi luar meresap ke sisi dalam melalui celah atau retakan pada semen dan bata. Air hujan juga dapat merembes melalui celah antara dinding dengan bingkai jendela atau pintu. Selain itu, tetesan air hujan yang mengalir sepanjang jendela juga dapat menggenangi sisi bawah jendela dan mengakibatkan dinding lembab. Pada umumnya masalah ini disebabkan oleh kesalahan dalam pengerjaan pemasangan bata dan penyemenan, termasuk kesalahan penanganan pada retak dinding.

 

Cara memperbaiki

  1. Memastikan kondisi dinding luar, termasuk pengerjaan penyemenan dan pengecatan dalam yang bagus
  2. Menutup celah pada sekeliling pintu dan bingkai jendela pada dinding
  3. Menghilangkan atau meratakan sill jendela pada sisi luar rumah

 

Kebocoran

Kesalahan pada struktur atap, termasuk genteng yang rusak atau terlepas, retak pada pada bubungan dan jurai semen, talang air atau karpet genteng yang bocor, dan pipa air yang pecah, dapat menyebabkan dinding lembab pada rumah. Biasanya masalah ini dapat  ditandai dengan mudah pada area sekitar plafon atau sisi yang sejalur dengan saluran air pada sisi luar rumah. Selain itu dinding basah juga bisa terjadi pada kebocoran pipa air yang tertanam pada dinding, atau saluran air pada kamar mandi yang tidak tertutup rapat

 

Cara memperbaiki

  1. Memperbaiki kerusakan dan kesalahan pada atap
  2. Mengatasi kebocoran pipa

 

Demikian adalah penyebab terjadinya dinding yang lembab dan bau. Anda bisa memperbaikinya sekarang juga. Jika terdapat kendala saat memperbaikinya, Anda bisa bertanya-tanya kepada pihak kami di isibangunan.

 

Kami juga menjual berbagai macam bahan material dekorasi bangunan yang menarik mulai dari lantai vinyl hingga granit. Dan masih banyak lagi material-material lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi kepada Anda.

 

Jika Anda masih kebingungan dengan tulisan ini, Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan pihak kami secara langsung maupun online.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this