Berbagai model partisi dinding bisa diterapkan di rumah tinggal atau perkantoran. Penyekat ruangan model geser dan lipat adalah yang familiar digunakan. HPL merupakan bahan laminasi yang sering digunakan untuk mempercantik tampilan sekat ruangan. Agar memudahkan menghitung estimasi anggarannya, Anda bisa menyimak harga jual papan HPL terkini.

Bentuk partisi dinding tersebut sangat fleksibel, sehingga bisa membagi ukuran ruangan sesuai kebutuhan. Selain itu, tetap memiliki nilai estetika yang tinggi. Karena itu, sangat menunjang keindahan ruangan. Dengan catatan tepat dalam penentuan material dan desainnya.

Pemakaian partisi dinding ini sudah banyak dijumpai di rumah tinggal, perkantoran, gedung pertemuan, gedung olahraga, hotel, restoran, sekolah, kampus dan masih banyak lagi. Material yang biasanya digunakan adalah PVC, aluminium, kayu dan besi.

Fungsi Partisi Dinding Geser dan Lipat

sekat dinding kantorPenyekat dinding sliding atau geser dan lipat tentunya memiliki fungsi tertentu. Pada dasarnya agar fungsi ruangan lebih maksimal. Namun, tetap menjaga keindahan tampilannya. Dengan begitu, harus cermat dalam pemilihan bahan baku dan desainnya. Apa saja sebenarnya fungsi dari penggunaan elemen interior ini?

  1. Bantu Optimalkan Pemakaian Ruangan

Penggunaan partisi dinding ini umumnya diaplikasikan pada ruangan berukuran besar. Namun, karena sering digunakan dalam skala kecil, maka lebih efisien jika rungannya tidak terlalu besar. Sehingga dibutuhkan penyekat dinding, agar pengguna ruangan bisa lebih nyaman dan fokus dalam menjalankan aktivitasnya. Sebagai contoh membuat ruang rapat dengan ukuran lebih kecil, karena pesertanya terbatas.

Hal serupa juga diterapkan pada ruang pertemuan di sekolah atau kampus. Sehingga saat akan digunakan dalam jumlah peserta lebih besar, maka bisa menggeser atau melipat partisi dindingnya. Sedangkan kalau pesertanya lebih kecil, maka bisa menutup kembali penyekat ruangan tersebut.

Bahkan bisa menciptakan beberapa ruangan sekaligus untuk penggunaan yang berbeda-beda. Dengan demikian, seluruh kegiatan bisa berlangsung bersamaan tanpa saling terganggu.

Jika diaplikasikan di rumah tinggal, biasanya partisi dinding lipat atau geser dimanfaatkan sebagai pemisah ruangan dapur dan ruang makan. Dengan begitu, bisa menciptakan dua fungsi ruang berbeda dan lebih optimal dalam menerapkan dekorasi setiap ruangannya.

Oleh karena itu, sebelum membuat penyekat dinding, maka pastikan dahulu fungsi ruang apa yang ingin diciptakan. Setelah itu, tinggal memilih material terbaik, membuat desain dan percayakan pengerjaannya dengan tenaga profesional. Demi mendapatkan hasil sesuai harapan.

  1. Privasi Lebih Terjaga

Kalau rumah akan dibangun di atas lahan dengan ukuran terbatas, maka harus cermat untuk mengatasinya. Caranya dengan menerapkan konsep bangunan minimalis. Supaya lahan terbatas juga bisa dimanfaatkan untuk membangun hunian dengan kesan lebih lega atau lapang.

Biasanya agar terkesan lapang, maka akan mengurangi keberadaan dinding permanen. Sehingga ruang tamu akan dibuat menyatu dengan ruang keluarga, bahkan dengan ruang makan serta dapur. Membiarkan ruangan besar itu tanpa sekat tentunya mengurangi privasi penghuni rumah.

Untuk itu, sebagai cara untuk mengatasinya bisa dibuat penyekat dinding. Dengan demikian, akan tercipta beberapa ruangan dengan fungsinya masing-masing. Karena lebih tertutup dari jarak pandangan, maka lebih menunjang kebutuhan privasi.

Nah, agar tidak menambah kesan sempit di dalam rumah, maka menggunakan partisi dinding model geser atau lipat adalah solusi yang tepat. Sebab, sifatnya tidak permanen. Jadi saat penghuni rumah memerlukan ruangan lebih luas, dengan mudah bisa melipat atau menggeser partisi dindingnya.

