7 Keunggulan Pipa Besi Dibandingkan Jenis Pipa yang Lain

Pipa besi merupakan salah satu material yang banyak dipakai sebagai bahan konstruksi. Selain untuk saluran air dan gas, pipa besi umumnya difungsikan sebagai rangka penyangga, pegangan tangga, serta pagar rumah. Bahkan, pipa besi juga kerap dipakai sebagai tiang penyangga papan iklan besar yang biasa ditempatkan di tepi jalan raya.

Jika dibandingkan dengan jenis pipa yang lain, pipa besi memiliki banyak keunggulan. Berikut ini 7 keunggulan pipa besi yang perlu Anda ketahui.

Kuat

Kuat - ae01.alicdn.com

Kuat – ae01.alicdn.com

Bahan besi memiliki karakteristik yang kuat. Saat berbenturan dengan benda lain, pipa besi tidak akan mudah koyak, patah, bengkok, atau berlubang.

Jika dibutuhkan dalam ukuran yang lebih panjang, pipa besi bisa disambung melalui proses pengelasan. Dengan begitu, kedua sambungan logam bisa menyatu dan kemungkinan adanya kebocoran pun bisa terminimalisasi.

Daya Tahan Tinggi

Daya Tahan Tinggi - asiatoko.com

Daya Tahan Tinggi – asiatoko.com

Perubahan cuaca yang tidak menentu memang kerap membuat bahan-bahan konstruksi mudah lapuk atau keropos. Jika dibiarkan terus menerus terkena panas dan hujan, bahan-bahan tersebut tentu tidak akan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Namun, hal tersebut tentu berbeda jika bahan yang digunakan berasal dari material besi.

Pipa besi atau material dari besi merupakan bahan yang memiliki daya tahan tinggi. Sebagai contoh, meskipun berada di luar ruangan, pagar rumah berbahan besi tetap kokoh berdiri selama puluhan tahun.

Selain itu, bahan besi juga tergolong material anti-rayap dan jamur. Sekalipun diletakkan di lokasi dengan kondisi yang lembap dan minim cahaya, pipa besi tidak akan dimakan rayap atau ditumbuhi jamur. Dengan demikian, pipa dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Tersedia dalam Beragam Jenis

Tersedia dalam Beragam Jenis - ae01.alicdn.com

Tersedia dalam Beragam Jenis – ae01.alicdn.com

Di pasaran, kini sudah ada beragam jenis pipa besi. Berikut ini beberapa jenis pipa besi yang paling banyak dicari pembeli.

  • Pipa Hollow
Read More :   Tips Paling Tepat dalam Pemilihan Wallpaper Untuk Lantai

Pipa hollow adalah pipa berbahan besi yang memiliki bentuk kotak. Pipa ini biasa digunakan sebagai bahan pagar dan kerangka bangunan. Karena bentuknya yang praktis, pemasangan pipa hollow biasanya tergolong mudah sehingga bisa dilakukan dalam durasi yang lebih singkat.

  • Pipa Ductile

Pipa yang dibuat dengan menggunakan teknologi sentrifugal ini merupakan salah satu pipa besi terkuat yang ada sepanjang masa. Pipa ini bahkan mampu bertahan saat terjadi gempa. Selain itu, pipa ductile juga sudah teruji anti-karat meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun dalam berbagai kondisi cuaca.

  • Pipa Welded

Pipa welded merupakan salah satu jenis pipa besi yang cara pembuatannya dilakukan dengan menggabungkan dua sisi tepi lempeng. Ciri khas yang tampak jelas dari pipa ini adalah keberadaan garis sambungan pipa.

Agar terjamin keamanannya, pipa welded biasanya diproduksi oleh perusahaan yang telah tersertifikasi. Selain itu, pengawasan terhadap pembuatan jenis pipa ini juga dilakukan secara ketat. Jika tidak, sambungan pipa yang dilakukan melalui proses pengelasan bisa menimbulkan kebocoran yang menjadikan pipa berbahaya saat digunakan.

  • Pipa Seamless

Berbeda dari pipa welded yang dibuat dengan menggabungkan dua sisi lempeng logam, pipa seamless justru tidak memiliki sambungan. Pipa ini dibuat melalui proses pelubangan pada sebuah silinder sehingga bisa diperoleh sebuah pipa utuh yang kuat dan berdaya tahan tinggi.

Ukuran Bervariasi

Ukuran Bervariasi - 4.bp.blogspot.com

Ukuran Bervariasi – 4.bp.blogspot.com

Pipa besi kini sudah tersedia dalam berbagai ukuran dengan diameter dan ketebalan yang berbeda. Pipa hollow misalnya. Pipa berbentuk kotak memanjang ini tersedia dalam banyak ukuran. Di pasaran, setidaknya ada 50 macam ukuran. Pipa hollow terkecil memiliki ukuran 15 x 30 x 0,60 mm per batang. Sementara itu, pipa hollow terbesar memiliki ukuran 50 x 50 x 2 mm.

