Ini 8 Alasan Memilih Pintu Baja Dibandingkan Jenis Pintu Lainnya

Saat ini pintu rumah tidak sekadar menjadi akses keluar masuk bagi penghuni rumah saja. Selain menjadi pembatas privasi dan menjaga keamanan rumah, pintu berperan sebagai penambah keindahan rumah. Apalagi saat ini rumah minimalis menjadi favorit banyak orang, karena merawat dan membersihkannya lebih mudah dan ekonomis. Dengan sendirinya, pemilihan bahan pintu pun bergeser pada bahan yang lebih minimalis namun tetap terlihat cantik, yaitu pintu baja.

Pintu yang banyak digunakan sebelumnya juga beragam jenisnya, seperti pintu kayu solid,  aluminium, ataupun triplek. Sedangkan pintu baja atau steel door adalah pintu yang terbuat dari bahan plat baja yang biasanya tahan cuaca, tahan panas, dan antirayap. Pintu baja ini sebetulnya harganya tidak mahal seperti yang diperkirakan banyak orang dan memiliki kelebihan dibandingkan bahan lainnya.

Nah, berikut ini beberapa alasan,  Anda sebaiknya menggunakan pintu baja murah  dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, kita bahas juga keunggulan pintu baja, yang jarang disadari banyak orang.

Alasan Memilih Pintu Baja

  • Harganya Murah
 Harganya Murah - uangonline.com

Harganya Murah – uangonline.com

Dengan hanya mengeluarkan uang mulai  Rp2,5 – 4,5 juta per unit, Anda sudah bisa mendapatkan pintu baja murah lengkap dengan kusen baja, kunci, kaca pengintip, engsel dan lain-lain. Harga pintu kayu solid semakin mahal karena langka, oleh karenanya pintu baja dengan harga terjangkau bisa menjadi alternatif terbaik.

  • Kualitas Bagus
Kualitas Bagus - importer.co.id

Kualitas Bagus – importer.co.id

Pintu baja memiliki finishing yang bagus, menggunakan tekstur urat kayu alami, sehingga  mirip dengan pintu kayu dan terkesan natural.

  • Aman
 Aman - nedesona.files.wordpress.com

Aman – nedesona.files.wordpress.com

Pintu baja tentu lebih aman dibandingkan pintu berbahan lain. Selain kokoh, pintu baja murah layaknya brankas yang memiliki kunci dengan 5 titik. Engselnya pun bisa tersembunyi di kusen.

  • Tahan Lama
Tahan Lama - pixaby.com

Tahan Lama – pixaby.com

Pintu baja Anda akan bertahan hingga puluhan tahun. Hal ini disebabkan pintu baja bersifat antirayap. Selain itu tidak akan melengkung, susut, ataupun lapuk karena perubahan cuaca.

  • Bahannya Kuat dan Kokoh
Bahannya Kuat dan Kokoh - 3.bp.blogspot.com

Bahannya Kuat dan Kokoh – 3.bp.blogspot.com

Berhubung bahannya dari baja, tentu saja pintu baja dijamin lebih kokoh, tahan api, dan tahan lama.

  • Fiturnya Modern
Fiturnya Modern - loversiq.com

Fiturnya Modern – loversiq.com

Pintu baja memiliki banyak fitur-fitur modern yang tidak dimiliki oleh pintu biasa atau konvensional. Kerangka pintu baja dipasang peredam suara berupa karton yang dipress, selain berfungsi juga sebagai penahan agar pintu tidak mudah penyok. Selain itu, pada kusen pintu juga yang dilapisi karet, agar tidak menimbulkan bunyi berisik saat pintu ditutup.

  • Tampil Beda
Tampil Beda - i0.wp.com

Tampil Beda – i0.wp.com

Bila menggunakan bahan baja, tentu pintu Anda akan berbeda dengan pintu rumah lainnya yang umumnya terbuat dari kayu. Anda dapat memilih pintu baja minimalis, modern, ataupun klasik. Tersedia tipe pintu baja seperti Single Door (motif), Double Door (polos), Double Door (motif), Garage Door, Stainless Steel Door, atau Emergency Door.

  • Pemasangan dan Perawatannya Mudah
Pemasangan dan Perawatannya Mudah - hargakusenaluminium.com

Pemasangan dan Perawatannya Mudah – hargakusenaluminium.com

Anda tidak perlu repot saat memasang pintu baja, karena pintu baja menggunakan baut instalasi. Cara pemasangan yang memakai 6 buah baut instalasi atau dynabolt ini, sudah termasuk harga saat Anda membeli satu unit produk. Sedangkan perawatan pintu baja juga tidak sulit, Anda tinggal mengelapnya saja.

Read More :   Sedang Mencari Penjual Pintu Baja Terbaik via Online? Begini Caranya

Cara Pemasangan Pintu Baja

Biasanya bila Anda membeli pintu baja,  pemasangan dilakukan oleh pihak penjual. Namun tidak ada salahnya bila Anda memahami cara pemasangan pintu baja ini. Anda harus mengikuti petunjuk pemasangan  dengan baik, karena kesalahan pemasangan bisa membuat daun pintu tidak simetris atau miring.

  1. Material yang Dibutuhkan:
  • Semen, pasir, 15 paku beton ukuran 5 cm
  1. Cara Pemasangan:
  • Permukaan lantai tidak boleh bergelombang.
  • Membuat lubang tembok untuk pemasangan kusen ukuran dilebihkan dari ukuran kusen.
  • Bagian bawah kusen harus ditanam sedalam kira-kira 35mm
  • Pada waktu memasang kusen di tembok, perhatikan setiap sudut membentuk sudut siku-siku 90 derajat.
  • Lalu buat adukan semen atau cor untuk bagian kanan kiri kusen. Diamkan selama 24 jam baru kemudian pintu baja dipasang.

Keunggulan Pintu Baja

Saatnya kita mengulik, apa saja keunggulan pintu baja dibandingkan jenis pintu lainnya? Ternyata ada banyak keunggulan yang dimiliki pintu baja murah ini,  sebagai berikut.

  1. Pintu terbuat dari bahan plat baja atau Full Body Steel Plat.
  2. Dilengkapi dengan peredam suara atau Silencer in the middle.
  3. Di sekeliling kusen pintu pun dipasangi karet peredam atau Rubber silencer around the frame.
  4. Kerangka pintu terbuat dari besi baja atau Full frame steel plat.
  5. Engsel pintu juga terbuat dari baja.
  6. Pintu baja dilapisi dengan fiber bermotif urat kayu / Finishing with wood fiber pattern yang memberikan kesan natural.
  7. Pintu baja ini antirayap, antilapuk, serta tahan panas
  8. Ketahanan terhadap perubahan cuaca, meskipun terjadi perubahan musim panas atau hujan, tidak akan mengalami perubahan bentuk.
Read More :   Cari Toko Online yang Menjual Lantai Vinyl di Makasar? Ini Dia Pilihan Terbaiknya!

Spesifikasi dan Warna Pintu Baja

Untuk spesifikasi pintu baja murah sebagai contoh adalah:

  • Daun pintu berukuran 83 x 2100 mm
  • Kusen berukuran 900 x 2175 mm

Sementara terdapat tiga contoh ukuran lebar yaitu 90, 120 dan 150 cm dengan panjang 210cm. Ukuran sudah termasuk kusen baja.

Pilihan warna pintu baja sangat bervariasi meliputi:

  • Pintu warna dengan lapis jati.
  • Pintu warna Powder Coating dengan pilihan warna Powder Coating biru/abu, akrilik, putih (dof dan kilap), hijau.

Pintu Baja Murah Menjadi Alternatif Pengganti Pintu Kayu

Tak pelak pintu memang menjadi bagian penting dari tampilan sebuah rumah. Pintu dapat menjadi simbol, saat seseorang memasuki sebuah rumah dan ruangan di dalamnya. Jadi pemilihan pintu, baik bentuk dan bahannya menjadi investasi bagi Anda sebagai pemilik rumah. Alasannya sebagai berikut:

  • Saat ini pintu berbahan kayu yang dinilai menarik, semakin sulit diperoleh. Sedangkan dengan kemajuan teknologi, pintu baja murah bisa didesain mirip dengan urat-urat kayu solid dengan harga lebih terjangkau.
  • Tren pintu baja motif kayu ini, dianggap bisa berperan menyelamatkan lingkungan hidup kita, akibat terlalu banyak penggunaan kayu.
  • Pembeli pun bisa memilih berbagai motif urat kayu, dengan warna yang mirip dengan kayu aslinya, atau bergaya minimalis dengan warna dominan putih.
  • Teknologi yang digunakan, yaitu metode heat transferred printing bisa menimbulkan motif alami urat kayu. Oleh karenanya pintu baja motif kayu, tidak tampak ada perbedaan dengan pintu kayu solid.
Read More :   Pintu Baja Kayu untuk Rumah Masa Kini

Dengan demikian, pintu baja murah memang pantas diperhitungkan dalam pemilihan material pintu rumah Anda. Oleh karenanya, masyarakat menyambut baik dan sangat antusias untuk mempertimbangkan pintu baja murah ini, sebagai pengganti pintu berbahan kayu yang harganya semakin tinggi.

Semula masyarakat  juga tidak mengetahui, jika terdapat alternatif pintu baja bermotif urat kayu alami ini. Selama ini, pembeli hanya mengira bila pintu baja memiliki desain yang kaku dan monoton. Nah bagaimana dengan Anda, apakah tertarik juga untuk mencoba?

One Response

  1. one sheet December 13, 2017

Leave a Reply