Syarat Lantai Kayu Vinyl Untuk Rumah Sakit

Penggunaan lantai vinyl memang semakin populer. Yang belum banyak orang tahu bahwa jenis lantai yang memiliki banyak keunggulan ini adalah bahwa lantai vinyl bisa digunakan untuk alas rumah sakit, baik itu ruang perawatan, ruang operasi hingga ruang laboratorm.

Namun pemilihan jenis vinyl lantai untuk rumah sakit, rupanya berbeda untuk lantai kayu vinyl bagi rumah, hunian tempat tinggal, maupun gedung perkantoran.

Salah satu faktor yang mendasari istimewanya lantai vinyl untuk rumah sakit ini adalah lantai harus memenuhi syarat tertentu hingga menyajikan keamanan dan keamanan tersendiri bagi pasien di sana. Kita juga tahu bahwa lantai kayu vinyl untuk rumah sakit juga rentan akan tumpahan bahan kimia, darah, dan noda lainnya.

Karena hal itulah, ada kriteria khusus untuk lantai vinyl rumah sakit yang harus dipenuhi. Dan bagi mereka produsen lantai vinyl, juga turut bersaing dalam menghadirkan produk kualitas terbaik untuk alas rumah sakit yang ideal dan memenuhi syarat.

Syarat Lantai Vinyl Untuk Berbagai Ruangan Rumah Sakit

1. Memiliki kualitas yang baik

Masalah kualitas memang bisa mempengaruhi banyak hal, mulai dari sedain, motif, keawetan dan juga harganya. Untuk lantai kayu vinyl rumah sakit, kualitas memang jadi yang nomor satu dibanding dengan sekedar desain dan penampilannya.

Read More :   Tips Memilih Karpet Vinyl Sesuai Dengan Desain Rumah Anda

2. Anti gores

Karena lantai rumah sakit adalah salah satu yang mengutamakan kualitas, maka kita perlu memilih yang anti gores. Kelebihan ini membuat  kondisi ruangan di rumah sakit lebih stril. Karena lantai yang tergores bisa saja menyimpan noda dan juga bakteri, hingga membuat ruangan tidak layak.

Saat ini banyak rumah sakit yang mengaplikasikan keramik untuk lantai rumah sakit. Namun trend saat ini mulai berubah dengan makin  banyaknya bangunan dan ruangan rumah sakit yang lebih memilih vinyl karena keunggulannya.

3. Anti jamur

Bukan hanya anti gores, sebuah lantai vinyl juga harus anti jamur Jamur bisa jadi tumbuh pada lantai yang lembab. Hal ini tentu akan membuat ruangan jadi tidak steril hingga tidak layak untuk sebuah ruangan perawatan rumah sakit. Salah satu lantai yang anti jamur adalah jensi lantai kayu vinyl yang memiliki kualitas yang bagus.

4. Anti bakteri

Selain anti jamur, lanati vinyl yang baik untuk rumah sakt adalah yang nati bakteri. Hal ini didukung dengan keberadaan lantai vinyl yang berbeda kualitasnya. Ada yang hanya memiliki lapisan anti jamur pada bagian permukaannya, da pula yang kandungan ati bakteirnya ini menyeluruh pada bagian lapisan lantai.

Lantai ini memang lebih mahal jika dibanding lantai kayu vinyl untuk hunian biasa. Pengguaan jenis lantai yang anti bakteri ini cocok untk segala ruangan rumah sakit, mulai dari ruang opname hingga ruang operasi.

Read More :   Cara Tepat Dapat Harga Lantai Vinyl Roll Murah Berkualitas

5. Antislip dan tidak menyusut

Dengan permukaan lantai vinyl yang halus dan lembut, kehadirannya tidak membuatnya mudah slip. Artinya, kita cukup aman ketika memijakkan kaki di lantai ini. satu lagi, syarat untuk lantai vinyl rumah sakit yakni harus berkualitas hingga tidak menyusut. Hal ini membuat lantai lebih awet dan juga terjaga kualitasnya. Jadi, biar pun usia lantai sudah bertahun-tahun, tapi tetap bisa awet dan nayaman di kaki.

6. Mudah dibersihkan

Lantai rumah sakit rawan akan terkena noda baik ahan kimia maupun darah. Karena itulah, syarat lantai ini haruslah yang mudah dibersihkan. Salah satunya dalah lantai vinyl. permukaannya lebih padat hingga tak mudah menyerap kotoran dan noda hingga lebih mudah dibersihkan. Pelajari bagaimana cara membersihkan lantai jenis ini agar kondisinya lebih wat dan terjaga higienitasnya.

Jenis lantai ini mudah dibersihkan karena permukannya yang halus. Ada yang terbuat dari PVC murni, multi layer atau heterogeneous, tanpa bahan pencampur, wear layer, dan dengan proteksi PUR dengan ketebalan tertentu.

7. Mampu meredam bunyi

Ketika lantai rumah sakit berbentu keramik, maka ketika ada alat rumah sakit yang dibawa, akan cenderung menimbulkan bunyi yang membuat tidak nyaman pasien. Untuk itulah, pemilihan lantai kayu vinyl untuk rumah sakit bisa membuat suasana rumah sakit makin nyaman.

Read More :   Ingin Tau Cara Pemasangan Lantai Vinyl? Berikut,...

Lantai vinyl yang dipasang harusah mampu meredam bunyi sampai batas tertentu, yakni 15dB atau merupakan jensi accustic flooring type. Ada produsen yang membuat jenis lantai ini hingga menjadi pilihan yang direkomendasikan.

8. Memiliki standar keselamatan penyebaran infeksi

Sebagai tempat yang arwan akan penyebaran infeksi penyakit, maka lantai rumah sakit haruslah memenuhi syarat di atas. Dengan demikian, rumah sakit bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman baik untuk para petugasnya, untuk pasien, dan juga untuk para penunggunya.

Untuk tingkat standar keselamatan lantai rumah sakit, bisa dihitung daam CFU (colony forming unit). Tingkat dari CFU yang lebih tinggi, infection limit lebih kecil, baru bisa dikatakan bahwa lantai ini menghadirkan  ruangan yang steril.

Memang sedikut rumit pemilihn jenis lantai kayu vinyl untuk rumah sakit. Pasalnya, kita bukan hanya mementingkan segi estetikanya saja, namun juga ketahanan sampai dengan tingkat standarisasinya untuk lantai yang steril dan higienis. Jadi, jangan heran jika lantai untuk rumah sakit lebih mahal dibanding  lantai untuk hunian lainnya.

Leave a Reply