Pintu Baja Sebagai Alternatif Pintu Kayu

Bicara soal hunian, estetika bukan satu-satunya hal yang harus menjadi fokus dalam pembangunan dan pemeliharaannya. Nilai ketahanan baik dari segi bangunan, furnitur, maupun perabotan pelengkap lainnya juga perlu diperhitungkan untuk meminimalisasi pengeluaran yang justru semakin besar di kemudian hari.

Salah satu bagian penting dari rumah yang sering kali luput dari perhatian detail sebagian orang adalah pintu. Biasanya, pemilihan pintu didasarkan pada desain dan keserasian secara keindahan visual. Masalah lifetime sebuah pintu masih belum benar-benar menjadi prioritas jika dibandingkan keserasaian warna cat pada dinding dan dekorasi lainnya.

Jenis-Jenis Bahan Pintu Terbaik

Jenis-Jenis Bahan Pintu Terbaik - 3.imimg.com

Jenis-Jenis Bahan Pintu Terbaik – 3.imimg.com

Umumnya, bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai pintu adalah dari kayu jati atau mahoni yang memang terkenal sangat kokoh dan tidak mudah tergerus oleh waktu. Terutama jika rumah sengaja didesain dengan kesan etnik yang kental, pemilihan pintu berbahan kayu memang boleh jadi opsi yang paling baik.

Kendati demikian, perkembangan industri dan manufaktur terutama di bidang furnitur semakin maju. Kini untuk memiliki pintu yang memiliki usia ketahanan lama dan desain menarik juga bisa didapatkan dari bahan-bahan lainnya seperti logam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa pintu dengan beragam jenis bahan yang terbaik.

Berbahan Dasar Kayu

Berbahan Dasar Kayu - hasanmebeljepara.com

Berbahan Dasar Kayu – hasanmebeljepara.com

Pintu Ukiran

Anda akan mudah menemukan pintu-pintu semacam ini di tempat-tempat yang memang memiliki nilai seni cukup tinggi. Seperti namanya, pintu ini memiliki bahan dasar berupa kayu yang dipercantik dengan ukiran-ukiran rumit dan sederhana di permukaannya.

Umumnya jenis kayu yang digunakan adalah kayu berat dengan kualitas tinggi. Pintu ukiran lebih banyak difungsikan sebagai pintu utama dibandingkan pintu-pintu di bagian lainnya di dalam rumah. Ukiran yang tersedia pun macam-macam, termasuk pula dibuat berdasarkan ukiran yang diinginkan.

Read More :   Temukan Penawaran Pintu Baja Harga Terbaik yang Berkualitas

Pintu Panel

Dibandingkan pintu ukiran, pintu panel memiliki berat yang lebih ringan (cenderung sedang). Bentuknya lebih sederhana dan tidak ada terlalu banyak permainan detail yang rumit sebagai hiasannya.

Jika pintu ukiran biasanya digunakan untuk pintu utama, lainnya dengan pintu panel. Jenis pintu yang satu ini dapat digunakan dengan fleksibel di mana saja—baik untuk pintu utama maupun pintu ruangan dalam rumah. Untuk pemasangannya sendiri, pintu panel masih menggunakan engsel besi.

Berbahan Dasar Transparan

Berbahan Dasar Transparan - vufold.co.uk

Berbahan Dasar Transparan – vufold.co.uk

Pintu berbahan dasar kaca

Keluarga modern memang lebih banyak menggunakan pintu jenis ini untuk menciptakan kesan minimalis sekaligus ramah lingkungan. Efeknya, rumah terlihat menjadi lebih simpel, elegan, bergaya, dan luas.

Jenis pintu dengan bahan ini juga membantu untuk meningkatkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan sehingga menghemat listrik. Berat pintu ini cenderung sedang dan menggunakan engsel alumunium untuk pemasangannya.

Berbahan Dasar Logam

Berbahan Dasar Logam - islambestreligion.files.wordpress.com

Berbahan Dasar Logam – islambestreligion.files.wordpress.com

Pintu bahan alumunium

Ukuran pintu yang dibuat dari alumunium cenedrung lebih ringan dan memiliki bentuk yang sangat bervariasi. Penggunaannya juga lebih dikhususkan sebagai pembatas antarruangan yang tidak menimbulkan kesan tinggi maupun penuh. Pintu semacam ini juga cocok digunakan pada ruangan-ruangan yang memiliki mobilitas manusia cukup tinggi.

Pintu alumunium relatif tahan karat sehingga memiliki nilai ketahanan yang cukup baik. Kini, menemukan pintu dengan bahan alumunium juga menjadi lebih mudah terutama jika ingin digunakan sebagai pintu ruangan pada rumah bergaya kontemporer.

