Keramik atau granit? Bagi yang masih awam pasti bingung dengan istilah material bangunan tersebut? Padahal produknya sudah beredar lama di pasaran. Bagaimana karakteristik dan keunggulannya? Serta berapa Harga Keramik Granit?

Mengenal Karakteristik Keramik Granit

Sejumlah merek ternama yang meluncurkan keramik granit diantaranya adalah Indogress, Monalisa, Venus, Essenza, Niro Granite, dan Granito. Semua merek tersebut sanggup menyuguhkan penampilan cantik pada eksterior dan interior bangunan atau hunian.

Homogeneous tile atau granite tile adalah sebutan lain bagi keramik granit. Material lantai ini dibuat dari perpaduan silika, kaolin dan tanah liat. Agar menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, maka harus melalui proses pembakaran dengan suhu sebesar 1200 derajat celcius.

Tujuan dari proses tersebut adalah supaya menghasilkan pori-pori yang sangat kecil, dan produk yang kuat serta tahan lama. Sehingga kalau keramik granit dipotong maka menghasilkan potongan yang menyatu dari atas ke bawah. Bahan flooring ini dinamakan sebagai keramik granit, karena memang memiliki motif dan warna alami layaknya granit.

Biasanya jenis keramik tersebut dibedakan dengan melihat jenis dan motif tekstur atau permukaannya. Bagaimana dengan harga jualnya di pasaran? Produk penutup lantai ini terbilang terjangkau, sebab semakin banyak pabrikan yang memproduksinya.

Tampilan dari keramik granit memang sangat menawan. Sekilas mirip dengan granit  asli. Inilah kenapa semakin banyak orang tertarik untuk menggunakannya di berbagai jenis bangunan. Terutama di hunian pribadinya. 

Apa Sih Bedanya Keramik Granit dan Keramik?

Produk tile atau keramik lebih familiar bagi masyarakat sebagai material penutup lantai, bila dibandingkan dengan keramik granit. Padahal kalau dilihat dari proses pembuatannya bisa dibilang sama. Bedanya pada proses pembakaran untuk keramik granitnya, yang lebih tinggi suhunya. Karena itulah terbukti lebih kuat daripada keramik biasa.

Lalu, bagaimana cara membedakannya? Sebenarnya terbilang mudah. Untuk keramik granit memiliki tampilan yang sama di seluruh permukaannya. Tetapi kalau keramik menampilkan glazur atau motif pada sisi atasnya saja. Untuk bagian bawahnya terlihat hasil pembakaran tanah liatnya.

Baik keramik maupun keramik granit hadir dengan pilihan licin dan mengkilap (polished), dan tidak licin atau tidak mengkilap (unpolished).

Pada umumnya, keramik granit diproduksi dengan ketebalan antara 8 hingga 10 milimeter. Kalau keramik biasanya hanya memiliki ketebalan berkisar 6 milimeter. Dilihat dari ketebalan tersebut menjadikan keramik granit lebih kuat dan daya tahannya lebih tinggi.

Jadi cukup wajar kalau Harga Keramik Granit relatif lebih tinggi di pasaran, dibandingkan dengan keramik biasa.

Inilah Kelebihan dari Keramik Granit

Meskipun bahan dan proses produksinya hampir sama seperti keramik, tetapi keramik granit memang lebih unggul kualitasnya. Hal itu disebabkan oleh proses pembakarannya yang mengandalkan suhu lebih tinggi, yang membuatnya lebih kuat.

Kalau dilihat dari segi penampilannya sangat mewah, hampir mirip dengan granit sesungguhnya. Keramik granit tetap diproduksi dengan aneka warna dan motif menarik. Biasanya keramik granit diproduksi dengan ukuran besar dan tetap memerhatikan segi presisinya.

Keramik granit tidak perlu direndam ketika akan diaplikasikan pada lantai. Sebab pori-pori pada permukaannya relatif kecil. Dengan begitu, risiko terangkat akibat kesalahan pemasangan atau perubahan suhu relatif kecil. 

Selain itu, keramik granit juga lebih tahan terhadap paparan noda dan kotoran, karena memiliki pori-pori yang kecil. Jadi Anda tidak akan direpotkan dengan cara pembersihan dan perawatannya. Jika permukaannya tergores bisa memolesnya. Jadi tidak perlu takut akan terjadi perubahan warna atau motif. Sebab memiliki sifat homogenitas yang sangat solid. 

