Aktivitas kerja semakin menyenangkan jika didukung tempat yang mendukung. Khususnya bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan.  Oleh karena itu, perusahaan biasanya membuat office partition. Sekat antar ruang kerja ini biasanya terbuat dari material kayu dilapisi HPL. Harga lembaran HPL lebih ekonomis dan kuat hingga belasan tahun.

Penting Dipahami Saat Membuat Partisi Ruang Kerja

Setiap perusahaan pastinya sangat berharap para karyawannya memiliki produktivitas yang tinggi. Namun, tidak membebani dari segi anggaran. Untuk itulah, setiap karyawan dibuatkan tempat atau ruang kerja tersendiri. Dengan harapan bisa menjaga privasi dan fokus dalam menjalankan pekerjaannya.

Karena itu, sangat mudah dijumpai berbagai partisi dan sekat kecil di setiap lantai gedung perkantoran. Pada setiap ruang kerja tersebut sudah dilengkapi dengan meja dan kursi. Biasanya juga sudah dilengkapi dengan perangkat komputer sebagai penunjang pekerjaan.

Konfigurasi partisi ruangan tersebut harus tepat, supaya lebih optimal fungsinya. Penggunaan bahan dan instalasinya juga harus benar. Karena itu, harus menyerahkan tugas pembuatan ruang kerja kepada ahli berpengalaman. Nah, penting juga mengetahui berbagai hal berikut ini sebelum membangun partisi ruang kerja.

  1. Konsep dan Desain Partisi Ruang Kerja

Pembuatan partisi ruang kantor memerlukan gagasan cemerlang, supaya lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu, merancang konsep dan desainnya adalah langkah awal yang sangat penting. Prioritas utama adalah pada fungsinya. Namun, sebaiknya juga tidak melupakan unsur estetikanya. Sehingga tidak hanya menawarkan fungsionalnya saja, tetapi juga tetap enak dipandang.

Konsep dan desain yang diaplikasikan harus praktis dan efisien. Dengan begitu, partisi kantor ini dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Ada yang membuat partisi ruang kerja dengan bentuk cubicle atau kubikel. Jadi setiap ruangan hanya akan terisi oleh satu orang pegawai saja.

Gagasan lainnya adalah dengan membuat partisi kelompok. Jadi ruangan kerja tersebut bisa menampung atau ditempati oleh beberapa orang sekaligus. Cara pertama dianggap lebih menjamin privasi, dan karyawan bisa lebih konsentrasi dalam bekerja. Sedangkan langkah kedua bisa menghemat material dan anggaran.

penyekat dinding kantor

  1. Aplikasikan Material dan Cara Instalasi yang Tepat

Kalau sudah menentukan ide atau gagasan yang paling tepat, maka bisa segera menentukan bahan dan cara instalasinya. Ada baiknya untuk sekaligus menggunakan material berkualitas. Memang dari segi anggaran agak lebih tinggi. Namun, sebenarnya sangat sebanding dengan kualitasnya.

Kayu olahan adalah material yang umum digunakan untuk partisi ruang kantor. Nah, untuk mempercantik tampilannya digunakan HPL sebagai bahan pelapis atau laminasinya. Material ini lebih diandalkan, karena kualitas tetap bagus, daya tahan lama dan efisien dari segi biayanya.

Meskipun bentuknya hanya berupa sekat atau partisi harus memiliki kemampuan untuk kedap suara. Dengan begitu, kebisingan tidak mudah terdengar di ruangan lainnya. Penggunaan pelapis HPL sangat ideal, karena mendukung kebutuhan tersebut.

Khususnya bagi partisi terbuka, tentunya penggunaan material bisa dikurangi. Karena tidak terlalu tinggi atau hingga langit-langit ruangan. Biasanya tingginya maksimal hanya setinggi tubuh manusia. Jika partisinya dilengkapi dengan kunci dan sistem keamanan, maka biaya pembuatannya lebih tinggi. Apalagi pembatas dibuat menyentuh plafon, jadi seakan menciptakan ruangan.

Proses instalasi atau pemasangan partisi kantor harus dikerjakan oleh tenaga berkompeten dan berpengalaman. Sehingga hasil pemasangan sesuai harapan. Jika semua berjalan sesuai keinginan, akan tercipta ruang kerja yang nyaman, cantik dan mampu meningkatkan kinerja seluruh karyawan.

