Membeli keramik untuk mempercantik lantai hunian semakin mudah. Anda tidak selalu harus datang ke toko bangunan, karena bisa juga memesannya secara online. Sangat praktis dan tidak memerlukan banyak waktu. Namun, pastikan Anda hanya membeli di toko yang jual keramik berkualitas. Untuk memastikan produknya bisa menghiasi rumah Anda dengan sempurna. Nah, sebagai panduan dalam membelinya, informasi berikut ini sangat penting disimak. 

Pilih Merek yang Terbukti Berkualitas Produknya 

Secara umum, semakin populer dan mahal harganya maka seharusnya Anda mendapatkan produk keramik bermutu tinggi. Sejumlah merek keramik ternama di pasaran, diantaranya adalah Hercules, Roman, Arwana, Granito, Platinum dan Milan. Pada kondisi baru atau belum terpasang, memang sekilas penampilan keramik berharga mahal dengan murah seperti sama saja. 

Perbedaan akan sangat terlihat setelah beberapa waktu dipasang atau digunakan. Keramik dengan harga mahal terlihat lebih awet dan kuat. Sangat terlihat dari permukaan keramik yang masih mengkilat dan tidak terkelupas lapisannya. Sedangkan untuk keramik berharga murah akan nampak kusam atau tidak mengkilat lagi. Bagian permukaan atau lapisan glazurnya bisa saja terkelupas. 

Pilih Warna Keramik yang Tepat 

Kesan lapang bisa terlihat kalau ruangan mengaplikasikan keramik berwarna terang atau cerah. Oleh karenanya kalau sebuah ruangan luasnya terbatas, sangat direkomendasikan menggunakan warna keramik tersebut. Dengan begitu bisa menghilangkan kesan sumpek atau sempit pada ruangan. 

Sebaliknya kalau ruangannya cukup luas, maka Anda mempunyai banyak pilihan warna keramik. Sebab ruangan luas lebih fleksibel untuk pemilihan warna lantainya. Namun, penting untuk memerhatikan keselarasan warna lantai dengan gaya interior ruangan tersebut. Bila ingin menampilkan kesan hangat, romantis dan elegan, sangat tepat kalau mengaplikasikan lantai berwarna gelap. 

Pertimbangan dalam memilih warna lantai keramik juga bisa melihat warna dominan pada perabotan atau furnitur yang akan ditempatkan pada ruangan tersebut. Warna cat dinding juga bisa menjadi pertimbangan, agar warna lantai tetap bisa menyatu. Dengan demikian menampilkan perpaduan yang selaras antara lantai, cat dinding dan furniturnya. 

Pilih Ukuran yang Ideal 

Pemasangan keramik dengan ukuran besar pada lantai akan memberikan nuansa lapang. Dengan begitu, meskipun ruangannya kecil tapi tetap terasa tidak sumpek. Sebagai contoh untuk ukuran keramik di ruang tamu, sebaiknya minimal 30×30 centimeter. Namun tentunya tidak sembarangan memasang ukuran keramik. Kalau ukuran keramiknya terlalu besar, sehingga tidak proporsional dengan ukuran ruangan justru menimbulkan ketimpangan. Justru kesan cantik dan lega yang ingin ditonjolkan tidak terlihat. 

Ketahui Finishing Permukaan Keramik 

Lapisan glazur digunakan pada keramik agar terlihat lebih menawan. Secara umum ada beberapa jenis tekstur permukaan keramik. Tekstur yang paling populer adalah glossy atau mengkilat. Selain itu, ada pula tekstur doff atau matte dan satin. Satin sendiri terdiri atas dua pilihan, yakni glossy dan matte. Terdapat pula tekstur keramik yang kasar mirip permukaan amplas. Adanya varian permukaan keramik itu agar bisa disesuaikan dengan penggunaannya. 

Lalu bagaimana cara mengetahui kualitas dari permukaan keramiknya? Caranya sangat mudah, tapi memang tidak semua toko keramik memberikan izin untuk melakukannya. Kenapa? Karena Anda harus menggesek- gesek bagian permukaan keramiknya. Anda bisa menggunakan kunci kendaraan untuk melakukannya. 

Kemudian lihatlah hasilnya, apakah terdapat goresan pada permukaan keramiknya? Bila ternyata terdapat goresan atau baret, bisa dikatakan kalau kualitas keramik tersebut kurang bagus. Nah, untuk mengecek kualitas keramik juga bisa dengan mengetahui bobotnya. Jika bobotnya lebih ringan biasanya memang untuk pelapis dinding. Sedangkan yang lebih berat memang difungsikan untuk lantai. 

