Dapur yang baik dan juga sehat memiliki beberapa kriteria mulai sirkulasi udara yang benar hingga kran air. Sirkulasi udara yang benar dan memungkinkan aneka bau keluar dengan cepat. Selain itu kalau ada asap dari membakar makanan, bisa segera keluar dan tidak masuk ke dalam ruangan utama dari rumah.

Kriteria dapur yang baik kedua adalah memiliki tempat masak yang cukup lebar mulai dari meja untuk mempersiapkan makanan, kompor, pemanggang, hingga meja untuk meletakkan makanan yang sudah jadi. Lebih lanjut, dapur yang baik juga memiliki tempat pembuangan yang terpisah sehingga tidak mencemari makanan.

Kriteria terakhir dari dapur yang baik adalah sirkulasi air yang digunakan untuk mencuci piring dan perabot serta untuk mencuci makanan. Air yang dimiliki juga harus bersih sehingga bisa digunakan untuk banyak hal termasuk untuk menghasilkan air hangat atau air konsumsi.

Nah, untuk masalah instalasi air ini, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Pertama sumber air yang akan digunakan. Selanjutnya pipa yang digunakan untuk menyalurkan, dan kran air yang digunakan mengeluarkannya. Pada artikel ini kita akan membahas jenis kran air, bahan yang digunakan, dan harganya.

Jenis Kran air Indoor untuk Dapur

kran air

overstock.com

Ada beberapa jenis kran air yang bisa digunakan untuk kebutuhan dapur dan juga ruangan untuk mencuci perabot dan makanan. Berikut beberapa jenis kran air yang umum ada di pasaran.

  1. Kran Satu Lubang

kran air

pinterest.com

Kran satu lubang adalah salah satu jenis kran yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan dapurnya. Setiap wastafel memiliki kran jenis ini untuk mengalirkan air dengan cepat dan mudah. Kran air ini biasanya memiliki satu panel dalam bentuk putaran yang bisa membuka air dan menutupnya dengan sempurna.

Salah satu kelebihan dari kran air jenis ini adalah mudahnya saat melakukan instalasi. Pengguna tidak memerlukan banyak hal karena asal ada saluran air, kran bisa dipasang dan langsung digunakan saat itu juga. Selain itu, kran jenis ini hanya buruh satu jalur instalasi saja sehingga orang awam pun bisa memasangnya.

Kran satu lubang ini juga mudah didapatkan di seluruh toko bangunan baik offline maupun online seperti isibangunan.com. Di sana ada beberapa jenis kran satu lubang termasuk yang di dalamnya ada semacam alat untuk membuat semburan air jadi lebih deras kalau kenopnya dibuka dengan besaran tertentu.

  1. Kran Centerset

Kran air

betterbaths.ca

Kran jenis centerset ini mungkin jarang digunakan di Indonesia. Namun, di pasaran sudah mulai banyak dijual karena fungsinya yang sangat banyak. Kran air jenis ini memiliki panel di kedua sisinya. Panel kiri biasanya untuk air panas dan kanan untuk air dingin. Saat Anda menekan panelnya atau memutar air dengan suhu tertentu akan keluar.

Kran air jenis ini cukup bermanfaat untuk Anda yang hobi sekali memasak atau ingin mencuci perabotan agar lebih steril. Sayangnya, instalasi yang digunakan untuk pemasangan cukup rumit karena membutuhkan beberapa lubang yang digunakan untuk menghasilkan air dingin dan juga air panas.

Desain dari kran air jenis centerset ini juga menarik sehingga cocok untuk Anda yang menyukai dapur cantik dan penuh fungsi. Anda bisa memasangkannya dengan bak penampung dari porselen atau logam yang tahan panas dan dingin. Lakukan pengaturan juga di bagian pipa untuk menampung air yang sudah terpakai.

Oh ya, selain masalah rumitnya pemasangan karena membutuhkan banyak lubang saluran air. Kran air jenis ini juga cukup berbahaya untuk anak-anak yang kadang asal menekan tombol. Kalau yang keluar air panas bisa berbahaya dan melukai tangan. Untuk mengatasi hal ini beberapa desain kran juga memiliki kunci yang susah dibuka sehingga air panas tidak keluar.

