Lantai merupakan salah satu aset bangunan yang banyak dan jarang sekali untuk tidak kita perhatikan. Perhatian setiap pemilik rumah tidak melulu mempermasalahkan lantai atau bahkan dari segi desainnya.

 

Banyak pula yang tidak mengetahui bahwa begitu banyak jenis-jenis lantai yang biasa digunakan untuk sebuah bangunan. Namun, yang lebih umum adalah penggunaan keramik.

Bagi Anda yang ingin mulai membangun sebuah rumah impian, wajib bagi Anda untuk mengetahui desain-desain berikut ini agar bisa Anda terapkan dalam bangunan Anda. Terlebih jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi. Desain lantai yang menarik dapat membuat mata Anda menjadi segar dan enak untuk memandanginya.

 

Dalam memilih material dan desain lantai pada ruangan baik itu untuk hunian atau komersil ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari cara pemasangan, karakter permukaan material, daya tahan terhadap cuaca hingga kelemahan-kelemahan lain yang mungkin dimiliki material tertentu.

 

Berikut adalah tujuh desain lantai yang menarik untuk hunian Anda.

 

Desain lantai keramik atau porselin

 

Keramik merupakan jenis pelapis lantai finishing yang menjadi pilihan oleh banyak orang. Mulai dari keramik dengan warna-warna solid hingga bertekstur dan berpola bisa kamu sesuaikan dengan gaya interior ruangan. Tekstur keramik juga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk area basah seperti kamar mandi, kamu bisa menggunakan keramik kamar mandi bertekstur kasar sehingga tidak licin dan lebih nyaman digunakan.

Namun, kelemahan yang dimiliki keramik adalah kemungkinan pecah dan terangkat jika ada pemasangan yang tidak tepat. Akan tetapi, keramik juga bisa bertahan lama jika pemasangan yang dilakukan melalui proses yang benar.

 

Desain lantai semen bermotif

 

akhir-akhir ini penggunaan material finishing mentah banyak sekali jadi perbincangan. Selain dengan biaya yang murah, motif dari lantainya juga sangat bervariasi. Namun, untuk mencapai hal tersebut, Anda harus benar-benar memiliki kemampuan khusus untuk membangun lantai yang super keren ini dari semen. Dalam hal ini, keahlian khusus untuk membuat motif desain sangat penting sehingga mampu memberikan hasil yang semaksimal mungkin.

 

 

Desain lantai batu alam

 

Cocok untuk berbagai jenis gaya hunian, batu alam memang salah satu pilihan tepat untuk menghadirkan kesan elegan pada interior. Ada beberapa jenis batu alam yang biasanya menjadi pilihan, yaitu: marmer, granit, dan onix. Ketiga batu ini memiliki karakter dan pola yang berbeda.

Marmer memiliki pola guratan dan lebih porus dibandingkan granit dan onix. Hal ini membuat marmer rentan memiliki noda bila terkena tumpahan air atau kotoran. Untuk itu, gunakan marmer pada ruang-ruang yang memang tidak banyak aktivitas yang menggunakan cairan.

 

 

Untuk lantai granit, permukaan batu lebih solid sehingga banya dijadikan pilihan untuk pelapis lantai di ruangan basah seperti kamar mandi. Kesan dari penggunaan batu granit lebih terkesan natural karena terlihat dari bentuknya yang berbintik.

 

 

Desain lantai parket

 

Dalam desainnya, lantai parket sangat banyak sekali digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Namun, harga lantai parket sendiri dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Meski demikian, penggunaan lantai parket ini masih sangat digemari oleh banyak orang. Karena, penggunaan lantai parket ini dapat memberikan kesan alami yang mampu memberikan kenyamanan pada saat Anda memijakkan kaki Anda.

 

 

Pemasangan parket yang memiliki konsep interlock juga cukup mudah jika dibandingkan material sebelumnya. Hanya saja, desain lantai dengan parket memiliki ketahanan yang rendah terhadap panas dan juga air. Tak heran karena bahan dasarnya yang terbuat dari kayu masih membawa sifat-sifat dan karakteristik kayu. Hal ini membuat parket bukan pilihan tepat untuk dijadikan material lantai outdoor.

 

Desain lantai vinyl

 

Desain lantai yang satu inilah yang sangat banyak sekali dijadikan sebagai bahan alternatif dari berbagai jenis pelapis yang ada, terlebih lagi dari karena permukaannya yang sangat lembut seperti karet, hal ini akan memberikan kenyamanan untuk kaki Anda.

Jenis lantai ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, banyak sekali para pemilik rumah yang memakai jenis pelapis lantai ini sebagai bahan alternatif dari penggunaan keramik yang mudah rusak. Dalam hal pemasangannya pun, lantai vinyl tidak begitu sulit. Hanya dengan memberikan perekat khusus, lantai vinyl sudah bisa memberikan hasil yang semaksimal mungkin.

 

Desain lantai kayu

 

Apa yang membedakan parket dan lantai kayu atau hardwood? Jika parket merupakan kayu yang diolah pabrik sedemikian lupa, lantai hardwood menggunakan kayu mentah asli yang dirangkai secara manual dan di-finishing lagi sehingga bisa digunakan sebagai pelapis lantai.

Dan, dari hasilnya pun lantai kayu asli sangat berbeda dengan lantai parket. Pada lantai kayu asli motifnya lebih abstrak ketimbang lantai parket yang dibuat menggunakan campuran serat-serat kayu.

 

Lantai karpet

 

Nah jenis lantai ini adalah jenis lantai terakhir yang tidak kalah keren dari berbagai jenis yang sudah kita bahas sebelumnya.

 

Jika kita berbicara soal kenyamanan, jenis lantai inilah yang berada di urutan pertama. Selain memberikan kenyamanan saat pijakan, lantai ini juga sangat hangat sekali. Tidak heran juga banyak rumah-rumah saat ini yang memilih jenis pelapis lantai ini untuk lantainya.

Hanya saja, perawatan yag dilakukan untuk pelapis lantai ini harus dengan perawatan yang ekstra, jika tidak maka karpet akan menjadi sarang debu dan dapat menimbulkan penyakit.

 

Nah itu adalah tujuh jenis pelapis lantai yang menarik yang bisa Anda gunakan untuk hunian Anda.

 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membangun rumah impian Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak kami di isibangunan. Kami juga menjual berbagai jenis bahan material dekorasi berkualitas bagus dengan harga yang terjangkau.

 

Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada kita semua.

 

Jika Anda masih kebingungan dengan tulisan ini, Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan pihak kami secara langsung maupun online.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this