Pertimbangan Memilih Stop Kran Air Rumah, Kualitas atau Tampilan Mewah?

2018-12-06T11:10:20+00:00Desember 4th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Stop kran menjadi kebutuhan wajib ketika ingin membangun rumah. Keberadaannya berfungsi untuk membatasi penggunaan air oleh para penghuni rumah.Dengan begitu, tagihan bulanan tidak akan membengkak. Anda pun bisa mendapati kran air digunakan di berbagai bagian rumah, termasuk di antaranya adalah di taman, dapur, kamar mandi, ataupun di area lainnya.

Berbicara tentang stop kran air, Anda bisa menemukan beragam model kran yang bisa digunakan. Kran-kran itu memberikan desain yang terlihat begitu mewah dan enak untuk dilihat.

Di sisi lain, Anda juga bisa menemukan deretan produk kran air yang menawarkan desain tampilan sederhana. Hanya saja, kran air ini memiliki ketahanan serta kualitas yang tinggi.

Ketika dihadapkan pada kedua opsi tersebut, Anda memutuskan untuk memilih produk yang mana? Apakah cenderung menggunakan kran air dengan desain mewah, atau menggunakan kran air dengan kualitas tinggi serta awet?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda terlebih dulu membaca artikel ini sampai tuntas. Dijamin, Anda bakal memperoleh jawaban yang lebih bijak atas pertanyaan tersebut.

Beragam Jenis Pemakaian Stop Kran Air di Rumah

stop kran

Beragam Jenis Pemakaian Stop Kran Air di Rumah – stop kran – samedayutah.com

Anda perlu tahu, bahwa di pasaran, tersedia beragam jenis stop kran air yang biasa digunakan di rumah-rumah.

Anda dapat mengenali jenis kran air yang dijual berdasarkan mekanisme kerjanya.

Terdapat 4 jenis mekanisme yang membedakan cara kerja sebuah keran air untuk rumah, yakni:

  • Kran bola

stop kran

Kran bola – stop kran – lowes.com

Kran air yang satu ini menggunakan bola yang bisa saja terbuat dari bahan plastik atau stainless steel untuk menghentikan laju air. Keunggulan utama dari kran bola atau juga disebut ball taps adalah kemampuannya dalam mengontrol jumlah air yang dikeluarkan begitu presisi.

Selain itu, kran ini memungkinkan pengontrolan air panas dan dingin hanya dengan satu perangkat. Hanya saja, sistem mekanisme pada kran ini cukup kompleks dan punya risiko kebocoran lebih tinggi dibandingkan sistem mekanisme kran yang lain.

  • Kran piringan

stop kran

Kran piringan – stop kran – id.pinterest.com

Jenis mekanisme stop kran air berikutnya adalah kran piringan atau disk taps. Tipe kran yang satu ini memiliki bentuk silinder.

Di dalamnya, terdapat ruang yang cukup besar dengan 2 piringan keramik yang bertugas untuk mengatur laju air. Kran ini bakal dalam kondisi terbuka ketika 2 piringan itu berada dalam posisi segaris.

Kran piringan kerap dipilih sebagai kran air favorit karena ketahanannya yang tinggi. Meski begitu, bukan berarti kran piringan tak bisa rusak. Seiring dengan waktu, piringan pada kran ini bisa mengalami gangguan.

Keberadaan kotoran, debu, atau benda asing lain, bisa saja membuat kinerja piringan jadi terganggu. Oleh karena itu, sebelum membeli kran yang baru, pertimbangkan untuk terlebih dulu membersihkan stop kran piringan yang lama.

  • Kran tabung

stop kran

kran tabung – stop kran – id.pinterest.com

Kran tabung atau disebut juga cartridge taps, memiliki tabung sebagai mekanisme dalam mengatur laju air. Kran ini bisa digunakan untuk menyalurkan air panas serta air dingin dalam satu perangkat.

Di dalamnya, Anda bisa menemukan tabung yang kalau diputar bisa mengalirkan air panas, dan kalau dalam posisi terangkat, menyalurkan air dingin.

  • Kran kompresi

stop kran

Kran kompresi – stop kran – mouthsofmums.com.au

Kran kompresi atau compression taps dikenal sebagai jenis mekanisme kran air yang paling tua. Kran ini hanya bisa mengatur satu aliran air. Kalau Anda ingin menggunakan saluran air panas dan air dingin, maka diperlukan 2 kran kompresi.

Dikenal sebagai tipe kran yang paling tua, tak heran kalau kran kompresi merupakan jenis kran yang paling banyak dipakai di rumah-rumah.

Kran ini menggunakan batangan kompresi yang bakal menekan katup ketika dalam posisi tertutup. Anda bisa menjumpai kran kompresi ini yang hadir dengan desain handle berputar atau tuas.

Model-Model Stop Kran Air yang Bisa Dijumpai di Pasaran

stop kran

Model-Model Stop Kran Air yang Bisa Dijumpai di Pasaran – chicagofaucets.com

Anda tak hanya bisa menemukan kran air dengan beragam bentuk berdasarkan mekanisme kerjanya. Di pasaran, Anda dapat menjumpai 4 tipe mekanisme kran air yang telah disebutkan dalam beragam model.

Beberapa model stop kran air yang dapat Anda temukan di antaranya adalah:

  • Kran pilar

stop kran

kran pilar – stop kran – id.pinterest.com

Pillar taps atau kran pilar menjadi jenis model stop kran yang paling umum dijumpai di berbagai rumah, tak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Kran ini bisa digunakan di dapur dan bisa pula dipakai di kamar mandi.

Dibandingkan dengan model kran air yang lain, pillar taps merupakan tipe kran yang murah dan bisa dengan mudah dipasang.

Hanya saja, kran air ini punya keterbatasan fitur. Ketika Anda menempatkannya di kamar mandi, kran ini hanya bisa digunakan untuk satu fungsi. Anda hanya bisa memakai satu kran untuk satu aliran air.

Jadi, kalau ingin memiliki kamar mandi dengan air panas dan air dingin, Anda harus menggunakan 2 kran pilar.

  • Kran mixer atau campuran

stop air

Kran mixer atau campuran – stop kran – ebay.co.uk

Kran mixer menjadi pilihan efisien karena bisa mengalirkan air panas dan air dingin hanya dengan satu stop kran. Kran model ini paling cocok digunakan untuk kamar mandi. Apalagi, Anda dapat pula menjumpai kran mixer yang disertai dengan shower.

Kran campuran ini jadi opsi yang tepat untuk rumah yang di dalamnya terdapat anak-anak. Alasannya, karena Anda bisa mengatur suhu air dengan begitu mudah lewat kran ini.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan kran campuran dengan sensor thermostatic yang bisa memastikan air punya suhu yang konstan.

  • Monobloc

stop kran

Monobloc – bathandtaps.com

Monobloc menjadi model kran air yang dapat digunakan dalam mengontrol suhu air yang dikeluarkan dan memiliki kemiripan dengan kran campuran. Hanya saja, monobloc punya bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan kran campuran.

Anda akan mendapati 2 tuas pada kran ini, yang masing-masing berfungsi untuk mengatur laju dan suhu air. Hanya saja, perlu diketahui bahwa model kran air ini biasanya dipatok dengan harga cukup mahal.

  • Kran infra merah

stop kran

Kran infra merah – celebrationspartyhire.com.au

Kran infra merah merupakan pilihan kran air yang menawarkan pemakaian ringkas. Lewat jenis kran air ini, Anda tak perlu menggerakkan tuas untuk mengeluarkan air. Kran air ini telah disertai dengan sensor gerak yang kemudian digunakan untuk memicu tuas.

Sebagai kran hands-free, kran infra merah menjadi opsi tepat kalau Anda menginginkan kamar mandi atau toilet yang higienis. Selain itu, kran seperti ini juga memberi kemudahan bagi para lansia dalam mengoperasikannya. Apalagi, kran infra merah juga punya mekanisme kerja yang memastikan tidak ada air yang menetes.

Hanya saja, kinerja tinggi dari kran infra merah membuatnya dijual dengan harga sangat mahal. Oleh karena itu, tak heran kalau kran infra merah hanya bisa dijumpai di hotel-hotel mewah.

  • Kran wall mounted

stop kran

Kran wall mounted – deltafaucet.ca

Kran wall mounted merupakan jenis kran yang dibuat untuk membuat tampilan kamar mandi terlihat lebih cantik. Kran model ini didesain menempel pada dinding, sehingga membuatnya dapat dengan mudah dibersihkan.

Hanya saja, kran model ini menggunakan pipa yang tersembunyi di dinding. Akibatnya, ketika terjadi kerusakan, bakal cukup sulit untuk memperbaikinya.

  • Kran floor mounted
stop kran

Kran floor mounted – aquaticausa.com

Berbeda dengan kran wall mounted, model stop kran yang satu ini bisa ditempatkan dengan lebih bebas. Pemakaian kran ini pun bakal membuat Anda bisa berkreasi dalam mendesain kamar mandi.