Karena fungsinya ini, penggunaan partisi dinding tidak hanya di rumah tinggal saja. Akan tetapi juga banyak dimanfaatkan bangunan komersial, seperti meeting room, ballroom hotel, ruang kelas, aula kampus dan sebagainya.

Supaya privasi lebih terjamin, sangat disarankan untuk menggunakan material yang kedap suara. Dengan begitu, meskipun seluruh ruangan yang dipisahkan sekat sedang digunakan bersamaan, suara tidak terdengar terlalu keras dari ruangan lainnya.

  1. Tingkatkan Unsur Estetika Ruangan

Ruangan yang cantik tentunya menyenangkan dan enak dipandang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memasang partisi dinding. Kehadirannya menghilangkan kesan monoton. Karena desain, bentuk, warna dan motifnya sangat cantik serta bervariatif.

Jadi sangat jelas kalau partisi dinding tidak sebatas hanya sebagai pembatas antar ruangan saja. Namun memiliki banyak manfaat atau fungsi lainnya. Pastikan sebelum membuatnya agar berkonsultasi dengan ahlinya. Supaya dibantu dalam penentuan desain yang paling tepat.

Partisi Dinding Ruang Rapat

partisi geser kantorPenentuan pilihan partisi geser atau lipat sangat tergantung dari kegunaannya. Berbagai ruangan bisa tercipta dengan adanya sekat dinding tersebut. Salah satunya banyak diterapkan pada ruangan rapat di gedung perkantoran, hotel, gedung pertemuan dan sebagainya.

Partisi ruangan ini memang sangat bermanfaat, karena sifatnya yang fleksibel. Karenanya dapat disesuaikan dengan keperluan, seperti mendukung aktivitas rapat. Dengan demikian, rapat bisa berlangsung dengan tenang, nyaman dan memberikan hasil yang diharapkan.

Jika membuat dinding permanen, tentunya tidak dapat dipindah atau diubah posisinya. Dinding ini harus dirobohkan, jika ingin mengubah posisi atau ukuran ruangannya. Biaya yang diperlukan pastinya lebih tinggi, bila dibandingkan dengan pemakaian partisi yang jauh lebih murah dan praktis.

Setidaknya dikenal dua macam partisi dinding, yaitu jenis partisi geser dan partisi lipat. Sebagai pintasannya, kedua jenis sekat dinding tersebut tetap mengandalkan rel. Perbedaan terlihat pada komponen yang digunakan.

Jenis partisi geser dilengkapi dengan komponen linatasn bawah dan atas. Namun untuk partisi sekat lipat bisa memakai salah satunya. Jadi bisa memakai lintasan bawah dan atas, dan dapat pula mengandalkan lintasan atas saja.

Pada umumnya kedua jenis partisi dinding tersebut mengandalkan sistem menggantung. Metode tersebut banyak diaplikasikan di perumahan dan perkantoran.

Pastikan jika akan menggunakan partisi ruang rapat, pemilihan materialnya harus sesuai, ringan tapi kuat dan kokoh. Tentunya dengan tidak meninggalkan unsur estetikanya. Material yang ringan tentunya sangat memudahkan saat digeser, dilipat atau dipindahkan. Selain itu, harga jual papan HPL yang digunakan untuk partisi dinding juga harus tetap ekonomis.

Penyekat dinding yang digunakan pada ruang rapat sebaiknya juga memiliki fitur kedap suara. Agar bisa meredam suara dari luar ruangan dan begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, aktivitas rapat lebih terjamin kerahasiaannya.

Selain itu, selama rapat juga membutuhkan suasana yang nyaman dan tenang. Sehingga partisi yang digunakan seharusnya bisa membantu menghadirkan suasana tersebut.

Sekarang ini sangat mudah mendapatkan produk HPL di pasaran. Karena sudah banyak pilihan mereknya. Pilihan warna dan motifnya juga sangat bervariatif. Sehingga memudahkan pengguna untuk menyesuaikan dengan keinginan.

Jangan abai dengan kualitas produk pelapis kayu tersebut. Sebab tidak semua produk yang beredar bebas di pasaran memiliki mutu yang sama. Secara umum, harga produk dekoratif ini masih terjangkau. Sehingga lebih menghemat anggaran.

Bila Anda memerlukan rekomendasi produk HPL berkualitas dengan harga jual papan HPL bersaing, silakan bisa langsung mengakses IsiBangunan.com. Sudah tersedia katalog produk HPL dengan aneka motif dan persediaan melimpah.

Please rate this