Inilah 7 Hal yang Memengaruhi Harga Pintu Baja

Pintu baja adalah salah satu produk terbaik yang banyak dicari oleh pengembang perumahan atau individu. Tidak pelak untuk memenuhi kebutuhan pintu baja yang terus meningkat, pabrik pintu yang awalnya hanya memproduksi pintu kayu mulai menambah produknya dengan memanfaatkan bahan baja.

Keunggulan Pintu Baja

Ada beberapa alasan mengapa pintu baja dipilih oleh masyarakat. Pintu ini sangat kuat ketimbang pintu dengan bahan kayu terbaik, jati misalnya. Baja tidak akan mengalami pelapukan atau habis dimakan oleh rayap. Dengan perawatan yang baik, pintu ini juga tidak akan mengalami korosi akibat air atau bahan kimia lainnya.

Lebih lanjut, pintu baja tahan terhadap cuaca baik itu panas atau dingin. Bahan besi dan karbon yang terkandung di dalamnya membuat baja tidak mudah leleh karena panas atau mengerut karena dingin. Keunggulan terakhir dari pintu baja adalah awet dan bisa digunakan berkali-kali sehingga membeli sekali bisa untuk selamanya.

Faktor yang Memengaruhi Harga pintu baja

Pintu yang terbuat dari baja memang memiliki banyak keunggulan, tapi pintu yang awet ini kadang memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal. Nah, untuk mengetahui kenapa harga pintu baja kadang sangat tinggi, simak faktor-faktor yang memengaruhinya di bawah ini.

  • Jenis Baja
Jenis Baja - 3.bp.blogspot.com

Jenis Baja – 3.bp.blogspot.com

Baja memiliki banyak jenis karena terbuat dari beberapa campuran bahan. Baja yang banyak di pasaran adalah baca yang terbuat dari campuran besi dan karbon. Baja ini biasanya digunakan untuk membuat pintu, pipa, hingga bodi mobil, dan motor agar kuat dan tidak mudah rusak.

Baja yang terbuat dari campuran besi dan karbon dibagi lagi menjadi tiga, pertama baja dengan karbon rendah, karbon menengah, dan karbon tinggi. Semakin tinggi kandungan karbon yang dimiliki oleh baja, semakin kuat baja yang dihasilkan.

Read More :   Vinyl Lantai Pekanbaru Pelapis Lantai Praktis dan Ekonomis

Baja juga bisa dibuat dengan mencampur kromium, nikel, dan titanium. Baja dengan bahan ini dikenal sangat kuat sehingga harga pintu baja yang dihasilkan akan semakin tinggi.

Sebelum membeli pintu baja, cari tahu bahan apa yang digunakan oleh produsennya. Kalau bahannya yang terbaik, Anda harus siap membayar mahal.

  • Ukuran Pintu
Ukuran Pintu - imagebali.net

Ukuran Pintu – imagebali.net

Ukuran pintu juga memengaruhi harga pintu baja. Semakin besar pintu baja yang dipesan, semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Pengusaha pintu baja biasanya mengukur berapa banyak baja yang digunakan untuk membuat pintu dari mulai proses hingga selesai.

Selain ukuran (panjang dan lebar), ketebalan dari pintu juga semakin membuat harganya mahal. Pintu baja yang tebal memakan banyak bahan baja. Jadi, pertimbangkan banyak aspek agar pintu baja tetap kuat, harga masuk akal, dan Anda tidak kesusahan saat membukanya nanti karena terlalu berat.

  • Desain Pintu
Desain Pintu - renovasi-rumah.net

Desain Pintu – renovasi-rumah.net

Desain pintu yang sederhana akan memudahkan produsen ketika membuatnya. Sementara itu, desain yang rumit akan membuat produsen cukup kesulitan membuatnya sehingga kadang membutuhkan peralatan yang lebih canggih dan tidak ada di Indonesia.

Perhatikan desain sebelum membuat pintu baja. Usahakan pintu baja yang dipesan sudah umum di pasaran atau cukup masuk akal dibuat kalau desainnya baru. Baja adalah bahan yang sangat keras sehingga untuk beberapa desain akan sulit dibuat kecuali menggunakan sistem molding atau cetak.

Untuk membuat cetakan dengan model tertentu ini cukup sulit. Pabrikan tidak mungkin membuat cetakan baru kalau tidak digunakan secara terus-menerus. Jadi, kalau mau desain baru, Anda juga harus membayar cetakan sekali pakai.

