Ingin menghias dinding dengan praktis, cepat dan ekonomis? Anda bisa menggunakan wallpaper sticker atau HPL. Tentunya setiap produk laminasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Manakah yang paling ideal, termasuk dari segi daftar harga HPL Eco dan wallpaper sticker?

Kedua bahan dekoratif tersebut sangat mudah ditemukan di pasaran. Karena banyak toko atau distributor yang menawarkannya. Sangat gampang juga untuk membelinya secara online. Baik penawaran melalui website, iklan media sosial, marketplace dan sebagainya.

Sangat penting untuk memahami masing-masing produk dekorasi ruangan tersebut. Ketahui keunggulan dan kelemahannya. Agar lebih tepat dalam pemilihannya. Nah, karena banyaknya merek di pasaran, maka pastikan juga memilih produk yang terjamin kualitasnya.

bahan dekoratif dinding

  1. HPL (High Pressure Laminate)

Sesuai namanya bahan finishing ini diproduksi di bawah tekanan dan suhu sangat tinggi. Dengan begitu, tercipta lembaran bahan laminasi yang cantik, kuat dan tahan lama. Teksturnya cenderung kaku dan keras, namun tetap masih elastis atau lentur. Sehingga tetap bisa diaplikasikan pada bidang melengkung.

Pada umumnya HPL dibuat dengan tiga lapisan khusus yang memiliki fungsi masing-masing. Lapisan yang dimaksud adalah craft paper, pattern paper dan overlay paper.

Tampilan material dekoratif ini sangat mempesona. Karena hadir dengan aneka warna dan motif cantik serta bervariatif. Beberapa motif yang menjadi favorit pengguna adalah kayu, batu alam, bunga, metal dan warna solid. Keragaman corak ini memudahkan siapa saja menciptakan kreasi sesuai keinginan.

Penampilan cantiknya didukung juga dengan berbagai keunggulan lain, antara lain anti gores, anti air, anti jamur, tahan panas dan tidak mudah terbakar. Oleh karena itu, material finishing ini tidak mudah mengalami kerusakan. Sehingga masa pakainya lebih lama. Warna dan coraknya juga lebih stabil, serta tidak mudah pudar.

Dengan segala kelebihan tersebut, maka semakin banyak produsen furnitur, desainer interior dan pengembang perumahan menggunakan HPL sebagai pemanis dekorasi interior rumah atau bangunan. Karena tidak hanya cocok untuk skala perumahan saja. Tetapi sangat ideal diaplikasikan di gedung perkantoran, hotel, restoran, sekolah, rumah sakit dan sebagainya.

Hal itu sangat terlihat pada furnitur yang digunakan, seperti meja, lemari, kabinet, kitchen set, pintu dan sebagainya. Selain itu, HPL juga bisa dimanfaatkan untuk menghiasi bagian plafon atau langit-langit bangunan, dinding dan lantai. Semua bagian interior tersebut bisa dipercantik dengan aneka motif HPL.

Selain bisa diaplikasikan di dalam ruangan, HPL juga bisa menghiasi bagian luar bangunan. Sebagai contoh, sudah banyak digunakan sebagai bahan wall cladding, furnitur luar ruangan dan sebagainya.

HPL dijual dalam bentuk lembaran. Ukuran standarnya adalah dengan panjang 244 centimeter, dan lebar 122 centimeter. Namun dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Pada umumnya mulai dari 0.8 milimeter hingga 1,5 milimeter. Dimensi ini cukup ideal untuk penggunaan area indoor.

Sedangkan kalau akan dimanfaatkan sebagai bahan finishing luar ruangan, maka harus menggunakan produk HPL yang lebih tebal. Kurang lebih mencapai 2,5 milimeter. Agar lebih kuat dan bisa digunakan dalam waktu lebih lama.

Maraknya produk HPL yang meramaikan pasar dengan aneka merek, maka Anda harus sangat selektif bila akan membelinya. Pelajari deskripsi atau spesifikasi produknya, agar bisa dipahami kualitasnya. Setelah itu, barulah membandingkan dari aspek harga yang ditawarkan.

Daftar harga HPL Eco bisa saja berbeda-beda di setiap toko atau daerah. Oleh karena itu, harus mengetahui harga terbarunya. Supaya bisa mendapatkan harga yang lebih hemat. Tanpa melupakan unsur kualitas dan daya tahannya.