  1. Ketahui Biaya Pembuatan dan Perawatan Partisi Kantor

Sangat banyak vendor yang menyediakan jasa pembuatan partisi kantor. Agar anggarannya lebih efisien, maka bisa membandingkan seluruh penawaran yang diterima. Pastikan kualitas selalu menjadi prioritasnya. Setelah itu, barulah membandingkan harga yang ditawarkan vendornya.

Penting untuk memerhatikan harga pembuatan dan biaya perawatannya. Supaya apa yang sudah terpasang tidak mengalami kendala berarti ke depannya. Pada dasarnya setiap jenis material yang digunakan, maka diperlukan cara perawatan tersendiri.

Kalau partisi kantornya terbuat dari material kayu, maka pastikan bahannya tidak mudah lapuk, keropos dan kerusakan lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah material yang sudah terbukti kehandalannya. Salah satunya dengan mengandalkan HPL sebagai bahan pelapis dinding dan furnitur kantor.

Tidak perlu khawatir dengan anggaran yang membengkak. Sebab harga lembaran HPL masih terjangkau, sehingga tidak akan menguras anggaran. Bahkan bisa lebih menghemat, sebab biaya material, pemasangan dan perawatannya ekonomis. Selain itu juga sanggup bertahan lama, sehingga lebih banyak anggaran yang bisa dihemat.

Demikian beberapa tips yang dapat diterapkan, sebelum membuat partisi ruang kantor. Sangat penting untuk selalu diperhatikan, supaya mendukung efisiensi anggaran dan mendukung kenyamanan para karyawan dalam menjalankan tugasnya.

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

pembatas dinding kantorPenerapan partisi kantor sebenarnya tidak hanya bisa di gedung dengan ruangan besar. Karena siapa saja bisa menerapkannya pada ruang kerja kecil atau di rumah. Apalagi bagi para pekerja lepas, yang lebih banyak menjalankan aktivitasnya di dalam rumah. Maka adanya fasilitas tersebut pastinya semakin menunjang efektivitas bekerja.

Nah, Anda bisa menyesuaikan desain dan konsep partisi ruang kerjanya. Karena berada di rumah, pemilik bebas mengatur keinginan. Supaya lebih sesuai dengan selera atau mengikuti konsep interior hunian. Paling penting untuk tidak dilupakan adalah unsur efisiensinya.

Anda leluasa menerapkan ide dan memilih model partisi apapun. Namun, pastikan penerapannya akan semakin meningkatkan produktivitas kerja. Dengan demikian, bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan berkualitas. Sehingga akan mendatangkan lebih banyak klien dan penghasilan.

Pembuatan partisi kantor sangat membutuhkan analisa mendalam. Agar fungsinya tetap bisa dirasakan, dan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Sangat banyak inspirasi pembuatan partisi ruang kantor yang tersebar di media sosial, website atau blog dan sebagainya. Sehingga bisa menjadi pertimbangan dan menumbuhkan ide atau kreativitas baru.

Rekomendasi HPL Impor Berkualitas

desain partisi kantorSangat banyak merek HPL di pasaran. Anda bahkan tidak hanya menemukan produk lokal saja, karena banyak juga serbuan HPL impor. Kualitas harus senantiasa menjadi prioritas. Jangan mudah percaya dengan penawaran harga terlalu murah. Sebab biasanya mutu produknya tidak bisa diandalkan.

Hanya menggunakan produk HPL berkualitas, lebih menjamin keawetan, keindahan dan daya tahannya. Pada dasarnya harga produk pelapis kayu ini cukup ekonomis. Karena bisa digunakan dalam durasi panjang, hingga mencapai belasan tahun.

Lalu, apakah rekomendasi produk HPL impor berkualitas? Anda bisa menemukan jawabannya dengan mengakses IsiBangunan.com. Importir ini sudah sangat terpercaya dan berpengalaman. Sudah banyak material dekorasi bangunan berkualitas yang didatangkan ke Indonesia.

Selain menyediakan produk HPL berkualitas tinggi, ada pula produk dekorasi unggulan lainnya, antara lain lantai vinyl, lantai SPC, wallpanel 3D, plafon PVC dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi! Dapatkan warna dan motif, dengan harga lembaran HPL lebih bersaing. Konsultasikan segala harapan Anda, agar mendapatkan rekomendasi terbaik.

Please rate this