Dahulu kala, rumah tidak membutuhkan ventilasi. Sebab, pada masa itu konstruksi bangunan belum semodern sekarang. Namun, seiring berjalannya waktu, rumah modern muncul sehingga banyak sekali bangunan yang memiliki desai ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara, tidak memerhatikan hal tersebut.

 

Pada saat ini peran ventilasi semakin penting. Dengan desain ventilasi yang baik, Anda sebagai penghuni rumah pun sudah menciptakan kesehatan untuk keluarga serta membangun rumah yang sehat.

 

Dikutip dari energy.gov, dalam  whole house ventilation, sistem ventilasi rumah adalah keseluruhan sistem ventilasi pembuangan yang terdiri dari satu kipas angin yang terhubung ke titik pembuangan tunggal yang terpusat di dalam rumah. Dalam rancangan yang lebih baik, sebuah sistem ventilsi menghubungkan kipas ke saluran dari beberapa ruangan; di mana berbagai polutan terbentuk, seperti pada area kamar mandi.

 

Tanpa sebuah sistem ventilasi rumah akan menjadi lembab, bau, serta mengandung banyak polutan lainnya. Selain itu rumah juga menjadi tidak segar. Dengan kata lain, rumah menjadi terkontaminasi oleh banyak polutan dan kontaminan yang tentu aka berakibat sangat buruk.

 

Jenis sistem ventilasi rumah yang sehat

 

saat ini  dikenal beberapa jenis sistem ventilasi, seperti natural  ventilation, exhaust-only, mecanical ventilation, supply-only mechanical ventilation: balanced ventilation; dan juga balanced ventlation with recovery. Masing-masing jenis sistem entilasi rumah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kita akan bahas lain kali soal itu, dalam artikel yang lain.

 

Sistem ventilasi rumah-rumah modern harusnya dirancang secara mekanis, dalam artian dengan pendekatan berupa alat dan sebuah sistem yang mungkin cukup rumit.

 

Pada desain ventilasi rumah-rumah modern, jendela yang terbuka belum tentu memiliki pertukaran udara yang baik. Rumah-rumah modern saat ini tidak dapat lagi mengandalkan sebuah aliran udara melalui lubang kecil atau retakan pada dinding.

 

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan sistem ventilasi natural dengan berbagai kelebihan. Walaupun sebenarnya sistem ventilasi ini kurang maksimal untuk penggunaannya, namun jika dirancang secara cerdas sistem ventilasi ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk desain rumah Anda.

 

Strategi kerjanya adalah harus ada perbedaan suhu antara suhu luar ruangan dengan dalam ruangan, agar tercipta sebuah proses sirkulasi udara akibat dari perbedaan tekanan suhu dan mendorong sistem kerja ventilasi.

 

Sistem natural atau mekanis?

 

Alex Wilson, pendiri BuildingGrenn. Inc, dalam  6 ways to ventilate your home, mengatakan: “bahwa saat ini semua rumah harus memiliki sistem ventilasi mekanis. Dengan keadaan rumah yang terisolasi dan ketat, ventilasi menjadi semakin penting. Tetapi bahkan di sebuah rumah yang “bocor”, orang tidak dapat mengandalkan kebocoran tersebut untuk bisa membawa udara segar ke dalam ruangan.”

 

Alex sangat menyarankan dan merekomendasikan sistem ventilasi seimbang atau balance. Karena ventilasi tersebut sangat cocok untuk semua iklim.

 

Apa itu ventilasi mekanis?

Ventilasi mekanis adalah jenis ventilasi yang penggunaannya mengandalkan tenaga bantuan seperti listrik. Ada berbagai macam jenis ventilsi mekanis yang bisa Anda temukan serta Anda gunakan sebagai dekorasi rumah Anda. Tentunya, antara jenis natural dan mekanis pastinya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri.

 

Pentingnya ventilasi pada rumah

 

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, fungsi utama ventilasib udara adalah untuk membantu agar sirkulasi udara optimal. Karena, setiap rumah hunian haruslah memiliki ventilasi agar suhu di luar dan dalam ruangan dapat teratur.

 

Pergerakan udara dari dalam ruangan ke luar ruangan  dan sebaliknya adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan.

 

Bahaya yang dapat ditimbulkan dari ruangan yang tidak memiliki ventilasi pun sangat mematikan! Maka dari itu, setiap rumah wajib sekali untuk memiliki ventilasi. Itulah kenapa pemasangan ventilasi biasanya terdapat di berbagai sudut sebuah hunian.

 

Berikut ini ada sejumlah manfaat yang penting dari keberadaan ventilasi udara di dalam sebuah ruangan:

 

  1. Agar ruangan tak terasa lembap

 

  1. Membuat sirkulasi udara semakin lancar

 

  1. Membuang polusi udara dari dalam ruangan

 

  1. Membuat udara ruangan tak pengap dan sumpek

 

  1. Membantu menghangatkan udara ruangan

 

  1. Menghindarkan dari penyakit berbahaya

 

  1. Menghemat penggunaan energi

 

  1. Menambah estetika rumah

 

  1. Menyehatkan penghuni, baik manusia maupun binatang

 

  1. Membuat rumah jadi lebih bersih

 

Demikian ulasan yang kami tulis, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Kami juga menyediakan dan menjual material bangunan untuk membantu proses dekorasi rumah Anda agar lebih terlihat indah dan mewah. Produk-produk yang kamu jual pastinya memiliki standarisasi impor yang baik. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan serta mekanisme bahan dasar produk.

 

Di antaranya yang kami jual adalah lantai granit, lantai vinyl, plafon pvc, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang ingin melakukan dekorasi sekarang, segeralah. Pesan di toko kami untuk bahan material hanya di isibangunan.com Anda bisa mendapatkannya.

 

Anda pesan, Anda bayar, kami antar. Corona tidak menjadi masalah penting untuk mengembangkan kekreatifan Anda dalam membangun dan mendekorasi rumah hunian milik Anda pribadi.

 

Tunggu apalagi? Pesan sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik khusus di hari kemerdekaan.

 

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this