Umumnya, orang Indonesia mandi dengan cara menggunakan gayung dan bak mandi. Hanya sebagian kecil yang mandi dengan shower. Alasannya beragam, kebanyakan karena menganggap harga shower yang lebih mahal dibandingkan dengan mandi menggunakan gayung. Menariknya, kebiasaan mandi menggunakan gayung ini bisa dibilang merupakan kebiasaan unik orang Indonesia yang tak dijumpai di negara lain.

Di negara-negara maju, Anda bakal menemukan desain kamar mandi yang menggunakan shower. Selain itu, hotel-hotel juga lebih memilih menggunakan kamar mandi shower dibandingkan dengan gayung dan bak mandi. Harga shower memang lebih mahal dibandingkan gayung. Namun, dalam pemakaiannya, kamar mandi shower memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan mandi menggunakan gayung.

Keuntungan Menggunakan Kamar Mandi Shower

harga shower

maisonvalentina.net

Keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih mengeluarkan uang lebih banyak untuk harga shower dibandingkan gayung di antaranya adalah:

  1. Lebih hemat air

harga shower

news24.com

Harga shower yang lebih mahal dibandingkan gayung, memberi Anda penghematan dalam pemakaian air ketika mandi. Cara penghematan tersebut bisa didapatkan karena Anda punya kontrol secara penuh terkait tekanan air yang dikeluarkan dari kepala shower. Ketika mandi selama 10 menit menggunakan shower, rata-rata air yang digunakan adalah sekitar 95 liter.

Kondisi ini berbeda jika Anda mandi menggunakan gayung dan bak mandi. Rata-rata air yang digunakan ketika mandi menggunakan bak mandi dan gayung, bisa mencapai 200 liter. Di waktu yang sama, kamu juga harus membersihkan bak mandi secara rutin. Artinya, lagi-lagi kamu harus membuang air.

  1. Praktis dan higienis

harga shower

healthline.com

Aktivitas mandi menggunakan shower, biasanya berlangsung dalam kurun sekitar 8 sampai 10 menit. Durasi tersebut jauh lebih singkat dibandingkan mandi menggunakan gayung. Biasanya, Anda perlu mengisi bak mandi sampai penuh untuk mandi. Durasi pengisian, bisa membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Di sisi lain, waktu mandinya cukup singkat, hanya 7 sampai 10 menit.

Selain itu, mandi menggunakan shower juga memberikan pengalaman mandi yang praktis dan higienis. Ketika mandi dengan gayung, Anda perlu membersihkan bak mandi secara rutin. Hal ini untuk menghindari berkembangnya jentik nyamuk di dalam bak mandi. Lain halnya ketika Anda memilih menggunakan shower.

  1. Aman digunakan oleh lansia

harga shower

premierbathrooms.co.uk

Harga shower yang lebih tinggi dibandingkan gayung juga memberi kemudahan mandi bagi para lanjut usia (lansia). Pemakaian shower, memungkinkan mereka untuk mandi tanpa harus membungkuk untuk mengambil air. Aktivitas mengambil air dengan cara membungkuk secara berulang-ulang ketika mandi, cukup memberi beban bagi tulang belakang seorang lansia.

  1. Lebih menyehatkan

harga shower

colstonconcepts.com

Mandi menggunakan gayung, bisa membuat Anda merasa lebih segar. Efek yang sama juga bisa Anda peroleh ketika mandi dengan shower. Di waktu yang sama, harga shower yang lebih mahal memungkinkan Anda untuk memperoleh efek tambahan. Efek tambahan yang dimaksud adalah kemampuan meringankan pegal linu dan sakit otot.

Kemampuan untuk meringankan pegal linu dan sakit otot itu bisa Anda dapatkan ketika mandi air hangat memakai shower. Efek ini bisa didapatkan berkat adanya pijatan yang Anda peroleh lewat tekanan air yang keluar dari shower. Di waktu yang sama, tekanan air itu juga bisa membantu dalam meringankan rasa cemas.

  1. Lebih bersih

harga shower

marigergs.com

Mandi menggunakan shower juga bisa memberi jaminan tubuh yang lebih bersih. Ketika mandi menggunakan gayung, Anda membersihkan tubuh hanya dengan gosokan. Lain halnya ketika mandi menggunakan shower. Di satu sisi, Anda tetap menggosok tubuh menggunakan sabun. Selain itu, tekanan air yang keluar dari kepala shower juga bisa merontokkan beragam jenis kotoran yang menempel di tubuh.

Bagian-Bagian dari Shower Kamar Mandi

harga shower

mytechsummer.com

Ketika berbicara mengenai shower kamar mandi, hal pertama yang terpikir adalah kepala shower yang fungsinya sebagai tempat keluar air. Namun, tahukah Anda bahwa bagian-bagian dari shower lebih kompleks dari sekadar kepala shower. Ada bagian-bagian lain yang perlu Anda peroleh untuk bisa membangun kamar mandi shower di rumah. Bagian-bagian tersebut di antaranya adalah:

  • Kepala shower

harga shower

deltafaucet.com

Kepala shower menjadi bagian dari shower yang terlihat begitu mencolok. Apalagi, bagian ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat keluarnya air. Anda bisa menjumpai beragam model kepala shower yang ada di pasaran. Masing-masing desain tersebut menawarkan fitur tersendiri. Semakin banyak fitur, semakin mahal harga shower yang harus Anda bayar.

