Pintu Baja Kayu untuk Rumah Masa Kini

Pintu berfungsi sebagai bukaan yang menjadi batas hubungan manusia di dalam dan luar rumah, baik bersifat pribadi, maupun sosial. Kontruksi bergerak ini pun memudahkan seseorang ketika memasukkan atau mengeluarkan barang. Bahkan, secara tersirat, pintu melambangkan karakter penghuninya; ekstovert atau intovert.

Berbicara soal makna pintu, tentu tak lepas dari dimensi dan bahan pembuatnya. Pemilihan kedua hal tersebut pun memberikan arti tersendiri. Sebagai contoh, seseorang lebih memilih pintu baja kayu daripada yang terbuat dari kayu saja. Pilihan ini menunjukkan bahwa, ia lebih mengutamakan kualitas dibandingkan harga.

Pintu Baja vs Pintu Kayu, Mana yang Lebih Bagus?

Pintu Baja vs Pintu Kayu, Mana yang Lebih Bagus? - portalbangunan.com

Pintu Baja vs Pintu Kayu, Mana yang Lebih Bagus? – portalbangunan.com

Di masa lampau, sebagian besar orang menggunakan kayu solid sebagai bahan pintu. Ukiran dan warna natural menjadi ciri khas pintu konservatif ini. Misalnya, pintu di daerah Jawa yang cenderung menyematkan motif bunga, daun, dan aneka flora. Masing-masing corak pun memiliki makna berbeda. Sebagai contoh, motif tumbuhan melambangkan keselarasan hidup di alam.

Seiring waktu, pintu berbahan kayu solid mulai jarang digunakan. Selain mahal, kayu ini mudah digerogoti rayap dan terbakar. Karena itu, muncul inovasi engineering solid. Material tersebut dirancang tanpa rongga dengan kombinasi beberapa jenis kayu.

Engineering solid door menggunakan berbagai jenis bahan kayu dalam satu desain. Meski kurang kokoh, pintu ini lebih tahan terhadap serangan rayap. Selain itu, tidak mudah menyusut ketika terjadi perubahan cuaca. Secara performa, cukup mewah dan elegan untuk dikombinasikan dengan rumah modern.

Namun, pintu berbahan kayu apa pun tetap tidak luput dari kelemahan. Salah satunya masalah keamanan, pintu ini mudah dirusak oleh penyusup atau maling. Di samping itu, harga pintu kayu relatif mahal.

Read More :   Ini 6 Alasan Memilih Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

Untuk mengatasi hal tersebut, pengembang furnitur membuat pintu berbahan baja. Keunggulannya, antara lain tidak mudah dimakan rayap, bebas pemuaian, dan lebih kokoh. Dari sisi harga, pun tergolong ekonomis. Bahkan, pintu ini dirancang dengan penguncian di lima titik sehingga sangat aman.

Kelemahannya, pintu baja kurang menarik dari sisi penampilan. Permukaan pintu tidak bisa diukir atau dibuat motif. Meskipun dapat diperindah dengan warna, tetap harus menggunakan cat khusus baja. Selain itu, pintu tersebut mudah berkarat jika terlalu sering diterpa hujan.

Pintu Baja Kayu, Inovasi untuk Rumah Masa Kini

Pintu Baja Kayu, Inovasi untuk Rumah Masa Kini - 1.bp.blogspot.com

Pintu Baja Kayu, Inovasi untuk Rumah Masa Kini – 1.bp.blogspot.com

Kemajuan teknologi membawa dampak positif bagi bidang usaha furnitur. Dulu, kayu dan baja digunakan secara terpisah untuk pintu rumah. Kini, beberapa pelaku industri mebel menggabungkan sifat kedua bahan tersebut sehingga muncul inovasi pintu baja kayu. Dengan kombinasi ini, tidak hanya kualitas pintu yang meningkat, tetapi juga performanya semakin menawan.

Pintu tersebut berbahan dasar plat baja tanpa sambungan dengan delapan fitur utama. Pertama panel bermotif urat kayu yang mengandalkan teknologi heat transferred printing. Metode ini menampilkan corak kayu alami yang bertekstur halus. Proses finishing oven pada panel dilakukan berulang kali sehingga terlihat sempurna.

Fitur kedua adalah kusen dengan profil architrave. Desain ini membuat kusen tampak seperti bingkai foto. Setiap sudutnya memiliki tingkat presisi tinggi, alur artistik, dan tanpa cacat. Melalui teknologi pengelasan sempurna, memungkinkan bagian ini bebas pemuaian, lengkungan, serta anti rayap.

Empat engsel baja dengan desain modern merupakan fitur ketiga dari pintu tersebut. Letaknya tersembunyi sehingga tidak mudah dirusak. Sistem keamanan ini dilengkapi multiple lock system; fitur penguncian berlapis lima titik. Tambahan thumbturn menjadikan pintu terkunci tanpa harus memasang anak kunci. Di samping itu, tersedia A-B lock system yang terintegrasi komputer untuk menguatkan security.

Selanjutnya, pintu baja kayu dibekali fitur ambang pintu berbahan stainless steel. Material ini memiliki sifat tahan karat, api, dan rayap. Dari segi estetika, baja ringan terlihat modern dan elegan. Untuk penggunaan jangka panjang, stainless steel mampu bertahan pada suhu ekstrem.

Read More :   Inilah 7 Keunggulan Pintu Baja

Fitur karet peredam juga melengkapi pintu modern ini. Fungsinya untuk menghalangi masuknya asap dan menghalau api. Letak fitur tersebut di sekeliling panel dan kusen. Komponen yang tak kalah penting adalah peredam suara. Biasanya, bahan peredam suara berupa busa semprot, rockwool, green wool, atau honeycomb.

Untuk melihat objek di depan pintu, disediakan lubang pengintip berlensa cekung. Karena itu, orang yang mengintip dari dalam bisa lebih luas pandangannya. Bahan lubang tersebut umumnya terbuat dari besi berlapis nikel dan kaca. Ukuran teropong sekitar 1 cm dengan diameter terluar 3-4 cm.

Berbagai Model Pintu Baja Kayu

Berbagai Model Pintu Baja Kayu - 1.bp.blogspot.com

Berbagai Model Pintu Baja Kayu – 1.bp.blogspot.com

Mendapatkan pintu rumah yang awet, kokoh, dan kuat, sangat penting. Pasalnya, benda ini menjadi jalan utama untuk keluar masuk rumah. Jika salah memilih pintu, keamanan hunian menjadi taruhan.

Salah satu jenis pintu terbaik di masa kini adalah pintu baja kayu. Berikut ini model-model yang bisa Anda pilih.

  • Folding Door
Folding Door - hillaldam.net

Folding Door – hillaldam.net

Folding door merupakan pintu berbentuk lipat yang dibuka dengan cara menggeser ke samping. Di bagian bawahnya terdapat bantalan rel untuk landasan saat pintu digeser. Folding door biasa digunakan untuk pintu garasi, batas taman belakang dan ruang keluarga, serta gerbang toko. Pengunci pintu tersebut umumnya terletak di tengah atau samping lipatan terakhir.

  • Sliding Door
Sliding Door - fibertec.com

Sliding Door – fibertec.com

Rumah Anda memiliki ruangan sempit? Sliding door bisa menjadi pilihan tepat. Model pintu ini membuat kesan luas dan lapang pada sebuah ruang. Cara kerjanya sama seperti folding door, yaitu digeser. Namun, bagian pintu tidak ada yang dilipat. Pasalnya, sliding door berbentuk persegi panjang dengan roda di bagian bawah.

  • Engineered Door
Engineered Door - 3.imimg.com

Engineered Door – 3.imimg.com

Sebenarnya, enginereed door adalah pintu berbahan kayu solid tanpa rongga. Namun, pintu ini tak seutuhnya terbuat dari material kayu. Bagian kusen justru dibentuk dari baja ringan. Begitu pun ambang pintunya yang didominasi stainless steel.

  • Swing Door
Swing Door - vawindowrepair.com

Swing Door – vawindowrepair.com

Swing door merupakan model pintu yang paling banyak digunakan pada bangunan rumah, kantor, maupun sekolahan. Sebutan lain dari swing door adalah pintu kupu-kupu. Pasalnya, benda ini dibuka dengan cara diayun satu arah.

Read More :   Harga Lantai Vinyl Jogja, Pelapis Lantai yang Tahan Lama

Keunggulan swing door antara lain, proses pemasangan mudah, perawatan simpel, dan banyak variasinya. Motif pintu ini pun lebih beragam sehingga terlihat menarik. Namun, swing door membutuhkan space yang luas untuk membuka atau menutup daun pintunya.

  • Pintu Rel
Pintu Rel - minimalisxrumah.com

Pintu Rel – minimalisxrumah.com

Pintu rel merupakan beberapa buah pintu yang dirangkai di atas rel. Cara kerjanya dengan ditarik. Karena itu, rel menjadi komponen penting dalam pintu ini. Bahan rel harus bersifat anti karat, awet, dan kuat. Jika materialnya cepat rusak, pintu pasti sulit digeser atau didorong.

  • Model Pintu Gerbang
Model Pintu Gerbang - jualkanopiteralis.files.wordpress.com

Model Pintu Gerbang – jualkanopiteralis.files.wordpress.com

Pintu baja kayu model ini biasanya terdiri dari dua daun pintu. Meski jarang digunakan, desain tersebut bisa membuat rumah tampak mewah. Terlebih jika bagian panelnya disematkan ukiran urat kayu. Pintu tersebut pasti terkesan lebih elegan dan klasik.

Itulah ulasan mengenai pintu baja kayu untuk rumah masa kini. Harganya murah, kualitas terjamin, serta memiliki sistem keamanan berlapis. Yuk, segera temukan model terbaik sesuai selera Anda!

Leave a Reply