  • Fitur yang Disematkan
Fitur yang Disematkan - stainlessjaya.com

Fitur yang Disematkan – stainlessjaya.com

Pintu baja konvensional biasanya hanya berupa daun pintu yang memiliki pegangan untuk membuka atau menutup. Fitur lain seperti ada kaca untuk mengintip ke luar, ventilasi pada bagian atas, kotak di bawah yang bisa digunakan untuk tempat masuk hewan peliharaan hingga adanya peralatan elektronik seperti kunci berbasis kartu yang ada di hotel.

Read More :   8 JENIS PIPA BESI TERPOPULER

Harga pintu baja akan semakin mahal kalau fitur-fitur baru banyak ditambahkan. Jadi, sebelum memesan pintu baja, pikirkan terlebih dahulu, fitur apa yang akan ditambahkan. Tanyakan terlebih dahulu berapa tambahan harga untuk tambahan tersebut. Terakhir, jangan terlalu berfokus pada fitur kalau akhirnya pintu baja yang dipesan tidak bisa berfungsi maksimal.

  • Jumlah Pesanan
Jumlah Pesanan - i2.wp.com

Jumlah Pesanan – i2.wp.com

Pintu baja sama halnya barang retail lain yang kalau beli dalam jumlah banyak harganya jauh lebih murah.  Nah, kalau Anda ingin mendapatkan harga jauh lebih murah, pesan pintu baja dengan jumlah lebih banyak.

Kalau Anda hanya individu yang menggunakan pintu baja untuk satu rumah saja mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan harga murah. Namun, kalau Anda adalah pengembang perumahan, memesan pintu baja dengan jumlah banyak akan sedikit menguntungkan. Anda bisa melakukan negosiasi dengan produsen untuk mendapatkan harga yang jauh murah.

  • Lokasi
Lokasi - openwebcamp.org.com

Lokasi – openwebcamp.org.com

Kalau memesan pintu baja usahakan yang tidak terlalu jauh dari rumah atau tempat proyek. Pertama, baja adalah material yang sangat kuat dan besar. Kalau memesan dalam jumlah banyak, memindahkan pintu dari gudang produsen ke tempat Anda akan cukup sulit dan membutuhkan banyak orang.

Read More :   Mendapatkan Harga Pipa Baja Hitam yang Sesuai dengan Kualitas

Kedua, jarak antara rumah dan tempat produksi pintu baja juga memengaruhi harga beli. Mau tidak mau Anda harus membayar biaya pengiriman dan itu tidak sedikit. Kalau Anda berada di Medan lalu memesan pintu baja dari Surabaya, kira-kira tarif kirimnya sedikit atau banyak? Bisa jadi tarif kirimnya melebihi harga beli dari pintu baja itu sendiri.

Terakhir dan paling penting, pintu baja memiliki dimensi cukup besar. Ekspedisi pengirim biasanya membebankan biaya sesuai dengan dimensi karena memenuhi banyak ruangan. Jadi, daripada Anda menghabiskan banyak urang hanya untuk beban logistik saja, lebih baik memesan pintu baja pada produsen yang domisilinya tidak jauh dari rumah atau lokasi proyek.

  • Durasi Pembuatan
Durasi Pembuatan - greatplainswindows.com

Durasi Pembuatan – greatplainswindows.com

Menyambung poin nomor 3 tentang jenis desain untuk pintu baja, durasi pembuatan pintu juga memengaruhi harga. Kalau desainnya rumit sehingga membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya, produsen akan mematoknya dengan harga tinggi kalau pengerjaannya memakan waktu.

Kita ambil contoh saja, pintu baja biasa hanya membutuhkan waktu 3 hari pengerjaan. Sementara itu, pintu baja dengan desain tertentu membutuhkan waktu 8 hari. Kira-kira dengan bahan yang sama banyak, harga untuk pintu desain khusus akan lebih mahal atau murah? Jawabannya tentu lebih mahal.

Bagi produsen, waktu sangat berharga. Dengan waktu 8 hari, mereka bisa membuat nyaris 3 pintu baja biasa sehingga pintu dengan desain tertentu mau tidak mau akan jadi mahal.

Inilah beberapa faktor yang memengaruhi harga pintu baja. Dengan memerhatikan tujuh hal di atas, Anda bisa memperkirakan seberapa besar bujet yang harus dikeluarkan. Kalau pintu bajanya sederhana, tidak punya banyak fitur, serta lokasi pembuatannya dekat dengan rumah, biaya yang harus dibayarkan akan murah. Jadi, mari bijak sebelum memesan.

Jangan tergesa-gesa memesan kalau akhirnya jadi mahal dan manfaat aslinya tidak didapatkan. Semoga artikel di atas bisa memberi manfaat.

Leave a Reply