Kini semakin banyak orang mendekorasi lantainya menggunakan vinyl flooring. Keunikan dan keindahan desainnya memang sangat memikat. Produk ini juga terbukti banyak keunggulannya, sehingga sangat bisa diandalkan. Supaya produknya tahan lama, apakah rekomendasi lantai vinyl terbaik?

Anda ingin mengubah penampilan hunian lebih artistik? Tapi ingin cara yang praktis dan tetap hemat? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghias lantainya menggunakan produk vinyl flooring. Popularitasnya semakin menanjak akhir-akhir ini. Karena memang keberadaanya semakin dikenal oleh masyarakat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah juga tertarik untuk mendekorasi lantai rumah dengan lantai vinyl. Sebenarnya produk pelapis lantai ini tidak hanya cocok untuk hunian pribadi atau apartemen saja. Akan tetapi juga bisa diaplikasikan di berbagai bangunan komersil, seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, rumah sakit dan lain sebagainya.

Kenapa Anda juga harus menghiasi interior menggunakan vinyl flooring? Nah, inilah berbagai alasan kenapa lantai vinyl menjadi idola dalam dekorasi lantai. 

  • Sangat praktis dalam instalasinya

Teknik atau cara pemasangan lantai vinyl terbilang praktis, mudah dan cepat. Kemudahan cara pasangnya menjadikan Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk merampungkan pengerjaannya. Sangat efisien dan tentunya bisa menghemat uang bila Anda menggunakan jasa tukang pasang lantai vinyl.

Untuk memasang pelapis lantai ini hanya diperlukan bahan dan peralatan yang sederhana. Sehingga Anda mudah menemukannya di toko material. Anda hanya memerlukan lem khusus, penggaris dan cutter. Lem akan digunakan sebagai perekat antara permukaan lantai dengan bagian belakang produk vinyl flooringnya.

Sedangkan penggaris dan cutter digunakan untuk memotong bahan, yang terlalu panjang. Sehingga ukurannya harus disesuaikan dengan media pemasangannya. 

Pemasangan lantai vinyl sangat cocok untuk seluruh ruangan. Tidak hanya bisa diaplikasikan pada area kering saja, seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan saja. Akan tetapi juga terbukti handal untuk digunakan di area basah, seperti dapur, kamar mandi, sisi pinggir kolam renang dan lain sebagainya.

Area outdoor seperti teras dan halaman belakang rumah juga masih memungkinkan dilapisi dengan vinyl flooring. Sebab selain bisa dipasang di dalam ruangan, lantai vinyl juga cukup tangguh untuk diaplikasikan di area luar ruangan.

  • Tidak akan direpotkan dalam pemeliharaannya

Salah satu hal penting untuk menjaga keindahan dan keawetan lantai vinyl adalah dengan tepat dan rajin dalam melakukan pemeliharaan. Kalau Anda menggunakan produk vinyl flooring tidak akan direpotkan dengan cara pemasangan dan juga perawatannya. 

Tidak diperlukan bahan atau peralatan khusus saat membersihkan lantai vinyl. Anda cukup menggunakan berbagai peralatan yang biasa digunakan untuk bersih-bersih lantai pada umumnya. Seperti sapu, kain lap dan vacuum cleaner. 

Produk dekorasi lantai ini teruji sangat handal, karena dilengkapi dengan lapisan anti air. Oleh karena itu, bila terpapar debu, noda dan kotoran lebih mudah untuk disingkirkan. Nah, agar memudahkan dalam proses bersih-bersih, sebaiknya melakukannya secara rutin. Termasuk segera membersihkan lantainya, apabila terdapat noda yang membandel. 

Selain menggunakan produk berkualitas dan tepat dalam pemasangannya, pemeliharaan lantai vinyl yang rutin sangat membantu menjaga keindahan dan ketahanannya. Dengan begitu, lantainya senantiasa terlihat menawan meskipun sudah digunakan bertahun-tahun. Daya tahannya pun bisa lebih lama hingga belasan hingga puluhan tahun.

  • Tampilan sangat realistis 

Kebanyakan produsen vinyl flooring meluncurkan motif kayu dan batu alam. Kedua motif itu memang yang paling diminati pasar. Sehingga muncul banyak pilihan motif dengan sentuhan warna bervariatif. Uniknya meskipun pelapis lantai ini terbuat dari bahan sintetis yakni PVC (Poli Vinyl Chloride), tapi tampilannya begitu mirip dengan material aslinya.

Penampilan dari vinyl flooring memang sangat realistis. Bagi yang masih awam, pasti akan mengira kalau lantainya terbuat dari material kayu atau batu alam sungguhan. Permukaan lantai vinyl juga tidak semuanya halus, karena terdapat juga yang bermotif kasar atau bertekstur. Sehingga semakin mirip dengan permukaan kayu aslinya. 

Jadi, kalau Anda ingin melapisi lantai dengan material kayu atau bebatuan alam, namun ingin lebih efisien dalam anggarannya, maka menggantinya dengan vinyl flooring sangatlah tepat. Sebab, dilihat dari segi harga sangat jelas kalau jauh lebih murah. Namun, bicara kualitas, lantai vinyl tetap bisa diandalkan.

  • Terbukti sangat awet dan tahan lama

Karakter dari vinyl flooring adalah lembut, lentur dan fleksibel. Tapi bukan berarti material pelapis lantai ini rapuh dan mudah rusak. Justru sebaliknya, terbukti sangat kuat sehingga bisa bertahan relatif lama setelah digunakan. 

Kenapa lantai vinyl bisa sehebat itu? Hal itu karena produk pelapis lantai ini dibuat dari bahan berkualitas. Bahan utamanya adalah PVC yang biasa digunakan dalam pembuatan pipa atau selang air. Polimer ini sudah terbukti awet dan tahan lama. Itulah kenapa semakin banyak produk inovatif yang bermunculan, dengan mengandalkan PVC sebagai material dasarnya. Salah satunya adalah vinyl flooring. 

Lantai vinyl bisa sangat tangguh, karena juga dilapisi dengan bermacam fitur bermanfaat. Beberapa diantaranya adalah kemampuannya untuk anti air, anti rayap, tahan panas, tidak merambat api dan lain sebagainya. 

  • Tidak akan keropos dimakan rayap

produk vinyl flooring dilengkapi dengan fitur anti rayap. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir bahannya menjadi keropos, gara-gara dimakan rayap. Material ini tidak disukai oleh rayap, sehingga tidak akan menjadi santapan serangga tersebut. Sehingga pelapis lantainya tetap kokoh dan bisa bertahan lama pemakaiannya. 

Sangat berbeda dengan material kayu pada umumnya, yang menjadi sasaran rayap. Sehingga penggunaan kayu harus dilapisi dengan produk khusus, agar tidak mudah lapuk karena dimakan rayap. 

  • Tetap ramah bagi lingkungan dan anak-anak

Material lantai vinyl sudah bisa didaur ulang, sehingga relatif ramah lingkungan. Termasuk juga sangat ramah terhadap anak-anak. Sebab lantai vinyl memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sehingga kalau buah hati Anda terjatuh di lantai akan lebih terlindungi. Daripada saat lantai hanya dilapisi dengan keramik yang teksturnya keras. Risiko cedera parah bisa dicegah dengan pemasangan vinyl flooring. 

  • Mendukung segala aktivitas

Pemasangan lantai vinyl tidak hanya cocok di ruangan rumah. Sebab sekarang ini sudah banyak bangunan yang menutupi lantainya menggunakan produk dekoratif ini. Seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, gedung olahraga, sekolah, rumah ibadah, rumah sakit dan banyak lagi lainnya.

Jadi, vinyl flooring juga bisa digunakan untuk mendekorasi gedung olahraga atau GOR, yang biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga badminton, bola voly, beladiri, resepsi pernikahan, pertemuan bisnis dan lain sebagainya.

Interior ruang kerja di perkantoran juga sangat cocok dihiasi dengan lantai vinyl. Kebersihan dan keindahan ruangan tentunya sangat mendukung produktivitas. Sehingga aktivitas bekerja menjadi semakin menyenangkan. 

  • Tetap hemat anggaran

Vinyl flooring tidak hanya cantik secara penampilannya saja. Akan tetapi juga terbukti memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Selain itu, produk ini tetap dibanderol dengan harga ekonomis. Oleh sebab itu, menjadi pilihan sangat ideal bagi siapa saja. 

Karena produknya mudah diaplikasikan, tidak selamanya Anda harus menggunakan tenaga profesional dalam instalasinya. Dengan catatan sudah memahami teknik pemasangan yang benar, maka sudah bisa melakukan pemasangan sendiri. Apalagi kalau area pemasangannya tidak begitu luas. 

Namun, kalau area pemasangan lantai vinylnya memang terbilang luas, maka lebih disarankan untuk menggunakan jasa tukang pasang profesional. Sebab mereka lebih menguasai cara instalasi yang lebih tepat dan sangat berpengalaman. 

Nah, demikian beberapa alasan kenapa semakin banyak orang beralih menggunakan lantai vinyl sebagai penghias bangunan. Anda pun bisa melakukannya. Tentunya dengan memilih produk vinyl flooring berkualitas. Sangat banyak pilihan merek, motif, warna dan bentuknya di pasaran. 

Pilihlah yang sudah pasti bermutu bagus. Untuk pemilihan warna dan motifnya bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bisa juga agar lebih serasi untuk dipadukan dengan tema ruangan. Sehingga seluruh elemen interior terlihat begitu selaras, cantik dan mempesona.