Apalagi, kran floor mounted bisa dipasang tanpa harus menyembunyikan pipa seperti halnya pada kran wall mounted.

  • Kran dengan filter (filtered taps)
stop kran

Kran dengan filter (filtered taps) – dhgate.com

Ketika Anda memiliki problem kualitas air yang buruk, ada solusi yang bisa digunakan dengan menggunakan kran yang disertai filter. Kran ini punya kemampuan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang ada di air, termasuk di antaranya adalah timbal, alumunium, ataupun tembaga.

Memperhatikan Kualitas Material Dalam Memilih Stop Kran Air

stop kran

Memperhatikan Kualitas Material Dalam Memilih Stop Kran Air – doitbest.com

Ketika membeli stop kran air untuk rumah, kualitas material yang digunakan tak boleh dilewatkan. Perlu diketahui, pemilihan kualitas material tersebut penting untuk memastikan bahwa kualitas air tidak mengalami perubahan karena pemakaian kran.

Anda bisa menemukan kran yang dibuat dengan material logam dan plastik. Kran air yang terbuat dari logam, dipastikan harus memiliki ketahanan terhadap korosi, baik di bagian dalam ataupun luar.

Biasanya, kran dari logam disertai dengan pelapisan chrome, yang tak hanya menjadi pelindung dari korosi, tetapi juga mempercantik tampilan.

Untuk kran yang dibuat dari bahan metal, Anda dapat mempertimbangkan 3 material, yakni:

  • Kuningan
stop kran

stop kran berbahan kuningan – solidrop.net

Kuningan menjadi jenis logam yang paling banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat stop kran air. Kuningan dibuat dengan mencampurkan dua jenis logam, yakni zinc dan tembaga. Jenis logam ini dikenal memiliki sifat antiseptik yang bisa menjamin kebersihan air.

Di samping itu, kuningan juga dikenal sebagai logam campuran dengan tingkat ketahanan tinggi. Logam ini tak mudah mengalami korosi serta bisa didaur ulang.

Di era modern seperti sekarang, terkadang ada pula penambahan logam alumunium pada kuningan yang bertujuan untuk meningkatkan resistansi terhadap korosi.

  • Stainless steel

Stainless steel dikenal sebagai logam dengan titik didih yang sangat tinggi, membuatnya punya struktur kokoh. Stop kran yang terbuat dari stainless steel, biasanya ditambahkan dengan nikel yang bisa semakin meningkatkan tingkat kekerasannya.

Oleh karena itu, pemakaian kran dari stainless steel, menjanjikan tingkat pemakaian yang sangat lama.

  • Zinc
stop kran

stop kran berbahan zink – solidrop.net

Stop kran logam dari zinc bisa menjadi pilihan berikutnya. Dibandingkan dengan kuningan dan stainless steel, zinc memang punya tingkat kekerasan yang lebih rendah.

Namun, daya tahan terhadap korosi pada kran dari bahan zinc cukup tinggi, apalagi biasanya kran juga disertai dengan lapisan chrome sebagai pelindung tambahan.

Sementara itu, untuk pemilihan kran dari plastik, menawarkan harga yang lebih murah.  Hanya saja, kran dari plastik punya tingkat ketahanan yang rendah dengan tampilan yang jauh dari kesan mewah.

Namun, Ada pula opsi pemakaian tipe plastik polimer yang punya ketahanan tinggi terhadap panas dan tampilannya juga cukup menarik.

Memilih Stop Kran Air Sesuai Lokasi Pemakaian

stop kran

Memilih Stop Kran Air Sesuai Lokasi Pemakaian – met-plumbing.com

Anda sudah mengetahui cukup banyak informasi terkait jenis, model, serta material yang digunakan pada produk stop kran air.

Selanjutnya, Anda tinggal memilih kran sesuai dengan lokasi pemakaiannya, yakni:

Kran untuk kamar mandi

stop kran

Kran untuk kamar mandi – okaneplumbingandelectrics.com

Stop kran untuk kamar mandi dipilih dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah jumlah lubang yang ada, desain yang diinginkan, kualitas tekanan air yang dikeluarkan, material yang digunakan, serta tampilan luar dari kran tersebut.

Anda dapat menggunakan beragam pilihan kran air yang bisa ditempatkan di kamar mandi. Menggunakan kran campuran atau mixer jadi opsi yang cocok ketika mencari kran untuk kamar mandi. Bahkan, kran campuran dikenal sebagai tipe kran yang populer untuk pemakaian di kamar mandi.

