8 JENIS PIPA BESI TERPOPULER

Pipa besi atau yang biasa disebut dengan pipa hitam memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya, untuk menyalurkan air, jenis pipa ini juga dapat difungsikan sebagai penyangga rumah, rangka plafon, teralis, pagar rumah, hingga tiang lampu.

Pipa besi banyak dipilih karena dianggap bisa lebih tahan lama. Di samping antirayap, pipa ini juga lebih tahan karat. Tidak mengherankan, pipa besi bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun digunakan di luar ruangan dan diterpa cuaca yang tidak menentu.

Di pasaran, saat ini sudah ada cukup banyak jenis pipa besi dengan berbagai ukuran dan harga. Berikut 8 jenis pipa besi terpopuler di Indonesia.

Pipa Besi Ductile

Pipa Besi Ductile - dredgingindia.files.wordpress.com

Pipa Besi Ductile – dredgingindia.files.wordpress.com

Pipa yang diproduksi pertama kali di Jepang ini sudah ada sejak tahun 1890. Pipa ini biasa digunakan sebagai komponen insfrastruktur penyuplai air. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya pipa besi ductile berhasil diproduksi dengan karakteristik yang semakin baik, yakni memiliki bahan yang kuat, berdaya tahan tinggi, serta tidak mampu berkarat.

Pipa besi ductile saat ini juga sudah memiliki produk yang lebih beragam. Dari yang awalnya hanya satu ukuran, pipa tersebut kini hadir dalam diameter yang berbeda dan sambungan yang tahan terhadap gempa karena ditempa melalui teknologi sentrifugal yang canggih. Apabila terjadi gempa atau terkena tekanan dari luar, sambungan tidak akan patah, tetapi akan memanjang dan melengkung.

Dibandingkan dengan jenis pipa besi lain, harga pipa ini tergolong cukup mahal. Untuk per meternya, pipa besi ductile impor dibanderol dengan harga sekitar Rp143.000. Namun jika melihat ketangguhannya yang mampu bertahan puluhan tahun dari cuaca dan gempa, harga tersebut tentu masih bisa dianggap wajar.

Pipa Hollow

Pipa Hollow - ptcakrabajautama.files.wordpress.com

Pipa Hollow – ptcakrabajautama.files.wordpress.com

Sesuai dengan bentuknya, pipa hollow juga kerap disebut sebagai pipa kotak. Jenis pipa besi ini kerap digunakan sebagai bahan pembuatan gerbang atau pagar rumah. Namun kini, sebagian besar masyarakat tampaknya lebih gemar memanfaatkan pipa hollow untuk rangka plafon atau kanopi rumah.

Read More :   Cara Memilih Panel Dinding 3 Dimensi

Dibandingkan dengan rangka kayu, penggunaan pipa hollow sebagai rangka plafon tentu memberikan lebih banyak keuntungan. Pipa ini lebih mudah dipasang serta lebih kuat dan tidak mudah lapuk. Selain itu, pipa hollow juga tahan terhadap api sehingga menjadikan rumah lebih aman dari bahaya kebakaran.

Pipa hollow tersedia di pasaran dengan berbagai ukuran panjang, lebar, dan ketebalan yang berbeda. Berdasarkan harga pipa besi terbaru 2018, satu batang pipa hollow berdimensi 15 x 30 x 0,6 mm dibanderol dengan harga mulai Rp32.000.  Sementara itu, pipa berukuran 50 x 50 x 2 mm dipatok dengan harga mulai R222.000 per batang.

Pipa Besi Welded

Pipa Besi Welded - steelpipes.org

Pipa Besi Welded – steelpipes.org

Pipa besi welded awalnya merupakan sebuah pelat yang kemudian dilengkungkan dan dilas menjadi sebuah pipa. Ciri khas yang tampak paling menonjol dari pipa ini adalah keberadaan garis memanjang yang merupakan sambungan pelat tersebut. Namun, pada beberapa produk, sambungan tersebut hanya tampak samar karena pengelasan dilakukan pada suhu tinggi.

Pembuatan pipa besi welded harus dilakukan oleh perusahaan yang telah bersertifikasi. Pasalnya, jika tidak diproduksi dengan kualitas yang baik, sambungan pipa yang bocor bisa menjadi sumber terjadinya ledakan.

Umumnya, pipa besi welded dibuat dalam ukuran yang kecil. Harga yang dibanderol untuk jenis pipa ini pun tergolong cukup murah, yakni mulai Rp10.000 per kilogram.

Pipa Besi Seamless

Pipa Besi Seamless - is.alicdn.com

Pipa Besi Seamless – is.alicdn.com

Pipa seamless berarti pipa yang tidak memiliki sambungan. Pipa ini dibuat dengan cara melubangi sebuah silinder sehingga dihasilkan sebuah pipa yang utuh. Untuk mengeceknya, pembeli dapat melihat bagian sisi dalam pipa. Di sana, pipa tampak mulus dan tidak memiliki bekas sambungan.

