Mengenal Pipa Besi 1/2 Inch dan Berbagai Penggunaannya

Dewasa ini, pipa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari yang paling sederhana seperti saluran air, sampai yang membutuhkan ketelitian tinggi seperti saluran bahan kimia di pabrik. Material pembuatnya pun bermacam-macam. Mulai dari yang berbahan besi hingga PVC. Untuk memenuhi berbagai permintaan pasar, produsen pipa menyediakan berbagai ukuran. Mulai dari yang kecil seperti pipa besi 1/2 inch, sampai yang berdiameter lebih dari 5 meter.

Pipa memang telah banyak mengalami perkembangan sejak pertama kali digunakan oleh masyarakat Cina 3000 tahun sebelum Masehi. Waktu itu, pipa digunakan untuk mengairi daerah pertanian. Penggunaannya terus berkembang di berbagai daerah seperti sekitar India dan Roma. Masyarakat mulai memanfaatkan pipa untuk sistem saluran air ke rumah-rumah, pemanfaatan air minum, air taman, dan sebagainya.

Kini penggunaan pipa semakin kaya dan tidak terbatas sebagai saluran saja. Pada kesempatan kali ini, kami ingin menjelaskan pemanfaatan pipa besi berdiameter kecil (1/2 inch) untuk berbagai keperluan di sekitar kita.

Pipa Besi

Pipa Besi - ae01.alicdn.com

Pipa Besi – ae01.alicdn.com

Banyak material yang digunakan dalam industri perpipaan. Namun, pada beberapa kebutuhan, penggunaan pipa besi tidak tergantikan. Sebagai logam, penggunaan material ini sebagai pipa memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut:

  • Tidak mudah patah
Tidak mudah patah - sc01.alicdn.com

Tidak mudah patah – sc01.alicdn.com

Pipa yang terbuat dari besi terkenal akan kekuatannya. Pipa dengan material ini tidak mudah patah dan rusak karena benturan atau guncangan. Pipa juga mampu menahan beban yang sangat berat, khususnya jika dirangkai dengan pipa besi lainnya secara tepat.

Karena kekuatannya ini, pipa besi banyak digunakan untuk berbagai saluran, khususnya yang ditanam di dalam tanah. Pipa ini juga banyak dimanfaatkan sehubungan dengan konstruksi bangunan karena karakteristiknya yang kokoh.

  • Mampu menahan tekanan besar
Mampu menahan tekanan besar - duniabajakomsen.com

Mampu menahan tekanan besar – duniabajakomsen.com

Selain lebih kuat menahan tekanan dari luar, pipa besi juga kuat menahan tekanan dari dalam. Misalnya, pipa dilalui air bertekanan besar. Dalam kondisi ini, pipa tidak mudah pecah atau mengalami kebocoran. Pipa besi 1/2 inch juga tidak meleleh dan rusak meskipun dilalui oleh gas yang panas. Itulah sebabnya material ini banyak digunakan pada perpipaan pabrik.

Read More :   Cara Mudah Merawat Lantai Vinyl Supaya Tetap Kinclong

Di samping kelebihannya, pipa yang terbuat dari besi juga menyimpan kekurangan sebagai berikut:

  • Rawan korosi
Rawan korosi - 3.bp.blogspot.com

Rawan korosi – 3.bp.blogspot.com

Kelemahan yang paling erat dengan material besi adalah ketidaktahanannya terhadap bahaya korosi. Korosi atau yang sering disebut dengan karat, merupakan reaksi yang timbul ketika besi kontak dengan air, oksigen, atau zat pencemar lainnya. Jika tidak segera ditanggulangi, maka besi bisa terkikis dan hancur.

Timbulnya karat pada pipa adalah awal dari hal-hal merugikan lainnya, seperti air yang tercemar, kebocoran, dan sebagainya. Hal ini tentu sangat membahayakan jika material yang disalurkan dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan, seperti limbah atau gas kimia.

Untuk mengatasi hal ini, muncul beberapa cara yang dapat dilakukan agar besi mampu bertahan lebih lama. Beberapa cara sederhananya adalah dengan melakukan pengecatan, melumasi dengan oli, sampai dilapisi plastik. Selain itu, muncul juga pipa dengan material alternatif yang lebih tahan korosi, seperti pipa galvalum dan stainless steel.

Pemasangan tidak praktis - alonrider.files.wordpress.com

Pemasangan tidak praktis – alonrider.files.wordpress.com

Proses instalasi pipa besi tidak semudah pipa nonlogam, PVC misalnya. Jika pipa PVC memiliki produk khusus untuk rangkaiannya, menyambung pipa besi harus dilakukan dengan las agar hasil sambungan lebih kuat dan permanen. Jika tidak mau menggunakan metode pengelasan, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, seperti metode threaded, flange, dan spigot. Namun, metode penyambungan ini memerlukan keterampilan khusus sehingga pipa tidak rusak dan mengalami kebocoran pada sambungan.

