Ingin Membeli Pipa Baja Ringan? Kenali Dulu Seluk Beluknya…

Pipa Baja Ringan

Pipa Baja RinganBaja ringan merupakan material yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia. Salah satunya sebagai rangka atap rumah. Ketimbang menggunakan material yang lain, baja ringan dianggap lebih praktis dan cocok untuk keperluan masyarakat modern.

Bukan hanya untuk atap, baja ringan juga bisa ditemukan dalam bentuk pipa. Seperti halnya rangka atap, pipa jenis ini memiliki karakteristik unggul yang cukup sulit untuk dikalahkan oleh material lain.

Karakteristik dan Keunggulan Pipa Baja Ringan

Jenis baja yang satu ini dibentuk pada saat bersuhu dingin. Karena itu, baja ringan juga sering disebut cold-formed steel. Berdasarkan materialnya, ketebalan baja ringan antara 0,4 mm sampai 3,0 mm.

Sangat tipis, bukan?

Dengan spesifikasi tersebut, pengguna diharapkan dapat mempertimbangkan dengan baik kualitas mutu baja yang sesuai untuk keperluannya.

Jika ingin menggunakan baja ringan sebagai rangka pada bangunan rumah, dibutuhkan jenis baja ringan dengan mutu tinggi. Dengan demikian, hasilnya lebih tahan, lebih awet, dan lebih kuat saat menahan beban.

Read More :   Harga Perlengkapan Kamar Mandi Dan Jenisnya

Namun, jangan terkecoh dengan istilah baja yang terdapat pada baja ringan. Karena dilihat dari bentuknya, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Baja biasanya terkesan berat dan padat.

Sementara itu, baja ringan, khususnya yang memiliki kualitas tinggi, ringan dan tipis. Meskipun demikian, baja ringan tetap tahan dan kuat seperti halnya baja yang sebenarnya.

Karakteristik inilah yang membuat baja ringan sering digunakan untuk keperluan konstruksi rumah. Bisa dibayangkan, jika tidak ringan dan tipis, tentu akan sangat sulit untuk merakitnya.

Karakter baja ringan lainnya adalah memiliki kekuatan tarikan yang cukup mengejutkan, yaitu sekitar 550 Mpa. Anga ini lebih besar dari kekuatan tarikan baja yang biasa, meskipun bentuknya lebih tipis. Untuk baja biasa, kekuatan tarikannya adalah sekitar 300 Mpa.

Meskipun sering terdengar oleh orang awam, tidak banyak yang tahu kelebihan dari pipa baja ringan yang sebenarnya. Ada beberapa kelebihan jenis baja yang satu ini, antara lain:

  • Memiliki bobot ringan. Hal ini menguntungkan bagi pihak konstruksi karena beban untuk struktur di bawahnya menjadi lebih kecil. Secara tidak langsung, biaya konstruksi pun menjadi lebih hemat.
  • Bersifat non-combustible. Artinya, tidak membuat api bertambah besar. Karena itu, baja ringan sangat cocok digunakan pada konstruksi rumah, khususnya bagian atap.
  • Bebas rayap. Dibandingkan material kayu, baja ringan tentu lebih awet karena bebas dari serangan rayap.
  • Tidak berubah bentuk. Meskipun cuaca atau suhu berubah, baja ringan tidak akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran sedikit pun.

Leave a Reply