  • Kontrol thermostatis

harga shower

modernhomesbathrooms.co.uk

Kontrol thermostatis menjadi komponen berikutnya yang harus Anda ketahui ketika membangun kamar mandi shower di rumah. Kontrol thermostatis memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu air panas yang keluar dari kepala shower. Anda bisa menemukan kontrol thermostatis yang dijual secara terpisah ataupun yang dijual secara set dengan kepala shower.

  • Diverter

harga shower

youtube.com

Diverter merupakan komponen yang tak boleh dilewatkan ketika ingin membangun kamar mandi shower. Keberadaan diverter berguna untuk mengubah aliran air yang ada di dalam kamar mandi. Diverter perlu Anda gunakan ketika terdapat beberapa lubang keluaran air di kamar mandi. Sebagai contoh, ketika Anda menempatkan bathub ataupun stop kran.

  • Body spray

harga shower

signaturehardware.com

Body spray bukanlah komponen wajib yang Anda perlukan ketika membangun kamar mandi shower di rumah. Hanya saja, keberadaan body spray bisa menjadikan pengalaman mandi jadi lebih menyenangkan. Lewat body spray, Anda akan mendapatkan semprotan air yang secara khusus mengarah ke bagian tubuh. Dengan begitu, Anda akan merasakan efek seperti pijatan di seluruh tubuh.

Anda bisa saja memperoleh kamar mandi shower dengan harga yang murah. Caranya, dengan menggunakan beberapa komponen saja. Sebagai contoh, Anda tak memerlukan body spray dan memutuskan hanya untuk menggunakan kepala shower yang disertai diverter. Sementara itu, kontrol thermostatis bisa dipasang ketika Anda sebelumnya telah memiliki sistem pemanasan air.

Harga Shower Dipengaruhi oleh Model dan Desainnya

harga shower

dudeiwantthat.com

Anda sudah memperoleh pengetahuan tentang bagian-bagian dari shower. Dari 4 jenis komponen tersebut, kepala shower merupakan bagian yang paling krusial. Anda pun bisa mendapatkan beragam jenis model kepala shower yang bisa diperoleh di pasaran. Harga shower head tersebut pun berbeda seiring dengan kompleksitas model yang ditawarkan.

Secara umum, terdapat 3 model shower head yang bisa diketahui berdasarkan penempatannya. Tiga model tersebut yakni:

  1. Wall mounted shower head

harga shower

aquaticausa.com

Wall mounted shower head merupakan jenis kepala shower dengan harga yang paling murah. Selain harga shower head yang murah, cara pemasangannya juga cukup mudah. Bahkan, Anda bisa saja menambahkan tipe kepala shower ini pada kamar mandi Anda. Tidak akan ada kesulitan untuk memasang wall mounted shower head pada sistem perpipaan yang ada di dalam kamar mandi.

Shower head ini memang jenis yang paling sederhana dibandingkan dengan model kepala shower yang lain. Namun, hal itu tak membuat wall mounted shower head kurang begitu nyaman saat dipakai. Wall mounted shower head, tersedia dalam beragam pilihan, termasuk disertai dengan fitur adjustable arm.

Fitur adjustable arm memungkinkan Anda untuk menyesuaikan posisi kepala shower. Anda dapat mengatur tingkat ketinggian kepala shower. Selain itu, bisa pula memosisikan kepala shower agak miring menuju ke arah tertentu.

  1. Handheld shower head

harga shower

deltafaucet.com

Handheld shower head menjadi pilihan yang tepat kalau terdapat anak di rumah. Model shower head yang satu ini memang memberi keleluasaan dalam pemakaian. Anda bisa saja menggunakan shower head ini ketika memandikan anak. Di waktu yang sama, model kepala shower ini juga cocok ketika digunakan untuk memandikan hewan peliharaan kesayangan.

Seperti halnya wall mounted shower head, handheld shower head juga bisa dipasang dengan cara yang mudah. Anda tak perlu mengubah situasi di kamar mandi secara masif ketika memasang kepala shower ini. Anda dapat memanfaatkan sistem perpipaan telah ada. Selain itu, Anda juga bisa memasang handheld shower head bersamaan dengan wall mounted shower head. Tak perlu khawatir, harga shower head ini juga cukup murah.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menjumpai handheld shower head yang disertai dengan wall rail. Wall rail ini memiliki kegunaan untuk bisa memakai shower dengan lebih mudah. Keberadaan wall rail, memungkinkan Anda untuk mengatur ketinggian shower. Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengajak anak-anak mandi atau ingin mandi tanpa harus membasahi rambut.

  1. Top mounted shower head

harga shower

homeadditionsremodeling.com

Top mounted shower head menjadi pilihan yang tepat kalau Anda ingin mendesain kamar mandi shower dengan suasana yang mewah. Oleh karena itu, tak heran kalau harga shower head yang satu ini lebih mahal dibandingkan dengan tipe kepala shower lainnya. Apalagi, pengalaman mandi dengan top mounted shower head, mirip seperti ketika mandi di bawah guyuran hujan. Oleh karena itu, model shower head ini kerap juga disebut dengan nama rain shower head.

Tak hanya memiliki harga yang mahal, top mounted shower head juga merupakan jenis kepala shower dengan cara pemasangan yang lebih rumit. Anda tak bisa secara langsung memasang model kepala shower ini di kamar mandi. Oleh karena itu, untuk pemasangan top mounted shower head, Anda harus memiliki perencanaan yang matang.

Ingin Harga Shower yang Murah atau Mahal? Ini Pertimbangannya

harga shower