Inilah 7 Keunggulan Pintu Baja

Baja sejak dahulu memang sudah dikenal sebagai bahan konstruksi yang kuat dan memiliki ketahanan yang tinggi. Logam ini dihasilkan dari campuran besi dan karbon. Karena kekuatannya, baja biasa digunakan untuk membuat beragam konstruksi bangunan berat, seperti tiang pancang jembatan, rel kereta api, dan rangka bangunan.

Namun, tahukah Anda, baja ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pintu rumah? Bahkan jika dibandingkan dengan pintu kayu biasa, baja dianggap memiliki lebih banyak keunggulan. Berikut ini 7  keunggulan pintu baja dibandingkan dengan pintu kayu.

Tahan Rayap

Tahan Rayap - jagobangunan.com

Tahan Rayap – jagobangunan.com

Rayap merupakan salah satu ancaman terbesar bagi rumah-rumah yang memiliki furnitur kayu. Kondisi ruangan yang lembap, minim cahaya, dan angin, kerap menjadikan bahan kayu mudah digerogoti rayap.

Penggunaan bahan baja bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan bahan furnitur yang tahan rayap. Meskipun berada di ruangan yang lembap, pintu baja akan tetap awet selama puluhan tahun dan tahan rayap.

Tahan Cuaca

Tahan Cuaca - storybook.com.

Tahan Cuaca – storybook.com

Sebagian orang memiliki masalah pada pintu-pintu rumah yang terletak di teras. Jika dilihat dari sisi dalam, pintu rumah tetap terlihat bagus sebagaimana warna aslinya. Namun, sayangnya sisi luar pintu sering terlihat memudar, bahkan tampak keropos di beberapa bagian karena paparan panas sinar matahari, udara yang dingin, serta hujan yang kadang terbawa oleh angin.

Untuk mengantisipasi agar pintu tidak mudah keropos, banyak orang memilih menggunakan pintu baja. Dengan bahan yang kuat, pintu baja tidak akan berubah bentuk, berganti warna, rapuh, atau berlubang akibat perubahan cuaca.

Mudah Dibersihkan

Mudah Dibersihkan - google.co.id

Mudah Dibersihkan – google.co.id

Membersihkan kotoran yang ada pada furnitur kayu memang tidak mudah. Jika tidak dibersihkan dalam waktu yang lama, kotoran biasanya akan menempel secara permanen. Satu-satunya cara yang bisa dicoba adalah dengan mengampelasnya. Tentu saja, cara tersebut bisa membuat bahan furnitur semakin tipis.

Read More :   Mengenal Peran Distributor Pintu Baja di Dunia Properti

Baja merupakan bahan yang mudah dibersihkan. Saat memiliki pintu baja yang kotor, Anda hanya perlu mengelapnya dengan air hangat. Jika noda belum hilang, Anda bisa menambahkan detergen dan menggosoknya dengan sikat lembut.

Banyak Modelnya

Banyak Modelnya - dis.or.co.id

Banyak Modelnya – dis.or.co.id

Pintu baja memiliki banyak model yang akan menjadikan interior dan eksterior rumah terlihat semakin menawan. Berikut ini beberapa model pintu baja terpopuler yang kini sudah banyak tersedia di pasaran.

  • Pintu Baja Bermotif

Saat memiliki hunian dengan desain tradisional, sebagian orang tidak memilih pintu berbahan baja karena dianggap tidak sesuai dengan tema. Padahal kenyataannya, ada cukup banyak motif yang tersedia pada pintu baja. Salah satunya adalah motif kayu.

Pintu baja bermotif kayu umumnya dibuat dengan penampilan yang sangat mirip dengan pintu kayu. Selain warnanya yang cokelat, pintu baja bermotif kayu juga memiliki tampilan dengan serat atau lingkar tahun sehingga menyerupai wujud pintu kayu alami. Bahkan, ada pula pintu baja yang dibuat dengan motif ukiran. Itu berarti, pintu baja bisa digunakan sebagai pelengkap furnitur pada rumah-rumah bertema tradisional.

  • Pintu Baja Lipat

Salah satu model pintu baja yang juga cukup populer adalah jenis pintu lipat. Model ini biasa digunakan untuk menyekat ruangan, garasi, atau gudang penyimpanan. Pintu baja memiliki karakteristik yang kuat sehingga dianggap lebih aman karena bisa mengurangi risiko pintu dirusak orang.

  • Pintu Baja Putih

Pintu baja juga tersedia dalam berbagai pilihan warna. Salah satu model yang paling banyak dipilih oleh para pemilik rumah bergaya modern adalah pintu baja putih.

