Murah tidaknya produk lantai keramik sangat tergantung dari mutunya. Semakin berkualitas atau bermerek, sudah pasti akan dibanderol dengan harga lebih tinggi. Namun, Anda juga bisa menemukan produk bermutu bagus tapi dengan harga lebih murah. Lalu, di mana Anda bisa menemukan distributor terpercaya dengan harga keramik kompetitif? 

Perbedaan Kualitas Ubin Keramik 

Anda sedang membangun rumah baru atau merencanakan melakukan renovasi pada lantainya? Kalau material keramik menjadi pilihan terbaiknya, berarti keputusan Anda sudah tepat. Sebab bahan pelapis lantai ini sudah diandalkan sejak lama. Keunggulan yang dimilikinya menjadikan material lantai ini sangat dominan diaplikasikan di berbagai bangunan, salah satunya hunian pribadi. 

Pabrikan keramik biasanya meluncurkan tiga varian kualitas sekaligus untuk produknya. Mereka mencantumkan keterangan mutu produknya pada kemasan, yang bertulisan KW 1 (1st Grade), KW2 (2nd Grade) dan KW3 (3rd Grade). Apa yang membedakan ketiga grade ubin keramik tersebut? 

Biasanya istilah KW sangat identik dengan produk tiruan atau palsu. Namun, berbeda bagi produk ubin keramik. Ketiga standar kualitas produk tersebut diproduksi oleh pabrikan yang sama. Jadi ketiga varian produknya itu merupakan barang asli. Lalu, bagaimana cara membedakan ketiga produk tersebut? 

Perbedaan antara ketiga varian produk tersebut pastinya pada kualitasnya. Produk berstandar Grade A atau KW1 merupakan yang paling bagus kualitasnya. Untuk produk KW2 diproduksi dengan kualitas sedang. Sementara produk KW3 adalah standar untuk ubin keramik berkualitas paling rendah. Kenapa produsen memasarkan produk keramik dengan standar mutu yang berbeda? 

Sebenarnya pabrikan memproduksi ubin keramik dengan standar kualitas sama. Jadi cara atau metode pembuatannya sama. Nah, untuk uji kualitas maka pihaknya melakukan tahapan quality control, sebelum 

produknya dilepas ke pasaran. Dari tahapan ini pabrik keramik akan memilah produk berdasarkan kualitasnya. Dengan cara menggolongkan setiap hasil produksinya ke dalam tiga golongan kualitas. 

Bagaimana Cara Mengetahui Kualitas Ubin Keramik?

Caranya sangat mudah, karena pabrikan pasti mencantumkan keterangan grade keramik di kemasannya. Kalau pun tidak tertera Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada pihak penjualnya. Memang kadangkala ada penjual keramik yang tidak transparan dalam memberikan informasi deskripsi produknya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenal kredibilitas toko keramiknya. 

Jangan sampai Anda tertipu dengan produk berkualitas rendah, padahal sebelumnya penjual mengatakan kalau mutunya bagus. Semisal, Anda memesan ubin keramik dengan kualitas KW1, tapi setelah dikirim dan diterima ternyata merupakan produk KW2. Biasanya untuk produk ubin keramik berstandar KW tidak tercantum informasi di kemasannya. Jadi kardus kemasannya tanpa keterangan atau polos. Nah, berikut ini penjelasan singkat terkait perbedaan ketiga grade tersebut. 

Ubin Keramik KW1 Grade produk ini adalah yang terbaik, sehingga tidak akan ditemukan cacat atau kerusakan di seluruh bagian keramik. Ukuran ubinnya juga sangat presisi untuk setiap lembar keramiknya. Penampilan warnanya juga sangat merata atau bisa dibilang sempurna. 

Ubin Keramik KW2 Sekilas mutu produknya sama dengan grade KW1. Namun, biasanya terdapat kerusakan kecil pada permukaannya. Sebagai contoh terdapat garis retak seukuran rambut pada finishing lapisan permukaannya. Bisa juga karena terlihat gradasi warna yang tidak merata. Karena itu diperlukan kejelian untuk menilainya. Sebab hampir tidak dikenali, khususnya bagi mereka yang masih awam dengan produk ubin keramik. 

