saat covid19 mulai mewabah di dunia, para pekerja banyak yang di rumahkan. dengan maksud di berhentikan ataupun berkerja dari rumah. kehidupan berbulan-bulan dan perusahaan serta ekonomi harus djalan maka dikenal populer saat ini istilah Work From Home atau WFH bagi beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah.

lalu jadilah sebuah kamar menjadi kantor juga bagi sebagian orang karena diharuskan WFH, untuk menunjang produktifitas serta :

  1. pilihlah tempat WFH yang tenang dan bisa fokus

pilihlah tempat kerja yang mendukung suasana tenang dan bisa fokus, usahakan tidak digabung dengan kamar jika masih memiliki ruangan lain. sehingga kita dapat merombak dengan suasana seolah-olah menjadi kantor kita.

2. lakukan hal-hal penunjang kedisiplin meski kerja dari rumah.

bekerja dari rumah godaan terbesar adalah kita lupa dengan task dan kerjaan kita sehingga sulit disiplin karena lebih banyak gangguan mulai dari anak ingin main, membeli keperluan bahan pokok keluarga, membantu keluarga dll. sehingga aturlah jadwal sebaik dan sedisiplin mungkin. buat jadwal pengingat kerjaan dan jam nya serta tulislah dalam catatan yang kita akan baca ketika bekerja.

3. Bersihkan rumah sebelum bekerja

Rumah yang berantakan, kotor, dan berdebu tidak akan nyaman ditempati. Begitu pula untuk dijadikan sebagai tempat kerja. Untuk itu, Anda harus membersihkan rumah secara rutin. Jika memungkinkan, lakukanlah setiap hari.

Mulailah dari lantai, furnitur, jendela, langit-langit rumah, hingga perlengkapan kerja yang Anda gunakan. Jika ingin tidak kerepotan, gunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Apa untungnya membersihkan rumah setiap hari? Selain memberi kenyamanan bagi penghuninya, tentu Anda dapat terhindar dari penyakit akibat bakteri atau debu kotor yang menempel di perlengkapan rumah tangga.

Jangan lupa untuk mengatur waktu Anda sebaik mungkin agar jam kerja tidak terganggu. Misalnya, Anda dapat memulai pekerjaan membersihkan rumah pada pukul 06.00 hingga 07.00 pagi.

4. buat dekorasi ruangan kerja sesuai kepribadian mu

Konsep merupakan salah hal utama yang diperlukan ketika menyusun sesuatu. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin mengubah tampilan kamar menjadi ruangan yang membuatmu termotivasi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor. Kamu bisa memilih tema monokrom, floral, atau colorfull.

5. Pilih kursi yang nyaman

Poin ini menjadi hal yang cukup sepele namun jarang diperhatikan. Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab seseorang mengalami sakit punggung banyak dipicu dari posisi duduk yang salah?

Agar terhindar dari sakit punggung dan penyakit tulang lainnya, gunakanlah kursi yang nyaman dan sesuai dengan postur tubuh Anda.

6. Letakkan ruang kerja pada sumber cahaya alami

Pencahayaan yang alami merupakan salah satu hal yang bisa berpengaruh terhadap mood dan konsentrasimu. Cahaya yang cukup juga tak akan membuatmu cepat mengantuk. Kamu bisa memilih tempat di dekat jendela, misalnya.

7. Tambahkan pencahayaan

Kenyamanan seseorang saat bekerja di suatu ruangan sangat dipengaruhi oleh kualitas pencahayaan. Ruangan yang redup biasanya akan membuat mata cepat lelah dan mengantuk.

Jika Anda berniat untuk membuat ruang kerja yang nyaman, letakkan meja dan kursi kerja Anda pada ruangan yang dekat dengan jendela. Selain memberikan suasana yang segar, cahaya natural dari sinar matahari akan membuat ruang kerja Anda terlihat lebih lapang.

Jika ruang kerja Anda tidak berdekatan dengan jendela, Anda dapat mengakalinya dengan memberikan pencahayaan tambahan seperti lampu. Namun, aturlah pencahayaan lampu di ruang kerja agar tidak telalu terang dan menyilaukan mata.

 

8. Tambahkan parfum ruangan

Indera penciuman merupakan bagian dari sistem limbik yang langsung terhubung ke area otak. Apa itu sistem limbik? Yaitu sistem pada bagian otak yang berfungsi atas respon perilaku dan emosional.

Bila Anda ingin menciptakan suasana yang nyaman di ruang kerja, tambahkan parfum ruangan untuk menghadirkan nuansa yang hangat. Menggunakan aromaterapi seperti lemon, lavender, rosemary, coffe morning, maupun pepper mint akan membuat rumah menjadi lebih homey dan menyenangkan.

 

9. Tambahkan tanaman hias

Bekerja di kantor selama delapan jam seringkali membuat kita jenuh. Apalagi jika di meja kerja Anda terdapat setumpuk laporan yang mengantri untuk diselesaikan. Untuk itu, jangan sampai suasana bekerja di rumah sama miripnya dengan kantor Anda.

Bagaimana caranya? Letakkan tanaman hias di meja kerja atau sudut ruang kerja Anda. Tanaman hias akan memberikan efek positif yang menyegarkan suasana hati dan pikiran.

Pilihlah tipe-tipe tanaman hias indoor seperti Monstera, Kaktus, Lidah Mertua, Sri Rejeki, Spider Plant, dan tanaman hias indoor lainnya. Beri pot yang menarik dan pilihlah warna yang cerah agar suasana ruang kerja semakin estetik.

10. Dekat dengan sumber listrik

Laptop, ponsel pintar, dan printer merupakan item kerja wajib yang membutuhkan tenaga listrik saat pengoperasiannya. Kamu juga bisa menggunakan terminal colokan jika membutuhkan banyak item untuk disambungkan ke listrik.

bagi ingin mendekorasi dan merenovasi ruang kerja dari rumah sehingga dapat WFH lebih produktif.
dapatkan dekorasi terbaik dari isibangunan.com

follow IG isibangunan.com

sealamat WFH selamat berkarja dari rumah.

Please rate this