Mengenal Bahan Besi Baja dan Harga Pintu Besi Baja

Dalam sebuah konstruksi, pintu menjadi bagian penting yang tak boleh dilupakan begitu saja. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu juga berfungsi menjadi sarana perlindungan. Karena itulah, penting untuk memikirkan pintu dengan kualitas baik demi keamanan dan kenyamanan bangunan Anda.

Dalam perkembangannya, ada material tertentu yang bisa dipakai untuk membuat pintu berkualitas bagus, mulai dari kayu, aluminium, fiberglass, maupun kaca. Namun, sekarang besi baja juga kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan pintu karena keunggulannya dibanding material jenis lain.

Tentang Besi dan Baja

Tentang Besi dan Baja - tigabaja.com

Tentang Besi dan Baja – tigabaja.com

Besi dan baja merupakan material yang sering digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Berbagai bangunan, perabot, maupun peralatan seperti pipa, baut, bahkan sendok bisa dihasilkan dengan material besi dan baja. Sifatnya yang lebih unggul dari bahan lain adalah alasan mengapa para produsen dan kontraktor menggunakannya.

Apa yang dimaksud dengan besi dan baja itu?

Besi merupakan logam murni yang berasal dari pengolahan bijih besi. Di alam, ketersediaan material ini cukup banyak sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya. Besi juga merupakan logam yang mudah diolah dan dimodifikasi. Meskipun begitu, material ini memiliki kemampuan oksidasi yang kurang baik, sehingga mudah mengalami korosi dan karat.

Sementara itu, baja merupakan logam paduan dari besi dengan unsur karbon. Kandungan karbon ini biasanya berkisar antara 0,2%-2,1%. Selain unsur tadi, terdapat juga kandungan lain seperti mangan, sulfur, fosfor, silikon, nitrogen, aluminium, dan oksigen dalam kadar kecil.

Karbon memegang peranan penting dalam proses pembuatan baja. Unsur ini membuat besi jadi keras dengan mengikat atom besi dan mencegahnya mengalami pergeseran yang berisiko membuat besi menjadi rapuh.

Read More :   Inilah 7 Keunggulan Pintu Baja

Seiring perkembangan teknologi, besi baja pun muncul. Material ini adalah campuran besi dan baja sehingga memiliki sebagian sifat keduanya. Besi baja lebih kuat dari besi biasa, tetapi sedikit lemah dibandingkan baja sesungguhnya. Besi baja kerap menjadi alternatif material untuk industri dan konstruksi.

Perbedaan Besi dan Baja

Perbedaan Besi dan Baja - primabesi.com

Perbedaan Besi dan Baja – primabesi.com

Banyak orang mengira bahwa besi dan baja adalah material yang serupa. Keduanya memang memiliki kesamaan, di antaranya sama-sama kuat, ulet, serta mudah didapat dan diolah. Namun, ada juga beberapa perbedaan yang harus Anda dapat menggunakannya secara tepat guna.

Besi murni sangat mudah bereaksi dengan oksigen di udara. Hal itu berpotensi menyebabkan karat yang merusak warna dan kualitas besi. Korosi pun dapat terjadi sehingga membuat besi jadi rapuh dan mudah rusak.

Sebagai logam campuran, baja memiliki resistensi yang lebih besar terhadap oksidasi dibanding besi. Hal ini membuat barang dari baja lebih kuat dan keras. Pun, keuletan baja terbilang jauh lebih baik dibandingkan besi murni.

Pintu dari Besi Baja dan Keunggulannya

Pintu dari Besi Baja dan Keunggulannya - artenzo.com

Pintu dari Besi Baja dan Keunggulannya – artenzo.com

Besi baja merupakan material yang tak diragukan kekuatannya. Tak heran, rangka bangunan dan beragam produk dapat dihasilkan dari bahan baku tersebut, salah satunya adalah pintu. Sekarang ini, pintu tak lagi dibuat dari kayu, tetapi sudah dibuat dari bahan besi baja yang memiliki banyak kelebihan.

Nah, apa saja keunggulan dari pintu dan produk yang terbuat dari besi baja? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari produk dari material tersebut.