  • Tidak lentur
Tidak lentur - ratanika.net

Tidak lentur – ratanika.net

Jika Anda mencari pipa yang lebih fleksibel dan mudah dibengkokkan, pipa besi bukan yang Anda cari. Sebagaimana salah satu keunggulannya yang tidak mudah patah, pipa jenis ini juga tidak mudah dibengkokkan, termasuk yang berukuran kecil seperti pipa besi 1/2 inch sekalipun. Artinya, jika Anda memasang saluran pipa dari dua ujung dan perhitungannya tidak tepat, saluran pipa bisa tidak tersambung meskipun selisih beberapa sentimeter saja.

  • Berat
Berat - steelpipes.org

Berat – steelpipes.org

Pipa besi tergolong berat dan tidak mudah dibawa-bawa. Pipa besi dengan diameter 1/2 inch sekalipun sudah memiliki berat dalam kisaran 7 kilogram setiap 6 meternya. Untuk memindahkannya dalam jumlah besar sekaligus, tentu Anda membutuhkan alat bantu.

Read More :   Harga Wallpaper 3d Dinding Terpercaya Melalui Online

Pipa Besi 1/2 inch

Pipa Besi 1/2 inch - dekorrumah.net

Pipa Besi 1/2 inch – dekorrumah.net

Pipa besi tersedia dalam berbagai ukuran. Dalam industri perpipaan, ukuran terkecil pipa besi adalah 1/8 inch, sementara ukuran terbesarnya adalah 1,8 meter. Di antara semua dimensi tersebut, pipa besi berdiameter 1/2 inch termasuk yang banyak digunakan. Pipa ini termasuk dalam kategori ukuran small bore pipe karena diameternya berada di bawah 2 inch. Umumnya, pipa yang dijual memiliki panjang rata-rata 6 meter. Namun, ada juga produsen yang menjual ukuran dua kali lipatnya dan pipa jenis ini tetap dicari.

Berbagai Penggunaan Pipa Besi 1/2 Inch

Dalam keseharian, pipa besi berukuran 1/2 inch ini digunakan untuk berbagai kebutuhan sebagai berikut:

  • Saluran
 Saluran - testindo.com

Saluran – testindo.com

Fungsi utama pipa adalah sebagai saluran atau jalur perpindahan zat dari satu tempat ke tempat lainnya. Umumnya, pipa digunakan untuk memindahkan zat cair dan gas, tetapi juga bisa digunakan untuk memindahkan benda padat seperti kerikil dan tanah. Adapun pipa berdiameter kecil ini lazim digunakan untuk saluran air dan gas.

  • Pelindung kabel
Pelindung kabel - is.alicdn.com

Pelindung kabel – is.alicdn.com

Dewasa ini, pipa mulai banyak dimanfaatkan untuk merapikan instalasi listrik di dalam bangunan. Selain itu, pemanfaatan tersebut juga bertujuan melindungi kabel dari gangguan tikus dan hama pengerat lainnya.

  • Konveyor
Konveyor - eng.helsan.net

Konveyor – eng.helsan.net

Beberapa proses produksi di dalam pabrik menggunakan konveyor untuk memindahkan barang. Pipa berukuran kecil, seperti pipa besi 1/2 inch, adalah komponen yang banyak digunakan untuk keperluan ini.

  • Scaffolding
Scaffolding - ccconsulting.uk.com

Scaffolding – ccconsulting.uk.com

Scaffolding banyak digunakan sebagai alat bantu dalam pendirian sebuah bangunan. Rangka struktur ini juga ada yang terbuat dari pipa besi. Sangat cocok karena material besi membuat scaffolding lebih kokoh dan mampu menahan banyak beban.

  • Pagar
Pagar - 2.bp.blogspot.com

Pagar – 2.bp.blogspot.com

Pipa besi juga banyak digunakan untuk membuat pagar. Komponen ini biasa dibuat pada bagian tiang pagar agar dapat berdiri dengan kokoh. Tiang tersebut kemudian dirangkai dengan komponen logam lainnya, baik pelat maupun kawat terali.

  • Furnitur
Furnitur - 1.bp.blogspot.com

Furnitur – 1.bp.blogspot.com

Industri furnitur modern juga mulai melirik pipa besi 1/2 inch sebagai materialnya. Pipa ini bisa digunakan sebagai rangka kursi, meja, maupun lemari. Hasilnya adalah furnitur dengan gaya industri yang menarik. 

  • Tiang lampu
Tiang lampu - tianglampujalan.net

Tiang lampu – tianglampujalan.net

Pipa besi juga dimanfaatkan untuk beberapa hal bersama konstruksi bangunan, misalnya sebagai tiang lampu jalan atau taman. Pipa dengan diameter ini menghasilkan tiang lampu sederhana, tetapi tetap kuat dan dapat melindungi kabel di dalamnya dari cuaca dan gangguan lain seperti serangan tikus.

  • Perabot rumah tangga

    Gantungan pipa besi - ae01.alicdn.com

    Gantungan pipa besi – ae01.alicdn.com

Pipa besi ini juga digunakan untuk membuat beberapa perabot rumah tangga, seperti alat jemuran dan tempat gantungan baju.

Melihat beberapa contoh di atas, ternyata sebuah pipa besi 1/2 inch sederhana telah membaur dalam berbagai aspek kehidupan kita. Perawatan dan perlakuan yang tepat akan membuat pipa besi ini bertahan lebih lama.

Leave a Reply