Langkah Tepat Memasang Vinyl Flooring

Kalau Anda ingin belajar memasang lantai vinyl sendiri, pastikan hanya memakai produk berkualitas. Kemudian pelajari segala langkah tepat dalam instalasinya. Supaya hasil pemasangannya sangat rapi dan kuat. Dengan begitu, bisa bertahan lebih lama masa pakainya. Inilah tahapan persiapan hingga pemasangan vinyl flooring. 

  • Tahapan Persiapan Pemasangan Lantai Vinyl

Berbagai persiapan khusus sangat perlu dilakukan saat akan memasang lantai vinyl. Seluruh langkah harus dipastikan sudah dirampungkan. Supaya saat proses pemasangan tidak mengalami kendala apapun. Nah, apa saja berbagai persiapan yang harus dilakukan sebelum pemasangan lantai vinyl terbaik?

  • Tentukan area pemasangan vinyl flooringnya

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan area atau media pemasangan lantai vinylnya. Sebagai contoh Anda ingin mendekorasi area ruang tamu saja, ruang keluarga saja, kamar tidur saja atau seluruh ruangan di dalam rumah.

Kalau sudah ditentukan apa saja ruangan yang akan dilapisi dengan lantai vinyl, maka sangat memudahkan Anda dalam menentukan seberapa banyak produk yang harus dibeli.

  • Ukur luas lantai yang akan didekorasi dengan lantai vinyl

Kalau sudah menentukan ruangan mana yang akan didekorasi, maka tahapan selanjutnya adalah mengukur dengan akurat luas areanya. Dengan begitu, memastikan jumlah produk yang dibeli tidak kurang. Kalau kehabisan bahan di tengah jalan, pastinya sangat merepotkan. Belum lagi kalau ternyata stok motifnya kosong, maka akan kesulitan mencari gantinya.

Sebaiknya jangan membeli dalam jumlah pas, lebihkan sedikit sebagai cadangan. Sehingga kalau terjadi kerusakan atau kesalahan saat pemasangan atau setelah dipasang, maka sudah ada gantinya. Anda tidak repot mencarinya lagi di toko dekorasi bangunan.

  • Tentukan motifnya dan beli produk lantai vinyl berkualitas

Tema interior apa yang akan diaplikasikan pada ruangan? Apakah minimalis, tradisional, modern, skandinavian atau lainnya. Dengan keputusan tersebut, maka Anda mudah untuk memadukan motif dan warna lantai vinyl dengan konsep ruangannya. Sekaligus memadukannya dengan elemen dekorasi lainnya, seperti dinding dan perabotannya. 

Kemudian mulai berburu produk lantai vinyl berkualitas. Harga di pasaran sangat beragam, jangan terkecoh dengan tawaran sangat murah. Boleh murah asalkan memang sudah teruji kehandalannya. Dengan begitu, produknya bisa lebih lama digunakan. 

  • Keluarkan seluruh perabotan di dalam ruangan

Supaya memudahkan dalam proses pemasangan vinyl flooring, maka semua yang ada di atas lantai harus dipindahkan terlebih dahulu. Dengan begitu, penyusunan lantai vinylnya akan lebih mudah dan tanpa hambatan sama sekali. Sehingga proses instalasinya pun lebih cepat. Hasil pemasangannya pun akan lebih sempurna. 

  • Bersihkan lantai agar lem bisa merekat dengan kuat

Kalau lantainya sudah dilapisi dengan keramik, Anda tidak harus membongkarnya. Karena lantai vinyl bisa langsung diaplikasikan. Hanya saja pastikan permukaannya rata atau tidak bergelombang, tidak terdapat lubang atau keramik yang pecah dan lain sebagainya. 

Sama halnya kalau lantainya berupa plesteran atau lantai semen. Pastikan tidak ada permasalahan di permukaan lantainya. Permukaan lantai yang halus sangat ideal untuk pemasangan lantai vinylnya. Karena lem bisa merekat dengan sangat kuat. 

Nah, kalau tidak ditemukan masalah apapun di permukaan lantainya, maka pastikan sudah bersih dari debu, noda dan kotoran. Sebab berbagai permasalahan tersebut bisa menurunkan daya rekat lemnya. Anda bisa menyapu lantainya atau mengepelnya. 

  • Melepas daun pintu

Kenapa pintunya harus dilepas? Tujuannya agar semakin mempermudah proses pemasangannya. Tanpa adanya pintu maka Anda akan lebih leluasa dalam memasang vinyl flooring hingga ke bagian tersulit, seperti dekat pintu. 

