7 Fakta Pipa Tubing Besi yang Perlu Diketahui

Ada banyak macam pipa yang tersedia di pasaran, baik dilihat dari segi bahan, ukuran, ataupun kegunaannya. Salah satunya adalah pipa tubing besi, yaitu jenis pipa yang memiliki permukaan halus, baik luar ataupun dalamnya. Besi memang merupakan bahan yang dinilai kuat dan tahan lama sehingga dimanfaatkan sebagai pipa tubing untuk berbagai keperluan.

Mau tahu lebih lanjut tentang pipa tubing satu ini? Berikut adalah tujuh fakta tentangnya.

Tidak harus dibuat dari besi murni

Tidak harus dibuat dari besi murni - suryalogam.com

Tidak harus dibuat dari besi murni – suryalogam.com

Tubingbesi tidak harus dibuat dari bahan besi murni. Alasannya, meskipun secara umum kuat, besi dapat mengalami korosi. Besi juga bereaksi dengan benda-bendayang mengandung zat asam. Akibatnya, tubingbesi tidak cocok untuk membawa fluida dengan kandungan asam, walaupun tetapsangat baik ketika digunakan untuk keperluan lain.

Produsen pipa tubing kemudian menggabungkan besi dengan material lain, misalnya membentuk baja. Baja merupakan campuranantara besi dengan karbon, mangan, fosfor, kalsium, dan unsur lainnya.Pipa dari baja pun dinilai lebih kuat dan lebih tahan lama.

Diukur berdasarkan diameter luar

Diukur berdasarkan diameter luar - image1ws.indotrading.com

Diukur berdasarkan diameter luar – image1ws.indotrading.com

Istilah “pipa” dan “tubing”sering digunakan secara bergantian untuk merujuk pada benda yang sama, yaitu benda berongga berukuran panjang yang terbuka pada kedua ujungnya. Namun, ada yang membedakan istilah pipa dengan tubing, yaitu cara mengukur diameternya. Pipa sering diukur menurut diameter bagian dalamnya (Inside Diameter/ID), sementara pada tubing yang diukur adalah diameter luar (Outside Diameter/OD).

Nah, kalau Anda mendengar istilah pipa tubing, misalnya dalam proses impor maupun dalam pemakaiannya di industri Tanah Air, yang dimaksud adalah pipa jenis tubing. Saat membahas diameter, yang dimaksud adalah diameter luar.Dalam ukuran inci, tubing biasanya memiliki ukuran OD 0,25/0,375/0,5/0,625/0,75/1/1,25/1,5.

Read More :   Pipa Baja – Mengenali Jenis-Jenis serta Cara Membaca Standar Sistem Penomorannya

Ketebalan pipa juga diukur

Ketebalan pipa juga diukur - ae01.alicdn.com

Ketebalan pipa juga diukur – ae01.alicdn.com

Ketebalan pipa tubing ikut diukur dan biasanya disebut dengan ketebalan (thickness) saja. Hal ini berbeda dengan pipa biasa yang ketebalannya disebut dengan Schedule, disingkat Sched.

Tersedia tubing dengan ketebalan berbeda-beda. Artinya, Anda bisa memilih tubing besi dengan ketebalan sesuai kebutuhan. Ada juga produsen yang bisa menyediakan tubing dengan ketebalan sesuai pesanan.

Memiliki banyak kegunaan

Memiliki banyak kegunaan - 2.bp.blogspot.com

Memiliki banyak kegunaan – 2.bp.blogspot.com

Seperti pipa biasa, tubingbesi bajajuga bisa digunakan untuk memindahkan fluida. Banyak industri menggunakan pipa tubing untuk di mesin-mesin mereka, misalnya untuk memindahkan gas. Alat-alat rumah tangga ada yang menggunakan pipa tubing, di antaranya lemari es.Pipa tubing dari baja juga banyak digunakan dalam industri penerbangan, terutama untuk sistem air di dalam pesawat, karena dinilai bisa menjaga kebersihan air.

Sementara untuk pipa tubing besi murni, structural engineer sering menggunakannya dalam kerangka infrastruktur. Tidak harus infrastruktur skala besar, pembangunan kecil-kecilan pun ada yang memanfaatkan pipa besi, misalnya dalam pembuatan pergola atau kanopi.

Tubingbesi memiliki kekuatan sangat baik ketika digunakan di bangunan. Ketika ada gempa, bangunan cukup kuat bertahan.Untuk mencegah besi berkarat—apabila tubing besi tidak dilapisi bahan bangunan lain dan terpapar udara—Anda dapat menggunakan cat berwarna sesuai selera. Pilihan lainnya, Anda bisa memilih jenis pipa lain yang antikarat, misalnya jenis pipa besi hollow galvanis.