Kran campuran memungkinkan Anda untuk memperoleh air dengan suhu yang diinginkan. Kalau ingin air secara terpisah, ada pula kran campuran yang dilengkapi dengan 2 lubang keluaran. Mengenai modelnya, Anda bisa saja mencari kran campuran yang dibuat dengan desain wall mounted ataupun floor mounted.

Kran untuk wastafel

Selanjutnya, kran untuk wastafel Anda bisa mencari pilihan model kran yang variatif. Pilihan kran yang paling sering digunakan untuk wastafel adalah kran pilar. Kran ini tersedia dalam opsi handle yang diputar atau menggunakan tuas. Untuk kran yang ada di kamar mandi, Anda bisa saja menambahkan kesan klasik untuk tampilannya.

Sementara itu, wastafel yang ada di bagian dapur harus disertai dengan kran yang tak menyulitkan aktivitas mencuci piring. Kran pilar masih jadi pertimbangan utama untuk wastafel. Hanya saja, khusus untuk wastafel dapur, pilih kran pilar dengan desain leher angsa yang berbentuk melengkung.

Kran untuk bidet

stop kran

Kran untuk bidet – faucetsinhome.com

Bidet memang kurang begitu populer di Indonesia. Bidet memiliki bentuk seperti wastafel, hanya saja keduanya punya fungsi berbeda. Wastafel digunakan untuk mencuci tangan. Di dapur, Anda juga bisa menjumpai wastafel yang secara khusus didesain untuk mencuci piring.

Lain halnya dengan bidet. Alat ini bakal sering kamu jumpai ketika bepergian ke Eropa. Fungsi utama dari bidet adalah untuk membersihkan bagian bawah tubuh.

Selain itu, keberadaannya juga dapat pula difungsikan sebagai tempat untuk buang air kecil bagi wanita. Penempatannya pun kerap diposisikan dekat dengan kloset.

Pilihan kran yang sering digunakan pada bidet adalah kran campuran. Hanya saja, model yang bisa digunakan bisa sangat beragam. Anda bisa saja mencari kran campuran yang disertai dengan 2 tuas. Selain itu, keberadaan fitur pop-up juga bisa sangat membantu untuk pemakaian bidet.

Kran untuk keperluan lain

stop kran

Kran untuk keperluan lain – reedsplumbing.com

Selain menempatkan kran pada 3 yang telah disebutkan, ada pula pemakaian stop kran untuk lokasi lain. Sebagai contoh, Anda bisa menjumpai kran yang secara khusus ditempatkan di taman atau untuk ledeng.

Nah, kran untuk keperluan seperti ini, biasanya dipilih jenis kran yang sederhana.

Anda bisa menggunakan kran kompresi yang bisa didapatkan dengan harga murah. Selain itu, kran kompresi juga bisa dirawat dengan begitu mudah. Namun, Anda tetap memperhatikan kualitasnya.

Pertimbangkan untuk memilih kran air yang dibuat dari bahan logam untuk tingkat ketahanan yang lebih lama. Apalagi, kalau Anda menempatkannya di area luar rumah, terekspose oleh panas ataupun hujan.

Dengan berbekal informasi tersebut, Anda bisa menemukan stop kran yang ideal untuk rumah. Pertimbangannya tak lagi hanya melihat desain mewah atau kualitas. Anda juga harus memilih kran berdasarkan fungsi serta lokasi penempatannya.

Untuk memperoleh pilihan stop kran yang ideal dengan kualitas tinggi dan tampilan mewah, Anda bisa mendapatkannya di IsiBangunan.com. Ada banyak varian produk kran yang bisa Anda pilih.

Untuk informasi pemesanan, caranya mudah. Anda tinggal menghubungi nomor pada tautan ini. Selamat belanja, ya.

Komentar
https://isibangunan.com/blog
Pertimbangan Memilih Stop Kran Air Rumah, Kualitas atau Tampilan Mewah?
JT Vinyl PVC
Pertimbangan Memilih Stop Kran Air Rumah, Kualitas atau Tampilan Mewah?
DescriptionSitus Penyedia Lantai Kayu Vinyl Berkualitas di Indonesia
Memilih stop kran air untuk rumah bisa membingungkan. Anda pilih pakai kran dengan tampilan mewah atau lebih mengutamakan kualitas? hub. kami +621 4213434
Jonny Lee
isibangunan.com
isibangunan.com
JT Vinyl PVC

Leave A Comment