Selain itu, cobalah ketuk kermaiknya kalau terdengar ada rongga maka terbilang kurang bagus mutunya. Keramik dengan kondisi seperti ini kalau dipasang untuk lantai, maka akan mudah pecah meskipun pemakaiannya belum terlalu lama. Apalagi kalau di atas lantai keramiknya digunakan untuk menaruh benda yang relatif berat. 

Cek Ketersediaan Produk Keramik 

Sangat penting untuk menghitung dengan akurat, terkait jumlah atau kebutuhan keramik. Kalau sudah sebaiknya membeli dalam jumlah lebih. Saran ini bertujuan sebagai cadangan kalau terjadi kerusakan pada lantainya. Jadi kalau sewaktu-waktu harus dibongkar dan dipasang dengan yang baru, maka motif atau warna keramik yang sama masih tersedia. 

Dengan membeli sesuai kebutuhan, maka memastikan Anda bisa memasang lantai keramik sesuai dengan keinginan. Jadi pastikan toko keramiknya juga bisa memenuhi jumlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai kurang satu pun, sebab pastinya akan mengurangi penampilan lantainya. 

Tentunya Anda harus membedakan jenis permukaan keramik berdasarkan tempat atau fungsi ruangannya. Permukaan kasar sangat tepat diaplikasikan pada lantai kamar mandi, lantai teras, garasi mobil dan dapur. Sebab area tersebut rentan terpapar air, cairan sabun, cipratan minyak dan sebagainya. Penggunaan lantai keramik dengan permukaan licin atau glossy pastinya sangat berbahaya. Mudah terpeleset atau terjatuh adalah risikonya. 

Sedangkan untuk ruangan yang membutuhkan estetika lebih bisa mengaplikasikan lantai keramik dengan permukaan mengkilap. Jenis keramik ini bisa diterapkan pada kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga. Aneka warna dan motif tertentu bisa dipilih, supaya kesan cantik semakin terpancar. Kenyamanan akan semakin terasa bila pemilihan motifnya disesuaikan dengan gaya dekorasi secara keseluruhan. 

Pada dasarnya semakin cermat dalam memilih produk yang sesuai, maka semakin mendukung kenyamanan, keselamatan dan keindahan sebuah hunian atau bangunan. Bila Anda kebingungan dalam menentukan pilihan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya. Bisa juga dengan menanyakannya dengan pihak distributor 

keramiknya. Kalau memiliki pelayanan prima, tentunya mereka dengan senang hati akan menjelaskan dan memberikan saran terbaik untuk Anda. 

Ke Mana Harus Membeli Keramik Bermutu Harga Miring? 

Anda ingin mendapatkan produk lantai keramik bermutu, sayangnya tidak tahu harus membelinya di mana? Jangan khawatir! Sebab sekarang ini Anda bisa memesannya secara online. Silakan Anda mengunjungi website distributor keramik terpercaya di isibangunan.com. Beragam informasi terkait produk lantai keramik bisa diperoleh dengan mudah dan cepat. 

Bila Anda membutuhkan konsultasi tentang pemilihan merek, ukuran, warna, motif dan harga keramik, maka bisa berkomunikasi dengan staf customer support-nya. Seluruh produk yang ditawarkan dijamin original dan berkualitas. Sebab distributor ini merupakan importir resmi dengan ketersediaan produk sangat beragam dan berlimpah. 

Setiap orang tentunya memiliki selera tersendiri terkait pemilihan warna dan motif lantai keramik. Begitu pula dengan Anda, bukan? Oleh sebab itu, jangan pernah sembarangan dalam memilih toko keramiknya. Pastikan hanya bertransaksi dengan penjual terpercaya. Karena sudah pasti akan memberikan penjelasan transparan untuk setiap produknya. 

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran berdasarkan deskripsi produk yang disampaikan. Sesudah itu bisa menentukan produk keramik yang akan dibeli. Tentunya dengan berbagai pertimbangan corak, kualitas dan harganya. Jangan ragu juga untuk melakukan pembelian secara online. Kuncinya pada kredibilitas distributor yang jual keramik. Karena itu, segera kunjungi website isibangunan.com dan dapatkan penawaran terbaiknya. 

Please rate this