Ruang kerja nyaman dan dilengkapi fasilitas memadai pastinya sangat ideal untuk mendukung aktivitas kerja. Keberadaan furnitur juga harus dipertimbangkan, agar sesuai kebutuhan, fungsional dan hemat tempat. Furnitur kayu berlapis HPL kini lebih banyak digunakan. Untuk hasil terbaik, percayakan kebutuhan tersebut kepada distributor jual pelapis triplek terpercaya.

Tipe Ruang Kantor

Seorang karyawan akan menghabiskan banyak waktu di ruang kantor. Khususnya bagi mereka yang bukan pekerja lapangan. Oleh karena itu, kenyamanan tempat atau ruang kerja menjadi kebutuhan utama. Oleh karena itu, akan dibuat ruang bekerja yang efisien, nyaman dan cantik.

Demi mendukung kebutuhan tersebut, maka terciptakan berbagai tipe ruang kantor yang umum diterapkan di Indonesia. Penerapan konsep dan desainnya tentu disesuaikan dengan budaya, anggaran dan kondisi setiap perusahaan. Nah, apa saja tipe ruang kantor yang dimaksud?

perabotan kantor HPL

  1. Open Plan Office

Tipe yang pertama adalah tipe ruang kantor terbuka. Tujuan dari pembuatan ruang kantor ini adalah supaya ruangan lebih terasa lega atau luas. Manfaat dari konsep ini adalah setiap karyawan bisa menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan divisi lainnya.

Berdasarkan kebutuhan anggarannya, pembuatan ruang kerja ini lebih murah dibandingkan dengan tipe kubikel. Begitu pula dengan cara pemeliharaannya, lebih hemat biaya.

Sayangnya, penerapan konsep ruang kerja ini tidak mendukung privasi setiap pegawai. Sebab kebisingan yang terjadi, karena setiap orang bisa saling berkomunikasi. Belum lagi seringnya hilir mudik karyawan lain. Kondisi ini bisa mengganggu konsentrasi dalam bekerja.

  1. Cubicle Office

Berbeda dengan konsep ruang kantor terbuka, untuk tipe ruang kantor kubikel dibuat untuk memberikan privasi pada setiap karyawan. Mereka bisa lebih konsentrasi atau fokus dalam bekerja, karena tidak tergantung dengan aktivitas hilir mudik orang lain.

Perusahaan besar biasanya menerapkan tipe ruangan kerja tersebut. Nah, kelemahan dari konsep ruang kantor ini adalah komunikasi dengan pegawai lainnya agak terhambat. Hal itu karena terdapat sekat atau partisi pemisah.

  1. Cluster Office

Konsep ruang kerja klaster ini memadukan antara tipe ruang terbuka dan kubikel. Jadi ruangan akan ditempati oleh pegawai dengan divisi yang sama. Namun, tetap ada sekat kubikel antar karyawan. Dengan begitu, privasi tetap terjaga baik. Selain itu, tetap memudahkan komunikasi dan kerjasama antar karyawan dalam satu divisi.

Setidaknya itulah beberapa tipe ruang kantor yang biasanya diterapkan di gedung perkantoran. Berbagai konsep tentunya akan berkembang, agar bisa disesuaikan dengan penggunanya. Pada dasarnya agar bisa menciptakan kenyamanan, privasi, dan meningkatkan produktivitas kerja.

Jenis-Jenis Furnitur Kantor

meja kursi kantor

Pembangunan sebuah gedung perkantoran, pastinya sudah dirancang dengan tata letak ruang yang disesuaikan dengan kebutuhan pegawainya. Berbagai aspek harus dipertimbangkan, seperti penempatan mesin, furnitur kantor dan perlengkapan lainnya.

Penataan tersebut harus dilakukan dengan tepat, agar mendukung kenyamanan. Sebab faktor ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja setiap karyawan. Apa saja kebutuhan furnitur bagi setiap ruang kerja?

  1. Meja Kantor

Jenis furnitur ini sangat wajib keberadaannya di dalam gedung perkantoran. Karena sangat penting dan fungsionalnya. Sebagian besar aktivitas pekerjaan dilakukan dengan bantuan meja. Seperti menggunakan laptop atau komputer, menempatkan peralatan menulis dan sebagainya.

Sangat banyak pilihan material meja kantor, antara lain besi, plastik, kaca dan kayu. Karena berbagai material tersebut memiliki struktur yang keras, dengan permukaan halus. Sehingga sangat layak untuk menempatkan berbagai jenis alat tulis kantor, komputer dan lainnya.

