Mendapatkan Harga Pipa Baja Hitam yang Sesuai dengan Kualitas

Baja merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan dalam pembangunan karena karakteristiknya yang kuat dan cenderung memiliki titik lebur yang tinggi. Untuk berbagai kegunaan, baja diolah menjadi berbagai bentuk seperti pipa dan batangan.

Pipa baja sendiri memiliki beragam jenis tergantung komposisi, ukuran, dan bentuk. Pipa baja mungkin dicampur dengan karbon, nikel, titanium, atau krom. Perbedaan persentase pada komposisi akan menghasilkan sifat baja yang beragam. Sementara itu, ukuran dan bentuk lebih ditentukan oleh proses produksi dan pembentukan. Dengan komposisi tertentu, harga pipa baja hitam juga relatif lebih mahal dibandingkan harga pipa besi biasa.

Pada pipa baja hitam, komposisi bijih besi dicampur dengan karbon sehingga menghasilkan warna yang lebih gelap daripada baja pada umumnya. Karbon memiliki fungsi sebagai pengeras dan pengikat atom besi. Namun begitu, terlalu banyak komposisi karbon bisa membuat pipa baja hitam cenderung bersifat getas.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui standar kekuatan dan ukuran pipa baja hitam sebelum memutuskan untuk memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga perlu membandingkan beberapa harga pipa baja hitam untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas terbaik dengan harga yang terbaik juga.

Mengenal Standar Ukuran Pipa Baja Hitam

Harga Pipa Baja Hitam - Search Pointer

Harga Pipa Baja Hitam – Search Pointer

Di Amerika, ukuran pipa dihitung menggunakan inci dan disebut dengan istilah NPS atau Nominal Pipe Size. NPS adalah ukuran diameter pipa dari sisi terluar pipa. Sementara itu, di Eropa, ada dua ukuran pipa baja hitam yaitu OD dan ID. OD adalah Outside Diameter atau sama dengan NPS, namun dihitung menggunakan satuan milimeter. Sedangkan ID adalah Inside Diameter adalah ukuran diameter dari sisi dalam pipa baja hitam.

Ada satu lagi standar ukuran penting dalam pipa baja hitam yaitu Schedule atau ketebalan pipa. Secara penghitungan, OD dikurang ID akan menghasilkan ukuran Schedule. Ukuran inilah yang sering menentukan harga pipa baja hitam di pasaran. Schedule dimulai dari angka 10, 20, 30, 40 lalu dilanjut dengan kelipatan 20 yaitu 60, 80, 100, 120, 140, dan 160.

Read More :   Mengenal Pipa Baja Seamless Dan Jenis-Jenisnya

Semakin tebal Schedule pipa, semakin kuat juga pipa menahan aliran dan tekanan internal. Beberapa pipa baja hitam juga memiliki huruf ā€œSā€ di belakang ukuran Schedule misalnya seperti 10S atau 20S. Huruf tersebut adalah kode dari Stainless Steel atau berarti pipa tersebut memiliki sifat anti noda dan anti karat.

Diameter yang biasa tersedia untuk pipa baja hitam mulai dari diameter 0,5 inci hingga yang paling besar bisa mencapai 72 inci atau 1,8 meter. Saat ini, harga pipa baja hitam berkisar antara Rp21.000 untuk diameter terkecil hingga sekitar Rp23 juta untuk diameter terbesar.

Harga pipa baja hitam juga dipengaruhi oleh panjang pipa. Normalnya, pipa baja hitam memiliki panjang 6 meter yang disebut dengan Random Length. Pilihan lain adalah panjang 12 meter yang disebut juga dengan Double Random Length. Untuk keperluan lebih panjang, pipa baja hitam bisa disambung menggunakan sambungan atau pengelasan.

Setelah memilih diameter, Schedule, dan panjang pipa, ada satu lagi yang perlu Anda ketahui yaitu ujung pipa. Setidaknya ada tiga macam potongan ujung pipa yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan Anda:

  • Plain Ends
    Pertama, ada ujung pipa plain atau polos dan disebut juga dengan Plain Ends (PE). Dua ujung pipa dipotong rata sehingga menghasilkan pinggiran kotak pada sisi diameter.
  • Beveled Ends
    Disebut juga dengan Beveled Ends (BE). Di model ini, ujung pipa dibentuk bevel atau serong, memberikan ujung yang agak tajam pada pipa.
  • Threaded Ends
    Terakhir, adalah ujung pipa yang dibentuk ulir atau dikenal juga dengan Threaded Ends (TE). Ini biasanya digunakan untuk sambungan pipa. Ujung pipa ulir bisa ada pada salah satu atau kedua ujung pipa baja hitam. Biasanya, perbedaan harga pipa baja hitam untuk setiap jenis ujung tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
Read More :   Pipa Baja Galvanis ā€“ Spesifikasi, Fungsi, dan Kelebihan

Selain pipa, jenis sambungan antar pipa juga perlu diperhatikan. Pipa dengan ujung ulir biasanya hanya digunakan pada pipa berdiameter kurang dari 2 inci. Untuk pipa dengan diameter lebih dari 2 inci, sebaiknya sambungan pipa dilakukan dengan teknik pengelasan sehingga lebih kuat dan tidak rentan bocor terutama jika aliran di dalam pipa memiliki tekanan internal yang tinggi.

Kegunaan Pipa Baja Hitam

Harga Pipa Baja Hitam - Kencotubes.com

Harga Pipa Baja Hitam – Kencotubes.com

Pada dasarnya, pipa baja hitam bisa digunakan untuk mengalirkan cairan, udara, atau beberapa materi tertentu. Pipa baja hitam dapat ditempatkan untuk berbagai keperluan di atas tanah, di bawah tanah dan di dalam air. Hanya saja, setiap kegunaan memerlukan kelengkapan pipa baja hitam yang sesuai.

Sebagai contoh, pipa baja hitam yang digunakan untuk menyedot dan mengalirkan cairan di atas tanah harus memiliki ketahanan yang tinggi terhadap getaran. Terlebih lagi jika aliran memiliki tekanan yang tinggi. Untuk itu, pipa baja hitam harus memiliki penyangga yang kuat serta fleksibilitas yang memadai. Jika ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat, pipa bisa dicat dan diberi finishing untuk menyeragamkan dengan lingkungan.

Pemeliharaan Pipa Baja Hitam

Harga Pipa Baja Hitam - Alibaba

Harga Pipa Baja Hitam – Alibaba

Bukan hanya harga pipa baja hitam yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli, pikirkan juga mengenai pemeliharaan jangka panjang. Biasanya, bagian yang paling membutuhkan pemeliharaan adalah bagian katup atau sambungan pipa.

  • Aplikasikan Sealing
    Pada setiap sambungan, gunakan sealing untuk meminimalisasi kebocoran. Setiap sealing dan sambungan juga harus dicek secara berkala untuk mencegah terjadinya masalah yang serius seperti rembes atau bocor. Ini wajib dilakukan minimal satu kali dalam sebulan terutama jika pipa digunakan untuk menahan tekanan internal yang tinggi.
  • Pasang Instalasi Pipa yang Aman
    Salah satu cara untuk memasang instalasi pipa yang aman adalah untuk meminimalisasi jumlah sambungan dan bengkokan. Jika sulit dilakukan karena kondisi medan, pastikan pipa memiliki sambungan dan penyangga yang kuat untuk menghindari rusaknya pipa karena getaran dari tekanan aliran di dalam pipa.
  • Deteksi Dini Korosi
    Korosi bisa terlihat sebelum meluas. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari kemungkinan korosi dengan melapisi pipa dengan anoda karbon atau memilih pipa yang sudah dilapisi dengan galvanis.
Read More :   Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pipa Baja Ringan

Harga pipa baja hitam memang akan lebih mahal sesuai dengan kualitasnya. Namun begitu, semakin mahal harganya, kualitas pipa baja hitam akan lebih baik. Dengan pipa baja hitam yang berkualitas baik, kualitas bahan serta ketahanan pipa akan terlihat nyata.

Dengan berbagai macam jenis pipa, harga pipa baja hitam juga bersaing dengan jenis pipa lainnya seperti pipa Stainless Steel atau galvanis. Walaupun begitu, pipa baja hitam tetap populer terutama pada sektor industri karena kekuatannya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa pabrik yang memproduksi pipa baja hitam. Namun terkadang, perusahaan mungkin memerlukan pipa yang diproduksi dari luar negeri karena jenis atau spesifikasi yang berbeda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa perusahaan importir untuk mendatangkan pipa baja hitam dari lokasi yang Anda inginkan.

Walaupun harga pipa baja hitam impor akan lebih mahal, kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Untuk memperlancar transaksi, pastikan terlebih dahulu spesifikasi pipa baja hitam sebelum memesannya.

Leave a Reply