Read More :   Persaingan Harga Jual Pipa Baja Domestik dan Impor

Harga Kompetitif

Harga Kompetitif - 5.imimg.com

Harga Kompetitif – 5.imimg.com

Besi merupakan salah satu material yang jumlahnya melimpah di alam. Tidak mengherankan, harga pipa besi per meter umumnya dibanderol dengan nominal yang cukup terjangkau. Meskipun demikian, beberapa produk pipa besi terkadang bisa mencapai harga yang lebih tinggi dari jenis pipa yang lain karena harus diimpor dari luar negeri.

Pipa besi biasanya dijual dengan satuan ukuran kilogram, ton, atau hitungan per batang, yaitu 6 meter. Namun, ada juga beberapa penjual yang menyediakan pipa besi dalam satuan per meter.

Untuk mengetahui seberapa mahal harga pipa besi yang sesungguhnya, ada baiknya Anda menyimak beberapa contoh harga pipa besi per meter terbaru berikut ini.

  • Pipa besi dengan ketebalan 2 inci (1,2 mm) dibanderol dengan harga sekitar Rp22.500 per meter atau Rp132.000 per batang berukuran 6 m.
  • Pipa besi dengan ketebalan 3 inci (1,4 mm) dibanderol dengan harga sekitar Rp37.000 atau Rp220.000 per batang berukuran 6 m.
  • Pipa besi dengan ketebalan 4 inci (1,7 mm) dibanderol dengan harga sekitar Rp50.500 per meter atau Rp302.500 per batang berukuran 6 m.

Multiguna

Multiguna - istanapipa.files.wordpress.com

Multiguna – istanapipa.files.wordpress.com

Pipa besi merupakan salah satu jenis bahan konstruksi yang multiguna serta bernilai tinggi. Bahkan jika material tersebut sudah tidak digunakan, banyak orang yang mencarinya untuk diolah kembali dan dijadikan produk baru yang lebih bermutu.

Berikut ini beberapa kegunaan lain dari pipa besi yang perlu Anda ketahui.

  • Instalasi Listrik
Read More :   Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pipa Baja Ringan

Saat melakukan instalasi listrik, kabel-kabel harus ditanam agar tidak membahayakan banyak orang. Untuk kebutuhan listrik di rumah, kabel biasanya ditanam di dalam dinding. Sementara untuk kebutuhan listrik daerah yang lebih luas, kabel listrik biasa ditanam di dalam tanah.

Untuk melindungi kabel-kabel dari kerusakan, Anda bisa memanfaatkan pipa besi. Sebab jika sewaktu-waktu dilakukan pembongkaran, kondisi kabel akan tetap utuh karena sudah terlindungi bahan yang kuat dan kokoh.

  • Perlengkapan Rumah Tangga

Berkat kekuatannya, pipa besi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan aneka jenis perlengkapan rumah tangga. Salah satu contoh penggunaan pipa besi dapat Anda lihat pada pembuatan tiang jemuran. Meskipun banyak pakaian basah yang diletakkan di atasnya serta ditempatkan di luar rumah, tiang jemuran pakaian tetap bisa kokoh dan tidak mudah patah.

  • Dekorasi Interior Bangunan Bergaya Industrial

Tren desain interior bergaya industrial yang belakangan kian digemari kerap membuat banyak orang membutuhkan cukup banyak material pipa besi. Material tersebut biasanya dijadikan bahan furnitur dan aksesori ruangan untuk menguatkan suasana khas industrial sehingga diperoleh kesan santai, nyaman, dan artistik.

Beberapa furnitur yang bisa dibuat dari bahan pipa besi, antara lain: meja, kursi, rak buku, gantungan baju, dan tempat lampu. Dalam pembuatannya, pipa besi terkadang digabungkan dengan bahan kayu anti-rayap, spons, atau sofa, serta dicat sedemikian rupa sehingga bisa diperoleh furnitur yang kuat dan bernilai seni.

Banyak Tersedia di Pasaran

Banyak Tersedia di Pasaran - 1.bp.blogspot.com

Banyak Tersedia di Pasaran – 1.bp.blogspot.com

Mencari pipa besi tidaklah sulit. Pasalnya, kini sudah ada cukup banyak toko material yang menyediakan beragam model pipa besi berbagai ukuran. Bahkan, pipa besi kini juga dapat Anda beli secara daring (online). Jadi, Anda bisa mendapatkan pipa besi tanpa harus keluar rumah. Bahkan, dengan cara pembelian online tersebut, Anda juga bisa memesan berbagai pipa besi impor yang tidak diproduksi di Indonesia. Selamat berbelanja

Leave a Reply