  1. Kran Pull-Out

Kran air

americanstandard-us.com

Kran jenis pull-out ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis lainnya. Pertama, kran ini memiliki kepala yang bisa dilepas dan disesuaikan dengan kebutuhan. Misal kepala diganti untuk jenis cipratan besar, kecil, atau sedang. Dengan jenis ini Anda bisa memakainya sesuai dengan kebutuhan. Misal untuk membersihkan kotoran atau kerak yang susah bersih.

Kran air jenis ini juga elastis dan mudah sekali digerakkan sesuai dengan keinginan. Pipa yang menjadi leher dari kran bisa ditarik ke kiri, ke kanan, atau diarahkan ke beberapa titik. Dengan cara ini Anda bisa membersihkan isi dari wastafel dengan lancar atau langsung memasukkan kran ke perabot dengan menggerakkan kepalanya.

Kelebihan lain dari kran jenis pull-out ini adalah bahan yang digunakan. Anda bisa memilih bahan kran sesuai dengan selera  mulai dari bahan biasa hingga bahan yang tidak mudah karat dan rusak. Untuk model, Anda bisa memilihnya sendiri dan bisa disesuaikan dengan interior dan eksterior lainnya.

Barang kali kekurangan dari kran air pull-out ini adalah mudahnya menciprat ke muka atau ke perabot lainnya. Oleh karena itu Anda disarankan untuk menggunakan setelan sedang atau rendah. Kalau setelah air untuk keluar cukup tinggi, tekanan yang keluar juga akan besar.

  1. Kran Pull-Down

Kran air

shahrdarigazvin.org

Kran air dengan jenis pull-down ini hampir sama dengan jenis pull-out. Hanya saja kran jenis ini tidak memiliki kepala yang bisa dicopot dan diganti sesuka hati. Kepala dari kran sudah terpasang dengan sempurna dan digunakan sebagai perpanjangan langsung dari pipa yang mengalirkan air.

Kran ini memiliki leher yang melengkung ke bawah dan agak kaku. Meski bisa digerakkan untuk maju dan mundur, beberapa arah tidak bisa dilakukan. Kalau ingin mencuci perabot harus diletakkan langsung di bawanya. Kepala agak susah digerakkan ke kiri atau ke kanan.

Meski memiliki keterbatasan, kran air pull-down ini memiliki beberapa kelebihan yang cukup banyak. Pertama, peluang terjadinya cipratan air keluar dari bak wastafel akan rendah. Mau tidak mau air hanya akan mengalur di tengah bak atau agak menyamping tanpa harus melewati batas. Selanjutnya, kran ini juga cocok untuk penunjang estetik dari dapur.

  1. Kran Side Sprayer

Kran air

americanstandard-us.com

Pernahkah Anda menggunakan kran air yang begitu panel air dibuka, terjadi semburan air kecil-kecil yang banyak dan mirip dengan shower? Nah, apa yang Anda lihat dan rasakan itu adalah air dari kran jenis side sprayer. Air yang keluar dari kepala kran dibuat menyebar kecil-kecil sehingga bisa menjangkau banyak tempat.

Kelebihan dari kran air jenis ini adalah tidak boros. Karena air yang keluar dari kran tidak terlalu banyak dan dibuat dalam bentuk semprotan, tagihan bulanan akan menurun. Degan air yang sedikit Anda bisa menikmati tekanan yang kuat saat mencuci perabot sehingga mudah dibersihkan.

Kran air jenis ini juga dikenal cukup bersih dan sangat direkomendasikan untuk mencuci bahan makanan. Jadi, dalam satu wadah wastafel Anda bisa menggunakannya untuk mencuci dan juga untuk mencuci perabotan hingga bersih. Kekurangan dari kran air ini adalah peluang terjadi cipratan dan butuh banyak lubang instalasi.

