Mengenal Pipa Baja Hitam dan Manfaatnya yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Apa sih yang dimaksud dengan Pipa baja hitam itu? Pipa baja hitam atau besi hitam yang dikenal juga sebagai Carbon steel pipe atau Black steel pipe merupakan  sebuah rongga berbentuk lingkaran dari bahan besi atau baja, sehingga lebih kuat dalam menahan beban.

Pipa hitam ini bisa dipakai dalam pembangkit listrik, pabrik petrokimia, kilang minyak dan gas, serta kapal. Pipa tersebut dimanfaatkan untuk mengangkut cairan dan gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Selain itu, pipa hitam juga digunakan sebagai tiang billboard, tiang listrik, saluran air, rangka bangunan dan lain sebagainya.

Dahulu pipa baja hitam sering dipakai sebagai saluran air dan gas, untuk rumah-rumah yang dibangun sebelum tahun 1960. Sedangkan saat ini, mayoritas rumah modern  lebih memilih untuk menggunakan pipa PVC. Pipa PVC selain harganya lebih murah, pemasangannya pun lebih mudah.

Pembuatan Pipa Baja Hitam

Pembuatan Pipa Baja Hitam - seputarhargaterkini.com

Pembuatan Pipa Baja Hitam – seputarhargaterkini.com

Terdapat 3 cara pembuatan pipa baja ini yaitu;

  • Pertambangan Bijih

Bijih atau besi mentah merupakan bentuk kental mineral besi yang bisa diekstrasi. Kualitas dari besi tergantung dari isi logam yang berasal dari bijih ini. Besi ini menjadi bahan utama, untuk memproduksi baja yang dilebur untuk persiapan casting.

  • Peleburan Besi

Proses peleburan besi menggunakan ekstrak bijih logam atau besi mentah, yang dimasukkan ke tungku besar. Tungku ini khusus untuk membersihkan kotoran dan mengurangi kandungan karbon. Selain itu, agar dapat menghasilkan karbon monoksida untuk proses penghilangan oksigen dari besi mentah tersebut. Selanjutnya, logam bebas yang tersisa siap untuk proses casting.

  • Casting Iron

Dibandingkan dengan proses  peleburan, pengecoran besi ini menggunakan suhu pengecoran yang lebih rendah. Logam dilebur dan dibentuk menjadi sebuah silinder, dengan rongga di tengah-tengahnya. Untuk membentuk ukuran, menggunakan penusuk berbentuk peluru, yang didorong melalui rongga tersebut.

Read More :   Membeli Pipa Baja Karbon? Kenali Dulu Fungsi Dan Kegunaannya

Untuk membersihkan pipa tersebut mengggunakan asam sulfat, sedangkan di akhir proses produksi pipa diminyaki sebagai perlindungan. Pipa-pipa ini lalu dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Bahan dan Spesifikasi Pipa Baja Hitam

Bahan dan Spesifikasi Pipa Baja Hitam - suksesbajasemesta.com

Bahan dan Spesifikasi Pipa Baja Hitam – suksesbajasemesta.com

Baja diklasifikasikan sesuai dengan komposisi kandungan kimianya. Terdapat 3 jenis klasifikasi baja ini yaitu Carbon Steel, low alloy steel, dan high alloy steel.

  • Pipa baja hitam merupakan Carbon Steel atau baja karbon yang terdiri dari besi, 1,7 % karbon dan 1,65% mangan beserta sejumlah bahan lain.
  • Baja karbon ringan merupakan baja karbon dengan kandungan karbon di bawah 0,30%.
  • Baja karbon menengah adalah baja karbon dengan kandungan karbon 0,30% – 0,60%.
  • Baja karbon tinggi mempunyai kandungan di atas 0,60%.
  • Baja karbon ini umum digunakan di dalam industri power plant, proses, kimia, hidrokarbon, dan pipa industri.
  • Spesifikasi pipa baja karbon umum dipakai dalam steam operation, udara, atau air termasuk ASTM A1o6 dan ASTM A53.
  • Sedangkan pipa baja karbon API 5L umum dipakai untuk aplikasi pipeline.

Manfaat Pipa Baja Hitam

Manfaat Pipa Baja Hitam - steelpipes.org.com

Manfaat Pipa Baja Hitam – steelpipes.org.com

Apa saja manfaat dari pipa baja hitam ini? Pipa baja hitam memiliki banyak sekali manfaat, mengingat bahan yang digunakan untuk pembuatan pipa baja hitam ini yang sangat kuta. Selain itu karena ketahanan pipa baja hitam ini yang bisa kuat hingga 10 tahun dari masa produksi, maka penggunaannya banyak dipakai untuk kebutuhan industri dan konstruksi bangunan yang mengutamakan durabilitas.

Read More :   Inilah 7 Hal yang Memengaruhi Harga Pintu Baja

Yuk, kita simak yang berikut ini.