Ubin Keramik KW3 Mutu grade ubin keramik ini dianggap paling buruk. Oleh karena biasanya terdapat cacat sangat jelas pada permukaan keramiknya. Bahkan ukuran ubin keramiknya juga tidak presisi antara satu dengan lainnya. Perbedaan ukuran tersebut biasanya berkisar antara 1-3 milimeter. Ada pula yang perbedaan ukurannya mencapai 5 milimeter. Kalau sudah sampai angka tersebut maka bisa dibilang sangat buruk mutunya. 

Kalau perbedaan ukurannya terpaut jauh, pastinya akan menyulitkan dalam pemasangannya. Sudah pasti kalau dipaksakan akan terlihat tidak sejajar. Meskipun dibuat sambungan atau nat relatif lebar, tapi tetap saja tidak proporsional. Sehingga justru mengurangi nilai estetika lantai keramik. Namun, terkait dengan kekuatan produk keramiknya terbilang sama untuk setiap grade. Sebab ketiganya dibuat dengan bahan dan metode yang sama. 

Nah, kalau Anda mendapatkan penawaran ubin keramik berstandar KW4, maka sudah pasti merupakan kualitas paling jelek. Harga yang ditawarkan sudah pasti paling murah dibandingkan dengan ketiga grade di atas. Apakah produk ini layak dibeli? Tentunya tergantung dari penggunaannya. Kalau memang diperlukan bisa jadi menjadi pilihan alternatifnya. 

Kalau memang ada keterbatasan anggaran, tidak ada salahnya menggunakan ubin selain grade A. Nah, risiko seperti ukuran keramik yang tidak presisi bisa diakali dengan metode pemasangannya. Cara pemasangannya dengan menyusunnya seperti pola batu bata. Jadi tidak sejajar seperti pemasangan ubin keramik pada umumnya. Dengan pola tersebut maka ukuran yang tidak presisi tidak begitu terlihat jelas. 

Ukuran Ubin Keramik 

Terkait dengan harga keramik, setiap merek menawarkan harga yang berbeda-beda. Pada umumnya harganya dihitung per meter persegi. Ubin keramik dikemas dalam kardus yang masing-masing isinya berbeda tergantung dari ukuran keramiknya. Jadi dalam satu kemasan kardus, ada yang isinya 4-25 biji. Semakin besar ukurannya, maka semakin sedikit pula isi di dalam setiap kardusnya. 

Biasanya pabrikan ubin keramik menghasilkan produk dengan varian ukuran 20×20 cm, 25×25 cm, 25×50 cm, 30×30 cm, 40×40 cm, 50×50 cm, 60×60 cm dan sebagainya. Banyaknya pilihan dimensi ubin keramik tentunya memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, kalau Anda ingin melapisi lantai kamar tidur seluas 300×300 cm. Kemudian Anda memilih ukuran keramik 30×30 cm, maka hanya diperlukan 100 biji keramik saja. 

Konsultasikan Kebutuhan Anda dengan Ahlinya 

Perhitungan matang tentunya harus dilakukan sebelum Anda mengaplikasikan ubin keramik. Hitunglah secara pasti kebutuhan ubin keramiknya. Termasuk perbedaan motif atau warna di setiap ruangannya. Pemilihan warna, motif, ukuran bahkan mereknya bisa dikonsultasikan kepada tenaga profesional. Cara lainnya bisa dengan bertanya kepada penjual atau toko keramiknya. 

Sekarang ini sangat mudah mendapatkan informasi penjual ubin keramik di dunia maya. Sayangnya, belum tentu memberikan produk bermutu dan pelayanan prima. Oleh karenanya, Anda harus memastikan hanya membeli pada penjual terpercaya. Salah satu yang bisa diandalkan adalah distributor ubin keramik yang bisa diakses informasinya melalui isibangunan.com

Aneka produk ubin keramik dengan kualitas handal dan harga bersaing bisa Anda dapatkan. Stok produk yang melimpah akan memastikan setiap konsumen mendapatkan barang sesuai harapannya. Pelayanan memuaskan selalu diberikan kepada seluruh konsumen. Bahkan bila membutuhkan konsultasi, staf profesional siap menjawab setiap kebutuhan Anda. Setiap kualitas produk dijelaskan secara transparan. Untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan produk sesuai keinginan. Jadi bagi Anda yang berada di luar kota atau melakukan transaksi pembelian secara online tetap akan memperoleh produk bermutu sesuai harga keramik yang disepakati. Semua pengiriman produk dilakukan secara cermat dan aman, sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan dengan kondisi baik.

Please rate this