Pilihan Ukuran Keramik Granit

Selain digunakan sebagai penutup lantai, keramik granit juga sering diaplikasikan untuk dinding dan top table. Beragam ukuran modular mudah didapatkan di pasaran. Seperti ukuran 40×40 cm, 60×60 cm, 80×80 cm, dan juga 120×120 cm.

Nah, dengan pilihan ukuran tersebut pastinya memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Apalagi tingkat presisinya juga tinggi, sehingga membuat waktu pemasangan keramik granitnya semakin mudah dan cepat.

Keramik granit dengan berbentuk mozaik dengan ukuran 120×120 cm juga semakin mudah dijumpai di pasaran. Aneka ragam warnanya bisa disesuaikan dengan selera penggunanya. Cara memotong dan menyusunnya agar tercipta desain yang memukau juga semakin mudah. Dengan dukungan kecanggihan teknologi potong water jet. 

Tekstur dan Motif Keramik Granit

Keramik granit juga dibuat dalam dua macam tekstur, yakni tekstur kasar (unpolished) dan tekstur halus (polished). Biasanya area basah dan eksterior lebih mengandalkan keramik granit bertekstur kasar. Beberapa tempat yang dimaksud adalah kamar mandi dan teras. Tujuannya supaya permukaan lantainya tidak mudah licin, sehingga berisiko membuat orang terpeleset. 

Sedangkan untuk keramik granit yang teksturnya halus sangat ideal diaplikasikan pada bagian interior. Tujuannya supaya menampilkan kesan bersih dan bisa memendarkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan tersebut. Dengan demikian menjadikan tampilan ruangan semakin elegan dan nyaman.

Keramik granit tidak hanya didesain dengan motif yang mirip granit saja. Tetapi didesain juga dengan tanpa motif atau polos, bermotif artistik, marmer, batu alam, motif kayu dan lain sebagainya.

Pilihan warnanya juga melimpah, seperti warna hitam, cokelat, abu-abu, putih dan sebagainya. Sehingga Anda bisa memilih warna keramik granit yang sesuai selera dan sekaligus bisa diserasikan dengan konsep interior atau bangunan. Penampilan lantai juga akan semakin menawan, karena menyuguhkan tampilan alami dari alur pasir atau alur bebatuan.

Cara Tepat Merawat Keramik Granit

Keawetan dari pemasangan keramik granit sangat didukung juga dengan teknik pemasangan yang benar. Untuk itu, pastikan Anda hanya menggunakan tenaga ahli dan berpengalaman untuk pemasangan keramik granitnya. 

Sangat disarankan untuk memakai semen instan untuk memasang keramik granit. Buatlah nat atau sambungan dengan jarak berkisar 2-3 milimeter. 

Setelah keramik granit terpasang dengan benar, pastikan untuk melakukan perawatan secara terpat. Pembersihan rutin wajib dilakukan, dengan menggunakan air dan cairan khusus pembersih lantai. 

Oleh karena keramik granit tidak gampang menyerap air, maka kalau terkena tumpahan minuman kopi atau cairan membandel lainnya biasanya tidak akan meninggalkan bekas. Jadi Anda bisa segera mengelapnya menggunakan kain basah. 

Kalau terlihat bekas goresan akibat benturan benda keras, maka bisa melakukan pemolesan. Cara ini tidak akan membuat motif dan warna keramik granit menjadi berubah. Jadi tidak akan muncul belang pada permukaan keramiknya.

Harga Keramik Granit TERMURAH 

Anda sedang mencari Harga Keramik Granit yang paling murah tapi tetap berkualitas? 

Caranya sangat mudah dengan mengunjungi website toko bangunan terpercaya di IsiBangunan.com. Produknya dijamin bermutu tinggi, tapi ditawarkan dengan harga sangat bersaing. Sehingga memastikan Anda bisa mendapatkan produk terbaik, tapi takut mengeluarkan anggaran lebih besar.

Ada banyak pilihan ukuran, warna dan motif cantik yang disediakan. Seluruh produknya tersedia dengan stok melimpah, sehingga bisa melayani pesanan dalam jumlah besar sekalipun. 

Segera kunjungi IsiBangunan.com dan dapatkan keramik granit kesukaan Anda!!

Please rate this