  • Pipa baja hitam terbuat dari bahan besi dan stainless steel yang melindunginya dari karat. Oleh karena sifatnya yang anti karat ini, pipa baja hitam banyak digunakan sebagai pipa konstruksi.
  • Selain itu pipa baja hitam juga digunakan dalam proses pembangunan, karena sifatnya yang tahan dan kuat dalam berbagai cuaca.
  • Pipa baja hitam juga dipakai sebagai pengalir cairan dalam bentuk apapun antara lain pabrik oli, pertambangan minyak, hingga air dan gas.
  • Pipa baja hitam bisa juga digunakan sebagai tiang penyangga konstruksi rumah tinggal, bahkan tiang penyangga kanopi dan tiang lampu jalan.

Ukuran Pipa Baja Hitam

Ukuran Pipa Baja Hitam - 3.bp.blogspot.com

Ukuran Pipa Baja Hitam – 3.bp.blogspot.com

Pipa baja hitam ini dianggap lebih efisien dan praktis karena ukurannya sangat bervariasi. Diameter pipa juga dibuat tergantung pada pemakaian serta ketebalan dinding pipa. Ukuran yang bervariasi ini, disesuaikan dengan penggunaanya pada paparan tinggi atau rendah.

Perlu diketahui, bahwa pada umumnya pipa memiliki bermacam-macam ukuran  yang sering dipakai dalam industri. Large Bore Pipe yaitu pipa dengan ukuran lebih besar dari 2 inchi. Sementara Small Bore Pipe merupakan pipa dengan ukuran lebih kecil dari 2 inchi. Sedangkan Tubing yaitu pipa yang berukuran hingga 4 inchi, namun ukuran ketebalan dinding pipanya lebih kecil bila dibandingkan dengan Large Bore dan Small Bore.

Perlu diketahui juga jika ukuran terkecil untuk pipa baja hitam ini, mulai dari 0,5 inchi hingga ukuran 24 inchi.  Sedangkan pipa-pipa Carbon Steel ini, umumnya diproduksi dengan panjang atau random length rata-rata  6 meter.

Ketebalan Pipa Baja Hitam

Ketebalan Pipa Baja Hitam - honedpipesandtubes.com

Ketebalan Pipa Baja Hitam – honedpipesandtubes.com

Lalu bagaimana dengan ketebalan pipanya? Pipa baja hitam memiliki ketebalan atau Schedule, yang sudah dibuat standar dengan penamaan berdasar schedule number. Jadi penamaan bukan dalam ukuran pipa sebenarnya.

Read More :   Pipa Baja – Mengenali Jenis-Jenis serta Cara Membaca Standar Sistem Penomorannya

Perlu diketahui dahulu penamaan ketebalan pipa hanya menggunakant 3 jenis yaitu Standar, Extra Strong (XS), dan Double Extra Strong (XXS). Namun penamaan ketebalan pipa saat ini dengan menggunakan schedule number yang dimulai dari 5 dan 5S, lalu 10 dan 10S dan seterusnya dengan kelipatan 10(20, 30, 40), serta selanjutnya kelipatan 20 (60, 80, 140).

Jenis Pipa BaJa Hitam

Jenis Pipa BaJa Hitam - image1ws.indotrading.com

Jenis Pipa BaJa Hitam – image1ws.indotrading.com

Terdapat beragam jenis pipa hitam, yang dibedakan sebagai berikut:

  • Pipa hitam Medium
  • Pipa hitam SNI
  • Pipa hitam SCH 40 Welded

Sementara pipa hitam bila dibedakan dari mereknya yaitu:

  • Spindo, Bakrie, ISTW, PPI, Rucika, Wavin, Valourex, Benteller, Mannesman, Nippon Sumitomo, dan Tubos.

Harga Pipa Baja Hitam

Harga Pipa Baja Hitam - ptbakrisanjaya.files.wordpress.com

Harga Pipa Baja Hitam – ptbakrisanjaya.files.wordpress.com

Harga pipa baja hitam tentu saja tergantung pada jenis  pipa menyangkut  ketebalan, diameter, dan panjangnya sesuai kebutuhan. Untuk perkiraan harga, Anda dapat melihat contoh harga pipa besi hitam di bawah ini:

 

Ukuran Panjang Harga/btg
1/2″ tipis 6m Rp 41.000
1/2″ x 1.7mm 6m Rp 65.600
3/4″ x 0.8mm 6m Rp 57.500
1″ x 0.8mm 6m Rp 65.600
1″ x 1.7mm 6m Rp 96.950
1″ x 2.0mm 6m Rp 128.335
1.5″ x 0.8mm 6m Rp 78.100
1.5″ x 2.0mm 6m Rp 194.750
2″ x 1.7mm 6m Rp 177.250
2″ x 2.0mm 6m Rp 239.500
2.5″ x 2.0mm 6m Rp 290.500
3″ x 2.0mm 6m Rp 355.250
4″ x 1.7mm 6m Rp 354.250
5″ x 2.1mm 6m Rp 596.500
5″ x 2.8mm 6m Rp 757.500

Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Demikianlah beberapa informasi tentang pipa baja hitam, mulai dari proses pembuatan, komposisi bahan dan material, manfaat, ukuran, jenis pipa baja baerikut harganya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply