Mempersiapkan Kebutuhan Harga Pintu Baja Gudang yang Berkualitas

Pintu baja gudang - 2.bp.blogspot.com

Pintu baja gudang – 2.bp.blogspot.com

Dalam dunia konstruksi, baja dikenal sebagai material yang kuat dan efisien. Inilah alasan utama baja banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat pintu. Keunggulannya yang menjamin daya tahan dan keamanan dibanding berbagai jenis pintu lainnya, membuat penawaran harga pintu baja gudang banyak dicari.

Selain desain dan finishing yang bervariasi, pintu baja juga banyak digunakan sebagai pintu darurat karena memiliki sifat tahan api (fire rated). Aplikasi pintu baja juga bisa Anda temukan cukup mudah pada bangunan-bangunan komersial, permukiman, objek wisata, hingga konstruksi gudang.

Tentu saja perencanaan rancangan pintu baja perlu disesuaikan menurut keselarasan dalam model, penentuan tata letak dan fungsi, serta sejumlah aspek ekonomis. Perencanaan yang tepat akan lebih menjamin keamanan dari pintu baja. Konstruksi baja pun cenderung lebih cepat stabil kembali jika menghadapi dampak guncangan gempa bumi.

Pada konstruksi gudang, pintu baja sebaiknya dirancang secara khusus agar memudahkan operasional di dalamnya. Ukuran ideal yang diperlukan pintu baja gudang setidaknya memiliki lebar 8 meter dan tinggi 5 meter. Dengan demikian aset-aset perusahaan, seperti barang setengah jadi (work in process) maupun barang jadi (finished goods), bisa tetap mendukung produktivitas perusahaan.

Selain itu, hal penting yang perlu diperhatikan saat operasionalisasi di area gudang adalah standar-standar prosedural. Misalnya dengan menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) agar kerugian biaya, waktu, cedera, dan produktivitas dapat dihindari.

Menurut, Occupational Safety & Health Administration (OSHA), kecelakaan di gudang bisa disebabkan oleh kelalaian penggunaan alat pelindung diri (APD), kurang memadainya manajemen K3, serta kesalahan gerakan atau teknik manual handling yang berulang.

Kelalaian dalam menggunakan APD berisiko menyebabkan tumpahan atau percikan bahan kimia, kejatuhan benda dari atas, terpeleset, dan tersandung. Sementara kurang memadainya manajemen K3 serta kesalahan teknik manual handling yang berulang, rentan mengakibatkan cedera tulang belakang, radang otot, keseleo, hingga cedera ligamen dan tendon.

Read More :   Perusahaan Pipa Baja di Indonesia dan Permasalahan yang Ada di Sekelilingnya

Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari kecelakaan kerja di gudang, antara lain:

  1. Melakukan penilaian risiko untuk mengidentifikasi potensi bahaya.
  2. Menggunakan APD yang sesuai dengan potensi bahaya dan jenis paparan.
  3. Mempersiapkan peralatan pelindung kepala, pakaian pelindung, pelindung mata, pelindung tangan, dan pelindung kaki.
  4. Memastikan setiap bahan kimia berbahaya telah memiliki data Material Safety Data Sheet (MSDS) yang lengkap.
  5. Menyediakan rambu K3 yang terlihat jelas dan mudah dimengerti oleh para pekerja, sekaligus mempersiapkan peralatan untuk membersihkan tumpahan bahan-bahan kimia tersebut.
  6. Memberikan pelatihan penanganan risiko kepada para pekerja.
  7. Menggunakan peralatan bertenaga (powered equipment) untuk mengangkat barang dengan beban berlebih.
  8. Melakukan uji beban untuk memperkirakan berat badan, ukuran dan massa, sekaligus untuk menentukan metode pengangkatan yang tepat.
  9. Menjaga kondisi lantai tetap bersih, tidak licin, dan bebas dari halangan.

Berbagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di atas tentunya akan memaksimalkan konstruksi baja yang telah dirancang dengan baik. Sebaliknya, konstruksi baja sebagus apa pun akan mubazir apabila risiko kecelakaannya tidak mampu Anda perhitungkan.

Pertimbangan penting dari rancangan pintu baja gudang yang kuat juga mencakup perencanaan desain yang sempurna. Hal ini akan mencegah terjadinya kesalahan konstruksi yang membuat proses perancangan harus dilakukan dua kali. Tentu saja perhitungan ini akan berdampak besar pada perkiraan waktu dan bujet.

