Membeli Pipa Besi Baja? Kenali Ukuran Dan Jenisnya..

Pipa Besi Baja

Untuk mendukung industri pembangunan, dibutuhkan beragam material pendukung. Salah satunya, material yang berfungsi untuk mengalirkan zat, baik cair, gas, maupun padat, dari satu tempat ke tempat lain. Material yang lazim dikenal untuk itu adalah pipa besi baja.

Ada 2 kategori utama bahan pembentuk pipa, yaitu metalik (logam) dan nonmetalik (bukan logam). Pipa yang terbuat dari metal masih terbagi atas 2 jenis, yaitu ferrous dan nonferrous.

Mengetahui Ukuran Pipa Besi Baja

Ukuran pipa bermacam-macam. Mulai dari besar diameternya hingga panjang pipa itu sendiri. Untuk itu, ada 2 metode yang digunakan untuk memberi nama pada ukuran pipa, yaitu NPS (Nominal Pipe Size) dan DN (Diameter Nominal).

NPS adalah ukuran yang biasa digunakan di Amerika Utara. Satuan dasarnya adalah inci. Sementara itu, DN adalah ukuran yang diterapkan di Eropa dengan satuan dasar milimeter.

Ukuran lain yang juga biasa digunakan pada saat membandingkan ukuran pipa adalah sch atau schedule. Ini adalah ukuran ketebalan dinding pipa atau disebut juga dengan istilah Thickness. Ada pula yang disebut OD atau Outside Diameter.

Read More :   Jual Lantai Kayu Vinyl Murah Untuk Dapur Restoran

Ukuran NPS dimulai dari 1/4 inci sampai 12 inci. Sedangkan untuk ukuran di atas 12 inci, NPS-nya adalah ukuran Outside Diameter (OD) pipa tersebut.

Perbedaan lain yang kerap digunakan dalam pengukuran pipa adalah penggunaan huruf ā€œSā€ pada nomor schedule. Huruf ini digunakan untuk material yang berbahan stainless steel. Sementara itu, jika schedule tidak disertai oleh huruf ā€œSā€, itu berarti material tersebut bukan dari stainless steel.

Terkait dengan schedule atau ketebalan pipa, sebenarnya sudah ada standar tersendiri untuk setiap pipa yang diproduksi. Bentuk ukuran ini disebut schedule number. Sebelumnya, ketebalan pipa dibagi dalam 3 kelompok, yaitu Standard, Extra Strong (XS), dan Double Extra Strong (XXS).

Namun, sekarang ada perkembangan lain, yaitu menggunakan angka dan huruf S (schedule) di belakangnya. Misalnya, 5 dan 5S, 10 dan 10S, dan selanjutnya.

Untuk panjang pipa atau random length, rata-rata produksinya adalah 20 kaki atau sekitar 6 meter. Namun, ada pula yang lebih panjang dari ukuran tersebut dan sering disebut double random length atau sekitar 12 meter.

Leave a Reply