Lantai Motif Kayu Vinyl

Pemasangan Vinyl

Sebagai lantai motif kayu terbaru, vinyl memiliki tahap pemasangan. Sebelum vinyl dipasang, pastikan lantai dalam keadaan kokoh, rata dan kering, karena berhubungan dengan hasil kerekatan dan kehalusan lantai. Tentukan ukuran vinyl pada beberapa daerah tertentu, agar dapat dilakukan tahap pemotongan ataupun penyesuaian lembaran vinyl.

Oleskan lem solvet base adhesive sebagai perekat pada permukaan lantai dan dasar vinyl, lalu tempelkan vinyl ke lantai setelah lem mengering, pastikan perekatan rata, lantai motif kayu vinyl selesai dipasang.

Kekurangan Lantai Vinyl

Meskipun vinyl mempunyai beberapa kelebihan karena lantai motif kayu serbaguna dengan berbagai corak, namun ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, seperti :

  • Pertama, bahan kurang ramah, vinyl terbuat dari PVC, bahan tersebut bersifat kurang baik terhadap kesehatan, PVC akan melepaskan volatile organic compounds (VOC) ke udara, zat tersebut dapat membahayakan beberapa orang yang sensitif pada pernapasan.
  • Kedua, sebelum memasang vinyl sebagai pelapis lantai, pastikan bahwa material ataupun lantainya benar-benar bersih. Apabila tidak, perekat vinyl tidak dapat bekerja dengan sempurna dan akan cepat lepas.
  • Ketiga, bahan vinyl untuk lantai motif kayu maupun motif lain, memang didesain dengan tampilan yang halus dan lembut, hal tersebut akan membuatnya mudah tergores karena sentuhan barang keras dari furniture ataupun lainnya dan akan sulit untuk diperbaiki, sehingga harus diganti dengan yang baru.

Please rate this