Read More :   Mengenal Pipa Baja Hitam, Pipa Andalan Perusahaan Industri

Pipa besi seamless memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Umumnya, pipa ini lebih mahal daripada pipa besi welded. Berdasarkan harga pipa besi terbaru 2018, pipa berjenis seamless SCH 160 dengan ukuran diameter 0,75 inci dan panjang 6 meter dibanderol dengan harga mulai Rp510.000.

Pipa Besi Ulet

Pipa Besi Ulet - sc01.alicdn.com

Pipa Besi Ulet – sc01.alicdn.com

Salah satu jenis pipa besi lain yang paling populer adalah pipa besi ulet. Pipa ini merupakan jenis pipa besi cor yang terdiri atas campuran besi dan grafit. Tentu saja, kekuatan yang dimiliki pipa ini jauh lebih tangguh daripada jenis pipa cor biasa, bahkan performanya kerap dianggap mampu menandingi performa baja.

Dibuat dengan teknologi sentrifugal yang maju, pipa besi ulet mempunyai tingkat korosi yang rendah. Jenis pipa ini juga lebih tahan terhadap benturan. Di sisi dalamnya, terdapat lapisan mortar semen yang membuat kapasitas pengangkutan air menjadi lebih maksimal.

Di pasaran, pipa besi ulet dipatok dengan harga yang beragam. Untuk standar harga pipa besi terbaru 2018, pipa tersebut bisa didapatkan dengan harga mulai Rp17.000 per kilogram.

Pipa ERW

Pipa ERW - blalbhai.com

Pipa ERW – blalbhai.com

Pipa ERW yang merupakan kependekan dari Electric Resistance Welded, adalah jenis pipa besi yang dibuat melalui pengelasan listrik. Pembuatan pipa ini memanfaatkan ketahanan dari kedua permukaan logam.

Berdasarkan kegunaannya, pipa ERW dibedakan atas beberapa standar penggunaan. Pipa berjenis SNI 0039:2013 MEDIUM biasanya digunakan untuk  saluran air bersih. Pipa ASTM A53 dimanfaatkan untuk aplikasi mekanik yang bertekanan, seperti saluran uap, gas, atau udara. Pipa ASTM A252 berguna untuk konstruksi dan tiang pancang bangunan. Sementara itu, pipa API SPEC 5CT biasa dipakai untuk tubing pada kegiatan pengeboran minyak gas dan bumi.

Read More :   Jual Wallpanel 3 Dimensi Di Jakarta, Bandung Dan Surabaya

Pipa ERW umumnya digunakan dalam jumlah yang besar. Untuk itu, para penyedia (suplier) biasanya akan mematok harga dalam ukuran per ton. Jika melihat harga pipa besi terbaru 2018, pipa ERW dapat dibeli dengan harga sekitar Rp5,5 juta per ton.

Pipa Besi Galvanis

Pipa Besi Galvanis - i.pinimg.com

Pipa Besi Galvanis – i.pinimg.com

Pipa besi galvanis kerap dimanfaatkan dalam pembuatan sebuah bangunan. Selain untuk kebutuhan drainase, pipa ini juga sering dipakai untuk interior ruangan, seperti yang terdapat pada ruang-ruang bergaya industrial.

Pipa besi galvanis juga memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi. Itulah mengapa, pipa ini juga kerap dijadikan bahan pembuatan pagar atau pegangan tangga yang berada di luar ruangan.

Pipa yang laris karena ketahanannya ini tersedia dalam jenis, ukuran, dan harga yang bervariasi. Untuk jenis pipa galvanis medium yang berukuran 0,5 inci x 2,45 mm x 6 m misalnya, pembeli sudah bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp112.000 per batang. Sementara itu, untuk ukuran diameter yang lebih lebar, yakni 8 inci x 6,10 mm x 6 m, pembeli harus mengeluarkan biaya sekitar Rp3 juta per batang.

Pipa Besi Oval

Pipa Besi Oval - sc01.alicdn.com

Pipa Besi Oval – sc01.alicdn.com

Selain berbentuk silinder dan kotak, pipa besi juga hadir dalam bentuk oval. Pipa ini biasa dimanfaatkan dalam industri otomotif, furnitur, hingga penunjang industri fesyen. Di dunia otomotif, pipa oval biasa digunakan untuk membuat knalpot. Untuk pembuatan funitur, pipa besi oval juga bisa dimanfaatkan untuk bahan membuat kerangka meja atau kursi. Sementara di industri fesyen, jenis pipa kerap dijadikan sebagai sarana penggantung pakaian.

Pipa besi oval juga memiliki ukuran yang beragam. Untuk satu batang pipa yang memiliki lebar 15 mm, tinggi 30 mm, dan panjang 1 m, pembeli sudah bisa memperolehnya dengan harga mulai Rp40.000.

Itulah 8 jenis pipa besi yang paling banyak dicari saat ini. Masing-masing memiliki keunggulan dari segi bahan dan ketahanan yang menjadikannya dibanderol dengan harga yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply