Mengenal Pipa Baja Seamless Dan Jenis-Jenisnya

Pada umumnya, pipa memiliki bentuk menyerupai tabung dengan kedua ujung yang berlubang. Ukurannya panjang dan bisa disambung-sambung. Hal ini berkaitan dengan fungsi utama pipa, yaitu memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain, baik benda cair, gas, maupun padat yang bisa mengalir.

Salah satu jenis pipa yang sering digunakan dalam proses pembangunan atau konstruksi adalah pipa seamless. Jenis pipa ini cukup populer di kalangan pekerja konstruksi, tetapi tidak bagi orang awam. Untuk memudahkan Anda memahami hal tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Pipa Baja Seamless

Berdasarkan istilah yang digunakan, pipa seamless adalah pipa yang dibentuk tanpa sambungan. Oleh karena itu, material pipa biasanya stabil atau tidak berubah karena tidak mengalami pemanasan untuk proses pengelasan.

Metode ini juga membuat kualitas pipa menjadi sama di setiap bagian. Bukan hanya itu, ketebalannya pun lebih fleksibel. Biasanya, pipa seamless bisa ditemukan di bawah ukuran diameter 8 inci.

Selain pipa seamless, jenis pipa lain yang berkebalikan dengan metode pembuatannya adalah pipa welded. Pipa welded adalah jenis pipa yang dibuat dengan menggunakan proses pengelasan. Karena tidak melalui proses pengelasan, pipa seamless pada zaman dahulu dibuat dengan menyatukan kedua tepi pipa.

Read More :   Ingin Rumah Lebih Indah? Cobala Untuk Menggunakan Karpet Vinyl

Leave a Reply