Kalau ditata dengan benar, kamar tidur sempit juga bisa terasa lega. Sehingga menjadi tempat yang nyaman dan tenang untuk beristirahat. Sentuhan bahan laminasi HPL bisa mempermanis tampilan kamar. Apalagi harga HPL Arborite 2020 cukup ekonomis. Nah, bagaimana cara menghias kamar tidur mungil?

Kiat Menghias Kamar Tidur Sempit

Kamar tidur yang menyenangkan tidak selamanya harus berukuran besar. Karena ukuran kamar yang kecil juga bisa ditata dengan tepat. Anda bisa mengubah kesan sumpek menjadi lapang. Berbagai kebutuhan seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan sebagainya tetap bisa melengkapi kamar. Berikut beberapa saran yang dapat diterapkan.

  1. Aplikasikan Warna Cerah

Sebuah ruangan berukuran terbatas akan terlihat semakin sempit, kalau dominasi warna gelap. Karena itu, penting untuk menghindari cara tersebut. Langkah yang lebih tepat adalah dengan mengaplikasikan warna warni cerah. Cara tersebut terbukti bisa menghilangkan kesan sumpek, sehingga ruangan terasa lebih lega.

Kiat ini sangat mudah diterapkan. Anda bisa menggunakan varian warna cerah, seperti putih, biru muda, merah muda dan kuning pada area lantai, dinding dan perabotannya. Ada baiknya juga konsep warna cerah juga diaplikasikan dalam pemilihan warna sprei dan selimut.

kamar tidur cantik

  1. Optimalkan Sistem Pencahayaan

Sumber cahaya kamar tidur bisa berasal dari penerangan alami atau buatan. Kamar yang sehat seharusnya memiliki jendela dengan ukuran memadai. Keberadaan jendela sangat berperan penting sebagai penunjang kelancaran sirkulasi udara. Selain itu, juga sebagai tempat masuknya sinar matahari yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber cahaya alami.

Jadi saat siang hari, Anda bisa menikmati pencahayaan gratis dari paparan sinar matahari. Cara ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga keuangan karena menghemat tagihan listrik. Sinar alami ini juga bisa membunuh kuman dan mencegah kamar dari kelembaban. Sehingga hawa atau udara terasa lebih segar.

Sedangkan saat hari sudah gelap, maka Anda bisa mengandalkan lampu sebagai sumber penerangan kamar tidur. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan lampu indirect, sehingga tidak menyorot langsung. Penggunaannya terlihat lebih terang dan paparan cahaya lebih lembut. Dengan begitu, menjadikan tidur Anda terasa lebih berkualitas.

  1. Pasang Cermin Agar Memantulkan Kesan Lapang

Keberadaan cermin dapat menghadirkan ilusi mata. Sehingga ruangan yang ukurannya terbatas akan nampak lebih lapang. Beragam model cermin mudah dijumpai di pasaran. Anda bisa sesuaikan ukuran dan bentuknya dengan selera atau kebutuhan kamar tidur.

Jika cerminnya memiliki ukuran besar sebaiknya dipasang di atas tempat tidur. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti headboard. Pemasangan cermin ini harus kuat, agar tidak mudah jatuh dan bisa berbahaya bagi penghuni kamar.

Anda juga bisa memanfaatkan cermin sebagai pelapis pintu lemari pakaian. Anda bisa membuat lemari baju custom, agar ukurannya sesuai dengan ruangan. Bisa juga membeli produk jadi yang banyak ditawarkan di toko mebel. Cara lainnya adalah dengan membeli cermin besar seukuran tubuh. Kemudian menempelkannya pada bagian dinding tertentu.

dekorasi ruang tidur

  1. Buat Ruang Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Kolom tempat tidur biasanya dibiarkan saja, sehingga menjadi tempat bersarangnya sampah atau kotoran. Daripada lelah karena harus sering membersihkan area tersebut, Anda bisa membuat fungsi lebih pada bagian tersebut.

Daripada memasukkan lemari berukuran besar ke dalam kamar, yang hanya memenuhi ruangan, lebih baik menempatkan ranjang tidur built in. Tempat tidur ini sudah dilengkapi dengan beberapa laci. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan pakaian, sepatu, buku dan lain sebagainya.