  1. Wallpaper Sticker

Fungsi wallpaper sticker sama dengan HPL. Hanya saja khusus digunakan untuk pelapis dinding. Desainnya beraneka ragam, sehingga sangat cocok untuk menambah nilai estetika interior hunian. Sayangnya, material ini tidak tahan terhadap goresan. Kalau sampai tergores maka berisiko robek atau rusak. Kekurangan tersebut akibat bahan utama yang digunakan dalam pembuatan wallpaper sticker adalah kertas.

Selain itu, bahan dekorasi dinding ini juga tidak tahan paparan air. Sehingga harus dipastikan dindingnya tidak lembab atau bocor. Sebab kondisi tersebut menyebabkan daya rekat lemnya menurun. Karena itu, akan merusak keindahan tampilannya dan mudah terkelupas.

Kalau sudah begitu, penampilan bahan dekoratif tersebut tidak menawan lagi. Sehingga harus sesegera mungkin mendapatkan perhatian. Dengan segera melakukan perbaikan, dengan cara mengganti dengan lembaran wallpaper sticker baru.

Nah, kalau kondisi dindingnya kurang mendukung, maka tidak disarankan untuk memasangnya kembali. Kecuali sudah dilakukan perbaikan pada temboknya, sehingga permukaannya tidak lagi lembab. Jika sudah dipastikan kering, maka sudah layak diaplikasikan wallpaper sticker.

Terlepas dari kekurangan tersebut, bahan pelapis dinding ini hadir dengan tampilan sangat bervariatif. Berbagai motif yang banyak digunakan adalah metalik, granit, kayu, warna solid dan lain sebagainya. Inilah kenapa sekilas tampilannya mirip dengan HPL.

Kelebihan lainnya dari aspek perawatannya. Supaya tampilan wallpaper ini tetap cantik, maka harus membuat agenda rutin untuk bersih-bersih. Paparan debu dan kotoran tidak dapat dihindari, meskipun berada di dalam ruangan. Namun, tenang saja karena sangat mudah untuk menyingkirkan kotoran yang menempel. Cukup dengan mengandalkan kain lembut.

Nah, manakah bahan dekorasi dinding yang paling ideal? Hal itu sangat tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Walaupun terbukti lebih unggul, dari segi kualitas, desain dan daya tahannya, HPL tetap dibanderol dengan harga terjangkau. Hal itu terlihat dari daftar harga HPL Eco.

Beli Pelapis HPL di Distributor Resmi

bahan dekorasi dindingBerbagai merek HPL beredar luas di pasaran, dengan menawarkan aneka ragam corak memikat. Selain itu, ada juga produsen yang memasang harga cukup murah. Hal itu pastinya sangat menarik konsumen, namun jangan sampai melupakan aspek kualitas produknya.

Pastikan produk HPL yang akan dibeli memiliki standar kualitas yang bagus. Setelah itu, barulah membuat pertimbangan dari segi harganya. Jika Anda mendapatkan penawaran produk HPL, cermati spesifikasi produknya. Berapa ukuran panjang, lebar dan ketebalannya.

Jangan lupa juga untuk mengecek sertifikasi apa saja yang sudah dimiliki. Pengakuan tersebut sebagai bukti akan kualitas dan keamanan produk HPL-nya. Kalau sudah mendapatkan jaminan kualitas dan keamanan, tentunya lebih merasa tenang dan aman untuk menggunakannya.

Jangan asal pilih tempat membeli HPL. Pastikan hanya membeli di distributor resminya. Demi memastikan Anda mendapatkan produk original dan sesuai kualitasnya. Di mana bisa membeli produk HPL berkualitas, terjamin keamanan dan bagus daya tahannya?

Anda tidak perlu bingung! Karena sudah ada IsiBangunan.com, yang menyediakan produk HPL berkualitas handal, tapi tetap bersaing harganya. Koleksi warna dan motifnya juga sangat melimpah. Anda bisa datang langsung atau memesan secara online.

Dapatkan informasi terkini daftar harga HPL Eco. Tim marketing IsiBangunan selalu siap membantu Anda, dalam memilih motif HPL dan menghitung estimasi biayanya. Yuk, konsultasi sekarang dengan tenaga ahli berpengalaman!

Please rate this