Ingin menambah ruangan di dalam rumah atau bangunan komersil? Anda bisa membuat partisi ruangan non permanen. Jadi tidak harus membangun dinding bata. HPL bisa diandalkan sebagai pelapis papan sekatnya. Tidak perlu mengeluarkan anggaran besar, sebab harga formica per lembar cukup ekonomis.

Cara praktis ini bisa menciptakan ruang yang lebih fungsional, unik dan cantik. Partisi ruangan merupakan interior tambahan. Fungsinya sebagai pemisah antar ruangan. Langkah ini banyak ditempuh mereka yang memiliki hunian berkonsep minimalis. Tujuannya agar hunian tetap terlihat lapang dan rapi.

Mungkin masih ada yang belum mengerti apakah fungsi dari penggunaan partisi dinding tersebut. Berikut beberapa manfaat yang harus dipahami.

  1. Sebagai Pemisah Ruangan dan Lebih Fungsional

Sekat dinding ini bisa memisahkan ruangan, sehingga memiliki fungsional lain. Jadi, dengan pemisahan ruangan tersebut maka akan tercipta ruangan dengan fungsi tersendiri. Partisi dinding ini banyak diaplikasikan untuk membagi antara ruang tamu dengan ruang tengah. Bisa juga membagi ruang makan dengan ruang keluarga.

Oleh karena itu, sebelum membuat partisi dinding maka tentukan dahulu fungsi ruang yang akan diciptakan. Dengan begitu, membantu untuk menentukan model dan ukuran partisinya. Termasuk menentukan material apa yang akan digunakan.

  1. Sebagai penunjang privasi penghuni rumah

Pembuatan partisi ruangan juga untuk menunjang privasi penghuni rumah. Sebagai contoh dengan penyekatan ruang tamu dan ruang keluarga atau ruang tengah. Ruang tamu tentunya lebih dimanfaatkan untuk menerima tamu.

Sedangkan ruang keluarga biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul, bersantai atau menonton televisi bersama seluruh anggota keluarga. Perbedaan aktivitas antar ruangan sangat signifikan. Oleh karena itu, penting untuk memisahkan kedua ruangan tersebut.

Karena biasanya keberadaan ruangan tersebut bersebelahan. Untuk hunian dengan lahan terbatas, biasanya menyatukan kedua fungsi ruangan tersebut. Namun, dengan pemakaian sekat dinding, maka tetap bisa menciptakan privasi.

Sehingga tetap leluasa menjalankan aktivitas di ruang keluarga, meskipun ada penghuni rumah lainnya yang sedang menerima tamu. Semua aktivitas bisa berjalan bersamaan, tanpa merasa saling terganggu. Jadi bisa disimpulkan dengan adanya partisi ruangan, maka fungsi ruang lebih optimal.

  1. Sebagai Penunjang Dekorasi Ruangan

Sekarang ini sangat banyak kreasi partisi dinding dengan desain menawan. Sehingga penyekat ruangan ini memiliki fungsi lain, yaitu bisa meningkatkan nilai estetika ruangan. Karena memang bisa berfungsi sebagai penghias ruangan.

Nah, agar keindahan ruangan semakin memikat, maka konsultasikan kepada desainer interior terkait dengan pemilihan material dan desain yang cocok. Karena setiap rumah tentunya memiliki ukuran dan konsep bangunan yang berbeda-beda.

Dengan begitu, pemasangan partisi dinding benar-benar maksimal. Sebab bisa sekaligus bermanfaat sebagai elemen dekoratif di dalam rumah. Sebenarnya cara ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada hunian saja. Namun bisa juga di berbagai bangunan, seperti gedung perkantoran, restoran, sekolah, rumah sakit dan tempat fasilitas umum lainnya.

Kiat Penting Mendesain Partisi Ruangan

partisi tembok minimalis HPLAgar fungsinya lebih optimal, cantik desainnya, awet dan lebih hemat anggaran, maka pastikan melakukan perencanaan secara detail. Beberapa tips berikut ini penting untuk dipahami, agar lebih tepat dalam merancang sekat dindingnya.

  1. Siapkan Anggaran Memadai. Kebutuhan ini tentunya sangat mutlak. Karena berpengaruh terhadap jenis material yang akan digunakan. Selain itu, berhubungan juga dengan pemilihan bentuk, model dan biaya pemasangannya. Agar tampilannya terlihat menyatu, maka desainnya harus senada dengan konsep atau gaya desain interiornya.
  2. Tentukan Penggunaan Material dan Desain Partisi Dinding. Penyekat dinding ini sifatnya non permanen, jadi mudah untuk dipindah sewaktu-waktu. Untuk itu, keberadaannya tidak boleh merusak elemen interior lainnya. Pilihlah material yang terbukti awet dan cantik tampilannya. Seperti kayu lapis yang dilaminasi dengan HPL (High Pressure Laminate). Kemudian terkait dengan desainnya, samakan saja dengan tema ruangannya.
  3. Percayakan dengan ahlinya. Agar hasilnya lebih optimal, sangat disarankan untuk menyerahkan pembuatan desain dan produknya kepada tenaga ahli berpengalaman. Termasuk dalam hal pemasangannya.

Model Partisi Ruangan Gaya Minimalis

penyekat tembok minimalisPenyekat ruangan juga bisa memiliki fungsi tambahan. Oleh karena itu, harus didesain dengan cermat. Agar tidak hanya berfungsi sebagai pemisah ruangan saja. Tetapi bisa juga untuk tambahan tempat penyimpanan, dekorasi dan sebagainya. Nah, apa saja referensi atau inspirasi model sekat dinding yang bisa diaplikasikan pada ruangan berkonsep minimalis?

  1. Partisi Dinding Fleksibel

Model sekat ruangan ini biasanya berbentuk partisi geser atau partisi lipat. Sangat umum digunakan pada ruang kelas di sekolah, meeting room di hotel dan sebagainya. Tujuan pemasangan penyekat dinding ini adalah agar ruangan bisa digunakan sesuai kapasitas penggunanya.

Jadi kalau hanya akan digunakan dalam acara terbatas, maka bisa menutup partisi ruangnya. Sedangkan kalau pemakai ruangannya lebih banyak, maka bisa menggeser atau melipat penyekat dindingnya. Sehingga tercipta ruangan yang lebih luas, sehingga bisa menampung lebih banyak orang.

  1. Partisi Dinding Berbentuk Rak

Model penyekat ruangan ini semakin fungsional. Sebab tidak hanya sebatas sebagai pembatas antar ruangan saja. Akan tetapi juga bisa menciptakan tempat penyimpanan baru. Adanya sekat dinding fungsional tersebut, maka Anda bisa menyimpan berbagai barang, seperti foto pada bingkai duduk, buku, vas bunga dan sebagainya.

Sebenarnya tidak hanya itu saja keuntungannya. Karena selain bisa menambah ruang penyimpanan, bisa juga mempercantik ruangan. Sebab bisa menempatkan beberapa hiasan untuk penunjang dekorasi ruangnya.

  1. Penyekat Ruangan Dilengkapi Cermin

Ruangan berukuran sempit juga bisa terlihat lebih lapang. Caranya dengan menggunakan partisi dengan susunan bentuk geometri berbahan metal, dan dilengkapi dengan cermin. Adanya cermin tersebut bisa menghadirkan kesan luas di dalam ruangan. Karena itu, meskipun ukuran ruangannya mungil, akan terasa lebih lega dan nyaman.

Nah, itulah beberapa model partisi dinding yang dapat diaplikasikan. Agar bisa menata ruangan lebih maksimal, menambah fungsi dan meningkatkan keindahan ruangan. Siapa saja bisa membuat interior rumah lebih istimewa. Tentunya dengan perencanaan desain dan pemilihan material yang berkualitas.

Konsultasikan dengan desainer interior kepercayaan Anda. Supaya hasilnya lebih optimal atau sesuai dengan harapan Anda. Para desainer profesional akan membantu menemukan rancangan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kliennya. Selain itu, harga yang ditawarkan juga tetap bersahabat.

Nah, kalau pemilihan bahan pelapis partisi dinding bisa konsultasikan dengan distributor HPL terpercaya. Material ini sudah banyak digunakan untuk produk furnitur. Bahkan dimanfaatkan juga sebagai bahan dekorasi plafon, lantai dan dinding. Oleh karenanya, sangat ideal jika digunakan sebagai pemanis dan pelindung partisi dinding.

Sebab selain cantik penampilannya, HPL juga dibekali dengan beragam fitur bermanfaat. Seperti anti air, tahan panas, anti jamur, anti gores dan sebagainya. Dengan demikian, partisi dindingnya tetap aman dari berbagai ancaman dan lebih panjang usia pemakaiannya.

Yuk, cek langsung harga formica per lembar di IsiBangunan.com. Telah tersedia beragam warna dan motif elegan dengan harga bersaing.

Please rate this