Bagaimana kalau tidak ada anggaran untuk membeli model ranjang tersebut? Anda bisa membeli keranjang atau kontainer sebagai tempat penyimpanan bawah ranjang. Namun, pastikan ukurannya sesuai supaya kontainer tersebut bisa ditata dengan baik. Bisa memuat segala barang yang diperlukan dan terlihat cantik.

  1. Fungsikan Meja Rias Sebagai Nakas Sekaligus

Penempatan furnitur harus cermat di kamar tidur kecil. Utamakan hanya perabot yang diperlukan, dan pilihlah yang modelnya fungsional atau minimalis. Salah satunya dengan memfungsikan meja rias sekaligus sebagai nakas yang ditempatkan dekat dengan ranjang.

Adanya furnitur tersebut sangat membantu untuk meletakkan berbagai barang yang sering digunakan, seperti lampu tidur, gelas minum, kacamata, buku, ponsel dan sebagainya. Keberadaannya yang dekat dengan tempat tidur, maka akan lebih dijangkau tanpa harus beranjak dari ranjang.

  1. Gunakan Rak Melayang

Anda bisa melengkapi dekorasi ruangan dengan rak melayang atau floating shelves. Pemasangan perabot ini lebih efisien dibandingkan dengan rak biasa. Sebab tidak memerlukan banyak ruangan di bagian bawahnya. Anda bisa memasangnya di atas meja belajar atau tempat tidur.

Rak dinding ini tersedia dalam ukuran, warna dan bentuk yang beragam. Karena itu, Anda lebih leluasa untuk sesuaikan dengan selera atau gaya interior kamar tidur.

 

  1. Pasang Tirai Yang Sesuai

Sangat penting untuk memerhatikan pemilihan warnanya. Lebih dianjurkan menggunakan warna cerah, supaya bisa memancarkan kesan lega. Selain itu, harus tepat juga dalam cara menggantungnya. Anda bisa menggantung tirai mulai dari bagian teratas sampai menjuntai ke lantai. Walaupun ukuran jendelanya relatif kecil, tetap bisa melakukan langkah tersebut.

Cara tersebut diterapkan supaya menciptakan kesan langit-langit lebih tinggi. Jika diperlukan bisa menggunakan tirai atau gorden bermotif garis vertikal. Agar bisa menghadirkan ilusi lebih sempurna. Sehingga kamar tidur terlihat lebih lega dan nyaman.

  1. Manfaatkan Dinding Sebagai Ruang Penyimpanan

Jika ingin mengaplikasikan cara ini, maka harus dipertimbangkan konstruksi huniannya. Karena akan dibuat tempat penyimpanan di dalam dinding. Metode ini sangat efektif untuk menghadirkan kesan luas pada kamar tidur mungil.

Pastikan Anda sudah membuat desain khusus, sebelum membangun rumah. Oleh sebab itu, konsultasikan keinginan tersebut dengan arsitek atau jasa desain interior. Dengan bantuan ahli profesional, maka harapan Anda akan terwujud dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat diaplikasikan dalam mendekorasi kamar tidur mungil. Mungkin saja masih banyak cara lain yang dapat diterapkan. Sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan setiap orang.

Fungsi Pelapis HPL untuk Kamar Tidur

mendekor kamar tidurPenggunaan pelapis HPL (High Pressure Laminate) tidak hanya untuk furnitur atau mebel saja. Karena sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai pelapis plafon, dinding, lantai dan sebagainya. Bahkan karena kualitas dan daya tahannya yang tangguh, material ini tidak hanya digunakan untuk ornamen dalam ruangan saja tapi juga luar ruangan.

Berbagai kelebihan HPL yang tahan air, minyak, zat kimia, panas, goresan dan sebagainya membuatnya sangat diandalkan dalam pembuatan furnitur. Seperti kitchen set, meja belajar, meja kantor, lemari pakaian, hingga pelapis dinding cubicle, partisi dinding toilet dan sebagainya.

Segera dapatkan produk dan harga HPL Arborite 2020 termurah hanya melalui IsiBangunan.com. Koleksi warna dan motifnya sangat melimpah. Keamanan dan ketahanan produk pelapisnya juga sudah terbukti handal. Ayo, konsultasikan keinginan Anda sekarang juga!

Please rate this