  • Siapkan segala peralatan yang diperlukan

Tidak diperlukan peralatan canggih untuk memasang lantai vinyl. Karena Anda hanya memerlukan peralatan sederhana, seperti penggaris, cutter dan scrapper. Nah, untuk bahan perekatnya pastikan menggunakan lem yang direkomendasikan oleh produsen vinyl flooringnya. Lem yang digunakan hasil dipastikan kualitasnya. Karena sangat penting peranannya, untuk merekatkan vinyl flooring dengan permukaan lantainya.

  • Tahapan Pemasangan Lantai Vinyl

Nah, kalau seluruh persiapan sudah dilakukan, maka tahapan selanjutnya adalah pemasangan. Ikuti berbagai langkah berikut, sebagai panduan dalam pemasangan lantai vinylnya dengan benar.

  • Letakkan vinyl flooring secara terbalik di atas lantai

Sebelum dilem dan ditempelkan pada permukaan lantai, maka Anda bisa menata vinyl flooring secara terbalik. Kenapa langkah ini diperlukan? Jadi untuk memasang produk pelapis lantai ini tidak dengan mengelemnya satu per satu. Sebab cara itu ternyata membuat hasil akhirnya tidak merata.

  • Tuangkan lem di atas lantai vinyl yang sudah terbalik

Kalau sudah disusun secara terbalik, maka sudah bisa dilakukan pengeleman. Tuangkan lem di atasnya lalu meratakannya. Sehingga seluruh bagian bawah lantai vinylnya terlapisi dengan lem. 

  • Gunakan compound untuk menutup nat keramik

Biasanya terdapat cekungan pada nat keramik. Sehingga menjadikan permukaan keramik tidak merata dengan sempurna. Karena permukaan lantainya rata sebelum ditempeli lantai vinyl, maka harus menutup sela-sela antar kepingan keramiknya. Anda bisa menggunakan campound untuk meratakan permukaan lantai keramik. 

Penggunaan compound bertujuan untuk meratakan permukaan lantai. Supaya tidak terlihat lagi lubang pada nat keramiknya. Bila sudah meratakan compoundnya, tunggu beberapa saat lalu meratakan permukaannya lagi. 

  • Tuangkan lem di atas permukaan lantai yang telah diratakan dengan compound

Kalau permukaan lantainya dipastikan sudah rata dan halus, maka bisa menuangkan lem di atasnya. Ratakan lemnya dan barulah bisa menempelkan lantai vinylnya. 

  • Saatnya menempelkan lantai vinyl di permukaan lantai

Kalau semua lem sudah merata di permukaan lantainya, maka sudah bisa menempelkan vinyl flooringnya. Lakukan secara perlahan agar bisa menempel dengan sempurna. Ketelitian dan kesabaran sangat diperlukan dalam proses pemasangan lantai vinyl. Agar hasilnya dipastikan rapi dan kuat. 

Kalau pelapis lantai ini terpasang dengan rapi, bisa memukul permukaannya dengan palu. Tujuannya supaya lantai vinylnya bisa lebih kuat menempel. 

Noda dari lem bisa saja mengenai permukaan lantai vinylnya. Karena itu, siapkan juga lap basah untuk menyingkirkan noda tersebut. Supaya penampilannya lebih terlihat rapi dan cantik.

  • Potong lantai vinyl bila terlalu panjang

Agar bisa disesuaikan dengan kondisi atau luas lantainya, maka pemotongan vinyl flooring bisa saja diperlukan. Anda bisa dengan mudah memotongnya menggunakan cutter. Agar hasil potongannya lurus, maka gunakan penggaris besi. 

  • Cek hasil pemasangan lantai vinyl

Tahapan terakhirnya adalah dengan melakukan pengecekan. Demi memastikan apakah hasil instalasinya sudah rapi, kuat dan sempurna. Anda harus mencermati satu demi satu lembaran dan sambungan lantai vinylnya. Pastikan tidak ada bagian yang tidak rata.

Rekomendasi Lantai Vinyl Berkualitas dengan Harga Bersaing

Ingin mendapatkan produk lantai vinyl bermutu tinggi dengan harga lebih bersaing? Hanya merek JT VINYL rekomendasi terbaiknya. 

JT VINYL diproduksi oleh SunYoung Chemical Co., Ltd di Korea Selatan. Merek lantai vinyl ini merupakan yang terbaik di Indonesia, karena sudah mendapatkan pengakuan berupa sertifikasi dari SCS Global Service, ISO 9001:2015, dan KS Certificate yang diberikan oleh Korean Standards Association.

Dari sekian banyak produk yang beredar di Indonesia, hanya JT VINYL yang mendapatkan sertifikasi tersebut. Sebagai bukti kalau produk ini sangat layak menjadi rekomendasi terbaik. 

Anda bisa mendapatkan produk lantai vinyl terbaik tersebut hanya dengan mengunjungi IsiBangunan.com. IsiBangunan adalah importir resmi JT VINYL di Indonesia. Selain lantai vinyl sudah tersedia juga varian produk dekoratif berkualitas lainnya.

Please rate this