Ada tiga jenis pipa tubing berdasarkan kegunaannya

Ada tiga jenis pipa tubing berdasarkan kegunaannya - berlianpancawarna.com

Ada tiga jenis pipa tubing berdasarkan kegunaannya – berlianpancawarna.com

Telah disebutkan sebelumnya kalau ada banyak kegunaan pipa tubing. Nah, ternyata, berdasarkan kegunaannya, pipa tubing dibagi menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut.

  • Structural tube—yaitu pipa tubing yang dipakai untuk membangun struktur bangunan. Tubing jenis ini bisa terbuat dari besi murni maupun besi campuran (baja).
  • Mechanical tube—dipakai dalam membangun struktur atau di dalam mesin-mesin, biasanya untuk mengalirkan zat khusus. Namun, tubing jenis ini tidak dirancang untuk membawa fluida bertekanan tinggi.
  • Pressure tube—inilah jenis yang dirancang secara khusus untuk membawa fluida bertekanan tinggi. Jenis inilah yang paling banyak digunakan dalam industri berat.
Read More :   Sedang Mencari Penjual Pintu Baja Terbaik via Online? Begini Caranya

Dengan adanya ketiga jenis tersebut, Anda jadi lebih cepat memilih mana yang sesuai kebutuhan. Kalau akan memakainya untuk bangunan, Anda bisa memilih jenis structural atau mechanical, tidak perlu mempertimbangkan yang jenis pressure.

Memiliki banyak keunggulan

Memiliki banyak keunggulan - neoimpex.com

Memiliki banyak keunggulan – neoimpex.com

Ada alasan mengapa ada yang disebut pipa tubing, ada yang cukup disebut pipa saja. Selain perbedaan pada pengukuran diameter dan ketebalan, pipa tubing yang banyak tersedia berukuran lebih kecil. Selain itu, pipa tubing memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pipa biasa yang terbuat dari material sama. Berikut keunggulannya.

  • Lebih fleksibel—karena tubing dibuat lebih ramping daripada pipa biasa, ia lebih fleksibel atau tidak terlalu kaku. Akibatnya, getaran dalam satu sambungan tubing tidak terlalu berpengaruh terhadap sambungan lainnya.
  • Sambungan lebih kuat—tubing memiliki standar manufaktur lebih tinggi daripada pipa biasa sehingga pada bagian sambungannya pun, apabila dipasang dengan benar, memiliki risiko kebocoran lebih rendah.
  • Penampilan lebih bagus—untuk Anda yang menyukai penampilan Pipa tubing besi tampak lebih ringan dan ramping.
  • Lebih ergonomis—untuk alasan yang sama, yaitu lebih ringan dan ramping, pipa tubing menjadi lebih ergonomis. Tidak dibutuhkan banyak ruang untuk memasangnya—tidak seperti pipa besi biasa yang lebih besar dan kaku—sehingga ruang gerak orang yang mengoperasikan mesin tersebut tidak terlalu dibatasi.
  • Lebih bersihtubing besi dirancang untuk bisa bersambungan sempurna satu sama lain. Tidak dibutuhkan komponen lain di dalam sambungan sehingga pipanya menjadi lebih bersih. Anda tidak perlu khawatir pipa tubing terkontaminasi oleh partikel dari komponen perekat di sambungan.
  • Mudah dipasang atau dilepas kembali—karena tidak membutuhkan komponen khusus di sambungan, pipa tubing menjadi lebih mudah dipasang. Anda juga bisa melepas atau memasangnya lagi kalau dibutuhkan nantinya.
  • Lebih mudah dilengkungkan—dalam pemasangan pipa, sering kali ada situasi yang mengharuskan Anda untuk melengkungkan pipa tersebut. Pipa tubing lebih mudah dilengkungkan daripada pipa besi biasa.
  • Kekuatannya tidak berkurang—meskipun berdiameter lebih kecil dan lebih tipis daripada pipa besi biasa, tubing besi tetap kuat.
Read More :   Mengenal Pipa Baja Hitam dan Manfaatnya yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, banyak orang kemudian memilih tubing besidaripada pipa besi biasa. Terutama kalaumenginginkan suatu pipa yang berkualitas lebih tinggi, jenis tubing memang menjadi pilihan yang tepat.

Bentuk tubing besi berbeda-beda

Bentuk tubing besi berbeda-beda - sc02.alicdn.com

Bentuk tubing besi berbeda-beda – sc02.alicdn.com

Ketika mendengar kata “pipa”, banyak orang berpikir tentang benda berbentuk silinder dengan lubang di bagian dalamnya. Tidak mengherankan kalau mengingat kebanyakan pipa memang memiliki bentuk silinder dengan kedua ujung terbuka.

Namun, pipa tubingsebenarnya bukan hanya tersedia dalam bentuk silinder.Meskipun kurang populer, ada juga pipa tubing yang berbentuk persegi, heksagonal, oval, ataupun persegi panjang. Normalnya, pipa tubing dengan bentuk selain silinder digunakan dalam membangun struktur, bukan dipakai sebagai media untuk mengalirkan fluida.

Leave a Reply