  1. Kran Two-Hande, One Hole

Kran air

ebay.com

Kran dengan instalasi banyak lubang pipa memang merepotkan dan tidak bida dilakukan kapan saja. Nah, untuk mengatasi masalah ini diciptakanlah kran dengan jenis two-handle, one-hole. Kran ini hanya memiliki satu lubang untuk pipa air, tapi bisa menghasilkan dua air dengan suhu yang berbeda.

Pada bagian kran dan tersambung ke penyembur terdapat dua buah panel. Panel pertama untuk air panas dan panel kedua untuk air yang dingin. Kedua panel ini bisa digunakan terpisah untuk memberikan efek yang berbeda. Saat menggunakan jangan memutar dua panel karena bisa saja menimbulkan gangguan.

Alat untuk mengubah suhu dari air berada di dalam instalasi kran yang digunakan. Semuanya akan otomatis mengeluarkan air panas dan dingin dari satu lubang. Dengan cara ini pemasangan jadi mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Kekurangan dari kran jenis ini adalah harganya yang cukup mahal dan mudah rusak kalau tidak digunakan dengan baik.

  1. Kran Wall Mounted

kran air

filepehong.info

Kran jenis wall mounted sedikit berbeda dengan beberapa kran yang ada di dapur. Perbedaannya ada pada wastafel atau sink yang ada di bawahnya. Jarak ke wastafel cukup tinggi dan kadang tidak ada wastafel sama sekali di bawahnya. Anda bisa memilih sendiri tinggi pemasangan dari kran wall mounted ini sesuai fungsi.

Kran yang di bawahnya tidak terdapat wastafel biasanya digunakan untuk mengambil air untuk memasak atau minum. Dengan tidak ada wastafel di bawanya, Anda tidak akan terbatasi saat menarik aneka barang di bawahnya. Bahkan untuk manci dengan ukuran besar pun bisa digunakan di bawahnya.

Kalau ada wastafel di bawahnya, kemungkinan besar bisa digunakan untuk mencuci barang dengan ukuran besar. Kalau kran air tidak tinggi, beberapa barang akan susah dicuci atau dimasukkan ke dalam sink. Oleh karena itu, saluran air agak dinaikkan agar muat dengan ukuran perabot dan mudah dibersihkan.

Oh ya, karena pemasangan dari kran wall mounted ini agak tinggi, kemungkinan terjadi cipratan akan sangat besar. Oleh karena itu, coba berhati-hati saat menggunakannya agar tidak terjadi masalah di lantai dan kotor di mana-mana.

  1. Kran Cold dan Hot Water Dispenser

Kran air

jlkbg.com

Kran air jenis selanjutnya adalah berjenis water dispenser. Dengan jenis ini Anda bisa dengan mudah minum dari air kran yang digunakan. Misal untuk air dingin, Anda cukup membuka panelnya lalu air dingin siap minum bisa dinikmati setelah makan atau saat udara sedang panas-panasnya.

Kran air jenis selanjutnya digunakan untuk mengeluarkan air hangat atau panas. Dari kran ini Anda mengambilnya untuk membersihkan perabot, memasak, atau langsung menggunakannya untuk makan dan membuat kopi atau teh. Air yang keluar bisa langsung digunakan asal berasal dari saluran yang bersih.

Kelebihan dari kran air jenis ini adalah mudahnya dalam hal pemasangan. Karena letaknya terpisah, Anda hanya butuh satu saluran air per pipanya. Untuk air dingin sendiri dan panas sendiri atau pilih salah satu kalau Anda ingin menggunakan panas atau dingin saja.

Kekurangan dari kran ini hampir tidak ada. Mungkin mereka yang tidak memiliki dapur luas akan kesulitan dalam pemasangan. Biasanya dispenser bisa digunakan untuk mengeluarkan dua jenis air. Kalau Anda punya ruangan yang besar mungkin tidak akan menjadi masalah.

  1. Kran dengan Penyaring Air

Kran air

healthykitchen101.com

Kalau Anda ingin memastikan lagi kalau air kran yang keluar benar-benar sehat dan bisa langsung diminum, coba gunakan penyaring yang biasanya terbuat dari logam tertentu. Dengan penyaring ini aneka mikroba yang ikut keluar dengan air bisa dibasmi sehingga Anda tidak khawatir minum air tanpa dimasak terlebih dahulu.

Kran air dengan jenis ini biasanya memiliki ujung yang bisa dilepas seusai dengan kebutuhan. Bagian kepalanya terdapat penyaring yang bisa diganti kalau rusak atau dilepas sesuai keinginan kalau tidak digunakan. Dengan jenis penyaring ini, kran air tidak cocok digunakan untuk mencuci perabot karena airnya siap minum.

Kalau ingin mencuci perabot, copot saja penyaringnya agar tidak sering-sering digunakan dan akhirnya rusak kalau terus mengeluarkan air dalam jumlah banyak. Terakhir, kran dengan jenis ini hadir dalam banyak gaya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan estetika ruangan.

  1. Kran Widespread

Kran air

bathroomvanitiesandmore.com

Kran jenis widespread ini mirip sekali dengan centerset. Yang membedakan keduanya adalah panel instalasinya yang terpisah. Kalau centerset panel instalasi untuk saluran air dingin dan panas menjadi satu, bahkan dalam satu wastafel. Kalau jenis widespread berbeda dan bisa digunakan sendiri-sendiri.

Kelebihan dari kran jenis ini adalah mudahnya Anda melakukan desain sesuai dengan interior dan eksterior. Penggunaan dari wastafel juga bisa dibedakan fungsinya sehingga Anda tidak perlu khawatir anak-anak akan sampai salah menggunakannya dan tidak tahu mana air panas dan juga dingin.

Kelebihan lain dari menggunakan kran jenis ini adalah Anda bisa membedakan warnanya. Misal dengan warna tertentu digunakan untuk air panas atau dingin. Anda juga bisa memberi tanda di atasnya sehingga berbagai jenis kesalahan tidak akan terjadi.

Barangkali kekurangan dari kran jenis widespread ini adalah butuh tempat yang cukup luas. Saat melakukan instalasi juga butuh banyak lubang pipa sehingga pemasangan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang profesional.

Bahan Kran Air Indoor

kran air

kickstarter.com

Bahan kran air yang digunakan untuk shower ada banyak. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut beberapa jenis bahan kran banyak digunakan oleh masyarakat.

  • Besi untuk pipa air. Besi yang digunakan biasanya yang sedikit tahan karat.
  • Stainless stell untuk kran yang digunakan untuk dispenser.
  • Tembaga dengan lapisan beberapa logam. Biasanya lapisan ini digunakan untuk melindungi karat dan juga memberikan warna serta keindahan dari kran air itu sendiri.

Harga Jual Kran air Indoor

kran air

skyfi.pk

Harga dari kran air berbeda-beda dan biasanya disesuaikan dengan banyak hal. Secara umum, ada beberapa kriteria yang menentukan harga jual dari kran air. Berikut selengkapnya.

  • Bahan yang digunakan. Ada beberapa bahan dari kran air yang ada di pasaran. Anda bisa menyimaknya lagi masalah bahan di subbab sebelumnya. Semakin baik bahan yang digunakan semakin mahal pula kran air akan dijual.
  • Fungsi dari kran air mulai dari untuk dispenser atau hanya sekadar untuk mengeluarkan air untuk mencuci.
  • Jenis kepala yang digunakan dan komponen di dalamnya.
  • Bentuk dari kran air itu sendiri. Desain modern biasanya lebih mahal dan memiliki banyak fitur pilihan.
  • Keawetan dan merek dari kran air itu sendiri. Semakin baik mereknya, harga bisa semakin tinggi.

Inilah beberapa jenis kran air yang banyak digunakan di masyarakat. Kalau Anda membutuhkan kran air untuk dapur secara online, bisa mengecek ke isibangunan.com. Di sana ada banyak jenis kran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Please rate this