Read More :   Pintu Baja Tahan Api

Saat dipasang, pintu baja putih terlihat begitu elegan. Berbeda dari pintu kayu yang terkadang masih memiliki permukaan kasar akibat proses ampelas yang kurang sempurna, pintu baja putih tampak begitu halus, lurus, dan tidak bengkok. Sekalipun terbuat dari bahan yang disambung, sambungan pada pintu baja juga tidak akan terlihat karena proses pengelasan menjadikannya menyatu sempurna.

  • Pintu Baja Terali

Pintu baja terali atau yang kerap disebut teralis juga merupakan salah satu model pintu yang paling banyak digemari. Selain untuk keamanan, penggunaan model pintu ini juga kerap dilakukan demi alasan estetika. Sebab di antara beragam jenis pintu yang lain, pintu terali-lah yang paling banyak menawarkan desain menarik.

Pintu baja terali tidak dibuat dari lempengan besar, tetapi dari batang-batang baja berukuran kecil dan memanjang. Setelah itu, batang-batang tersebut dilengkungkan, dijajar, dan dibuat sedemikian rupa hingga membentuk kisi-kisi bermotif bunga, daun, burung garuda, atau motif-motif unik lain sesuai permintaan pembeli.

Tingkat Keamanan Tinggi

Tingkat Keamanan Tinggi - toribio.com

Tingkat Keamanan Tinggi – toribio.com

Seluruh bahan penyusun pintu baja umumnya memang terbuat dari baja, mulai dari daun pintu, engsel, hingga pegangan pintu. Penggunaan bahan baja untuk seluruh bahan penyusun tersebut tentu bisa membuat pintu menjadi lebih kuat dan aman.

Untuk memaksimalkan keamanan, kini banyak orang mengaplikasikan unsur pengaman tambahan pada pintu baja, yaitu sistem penguncian lima titik. Lokasinya berada di bagian atas, bawah, dan samping pintu. Namun, ada juga jenis sistem lima kunci yang lokasinya berada di sisi samping saja.

Meskipun terlihat agak merepotkan, pada dasarnya sistem tersebut hanya dioperasikan melalui satu tempat. Jadi, kelima titik kunci tersebut sebenarnya juga bisa dibuka bersama-sama hanya dalam satu gerakan.

Read More :   Pintu Baja Kayu untuk Rumah Masa Kini

Dibandingkan dengan satu kunci, pintu yang memiliki jumlah titik kunci lebih banyak tentu lebih aman. Selain karena kunci sulit dipalsukan, daun pintu juga tidak mudah dicongkel atau didobrak.

Sistem pengamanan yang tinggi tersebut juga kerap dianggap setara dengan tingginya tingkat keamanan pada brankas. Dengan demikian, pintu baja dengan lima titik pintu bisa lebih aman untuk mengurangi kemungkinan tindak kejahatan di dalam rumah.

Pembelian Mudah

Pembelian Mudah - s2.bukalapak.com

Pembelian Mudah – s2.bukalapak.com

Saat ini sudah ada cukup banyak produsen yang menyediakan pintu baja berbagai model. Salah satu jenis pintu baja yang paling banyak diburu konsumen adalah pintu baja Surabaya. Selain terkenal karena kualitasnya, harga pintu baja Surabaya juga cukup kompetitif.

Jika ingin menemukan tempat jual pintu baja Surabaya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke sana. Pasalnya, kini sudah ada tempat belanja daring (online) yang menjual pintu baja Surabaya.

Untuk mendapatkannya, pembeli harus memesannya terlebih dahulu agar ukuran dan motif pintu bisa sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika proses transaksi sudah berhasil dan produk yang dipesan telah selesai dibuat, pihak penjual akan segera mengirimkan produk ke alamat pemesan.

Tahan Api

Tahan Api - bloximages.chicago2.vip.townnews.com

Tahan Api – bloximages.chicago2.vip.townnews.com

Peristiwa kebakaran yang terjadi di dalam rumah bisa dengan mudah membesar karena adanya benda-benda yang mudah terbakar, seperti: spons, kayu, plastik, dan kain. Namun, hal tersebut tentu berbeda jika pemilik rumah menggunakan bahan-bahan yang tahan api, seperti besi dan baja.

Penggunaan furnitur berbahan baja, seperti pada pintu baja, juga merupakan salah satu langkah untuk meminimalisasi dampak kebakaran yang lebih parah. Dengan adanya pintu baja, kobaran api bisa tertahan sehingga proses pemadaman pun bisa dengan lebih mudah dilakukan.

Contoh konkret penggunaan bahan baja yang tahan api dapat Anda lihat pada brankas. Meskipun terjadi kebakaran, brankas yang ada di sebuah ruangan bisa tetap utuh sehingga benda-benda yang ada di dalamnya pun bisa terselamatkan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply