Terobosan Baru Lantai Motif Kayu Vinyl

Lantai Motif Kayu Vinyl –¬†Sebelumnya, orang mengenal lantai kayu parquet dengan pilihan kualitas kayu berbeda-beda (solid, laminate dan vaneer parquet). Kini, mendekorasi rumah dengan kesan natural dapat menggunakan lantai motif kayu vinyl. Sebenarnya apa itu vinyl? Vinyl merupakan lantai motif kayu berbahan material sintesis yang terbuat dari beberapa campuran bahan kimia.

Lantai vinyl tersedia dalam bentuk lembaran/roll (biasanya memiliki ukuran tebal 3 mm, lebar 1,8-2 m dan panjang 20 m) dan vinyl yang sudah dipotong (biasanya memiliki ukuran kurang lebih lebar 180 mm x panjang 900 mm). Motif vinyl sendiri bermacam-macam, biasanya mengambil tema natural, seperti kayu, batu dan sebagainya, sehingga terkesan hampir sulit dibedakan dengan lantai parquet.

Terobosan Baru Lantai Motif Kayu Vinyl

Tentang Lantai Vinyl

Lantai motif kayu vinyl dapat berfungsi sebagai karpet lantai, karena memiliki tingkat kelenturan yang bagus, dalam pemasangannya antara lantai dan vinyl biasanya diberi lem, sehingga dapat merekat dengan erat pada lantai. Harga lantai vinyl terbilang lebih murah dibanding lantai parquet dengan pilihan corak motif yang ditawarkan juga beragam.

Read More :   Tips Paling Tepat dalam Pemilihan Wallpaper Untuk Lantai

Bahan vinyl kuat dan awet karena terbuat dari PVC yang bersifat anti patah, keawetannya dapat mencapai antara 20 sampai 25 tahun. Tampilan permukaannya lebih halus dan lunak dibanding lantai kayu, bagian bawah lantai motif kayu vinyl terdapat bahan pelapis, biasanya berupa kain ataupun busa, hal tersebut dapat menghindarkan orang untuk terluka parah apabila terjatuh.

Lantai vinyl juga terkesan nyaman ketika dipijak serta tahan terhadap air maupun kelembapan, sehingga perawatannya tergolong mudah, cukup dengan menyapu dan sesekali mengepelnya. Beberapa diantara lantai motif kayu vinyl, dilengkapi lapisan anti bakteri dan anti kimia yang berguna sebagai pencegah bakteri ketika ditempelkan dipermukaan lantai.

Juga anti terhadap serangga rayap, jenis ini biasanya sering diaplikasikan pada lantai rumah sakit dan labolatorium. Selain lantai motif kayu, vinyl juga tersedia dengan motif marmer, granit, polos dan sebagainya. Dengan pilihan motif tersebut, membuatnya sering diaplikasikan untuk penutup lantai sekolah, ruang olahraga, kantor, restoran, rumah dan beberapa tempat umum lainnya.

Read More :   Gunakan Wall Panel 3 Dimensi, Dinding Tampek Lebih Mewah

Pemasangan Vinyl

Sebagai lantai motif kayu terbaru, vinyl memiliki tahap pemasangan. Sebelum vinyl dipasang, pastikan lantai dalam keadaan kokoh, rata dan kering, karena berhubungan dengan hasil kerekatan dan kehalusan lantai. Tentukan ukuran vinyl pada beberapa daerah tertentu, agar dapat dilakukan tahap pemotongan ataupun penyesuaian lembaran vinyl.

Oleskan lem solvet base adhesive sebagai perekat pada permukaan lantai dan dasar vinyl, lalu tempelkan vinyl ke lantai setelah lem mengering, pastikan perekatan rata, lantai motif kayu vinyl selesai dipasang.

Kekurangan Lantai Vinyl

Meskipun vinyl mempunyai beberapa kelebihan karena lantai motif kayu serbaguna dengan berbagai corak, namun ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, seperti :

Pertama, bahan kurang ramah, vinyl terbuat dari PVC, bahan tersebut bersifat kurang baik terhadap kesehatan, PVC akan melepaskan volatile organic compounds (VOC) ke udara, zat tersebut dapat membahayakan beberapa orang yang sensitif pada pernapasan.

Kedua, sebelum memasang vinyl sebagai pelapis lantai, pastikan bahwa material ataupun lantainya benar-benar bersih. Apabila tidak, perekat vinyl tidak dapat bekerja dengan sempurna dan akan cepat lepas.

Read More :   Harga Pelapis Lantai Motif Kayu Murah Dan Berkualitas

Ketiga, bahan vinyl untuk lantai motif kayu maupun motif lain, memang didesain dengan tampilan yang halus dan lembut, hal tersebut akan membuatnya mudah tergores karena sentuhan barang keras dari furniture ataupun lainnya dan akan sulit untuk diperbaiki, sehingga harus diganti dengan yang baru.

Leave a Reply