Jenis pintu baja gudang yang ditawarkan biasanya terdiri dari pintu double plate dan pintu single plate. Double plate memiliki dua sisi plat besi geser di bagian depan dan belakang rangka (frame pintu). Sementara pintu single plate hanya memiliki satu sisi plat besi geser, yang terletak di sisi depan frame pintu atau di sisi tengah frame pintu.

Read More :   Mendapatkan Harga Vinyl Lantai Roll Berkualitas Dan Ramah Di Kantong

Pada dasarnya konstruksi baja gudang merupakan sebuah konstruksi yang terdiri dari susunan batang-batang baja yang telah disambungkan hingga menjadi kumpulan bentuk segitiga yang banyak pada bagian atap bangunan. Setiap pertemuan antara beberapa batang ini akan disambungkan pada pertemuan simpul dengan menggunakan las lumer, baut, dan juga paku keliling.

Sebagai material yang memiliki keunggulan daya tahan dan keamanan, konstruksi baja pada gudang perlu dijalanakan secara cermat agar tidak terjadi kerobohan. Lakukan penghitungan yang tepat dengan tahapan berikut ini.

  1. Tentukan posisi kolom dalam balok.
  2. Tentukan jenis struktur untuk kolom, balok, plat lantai, kuda-kuda, dan jenis atap.
  3. Hitung beban yang bekerja pada struktur (beban mati+hidup+angin+gempa). Khusus bangunan rendah, beban gempa boleh diabaikan.
  4. Hitung mekanika strukturnya hingga diperoleh gaya geser, momen, gaya aksial, dan sebagainya, yang diperlukan untuk merancang struktur.
  5. Tentukan ukuran baja atau beton struktur.
  6. Tentukan rencana sambungan baut dan las berdasarkan jumlah baut, jarak baut, dan ketebalan plat sambung.

Proses pemasangan yang baik akan menghasilkan konstruksi yang lebih kuat. Apabila Anda melakukan kesalahan dalam penghitungan dan pemasangan, material baja ini tidak akan terasa manfaat dan kegunaannya. Untuk spesifikasi konstruksinya sendiri, pintu baja gudang biasanya memiliki karakteristik.

  1. Pondasi tapak (cakar ayam ) 120x120x25 beton bertulang besi dia 13 ulir SNI.
  2. Sloof ukuran 20/40 tulangan besi dia 13 ulir SNI.
  3. Kolom pedestal sebagai dudukan kolom baja WF, ukuran 25/40 besi tulangan diameter 13 ulir SNI.
  4. Kolom besi Baja IWF 300x150x6.5×9 setinggi 6,00 m dgn kolom pedestal 1,20m.
  5. Dinding bata merah Cikarang atau bata sentul diplester.
  6. Kuda-kuda baja IWF 250x125x6x9 tergantung panjang bentangan.
  7. Gording CNP 125x50x20x2.3.
  8. Penutup atapnya adalah Zingalume 0.35 mm AZ 150 (tanpa warna).
  9. Lantainya adalah Urugan sirtu dengan tebal 20 cm dan cor lantai beton Readymix 300 tebal 10 cm ditrowel halus.
  10. Dinding di cat dengan bahan cat vinilex.
  11. Kuda-kuda baja IWF dan gording CNP dicat menggunakan bahan cat antikarat Zingkromate.
Read More :   Harga Wallpaper Tembok 3D Di Jakarta

Di antara jenis konstruksi baja yang memiliki kualitas terbaik, Anda bisa memanfaatkan konstruksi baja wide flange (WF). Jenis baja ini mempunyai kekuatan tarik dan daya tekan yang tinggi, sehingga mampu berfungsi secara maksimal dalam menahan jenis beban tarik aksial.

Dalam berbagai penawaran, pihak konstruksi baja biasanya menghitung rincian harga berdasarkan ukuran per meter persegi. Usahakanlah agar Anda rajin mencari perbandingan harga terlebih dahulu agar mendapatkan harga terbaik.

Pada umumnya, perkiraan biaya yang ditawarkan untuk pintu baja gudang adalah sekitar Rp1,15 juta sampai dengan Rp2,5 juta per meter persegi. Perkiraan harga ini sangat bergantung pada jenis bangunan struktur yang Anda pilih. Mulai dari struktur bangunan gudang baja sederhana hingga struktur gudang baja cold region (heavy snow).

Demikianlah pembahasan penawaran harga pintu baja gudang yang terbaik dan berkualitas. Apabila produk yang Anda cari belum ada dalam daftar ketersediaan, silakan hubungi langsung kontak WhatsApp kami di +62-818-667-548. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply