Ingin hadirkan penampilan berbeda pada lantai rumah? Anda cukup melapisinya dengan HPL, dengan motif sesuai keinginan. Karena selain biasa digunakan sebagai pelapis furnitur, material ini juga sangat ideal sebagai bahan dekorasi lantai. Yuk, cek harga HPL 2021 dan kenapa sangat direkomendasikan?

HPL Sebagai Bahan Dekorasi Lantai

Penggunaan material yang tepat sangat penting diperhatikan saat membangun atau akan merenovasi rumah. Harapannya seluruh penghuni rumah merasakan kenyamanan dan betah. Sehingga tidak pernah sabar untuk segera kembali ke rumah, setelah lama beraktivitas di luar.

Lantai adalah salah satu elemen hunian yang penting diperhatikan. Keberadaannya cukup dominan, sehingga faktor kenyamanan sangat dipengaruhinya. Supaya terlihat cantik dan elegan, biasanya keramik, marmer atau kayu dipilih sebagai material penutup lantai.

Sayangnya, material tersebut terasa dingin saat dipijak, apalagi kalau sedang musim penghujan. Sedangkan lantai kayu atau parket dibanderol dengan harga cukup mahal. Lalu adakah bahan pelapis lantai yang lebih ideal dari segi penampilan, keawetan dan lebih murah harganya?

Anda bisa mengandalkan material penutup lantai sintetis, seperti HPL (High Pressure Laminate). Memang masih ada lagi bahan dekoratif lainnya yang bisa digunakan, seperti lantai vinyl dan lantai SPC. Namun, untuk HPL memiliki keunikan tersendiri.

Bahan pelapis ini lebih familiar digunakan sebagai finishing furnitur atau mebel. Khususnya bagi perabotan yang terbuat dari kayu olahan, seperti MDF, multiplek dan sejenisnya. Material ini sangat efektif dan efisien digunakan sebagai bahan laminasinya. Sebab hadir dalam banyak motif serat kayu cantik. Sehingga mampu mengubah penampilan furnitur kayu olahan layaknya kayu solid atau asli.

Keunggulan HPL Sebagai Bahan Pelapis Lantai

material penutup lantaiTernyata selain fungsi tersebut, HPL juga ideal dimanfaatkan sebagai pemanis elemen interior lain. Salah satunya adalah lantai, yang butuh sentuhan artistik juga. Nah, apakah material ini benar-benar layak diaplikasikan sebagai pelapis lantai? Apa saja keunggulan yang dapat dirasakan?

 

  1. Kuat dan Tahan Lama

Tekstur dari bahan finishing ini adalah kaku dan keras. Meskipun demikian, HPL memiliki sifat fleksibel sehingga mudah diaplikasikan pada lantai. Bentuknya lembaran dengan ukuran sama dengan multiplek. Karena memiliki panjang 244 centimeter dan lebar 122 centimeter.

Ada juga pabrikan yang meluncurkan HPL dengan ukuran tidak biasa atau lebih besar. Dengan begitu, semakin ideal digunakan pada bidang yang lebih luas. Untuk pemasangan HPL pada lantai hanya diperlukan perekat atau lem di bagian bawahnya.

Metode pemasangan yang tepat lebih menjamin kekuatannya. Karena lembaran HPL ini akan menempel dengan lebih sempurna dan kuat. Sehingga tidak mudah terkelupas, meskipun sudah bertahun-tahun digunakan. Cara ini sudah pasti mampu menghemat anggaran.

Oleh karena itu, jangan langsung memasang HPL pada lantai. Anda harus memastikan kondisi lantai dasarnya sudah layak untuk dilapisi dengan HPL. Sangat penting untuk memeriksa terlebih dahulu keadaan lantai tersebut. Pastikan permukaan lantai sudah bersih dan rata permukaannya.

Setelah itu, barulah memulai pemasangan bahan penutupnya. Jangan lupakan juga untuk hanya menggunakan produk perekat atau lem bermutu tinggi. Karena lebih bisa diandalkan untuk daya rekatnya. Jadi, semua produk yang digunakan harus terjamin mutunya, baik produk HPL maupun perekatnya.

Dengan begitu, lembaran HPL akan terpasang dengan kuat, rapi dan sempurna. Selain itu, tetap memberikan rasa nyaman ketika kaki menginjak permukaannya. Enaknya semua kenyamanan tersebut bisa dinikmati dengan harga HPL 2021 yang tetap ekonomis.

  1. HPL Mudah Dibersihkan

Bakteri atau jamur mudah sekali tumbuh di lantai berbahan keramik atau marmer. Bahkan paparan tersebut sangat sulit untuk disingkirkan. Namun, kondisi tidak menyenangkan tersebut tidak akan terjadi kalau lantai sudah terlapisi dengan lembaran HPL.

Oleh karena material pelapis lantai ini lebih mudah dibersihkan saat terpapar kotoran dan jamur. Apalagi bahan laminasi ini juga memiliki sifat tahan air atau waterproof, jadi relatif aman dari serangan jamur dan bakteri pengganggu keindahan lantai.

Terutama kalau cara pemasangan HPL sempurna, maka sambungan antar lembarannya tidak akan terlihat. Tujuannya supaya tidak mudah ditumbuhi jamur dan bakteri. Nah, agar menekan pertumbuhan mikroorganisme tersebut, maka pastikan senantiasa melakukan bersih-bersih secara rutin.

Dengan cara tersebut, maka kondisi lantai akan selalu aman dari paparan noda dan kotoran. Kebersihan ini pastinya sangat bermanfaat. Apalagi bagi yang masih memiliki anak-anak, yang kerap bermain di atas lantai. Kalau lantainya kurang terjaga kebersihannya, tentu bisa mendatangkan permasalahan kesehatan bagi buah hati tercinta.

  1. Hadirkan Sensasi Hangat

Kalau Anda kurang menyukai sensasi dingin dari lantai keramik atau marmer, maka HPL sangat cocok digunakan. Sebab, pelapis lantai ini mampu menghadirkan sensasi rasa hangat pada kaki. Walaupun sedang berada pada musim penghujan.

  1. Kaya Pilihan Motif Memikat

HPL tidak hanya diproduksi dalam tampilan motif serat kayu saja. Pabrikan bahan dekoratif ini juga meluncurkan aneka warna dan motif menawan lainnya. Beberapa corak lain yang juga sangat diminati masyarakat adalah motif batu alam, motif metal, motif bunga dan warna solid.

Banyaknya pilihan warna dan motif HPL tentunya sangat memanjakan para penggunanya. Karena bisa menciptakan lebih banyak kreasi. Sehingga siapa saja bisa menciptakan hunian impian dengan lebih mudah, cepat dan pastinya lebih hemat anggaran. Sebab harga HPL 2021 sangat terjangkau.

  1. Harga HPL Tetap Bersahabat

HPL terbukti memiliki banyak keunggulan, antara lain tahan air, tahan panas, anti gores, anti jamur, tidak mudah terbakar dan lain sebagainya. Walaupun memiliki banyak keunggulan, ternyata produk finishing ini tetap dibanderol dengan harga bersahabat.

Harga HPL memang sangat bervariatif, karena sudah tersedia dalam aneka merek dan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum menentukan produk yang akan dibeli pastikan sudah memahami kualitasnya. Harapannya produk pelapis lantai ini bisa berumur lebih panjang dan tidak mudah rusak.

Pada umumnya, produk HPL dijual dengan hitungan per lembar. Sehingga pembeliannya tidak harus dalam jumlah banyak atau disesuaikan dengan kebutuhan. Karena itu, sebelum membelinya pastikan sudah menghitung luas ruangan dengan akurat. Supaya bisa ditentukan seberapa banyak kebutuhan lembaran pelapisnya.

Sebagai rekomendasi produk HPL berkualitas, Anda bisa langsung mengunjungi IsiBangunan.com. Importir bahan dekorasi bangunan ini sangat terpercaya dan berpengalaman. Karena dipastikan hanya mendatangkan produk-produk handal, tetapi dengan harga tetap bersaing.

Anda bisa langsung mengecek koleksi warna dan motif HPL yang ditawarkan. Layanan konsultasi gratis juga bisa dimanfaatkan siapa saja. Supaya lebih memahami produk HPL yang akan digunakan. Termasuk dibantu dalam menghitung estimasi kebutuhan biaya pengadaan HPL dan pemasangannya.

Masih ragu menggunakan HPL untuk pelapis lantai hunian kesayangan Anda? Tanyakan lebih lanjut dengan tim ahli berpengalaman dari IsiBangunan. Update juga informasi harga HPL 2021 sebagai panduan menghitung kebutuhan anggarannya. Nikmati pelayanan prima dan harga terbaik, sekarang juga!

Please rate this