Pintu bahan besi

Dari segi volume, pintu dari bahan besi lebih berat dibandingkan pintu alumunium. Hal in juga dipengaruhi dari kepadatannya—ada beberapa yang sengaja dibuat dengan bentuk yang padat maupun berongga. Engsel yang digunakan untuk memasang pun tidak sembarangan, tetapi menggunakan jenis khusus.

Read More :   Vinyl Lantai Bandung_Pilihan Pelapis Lantai untuk Rumah Modern

Pintu besi memiliki usia ketahanan yang lebih lama. Umumnya, pintu degan bahan ini sengaja digunakan untuk meningkatkan sirkulasi udara. Pintu besi lebih banyak digunakan di tempat-tempat usaha dan sebagai pintu gerbang rumah.

Pintu bahan baja

Jenis pintu dari logam yang berikutnya boleh dibilang sebuah terobosan yang sangat menarik perhatian. Pintu baja memiliki bahan yang lebih berat dan kepadatan yang lebih solid. Untuk memasangnya, ada engsel khusus yang harus digunakan.

Dulunya, pintu baja memang cenderung digunakan sebagai pintu di tempat-tempat yang menyimpan barang berharga atau membutuhkan sekuritas tinggi. Namun seiring munculna inovasi dari pengrajin dan manufaktur, kini pintu baja juga mulai banyak digunakan sebagai pintu utama pada rumah. Kesan kuat dan aman yang dihasilkan berpadu sempurna dengan desain yang cantik sesuai keinginan.

Pintu Baja Sebagai Alternatif Pintu Kayu

Dari sekian banyak jenis bahan pintu yang ada, bahan kayu memang cukup menjadi primadona karena memiliki nilai ketahanan yang lebih baik dan memberi kesan yang relatif lebih menarik. Namun permasalahannya, ketersediaan kayu solid semakin langka dan membuat harga juga semakin tinggi.

Karena itulah, pintu berbahan baja kini mulai dilirik oleh masyarakat. Dari segi lifetime, bahan baja juga awet seperti kayu solid berkualitas. Bahannya yang berat dan kuat juga memberi kesan kokoh pada rumah. Terlebih lagi, kini rupa dari pintu baja juga tidak lagi monoton.

Pintu baja kini memiliki desain yang lebih bergaya dengan tema yang lebih variatif, mulai dari klasik, modern, minimalis, hingga natural dengan motif urat-urat kayu yang menonjolkan kesan alami. Material baja diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan kualitas yang tak kalah dari pintu kayu kelas satu tetapi dapat dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Read More :   Mengenal Peran Distributor Pintu Baja di Dunia Properti

Pintu baja tidak akan rentan dengan serangan hama rayap maupun iklim tropis Indonesia yang akan membuatnya menyusut. Beberapa produsen juga menggunakan bahan besi yang membuat ketahanannya semakin terjamin dari berbagai macam faktor yang mengurangi nilainya.

Tips Memilih Pintu Baja untuk Rumah

Tips Memilih Pintu Baja untuk Rumah - lamudi.co.id

Tips Memilih Pintu Baja untuk Rumah – lamudi.co.id

Bagi Anda yang tengah mencari solusi untuk mengganti atau memasang pintu rumah, cobalah untuk menggunakan pintu baja. Pintu dengan jenis bahan ini akan memberikan kualitas dan ketahanan yang tidak kalah dari pintu kayu kelas satu. Beragam desainnya yang variatif pun dapat Anda pilih sesuai dengan interior rumah agar lebih artistik.

Nah, sebelum terburu memutuskan pintu baja seperti apa yang akan dipilih, Anda juga harus lebih dulu mempersiapkan beberapa hal untuk dipertimbangkan. Pastikan Anda menyiapkan hal-hal berikut ini sebelum menentukan pilihan agar tidak keliru dan menyesal.

  1. Sesuaikan ukuran

Anda harus menghitung dengan tepat lebar pintu yang dibutuhkan. Bila Anda ingin mengganti pintu yang lama, sesuaikan ukuran lebar, panjang, dan tebal pintu sesuai dengan kosen yang sudah terpasang. Hal ini untuk menghindari Anda harus kembali membongkar bangunan karena ukuran yang dipesan tidak sesuai.

  1. Padankan desain

Supaya serasi dengan interior rumah, pilih desain yang paling sesuai dengan konsep hunian Anda. Baik dari segi pemilihan warna dan motif, Anda bisa menimbang-nimbang mana yang paling sesuai dengan interior rumah.

  1. Jangan terburu-buru

Tidak perlu terburu-buru untuk memilih pintu baja mana yang akan dibeli. Ada banyak pilihan yang bisa Anda jelajahi sebelum benar-benar memutuskan salah satunya. Anda bisa membandingkan antara kualitas yang satu dan lainnya, termasuk urusan desain dan harga.

Demikianlah informasi mengenai pintu baja sebagai pintu rumah pengganti pintu kayu. Terutama bagi Anda yang membutuhkan informasi lengkap mengenai jual pintu baja Semarang, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply