Cara Sederhana Pasang Lantai Vinyl Untuk Rumah Impian

Ada banyak perusahaan yang berkomitmen menghadirkan produk terbaik untuk membuat sebuah bangunan menjadi hunian yang nyaman bagi keluarga tercinta. Salah satunya adalah yang bergerak di bidang penjualan lantai rumah.

Perusahaan yang jual vinyl lantai roll murah misalnya, memilki komitmen tersendiri untuk menghadirkan produk yang memuaskan dan juga berkualitas. Kepuasan klien tentu menjadi nomor satu bagi mereka. Berikut pula dari segi pemasangan dan juga jaminan kemudahan dalam perawatannya, menjadi beberapa aspek yang juga diperhatikan.

Ya, lantai rumah memang salah satu elemen dari sebuah rumah yang bisa mendatangkan fungsi sebagai alas yang ideal. Selain itu menjadi salah satu  bagian rumah yang bisa mempercantik dan membuatnya nampak berkelas.

Bukan hanya itu saja, kini seiring dengan berkembanganya teknologi desain interior, telah hadir jenis lantai vinyl yang bisa menjadi kebanggan tersendiri, karena desainnya yang indah, kesan natural, dan juga nampak mewah dengan harga yang ekonomis.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memasang lanati vinyl kedalam rumah, maka bisa melakukan beberapa langkah baik sebelum pemasangan, saat pemasangan, maupun perawatan setelahnya.

Persiapan Awal Pemasang Lantai Vinyl Untuk Rumah Impian

1. Survey lokasi pemasangan vinyl

Area pemasangan lantai vinyl adalah salah stau yang wajib di survey. Salah satunya adalah untuk mengetahui apakah lokasinya sudah layak atau belum untuk dipasangai lantai viny. Perhatikan pula suhu pada ruangan tersebut, apakah suhu ruangan tersebut tidak memiliki kelembaban dalam intensitas yang tinngi.

Read More :   Memilih Wallpaper Dinding 3d Yang Semakin Mempercantik Ruangan

Atau hal lainnya seperti apakah keadaan lantai sudah rata dan tak menyisakan lubang, bergelombang, atau bahkan mungkin retak. Karena kalau memang demikian, maka pemasangan vinyl tidak akan mulus dan sempurna.

Lokasi yang berdebu pun menjadi salah satu penghambat untuk mendapatkan hasil lantai rumah yang maksimal. Untuk media pasang lantai vinyl, ada beberapa alternatif, seperti keramik, granit, acian licin, atau multiplek. Media pemasangan ini bisa menentukan volume lem yang akan dibutuhkan.

2. Mengukur ruangan

Setelah survey tempat pemasangan dilakukan, maka lakukan pengukuran. Hal ini untuk menentukan  berapa panjang atau berapa kuantitas dari lantai vinyl yang dibutuhkan. Ada banyak jenis vinyl yang bisa diaplikasikan kedalam sebuah ruangan, seperti vinyl roll.

Untuk mendapatkannya bisa mengunjungi ke toko bnagunan atau distributor resmi yang jual vinyl roll murah untuk mendapatkan  harga yang ekonomis hingga bisa menghemat budget flooring rumah.

Pengukuran pada ruangan yang akan dipasangi lantai vinyl ini juga bisa membantu dalam keakuratan hasil. Sehingga dirasa perlu melakukan pengukuran terlebih dahulu, bisa dilakukan oleh kita sendiri atau dengan bantuan tenaga yang ahli dalam bidang ini.

Read More :   Harga Lantai Vinyl – Serta Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Vinyl

Jika memang tidak bisa memasang sendiri, ada perusahaan yang selain jual vinyl lantai roll murah, juga menyediakan jasa pemasangannya, hingga membuat kita bisa mendapat hasil yang maksimal, rapi, dan juga sempurna.

Cara Pemasangan Lantai Vinyl

Jika kita sudah menentukan bahwa lantai kita layak untuk dipasangi vinyl dan sudah melalui proses pengukuran terlebih dahulu, maka kita bisa langsung memasang lantai vinyl kedalam ruangan. Caranya bisa dengan langkah berikut ini:

  1. Bersihkan lantai dari semua kotoran, seperti debu, minyak, pasir, cat, ataupun jenis kotoran lainnya  yang menempel pada permukaan lantai. Pastikan bahwa lantai benar-benar dalam keadaan bersih dan juga kering. Jangan sampai kita memasang lantai vinyl pada lantai yang keadannya lembab atau basah, karena bisa mengakibatkan lem pada lantai vinyl tidak merekat secara maksimal.
  2. Untuk lantai pada bangunan baru, maka pastikan semen acin lantai benar-benar kering sempurna, yakni butuh waktu setidaknya 2 minggu sebelum pemasangan vinyl.
  3. Letakkan produk dan lem selama kurang lebih 48 jam pada suhu ruangan yang sama
  4. Pilihlah lem yang direkomendasikan oleh perusahaan yang jual vinyl lantai roll murah dimana kita membeli.
  5. Siapkan alat-alat; pisau cutter, meteran, penggaris, palu karet, dan lem
  6. Pastikan bahwa nomor atau lot number pada produk memiliki nomor seri yang sama
  7. Buat garis tengah untuk menentukan dimana pusat pemasangan vinyl nantinya
  8. Aplikasikan lem secukupnya pada produk, kurang lebih 0,3 hingga 0, 45 kg permeter. Setelah dibiarkan kurang lebih 10 menit, maka produk siap dipasang.
  9. Lalu, perlu ditekan secara merata dan pukul dengan palu karet hingga permukaan lantai dan dasar vinyl benar-benar menempel dengan sempurna. Pemasangannya perlu diberi jarak 1 mm dari dinding.
  10. Bahan lem mudah terbakar, maka hindari kontak dengan api untuk menghindari percikan api.
  11. Sisa lem harus dibersihkan segera dengan alcohol atau air alkali.
  12. Setelah produk vinyl dipasang, maka hindari kontak langsung dengan air. Jangan dipel atau basahi lantai setidaknya selama dua hari sesudah pemasangan.

Demikianlah langkah pemasangan lantai vinyl yang tepat. Untuk hasil yang maksimal, setelah pemasangan maka rawatlah lantai vinyl dengan rutin, bisa dengan menyapu, dengan vacuum cleaner atau dengan mengepelnya seperti biasa. Gunakan produk khusus untuk membersihkan produk vinyl untuk membuatnya tetap awet dan tahan lama.

Read More :   Harga Pelapis Lantai Motif Kayu Murah Dan Berkualitas

Leave a Reply