  1. Awet atau tahan lama

Dibandingkan bahan seperti kayu atau kaca, besi baja memiliki ketahanan yang cukup baik. Material ini cukup tahan dari korosi dan karat, tetapi harus sesekali diberi lapisan khusus untuk menambah daya tahannya. Hal ini tentu saja membuat pintu besi baja jadi lebih tahan lama. Selain itu, pintu juga lebih tahan dari perubahan cuaca, api, dan serangan rayap.

  1. Kokoh dan kuat
Read More :   7 Fakta Pipa Tubing Besi yang Perlu Diketahui

Material besi baja dikenal sangat kuat. Pun produk besi baja sanggup menahan berbagai tekanan dan beban yang besar. Itulah sebabnya pintu besi baja cocok untuk tempat yang membutuhkan keamanan lebih karena sulit dirusak atau dibobol.

  1. Ramah lingkungan

Keberadaan pintu besi baja menjadi alternatif dari pintu berbahan kayu. Hal ini dapat mengurangi jumlah permintaan kayu sebagai bahan baku produksi. Secara tidak langsung, produk jenis ini juga akan mengurangi jumlah pohon yang harus ditebang untuk memenuhi permintaan pasar.

Selain itu, pintu besi baja dan produk sejenisnya dapat didaur ulang dan digunakan kembali sebagai bahan baku barang yang lebih baru dan berguna.

  1. Anti-susut

Karena berbagai kandungan unsur di dalamnya, pintu dari besi baja nyaris tidak memiliki nilai susut. Jadi, kemungkinan pintu tersebut berubah ukuran dari normal terbilang kecil.

  1. Ekonomis

Harga pintu besi baja cukup terjangkau. Meski sedikit berbeda dengan harga pintu jenis lain, harga tersebut sepadan dengan daya tahannya yang cukup lama. Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk melakukan perawatan di kemudian hari.

Itulah tadi beberapa keunggulan pintu dan produk yang terbuat dari besi baja. Di samping kelebihan, tentu saja ada kelemahan. Namun, tenang saja, sebab ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menutupi dan menangani kekurangan dari pintu besi baja.

Read More :   Vinyl Lantai Pekanbaru Pelapis Lantai Praktis dan Ekonomis

Harga Pintu Besi Baja

Harga Pintu Besi Baja - 3.bp.blogspot.com

Harga Pintu Besi Baja – 3.bp.blogspot.com

Pada umumnya, pintu besi baja digunakan pada bangunan-bangunan seperti pertokoan, industri, gudang, perkantoran, dan fasilitas umum. Namun, tak jarang rumah-rumah di masa sekarang menggunakannya demi alasan keamanan dan kenyamanan. Keberadaannya pun bervariasi, mulai dari ukuran sampai desain. Hal ini membuat pintu besi baja tidak lagi terlihat kaku dan membosankan.

Di pasaran, harga pintu besi baja memang sedikit lebih mahal dibandingkan pintu berbahan lain, misalnya pintu kayu. Namun, sesungguhnya pintu ini justru terbilang murah jika ditilik dari sisi lain.

Pintu kayu cenderung mudah rusak. Dalam beberapa tahun, Anda mungkin terpaksa mengganti pintu kayu yang Anda gunakan sekarang. Saat itulah, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli pintu baru akan jauh lebih besar.

Sementara itu, pintu besi baja lebih tahan terhadap berbagai kerusakan, apalagi dalam jangka waktu lama. Dibandingkan harga awal, Anda dapat menghemat pengeluaran di kemudian hari karena tidak perlu sering menggantinya. Perawatannya pun tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya harus sesekali mengoleskan cat khusus untuk mencegah korosi dan karat.

Sekarang ini, banyak pintu besi baja dijual dalam berbagai bentuk, harga, warna, serta kualitas dari produsen lokal maupun luar negeri. Masing-masing pun memiliki keunggulan, tinggal pilih mana yang Anda suka atau butuhkan.

Salah satu produk pintu besi baja yang terkenal dan mudah ditemukan berasal dari Tiongkok. Selain berkualitas baik dengan pilihan beragam, produk pintu dari negara ini juga memiliki harga yang lebih bersahabat. Itulah sebabnya banyak importir yang mendatangkan barang tersebut dari Tiongkok.

Saat memutuskan membeli pintu besi baja untuk rumah maupun bangunan lain, pastikan Anda memilih dengan teliti. Pilih sesuai yang Anda butuhkan, baik dari segi ukuran atau kualitas.

Leave a Reply