Jakarta – kran shower. Demi memenuhi kebutuhan konsumen akan kesempurnaan hunian, produsen perabotan pun meluncurkan berbagai produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep rumah.

Pastinya, beda tipe rumah, beda pula perabotan yang mendukung kesempurnaannya. Tak terkecuali ketika memilih kran untuk menyempurnakan tampilan kamar mandi Anda.

Dewasa ini, tak lengkap rasanya kamar mandi tanpa adanya shower. Selain terlihat lebih modern, penggunaan shower jelas lebih menghemat tempat di kamar mandi.

Pasalnya, Anda tak lagi membutuhkan bak mandi untuk menampung air. Saat mandi, Anda pun tidak harus membuang banyak energi dengan menyiduk air dalam bak menggunakan gayung.

Selain efisiensi tempat, penggunaan shower juga akan memudahkan Anda dalam membersihkan kamar mandi. Ketiadaan bak mandi akan lebih menghemat waktu kala Anda membersihkan bagian kamar mandi, karena tak perlu mengurasnya dalam kurun waktu minimal dua minggu sekali.

Penggunaan shower sebagai pengganti bak mandi ternyata turut membawa manfaat yang tidak banyak diketahui. Faktanya, pancuran air yang keluar dari kepala shower atau shower head akan membawa banyak ion negatif yang justru bermanfaat untuk kesehatan kulit tubuh Anda.

Pancuran air shower akan membuat ion negatif air melayang di udara bebas, sementara ion positif akan lebih cepat jatuh karena sifatnya yang lebih berat.

isibangunan.com

Sifat ion negatif air ini tak hanya bisa Anda rasakan ketika mandi, tetapi juga saat berada di bawah air terjun atau selepas hujan turun. Tanpa Anda sadari, mandi menggunakan shower akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak kaku. Sama halnya dengan ketika Anda menghirup udara setelah hujan turun atau berdiri di bawah air terjun.

Model Kran Shower untuk Kamar Mandi Anda

kran shower
victorianplumbing.co.uk

Membicarakan shower tentu tak pernah lepas dari peran kran. Tentu saja, karena semua yang berhubungan dengan mengalirnya air dari pusat instalasi membutuhkan bantuan kran.

Meski ukurannya terbilang kecil, kran menjadi bagian penting yang harus ada di setiap rumah. Bahkan, eksistensi dan kebutuhan kran hampir sama dengan kebutuhan terhadap pipa atau selang untuk mengalirkan air.

Tak hanya soal fungsi, kehadiran kran air pun kini juga berdampak pada estetika kamar mandi, sekaligus kenyamanan yang akan Anda dapatkan ketika beraktivitas di dalam kamar mandi, tak terkecuali kran pada shower.

Kran Shower
Model dan Tips Memilih Kran Shower untuk Kamar Mandi Anda

Inilah mengapa Anda akan menemukan banyak sekali jenis kran untuk di pasaran, Lalu, apa saja model dari kran shower yang bisa dipilih? Berikut beberapa di antaranya:

Kran Dua Putaran untuk Suhu Air yang Berbeda

Kran Shower
Kran Shower

Model ini hadir dengan dua kepala kran berbentuk putaran, masing-masing berfungsi untuk suhu air dingin dan panas. Model kran untuk shower ini sudah dilengkapi dengan kode warna, yaitu biru untuk air dingin dan merah untuk air panas.

Penggunaan kran ini terbilang cukup unik, karena Anda harus menyetel secara manual masing-masing kepala kran untuk mendapatkan suhu yang diinginkan.

Oleh karena ukurannya yang jauh lebih besar, maka kran ini cocok diaplikasikan untuk kamar mandi dengan ukuran yang luas untuk menghindari kesan sumpek di dalam ruang mandi, terlebih jika Anda menggunakan sekat pembatas antara ruangan mandi dan kloset.

Meski begitu, kran model dua kepala putar ini mampu menampilkan estetika yang terbilang unik, berpadu dengan unsur elegan yang menonjol. Meski bisa diatur untuk mengeluarkan air dengan suhu yang diinginkan, kran model ini tidak bisa dipasangkan atau diaplikasikan pada shower tempel.