Pastikan material meka sangat kuat, sehingga tidak mudah rusak dan lebih awet. Pilih juga desain atau model yang menarik dan fungsional. Sebagai contoh, menggunakan meja kerja yang dilengkapi dengan laci. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan dokumen atau berkas penting.

Anda bisa mengandalkan meja kayu dengan laminasi HPL (High Pressure Laminate). Produk pelapis kayu ini sangat populer, sehingga sudah banyak digunakan oleh pabrikan furnitur. Selain warna dan coraknya menawan, kualitas dan daya tahannya juga sangat unggul.

Dengan pemakaian bahan finishing ini, maka meja menjadi lebih tahan terhadap paparan air, zat kimia, tahan panas, anti gores, anti jamur dan tidak mudah keropos. Untuk merawatnya pun mudah, cukup gunakan lap jika terhadap noda atau kotoran di permukaan meja.

Walaupun terbukti handal, namun harga jual pelapis triplek ini tetap ekonomis. Oleh karena itu, sangat ideal jika digunakan sebagai bahan pelapis furnitur kantor.

  1. Kursi Kantor

Sudah ada meja tentunya juga diperlukan kursi. Karena furnitur ini satu paket, jadi harus semuanya disediakan. Kenyamanan pastinya merupakan aspek penting dalam pemilihan kursi. Ukuran, model dan bahan yang digunakan penting untuk diperhatikan.

Kursi dengan tekstur empuk sangat tepat digunakan oleh karyawan harus sering duduk. Agar tetap nyaman dalam bekerja dan tidak menimbulkan permasalahan kesehatan. Model kursi hadap cocok untuk digunakan untuk pemakaian secara umum. Sedangkan untuk kursi putar lebih cocok digunakan secara pribadi. Jadi pilihlah model kursi sesuai dengan tujuan pemakaiannya.

  1. Partisi Kantor

Supaya lebih nyaman dan menjaga privasi, maka dibuatlah ruang kerja bagi para karyawan. Namun, bukan dari dinding permanen melainkan menggunakan partisi. Sekat ini biasanya terbuat dari kayu, dengan ketinggian tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Dengan adanya partisi tersebut, maka setiap karyawan bisa lebih fokus atau konsentrasi dalam bekerja. Pembagian ruang kerja tersebut sangat penting, agar tidak terganggu dengan aktivitas karyawan lainnya. Harapannya dengan penerapan cara ini, maka bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Anda juga bisa mengandalkan pelapis HPL sebagai pemanis partisi atau sekat ruang kantor. Ada banyak pilihan desain elegan yang dapat diaplikasikan. Sehingga tidak hanya fungsional, tetapi menjadikan dinding partisinya tampil lebih menawan.

  1. Lemari Berkas

Furnitur ini dimanfaatkan untuk menyimpan dokumen atau berkas penting. Adanya lemari ini, maka seluruh dokumen bisa tertata atau tersusun dengan rapi. Sehingga sangat memudahkan saat akan dibutuhkan. Ukurannya ditentukan sesuai kebutuhan, agar bisa menampung semua berkas.

Produk lemari berkas juga sudah banyak yang tersedia dalam sentuhan pelapis HPL. Warna dan coraknya begitu melimpah, sehingga bisa menunjang keinginan setiap penggunanya.

meja resepsionis HPL

  1. Meja Resepsionis

Meja ini biasanya digunakan untuk melayani pelanggan. Sehingga biasanya diletakkan di lobby, ruang tunggu, bagian customer service dan sebagainya. Kalau diibaratkan, meja resepsionis adalah wajah perusahaan. Oleh karena itu, harus dihias dengan cantik.

Karena itu, desain meja ini harus cantik dan tetap memberikan kenyamanan bagi pegawai dan pelanggan. Biasanya jenis meja ini dirancang dengan warna khusus sesuai dengan ciri khas perusahaannya. Selain itu, bisa juga bagian belakang meja dihiasi dengan backdrop cantik.

Anda juga bisa memesan meja resepsionis dengan balutan keindahan HPL. Begitu pula dengan material latar belakang meja tersebut, bisa menggunakan material kayu olahan dan dilapisi dengan HPL. Sangat banyak pilihan warna dan motif cantik yang bisa dipadukan dengan keindahan meja resepsionis.

Anda membutuhkan produk HPL berkualitas dengan harga bersaing? Segera kunjungi IsiBangunan.com. Distributor ini jual pelapis triplek dengan mutu handal, banyak pilihan motif dan terjamin kualitasnya.

Please rate this