Sejak hidup dalam karantina kita memasuki kehidupan normal yang baru, yaitu lebih mementingkan dan memperhatikan kebersihan. sejak dirumah aja, kita mau gak mau sering beraktifitas dari rumah.

agar rumah sebagai tempat yang aman untuk kita beraktivitas terhidandar ikuti tips berikut

disadur dari alodokter :

Langkah Membersihkan Rumah untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Virus Corona terbukti dapat bertahan hidup selama berjam-jam bahkan berhari-hari di permukaan suatu benda. Oleh karena itu, untuk mencegah infeksi virus Corona, Anda perlu membersihkan rumah secara menyeluruh dan melakukan tindakan disinfeksi bila memang diperlukan.

Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan rumah dan peralatan rumah tangga untuk mencegah penularan virus Corona selama wabah COVID-19:

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membersihkan rumah, siapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti masker, sarung tangan sekali pakai yang kedap air dengan bahan karet atau plastik, kantong sampah, sabun atau detergen, cairan disinfektan, dan lap bersih.

Biarkan jendela rumah terbuka lebar agar sirkulasi udara di rumah Anda lancar saat sedang membersihkan rumah.

2. Bersihkan permukaan benda dengan air dan sabun

Saat hendak membersihkan rumah, pertama-tama cucilah tangan Anda dengan air dan sabun atau hand sanitizer, lalu pakailah sarung tangan.

Setelah itu, bersihkan setiap permukaan benda yang ada di dalam rumah menggunakan lap yang telah direndam campuran air dan deterjen. Utamakan untuk membersihkan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, permukaan meja makan, bagian lengan kursi, remote televisi, dan keran air.

3. Lakukan disinfeksi pada permukaan benda

Bila salah satu anggota keluarga di rumah ada yang sedang sakit atau mengalami gejala COVID-19, seperti batuk dan demam, ia disarankan untuk menggunakan kamar tidur dan kamar mandi yang terpisah dengan anggota keluarga yang lain.

Bila hal tersebut tidak memungkinkan, lakukanlah tindakan disinfeksi setiap hari, terutama di kamar tidur dan kamar mandi yang digunakan berbarengan dengan anggota keluarga yang sakit.

Cairan disinfektan bisa dibeli secara online. Anda juga bisa membuat cairan disinfektan sendiri di rumah jika kesulitan mendapatkannya. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampur 4 sendok teh larutan pemutih pakaian (bleach) dengan 1 liter air. Setelah itu, masukkan cairan disinfektan ke dalam botol semprotan.

Cara melakukan disinfeksi juga mudah. Anda cukup menyemprotkan cairan disinfektan secukupnya ke permukaan benda. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu usap dengan kain bersih hingga permukaan benda tersebut kering.

4. Buang sarung tangan dan cuci tangan setelah membersihkan rumah

Setelah rumah dan benda-benda di dalamnya selesai dibersihkan, lepaskan sarung tangan dan buang ke dalam plastik sampah yang sudah disiapkan.

Pastikan semua kotoran dan sampah juga sudah dimasukkan ke dalam plastik sampah sebelum melepaskan sarung tangan. Sebisa mungkin lepaskan sarung tangan dengan hati-hati, jangan sampai bagian luarnya mengenai kulit.

Ikat erat plastik sampah tersebut, lalu letakkan di bak sampah yang tertutup rapat. Setelah itu, bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

Benda-Benda Lain yang Perlu Dibersihkan

Selain permukaan benda yang sering disentuh, ada beberapa benda lain yang juga perlu dibersihkan atau dicuci dengan cara khusus, yaitu:

Pakaian

Cuci pakaian kotor dengan air hangat dan detergen, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Pakaian milik anggota keluarga yang sedang sakit boleh dicuci bersama dengan pakaian lain. Namun, gunakan sarung tangan saat mencucinya.

Alat makan

Siapkan alat makan terpisah untuk anggota keluarga di rumah yang sedang sakit. Setelah digunakan, cuci alat makan, seperti piring, garpu, sendok, dan gelas, yang digunakan orang yang sakit secara terpisah dan gunakan spons cuci piring yang berbeda. Selain itu, gunakan juga air panas untuk mencuci alat makan tersebut.

Perlengkapan tidur

Rendam sprei, sarung bantal, dan selimut dengan air panas yang sudah dicampur detergen sebelum dicuci. Jika tersedia mesin cuci, Anda bisa menggunakannya untuk mencuci alas tidur tersebut. Jika tidak, Anda bisa mencucinya dengan tangan, tetapi jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan.

Selain itu, berhati-hati juga dalam menggunakan disinfektan. Kontak langsung atau terhirupnya disinfektan bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama bila terjadi dalam jumlah yang banyak.

Alat pembersih

Peralatan yang digunakan untuk membersihkan rumah, seperti sapu, lap, dan kain pel, juga perlu dibersihkan. Cuci peralatan tersebut dengan air dan sabun, lalu keringkan. Setelah itu, semprotkan cairan disinfektan pada alat-alat pembersih ini dan simpan di tempat yang bersih dan kering.

Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan atau mencuci barang-barang yang ada di rumah. Terlebih ketika membersihkan barang-barang milik anggota keluarga yang sakit. Jika tidak menggunakan sarung tangan, pastikan Anda tidak lupa untuk mencuci tangan setelahnya.

Membersihkan rumah perlu dilakukan secara rutin. Libatkan anggota keluarga yang lain ketika membersihkan rumah, kecuali mereka yang sedang sakit. Selain itu, seluruh anggota keluarga di rumah juga perlu menjaga kebersihan diri masing-masing.

Setiap anggota keluarga harus mencuci tangan secara rutin, terutama setelah batuk dan bersin, menggunakan kamar mandi, sebelum dan setelah makan, juga setelah bersentuhan dengan anggota keluarga yang sakit.

untuk bahan-bahan dekorasi yang bersih dan anti bakteri bisa di dapat di www.isibangunan.com

Please rate this