Anda hanya bisa menggunakan shower yang dilengkapi dengan selang dan bisa dipindahkan apabila memilih menggunakan kran tipe ini.

Kran Dua Putaran Atas dan Samping Multifungsi

Kran Shower
Kran Shower Dua Putaran Atas dan Samping Multifungsi

Model selanjutnya adalah kran shower dengan dua kepala putar yang sifatnya lebih multifungsi. Kepala kran pertama berada di bagian atas, sementara kepala kran lain berada di bagian samping.

Model kran ini biasanya banyak dijumpai untuk kamar mandi berukuran kecil pada rumah-rumah berkonsep minimalis sederhana.

Kran model ini juga banyak dipilih untuk pemilik rumah yang ingin mengalirkan air seperti kran biasa, tidak dari shower.

Pada kepala kran bagian atas, Anda bisa menggunakannya untuk mengalirkan air seperti biasa, sementara kran di bagian samping bisa dihubungkan dengan pipa shower.

Namun, kran jenis ini tidak memiliki pengatur suhu dan hanya menghasilkan air dingin ketika dinyalakan.

Selain itu, kran ini juga hanya bisa diaplikasikan atau dipasangkan pada shower yang memiliki selang, bukan pada shower tempel yang terpasang paten pada dinding kamar mandi, sama seperti kran jenis dua kepala putar.

Kran Shower dengan Tombol Kecil

Kran Shower
Kran Shower dengan Tombol Kecil

Selain kran shower model dua putaran bagian atas dan samping, model kamar mandi kecil pada rumah minimalis juga banyak memilih menggunakan kran multifungsi satu kepala.

Kran tipe ini dilengkapi dengan tombol kecil yang dapat ditarik ke atas. Fungsinya sama dengan poin sebelumnya, bisa untuk mengalirkan air menuju shower atau sebagai kran air biasa. Pemilihan kran model ini biasanya digunakan untuk berwudhu.

Cara kerja kran ini terbilang sedehana. Jika Anda ingin mengalirkan air shower, putar kepala kran dan tarik tombol kecil yang ada di bagian tengah.

Sementara itu, jika Anda ingin mengalirkan air seperti biasa untuk berwudhu, maka turunkan dahulu tombol kecil ke poisisi semula sebelum memutar kepala kran. Jenis kran ini pun hanya bisa diaplikasikan pada shower dengan selang.

Meski sama-sama cocok diaplikasikan untuk kamar mandi pada rumah mungil berkonsep minimalis, kran untuk shower dengan satu kepala dan tombol kecil lebih banyak dipilih.

Pasalnya, kran model ini memiliki bentuk yang lebih minimalis dan tidak menimbulkan kesan sempit pada kamar mandi. Namun, sama seperti kran model dua kepala putar, tipe ini juga tidak dilengkapi dengan pengatur suhu, alias hanya bisa mengeluarkan air dingin.

Kran Shower Model Tarik dan Geser

kran shower
Kran Shower Model Tarik dan Geser – id.pinterest.com

Kran shower terakhir adalah model tarik dan geser. Maksudnya, penggunaannya hanya dengan ditarik kepala kerannya ke depan dan digeser ke kanan atau ke kiri untuk mendapatkan suhu air yang diinginkan.

Tentu saja, penggunaannya berbeda pada kran untuk shower yang menggunakan kepala putar.

Model kran ini banyak dipilih untuk kamar mandi pada rumah yang mengusung konsep modern yang berpadu dengan nuansa minimalis. Kran jenis ini pun banyak diaplikasikan pada kamar mandi sebagian besar hotel berbintang.

Jenis kran shower ini tidak bisa digunakan untuk shower yang memiliki selang atau dapat dipindahkan, tetapi hanya cocok dipasangkan dengan shower tempel, baik di bagian samping atau bagian atas dinding.

Biasanya, kran model ini sudah dilengkapi dengan pengenal untuk suhu panas dan dingin lengkap dengan kode warnanya.

Tips Memilih Kran Shower untuk Kamar Mandi Anda

kran shower
Tips Memilih Kran Shower untuk Kamar Mandi Anda – oodin.co

Selama berfungsi dengan baik, itu sudah cukup. Inilah yang menjadi alasan sederhana sebagian besar orang dalam memilih kran untuk shower kamar mandi.

Namun, alasan tersebut justru membuat Anda lupa akan peran penting kran shower, baik dalam urusan fungsi maupun unsur keindahan atau estetika yang ditampilkan dalam kamar mandi.

Tentunya, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan kala memilih kran untuk shower kamar mandi di rumah.

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk mendapatkan kran shower yang tepat untuk kamar mandi, mampu memenuhi fungsi sekaligus menonjolkan keindahannya.

Material Kran Shower

kran shower
dhgate.com

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan kala ingin memilih kran untuk shower adalah material atau bahan yang digunakan. Semakin baik dan berkualitas material pembuatnya, maka harga yang harus Anda bayarkan pun akan semakin mahal.

Biasanya, kran dengan bahan kuningan padat memiliki harga paling mahal. Tak mengherankan, karena bahan ini memang memiliki daya tahan yang paling baik dibandingkan dengan material lainnya.

Sementara itu, Anda yang ingin pilihan kran shower dengan harga yang sedikit lebih rendah bisa memilih kran yang terbuat dari bahan tembaga, besi, dan aluminium.

Kran dari ketiga bahan tersebut kini sangat populer karena memang memiliki harga yang tidak terlalu tinggi. Meski begitu, kran dari besi biasanya lebih mudah berkarat, dan tentu saja ini akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menggantinya dengan yang baru.

Jadi, sebaiknya pertimbangkan dengan baik jenis material kran yang akan Anda pilih. Mengeluarkan dana lebih besar di awal untuk membeli kran shower berkualitas tentu akan lebih baik dibandingkan dengan memilih kran dengan harga murah tapi tidak tahan lama.

Jenis Kran Shower

kran shower
americanstandard-us.com

Ada banyak jenis kran untuk shower yang akan Anda jumpai di pasaran, jadi selain material, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis kran yang paling cocok untuk kamar mandi rumah dan ruangan yang tersedia di dalamnya, serta tak lupa perhatikan pula efisiensinya.

Tipe kran dengan model kepala putar bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menampilkan kesan minimalis dan sederhana pada kamar mandi.

Tak lupa, kebutuhan lain yang mungkin ada selain untuk mandi, seperti misalnya untuk berwudhu. Namun, kran model kepala putar tidak cocok untuk Anda yang ingin mandi dengan air hangat, karena tidak dilengkapi dengan fitur yang bisa mengatur suhu air sesuai dengan keinginan.

Meski begitu, penggunan shower dengan tangkai dan selang justru akan lebih memudahkan Anda jika ingin mendapatkan aliran air menuju ke bagian tubuh tertentu.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pengalaman mandi yang lebih lengkap dan akan merasakan kesegaran tubuh lebih sempurna.

Sementara itu, kran shower tipe tarik dan geser menampilkan nuansa elegan dan modern yang begitu kentara, sehingga cocok dipasang pada kamar mandi yang cenderung berukuran lebih luas.

Kran jenis ini bisa mengalirkan air dengan suhu sesuai dengan keinginan Anda karena telah dilengkapi dengan pengenal suhu dan kode warnanya. Anda cukup menggeser kepala kran ke samping kanan dan kiri untuk mendapatkan suhu yang sesuai.

Meski begitu, jenis kran ini hanya bisa digunakan untuk shower model menempel di dinding. Artinya, Anda tidak bisa memindahkan kepala shower untuk menyiramkan air ke bagian tubuh tertentu. Biasanya, model shower ini sudah mengarah langsung ke saluran pembuangan air.

Desain Kran Shower

kran shower
ofdesign.net

Lalu, desain kran yang akan Anda pilih. Tentunya, pilihan ini akan bergantung pada bagaimana Anda mendesain kamar mandi. Seperti misalnya, Anda tidak mungkin memilih kran model antik untuk kamar mandi dengan desain dan tampilan yang lebih modern. Pilihan kran model minimalis akan lebih cocok dipakai pada desain tersebut.

Sederhananya, kran dengan konsep desain antik akan sangat tepat dipasangkan pada kamar mandi bergaya tradisional. Sementara itu, kran tipe modern akan lebih tepat jika digunakan pada kamar mandi dengan rancangan sederhana berkonsep kontemporer.

Harga Kran Shower

kran shower
colstonconcepts.com

Poin satu ini jelas tidak akan luput dari pertimbangan Anda kala memilih kran untuk shower kamar mandi di rumah. Beda modelnya, tentu beda pula harganya. Belum lagi dengan material pembuatnya dan brand yang Anda pilih.

Bagi Anda yang mencari kualitas dan memiliki daya tahan penggunaan yang lebih lama, jenis kran yang terbuat dari kuningan bisa menjadi pilihan terbaik.

Selain itu, pilihan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah kran dengan bahan aluminium, besi, dan tembaga. Kran yang terbuat dari ketiga bahan ini memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kran yang terbuat dari kuningan.

Meski begitu, daya tahan kran dari ketiga bahan ini tentu saja tak sebaik bahan kuningan. Oleh karena itu, pertimbangkan harga kran dengan baik sesuai dengan efektivitas, efisiensi, kebutuhan, serta anggaran yang Anda miliki.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

kran shower
youtube.com

Saat hendak membeli kran untuk shower, pertimbangan apa yang Anda miliki? Apakah hanya sekadar memiliki kran agar shower bisa digunakan? Apakah Anda memilih efisiensi dengan fungsinya yang juga bisa mengalirkan air seperti biasa? Atau Anda ingin kran yang bisa sekaligus mengontrol suhu panas dan dingin?

Apapun pertimbangan Anda, pastikan hal tersebut telah sesuai dengan kenyamanan. Seperti misalnya pengatur suhu. Hingga kini, kran shower tradisional masih sangat diminati, dengan kontrol tunggal yang tidak memungkinkan Anda untuk mengatur suhu air.

Pasalnya, instalasi atau pemasangan kran jenis ini terbilang lebih mudah dan tidak terlalu merepotkan bagi Anda yang tidak terlalu ingin mandi menggunakan air hangat.

Namun, krandengan model modern mulai turut dilirik oleh pemilik rumah. Hal ini disebabkan karena adanya kontrol untuk mendapatkan suhu air yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

Meski begitu, Anda perlu menambahkan tampilan termostatik digital pada kran, dan pertimbangan ini bisa Anda lakukan jika anggaran yang tersedia masih memungkinkan untuk pemasangannya. (klik disini untuk pemesanan)

Kenyamanan dalam Penggunaan

kran shower
deltafaucet.com

Terakhir adalah kenyamanan dalam penggunaan. Anggaran yang Anda miliki untuk membeli kran mungkin tidak banyak, jadi pastikan Anda memilih tipe kran yang mudah dan nyaman saat digunakan.

Riset tentu penting dilakukan, terlebih dengan tambahan fitur lain yang mungkin saja Anda butuhkan, tetapi mungkin juga tidak. Jadi, pastikan kran yang Anda pilih sudah sesuai dan nyaman ketika digunakan. (klik disini untuk pemesanan)

Demikian tadi model dan tips memilih kran shower untuk kamar mandi rumah Anda. Intinya, memilih kran untuk shower kamar mandi tak sebatas pada keunikan bentuknya.

Masih ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, mulai dari material, harga, model, hingga kenyamanan dalam penggunaannya. Tentunya, Anda tidak ingin membeli kran yang bahkan Anda tidak memahami bagaimana menggunakannya, bukan?

Nah, Jika Anda ingin mencari berbagai bahan bangunan untuk keperluan renovasi rumah, isibangunan.com menjadi tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi.

Pasalnya, isibangunan menyediakan berbagai jenis bahan bangunan dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik berstandar internasional, termasuk kran shower. (klik disini untuk pemesanan)

Apapun kebutuhan bangunan Anda, percayakan saja pada isibangunan.com

Please rate this